Pantai Mangrove

Pantai Mangrove, Tuban

Jl. Raya Tuban - Semarang KM.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352, Indonesia, Tuban

16 Ulasan

Masa libur panjang sebentar lagi tiba. Apakah Anda sudah menyusun rencana perjalanan untuk liburan mendatang? Jika belum, ada baiknya Anda mempertimbangkan pilihan objek wisata di Jawa Timur, terutama Tuban. Tuban adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan beragam pesona alam untuk memanjakan mata Anda.

Dari deretan Pantai yang bisa Anda kunjungi, Pantai Mangrove atau juga dikenal sebagai Mangrove Center merupakan salah satu destinasi yang patut untuk dipertimbangkan. Tidak berjarak terlalu jauh dari jalan utama pantura, pantai ini sangat mudah untuk diakses. Pengunjung dapat merasakan indahnya pantai tanpa harus takut kepanasan. Tempat wisata ini cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Harga Tiket di Pantai Mangrove

Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengunjungi Pantai ini. Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk memasuki area pembudidayaan mangrove. Sedangkan untuk mengunjungi area sekitar Pantai, Anda tidak dikenakan biaya apapun. Singkatnya, Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga tanpa harus merasa khawatir dengan budget Anda.

Harga ini sebenarnya terhitung sangat murah mengingat begitu banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan di Pantai Mangrove. Terdapat penangkaran satwa, Spot Fotografi, area pembudidayaan Mangrove dan berbagai area lainnya yang bisa Anda kunjungi. Tentunya Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai di sekitar pembudidayaan mangrove.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Mangrove

Pantai Mangrove memiliki akses yang sangat mudah sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan tersesat. Rute yang bisa digunakan adalah jalan utama pantura. Ketika Anda sudah memasuki Kecamatan Jenu, Anda akan menjumpai pintu masuk Wisata Mangrove Center. Pintu ini berada di selatan jalan utama. Pantai ini terletak hanya sekitar 100 meter dari jalan raya sehingga sangat mudah ditemukan.

Objek Wisata di Pantai Mangrove

Mangrove Center dan Pantai Mangrove memiliki beberapa daya tarik untuk memikat pengunjung. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pantai ini:

1. Sarana Edukasi

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Pantai Mangrove juga berfungsi sebagai sarana edukasi terutama yang berkenaan dengan mangrove dan ekosistem laut. Banyak sekolah yang membawa murid-muridnya ke Pantai ini sehingga mereka bisa belajar mengenai budidaya tumbuhan mangrove. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi baik pada masa liburan maupun pada hari kerja aktif.

2. Outbond

Pantai Mangrove menyediakan arena Outbond untuk pelajar, mahasiswa, maupun kalangan umum. Tentunya Anda bisa membayangkan betapa menyenangkannya kegiatan Outbond di daerah sekitar Pantai. Pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai seperti toilet MCK, mushola, kantin serta Gazebo sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kenyamanan yang bisa Anda dapatkan.

3. Berkemah

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya berkemah di tepi Pantai? Pengelola Pantai Mangrove menyediakan lahan perkemahan untuk Anda. Area yang luas dan bersih membuat tempat ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk berkemah. Ditambah lagi dengan fasilitas yang memadai sehingga kegiatan berkemah dapat berjalan lancar.

4. Mencari Kerang

Area sekitar pembudidayaan Mangrove merupakan tempat tinggal favorit kerang-kerang Pantai. Anda diperbolehkan untuk mencari kerang di area ini, dengan catatan tidak merusak tanaman Mangrove yang dibudidayakan. Kegiatan ini bisa menjadi sangat menyenangkan apalagi jika Anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Ditambah lagi Anda bisa menikmati olahan kerang setelahnya.

5. Workshop Area

Jika Workshop Area identik dengan tempat yang membosankan, Mangrove Center menawarkan sensasi baru untuk Workshop. Pengelola Pantai menyediakan Workshop Area yang memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan Workshop di sekitar pembudidayaan Mangrove. Singkatnya, Anda bisa bekerja sekaligus berlibur di tempat ini.

6. Spot Matahari Terbit

Jika Anda menyukai fotografi, cobalah untuk mengunjungi Pantai Mangrove di pagi hari. Pantai ini memiliki Spot khusus untuk mengabadikan momen-momen indah saat matahari terbit. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menangkap beberapa objek menarik seperti burung laut yang langka serta burung blekok yang terbang di area Mangrove dan bibit Mangrove yang sedang dibudidayakan.

7. Penangkaran Satwa

Pantai Mangrove juga memiliki area khusus penangkaran satwa. Anda dapat melihat beberapa satwa langka yang habitatnya mulai terganggu. Hewan yang dapat Anda temukan di penangkaran ini antara lain berbagai jenis burung air. Tidak hanya itu, sekelompok burung blekok juga sering terlihat terbang di sekitar Mangrove pada pagi dan sore hari.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu Pantai di Tuban ini? Pantai Mangrove adalah destinasi wisata yang layak untuk dimasukkan ke dalam daftar tujuan liburan Anda. Tidak hanya berlibur, Anda dan keluarga juga dapat belajar mengenai budidaya mangrove serta kehidupan Pantai yang tidak bisa Anda temukan di kota. Selamat bersenang-senang di Pantai Mangrove.

16 Ulasan untuk Pantai Mangrove, Tuban

  1. Pantai ini berdampingan dengan pantai lain jg juga jg obyek wisata di Tuban. Pantai ini yg begitu rindang dgn pepohonan menjadi pilihan untuk tmpat berkemah anak-anak pramuka. Kalau anda lapar dn persediaan bekal anda habis. Jangan khawatir, di sini banyak penjualannya. Dan bagi kamu yg suka bgt selfie untuk tambah koleksi foto di media sosial kamu. Nihh disini oke juga ..😄

  2. Pusat budidaya dan pembenihan serta konservasi alam di pesisir pantai Utara. Tempat santai yang asik dan nyaman dengan deretan pohon Cemara yang sejuk. . Mangrove center di kecamatan Jenu saat ini menjadi salah satu tempat berkumpul dan bersantai. Juga menjadi bumi perkemahan yang enak.

  3. Tempat ini juga bisa dibuat rekreasi bersama anak dan keluarga.. Lokasinya yang mudah dijangkau juga parkirnya yg luas.. Disini sering dipakai kemah untuk anak anak.. Tidak hanya dalam kota Tuban, tapi juga luar kota yang berkemah disini.. Sangat direkomendasikan bila ingin kemah disini. Selain juga menanam hijau kembali.

  4. Mangrove Center Tuban merupakan pusat pendidikan lingkungan hidup pesisir dan laut di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Tempat ini sangat cocok bagi anda dan keluarga menikmati pantai dan menambah wawasan tentang lingkungan hidup khususnya pesisir. Siapa yang menyangka, dulu tanah pesisir yang terabrasi oleh keganasan ombak pantai utara hingga 80-100 meter ke daratan itu kini berubah menjadi hutan mini, sebuah kawasan hijau, teduh dan asri dengan beraneka macam pohon cemara dan fasilitas lainnya.

  5. Untuk keluarga oke.. Tetapi kendaraan bermotor warga sekitar masih kurang tertib. Kususnya pengemudi muda mudi nya

  6. Tempatnya luas, dingin banyak pohon mangrove dan cemara. Fasilitas olahraga ada. Warung disekitar juga ada.yg paling asyik dpt menikmati pemandangan laut

  7. Enak bisa buat liburan bersama pacar/ keluarga…main2 air bareng heheee

  8. Tempat nya sejuk, asri, ada warung tenda seperti yg lain dan harga ya harga tempat wisata lah. Bisa untuk camping atau bisa buat kegiatan yang ramai banyak orang. Pengelola ramah, ada banyak wc, bisa beli tanaman hias dan bibitnya. Kalau malam gelap banget, dan sepi banget kecuali kalau ada kegiatan. Sayangnya banyak sampai di laut yg terdampar ke pantai, jadi pantai nya ikut kotor padahal di pantai banyak spesies laut yg bisa dikonsumsi dan banyak warga yg mencari nya untuk dijadikan lauk

  9. Menjadi tempat yg layak untuk dikunjungi untuk sekedar bersantai dan menikmati angin laut di pantai…. Tempatnya yang bersih …. Sering juga dijadikan untuk tempat acara bagi kegiatan berbagai kalangan……. Banyaknya tanaman cemara membuat pantai semakin sejuk….

  10. Bagus tempatnya, cocok sekali untuk berlibur dgn keluarga hanya saja tempatnya kurang bersih krn banyak sampah yg terdampar dr laut

  11. Tempatnya sangat bagus dengan nuansa alam yang masih lestari….sesuai sekali untuk outbond

  12. Tempatnya Lumayan Bagus karena dekat dengan View Pantai yang indah, Tapi sangat Menyayangkan Sih, karena pantainya Penuh dengan Sampah Plastik dan Banyak Kerangka kerang yang berserakan, Begitu Juga dengan Kamar Mandinya Masak gak ada Gayungnya, dan Klosetnya Sangat Memprihatinkan, Begitu juga dengan Airnya yang Kotor Hingga Mengakibatkan Gatal-gatal pada Tubuh, Kamar Mandinya Bau, Tolong untuk Pihak Mangrove segera Memperbaiki Fasilitas Yang ada di sana, Mengingat Mangrove merupakan Tujuan Untuk Camping

  13. Makan tempat perkemahan yang sangat sesuai bagi anak-anak sekolah. Pada musim hujan bagaimana ini paling pas karena ketika terjadi hujan tidak terlalu becek, namun terkadang terjadi angin yang cukup kencang karena di daerah pantai.

  14. Sebelum kesini sudah kebayang hutan mangrove yang buanyak dan lebat, sempat heran saat tibanya disini, loh mana hutan mangrovenya?
    Ee, ternyata yang saya kunjungi dipantai pasirnya, disini ada tempat yang disediakan khusus untuk membudidayakan mangrove

  15. Bagi yang suka dengan pantai, tempat ini lumayan luas. Terdapat guest house, bagi yang ingin menginap. Hanya saja tanaman mangrove nya tidak terlalu banyak dan jauh dari tepi pantai.

  16. Distiny Bagus sayang Fasum Toilet yg di luar atau dlm kurang d perhatikan .

Berikan Ulasan