Pantai Boom Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang berada di ujung Jawa Timur, dibandingkan dengan destinasi ternama lainnya, Banyuwangi memang belum terlalu terkenal. Namun, ada banyak sekali Objek Wisata yang sangat memukau disana, dan tidak jauh berbeda dengan destinasi Wisata yang sudah terkenal di Indonesia. Salah satu Objek Wisata di banyuwangi ialah Pantai Boom.

Pantai Boom adalah salah satu objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi, Selain Kawah Ijen dan Baluran. Pantai Boom sendiri merupakan salah satu Pantai yang ada di kota Banyuwangi yang dahulunya sebagai Pelabuhan penting di kota tersebut. Yang mana, Pelabuhan tersebut dulunya ialah tempat bersinggahnya Kapal-Kapal yang mengangkut barang dari luar Pulau Jawa.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Boom Banyuwangi

Para pengunjung tidak akan di pungut biaya masuk sepeserpun, hanya saja ketika anda memasui kawasan Pantai boom Banyuwangi ini, anda harus membayar biaya parkir ketika anda memarkirkan kendaraaan anda disana. Adapun biaya parkir yang harus anda bayarkan berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 8.000 .

Lokasi dan Akses Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom berlokasi di Kampung Mandar, Kec.Banyuwangi, Banyuwangi Jawa Timur. Lokasi Pantai Boom sendiri tepatnya berada di bagian Timur dari Kota Banyuwangi. Jika anda ingin menuju kesana dari Simpang Lima, anda bisa melewati jalur Jl. Dr.Sutomo sampai menemui Taman Blambangan.

Kemudian, dari lampu merah Taman Blambangan anda harus menuju ke arah Utara sehingga anda akan menjumpai bundaran PLN. Lalu, ambil kanan untuk masuk ke Jl. Nusantara.

Pada umunya unuk menuju Pantai Boom tidak terlalu susah, sebab sudah banyak di jumpai rambu-rambu yang menunjukan arah untuk menuju ke Pantai Boom, serta akses jalan yang sudah bagus dan memungkinkan untuk di lewati semua jenis kendaraan.Transportasi umum juga tersedia untuk menuju ke Pantai ini seperti misalnya becak, maupun ojek.

Pantai Boom Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang sempur dan lokasi yang sangat strategis, karena dekat sekali dengan kota. Selain itu, Beberpa aktivitas wisata yang bisa di lakukan oleh Wisatawan juga sangat beragam, hal ini tentunya tidak akan membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai tersebut merasa bosan.

Aktivitas Wisata yang bisa di lakukan di Pantai Boom Banyuwangi

Berenang di Pantai mungkin menjadi salah satu aktivitas wisata Pantai yang terbilang wajib di lakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai. Namun, tidak untuk berwisata ke Pantai Boom Banyuwangi ini. Hal itu disebabkan karena  banyaknya sampah yang sering kali menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan di sekitar bibir Pantai Boom ini.

Hal itu sungguh sangat disayangkan, dan tentunya menyebabkan kurangnya aktivitas yang bisa dilakukan disana. Akan tetapi, masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung kesana, seperti misalnya aktivitas wisata berikut ini :

1. Bersantai di Pantai

Mungkin kalimat “ Santai seperti di Pantai” sangat berlaku disini, panorama yang indah membuat sejauh mata memandang bisa sangat menikmati objek wisata ini sembari bersantai bersama pasangan ataupun keluarga.

Anda bisa mengalihkan fokus pemandangan anda untuk tidak pada sampah-sampah yang ada sana, melainkan pada keindahan panorama yang ada di Pantai Boom ini. Latar belakang bukit indah yang membentang dengan barisan kapal yang terparkir rapi di lautan, serta barisan perumahan masyarakat disana bisa menjadi poin tersendiri, bahkan menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Boom banyuwangi ini.

2. Menelusuri Pantai dengan Berkuda

Tidak hanya bersantai dan duduk di pinggir Pantai sembari menikmati angina Pantai yang sepoi-sepoi. Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Boom Banyuwangi ini sambil menunggangi kuda –kuda yang tersedia di kawasan Pantai tersebut.

Menulusuri garis Pantai yang indah sambil merasakan sensai menunggang kuda, hal ini menjadi aktivitas Pantai yang tidak biasa untuk pengalaman andayang menyenangkan. Bagi anda yang belum pernah menunggang kuda sebelumnya, tidak perlu khawatir akan bahayanya saat menunggang kuda, karena anda akan diawasi dengan pemandunya.

3. Wisata Pantai sembari Berwisata Budaya

Tidak hanya beberapa kegiatan wisata Pantai yang ada di atas, anda juga bisa menyaksikan kegiatan budaya yang biasa di lakukan oleh masyarakat setempat. Mengingat Pantai Boom Banyuwangi ini sering di jadikan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan pentas seni Budaya masyarakat bahkan terkadang kegiatan seni berskala nasional.

Pada penghujung tahun, anda bisa menyaksikan parade Gandrung Sewu, yang mana aka nada seribu penari Gandrung yang akan berlaga di pinggir Pantai Boom ini, dan tarian tersebut merupakan salah satu tarian khas Banyuwangi.

Beberapa kegiatan diatas merupakan sebagian kecil dari aktivitas wisata yang bisa anda lakukan di Pantai Boom ini. Mengingat tentang sampah-sampah yang ada di sekitar bibir Pantai boom seperti yang telah disebutkan diatas, anda tidak perlu khawatir. Karena, sudah banyak masyarakat disana yang sadar wisata dan komunitas pecinta alam yang berpartisipasi untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

Sehingga, kawasan Pantai Boom ini sudah terlepas dari sampah-sampah, dan membuat tempat wisata disana semakin nyaman untuk di nikmati oleh para wisatawan. Walaupun demikian, anda juga tetap harus menjaga kebersihan saat berkunjung kesana. Khususnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Ulasan Pengunjung

  • Dony Erizal
    seminggu yang lalu
    Kondisi pantai biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Terlalu dipaksakan sebagai tujuan wisata. Kesan kotor masih terasa. Untuk kondisi ramai kayaknya telah tersedia tempat parkir. Tapi untuk kondisi sepi tidak boleh perkir di jalan dekat pantai. Jalan2 di dalam ditutup sekenanya pakai batang pohon atau bambu. Mau coba parkir diusir satpam. Akhirnya gak jadi menikmatinya. Saran saya, Kalau pengunjung ramai waktu liburan, diharuskan parkir di tempat parkir. Tapi kalau sepi biarkan saja parkir di jalan dekat pantai. Toh disana sudah disediakan jalan paving stone utk mobil. Kenapa harus ditutup? Sangat merepotkan...
  • Marta Lolyta
    dalam minggu terakhir
    Pantai favorite di Banyuwangi karena sangat mudah dijangkau Tiketnya juga murah, tidak berlebihan Sekarang jauh lebih rapi karena warung" dirapikan Tapi, pantainya perlu lebih sedikit lagi perawatan Rumput" yang dulu terlihat hijau cantik, sekarang tidak begitu terawat.. Semoga lebih bagus lagi Saya sebenernya agak bingung juga sih, katanya pelabuhannya sudah buka, tapi saya cari di mana-mana gak ketemu Barangkali ada yang tau, bisa kasih tau ke saya
  • Guardian _32
    dalam minggu terakhir
    Pemandangan nya bagus... Cocok untuk santai santai keluarga.... Pokoknya bagus.... Tapi kurangnya itu : masih kurang rapi, masih banyak area yang berantakan..... Tapi bagus kok pantainya, apalagi pagi pagi... Terus sunrise, ajiib...
  • surabaya trend
    dalam minggu terakhir
    Masuk bayar 5 ribu per orang, parkir gratis, duduk santai di dipan berjemur 20 ribu untuk 2 dipan dan aman untuk berenang dipantai. Cocok untuk datang pada pagi atau sore hari dan cocok juga untuk anak kecil bermain pasir pantai
  • Abraham A R
    2 minggu yang lalu
    Tempat lokal yang cocok untuk hangout menghabiskan waktu di sore hari. Menikmati keindahan pantai dan sunset. Selain itu di sini terdapat penjaja kuliner yang unik dan bermacam macam, jadi berkunjung ke tempat ini selain wisata alam juga wisata kuliner.