Pantai Boom Banyuwangi

Alamat: Desa, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang berada di ujung Jawa Timur, dibandingkan dengan destinasi ternama lainnya, Banyuwangi memang belum terlalu terkenal. Namun, ada banyak sekali Objek Wisata yang sangat memukau disana, dan tidak jauh berbeda dengan destinasi Wisata yang sudah terkenal di Indonesia. Salah satu Objek Wisata di banyuwangi ialah Pantai Boom.

Pantai Boom adalah salah satu objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi, Selain Kawah Ijen dan Baluran. Pantai Boom sendiri merupakan salah satu Pantai yang ada di kota Banyuwangi yang dahulunya sebagai Pelabuhan penting di kota tersebut. Yang mana, Pelabuhan tersebut dulunya ialah tempat bersinggahnya Kapal-Kapal yang mengangkut barang dari luar Pulau Jawa.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Boom Banyuwangi

Para pengunjung tidak akan di pungut biaya masuk sepeserpun, hanya saja ketika anda memasui kawasan Pantai boom Banyuwangi ini, anda harus membayar biaya parkir ketika anda memarkirkan kendaraaan anda disana. Adapun biaya parkir yang harus anda bayarkan berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 8.000 .

Lokasi dan Akses Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom berlokasi di Kampung Mandar, Kec.Banyuwangi, Banyuwangi Jawa Timur. Lokasi Pantai Boom sendiri tepatnya berada di bagian Timur dari Kota Banyuwangi. Jika anda ingin menuju kesana dari Simpang Lima, anda bisa melewati jalur Jl. Dr.Sutomo sampai menemui Taman Blambangan.

Kemudian, dari lampu merah Taman Blambangan anda harus menuju ke arah Utara sehingga anda akan menjumpai bundaran PLN. Lalu, ambil kanan untuk masuk ke Jl. Nusantara.

Pada umunya unuk menuju Pantai Boom tidak terlalu susah, sebab sudah banyak di jumpai rambu-rambu yang menunjukan arah untuk menuju ke Pantai Boom, serta akses jalan yang sudah bagus dan memungkinkan untuk di lewati semua jenis kendaraan.Transportasi umum juga tersedia untuk menuju ke Pantai ini seperti misalnya becak, maupun ojek.

Pantai Boom Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang sempur dan lokasi yang sangat strategis, karena dekat sekali dengan kota. Selain itu, Beberpa aktivitas wisata yang bisa di lakukan oleh Wisatawan juga sangat beragam, hal ini tentunya tidak akan membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai tersebut merasa bosan.

Aktivitas Wisata yang bisa di lakukan di Pantai Boom Banyuwangi

Berenang di Pantai mungkin menjadi salah satu aktivitas wisata Pantai yang terbilang wajib di lakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai. Namun, tidak untuk berwisata ke Pantai Boom Banyuwangi ini. Hal itu disebabkan karena  banyaknya sampah yang sering kali menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan di sekitar bibir Pantai Boom ini.

Hal itu sungguh sangat disayangkan, dan tentunya menyebabkan kurangnya aktivitas yang bisa dilakukan disana. Akan tetapi, masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung kesana, seperti misalnya aktivitas wisata berikut ini :

1. Bersantai di Pantai

Mungkin kalimat “ Santai seperti di Pantai” sangat berlaku disini, panorama yang indah membuat sejauh mata memandang bisa sangat menikmati objek wisata ini sembari bersantai bersama pasangan ataupun keluarga.

Anda bisa mengalihkan fokus pemandangan anda untuk tidak pada sampah-sampah yang ada sana, melainkan pada keindahan panorama yang ada di Pantai Boom ini. Latar belakang bukit indah yang membentang dengan barisan kapal yang terparkir rapi di lautan, serta barisan perumahan masyarakat disana bisa menjadi poin tersendiri, bahkan menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Boom banyuwangi ini.

2. Menelusuri Pantai dengan Berkuda

Tidak hanya bersantai dan duduk di pinggir Pantai sembari menikmati angina Pantai yang sepoi-sepoi. Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Boom Banyuwangi ini sambil menunggangi kuda –kuda yang tersedia di kawasan Pantai tersebut.

Menulusuri garis Pantai yang indah sambil merasakan sensai menunggang kuda, hal ini menjadi aktivitas Pantai yang tidak biasa untuk pengalaman andayang menyenangkan. Bagi anda yang belum pernah menunggang kuda sebelumnya, tidak perlu khawatir akan bahayanya saat menunggang kuda, karena anda akan diawasi dengan pemandunya.

3. Wisata Pantai sembari Berwisata Budaya

Tidak hanya beberapa kegiatan wisata Pantai yang ada di atas, anda juga bisa menyaksikan kegiatan budaya yang biasa di lakukan oleh masyarakat setempat. Mengingat Pantai Boom Banyuwangi ini sering di jadikan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan pentas seni Budaya masyarakat bahkan terkadang kegiatan seni berskala nasional.

Pada penghujung tahun, anda bisa menyaksikan parade Gandrung Sewu, yang mana aka nada seribu penari Gandrung yang akan berlaga di pinggir Pantai Boom ini, dan tarian tersebut merupakan salah satu tarian khas Banyuwangi.

Beberapa kegiatan diatas merupakan sebagian kecil dari aktivitas wisata yang bisa anda lakukan di Pantai Boom ini. Mengingat tentang sampah-sampah yang ada di sekitar bibir Pantai boom seperti yang telah disebutkan diatas, anda tidak perlu khawatir. Karena, sudah banyak masyarakat disana yang sadar wisata dan komunitas pecinta alam yang berpartisipasi untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

Sehingga, kawasan Pantai Boom ini sudah terlepas dari sampah-sampah, dan membuat tempat wisata disana semakin nyaman untuk di nikmati oleh para wisatawan. Walaupun demikian, anda juga tetap harus menjaga kebersihan saat berkunjung kesana. Khususnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

27 Ulasan dari Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi

  1. Kondisi pantai biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Terlalu dipaksakan sebagai tujuan wisata. Kesan kotor masih terasa. Untuk kondisi ramai kayaknya telah tersedia tempat parkir. Tapi untuk kondisi sepi tidak boleh perkir di jalan dekat pantai. Jalan2 di dalam ditutup sekenanya pakai batang pohon atau bambu. Mau coba parkir diusir satpam. Akhirnya gak jadi menikmatinya.. Saran saya,. Kalau pengunjung ramai waktu liburan, diharuskan parkir di tempat parkir. Tapi kalau sepi biarkan saja parkir di jalan dekat pantai. Toh disana sudah disediakan jalan paving stone utk mobil. Kenapa harus ditutup? Sangat merepotkan…

    14 Juni 2018, 07:18 WIB

  2. Masuk bayar 5 ribu per orang, parkir gratis, duduk santai di dipan berjemur 20 ribu untuk 2 dipan dan aman untuk berenang dipantai. Cocok untuk datang pada pagi atau sore hari dan cocok juga untuk anak kecil bermain pasir pantai

    20 Juni 2018, 19:14 WIB

  3. Pantai favorite di Banyuwangi karena sangat mudah dijangkau. Tiketnya juga murah, tidak berlebihan. Sekarang jauh lebih rapi karena warung” dirapikan. Tapi, pantainya perlu lebih sedikit lagi perawatan. Rumput” yang dulu terlihat hijau cantik, sekarang tidak begitu terawat… Semoga lebih bagus lagi. Saya sebenernya agak bingung juga sih, katanya pelabuhannya sudah buka, tapi saya cari di mana-mana gak ketemu. Barangkali ada yang tau, bisa kasih tau ke saya

    20 Juni 2018, 21:27 WIB

  4. pantai memanjang dg hamparan pasir hitam, sampah sedikit berserakan. disediakan tempat duduk d payung di tepi pantai unt berteduh menikmati ombak sembari nyeruput es degan. ada juga penangkaran/penetasan telur penyu.

    24 Juni 2018, 23:39 WIB

  5. Tiker masuk tempat ini dikenakan 10000 per orang. Banyak pedagang disepnjang pintu masuk.. Kondisi pantai untuk kebersihan kurang terawat, banyak sampah berserakan. Pasir pantai ini berwarna hitam. Satu satunya yang menarik dari tempat ini adalah kita bisa menemukan view laut dan gunung di seberang.

    25 Juni 2018, 08:37 WIB

  6. Letaknya yg berada ditengah kota Banyuwangi membuatnya cukup terjangkau. Meskipun pasirnya hitam tp relatif cukup bersih untuk dipakai bermain anak2. Lingkungan jg sudah banyak perbaikan. Hanya saja, fasilitas toiletnya sangat kurang. Air yg keluar hanya sedikit kalau tidak bisa dibilang mati. Padahal setelah bermain pasir, tentu membutuhkan air bersih yg cukup banyak.

    2 Juli 2018, 05:57 WIB

  7. Tempatnya mantap untuk memancing, monggo yang hobi mancing sareng2 mancing ikan blanak dengan umpan kukusan tepung kanji atau yang mau mancing cumi2 juga ada dan ikan2 lainnya. Saran saya paling enak mancingnya sore sama malam, apalagi ditemani cemewew tambah 👍😄

    11 Juli 2018, 07:36 WIB

  8. Lumayan bagus untuk tempat rekreasi yang murah dan merakyat, disini juga banyak wahana permainan untuk anak-anak kayak kuda komedi putar mini. Trus yang paling terkenal disini tempat foto yang ada sayapnya. Jika sedang ke Banyuwangi harus coba buat mampir kesini. Cocok untuk anak-anak.

    11 Juli 2018, 16:01 WIB

  9. Tempat nya bagus sih…. Pantainya sepi….ga kaya dulu rame…mungkin karena sekarang ada tarif masuk…makanya sepi…. Kalo dulu kan ga ada…. Dulu lebih enak sih…banyak orang jualan…palagi di hari minggu…wahhh bisa refreshing sambil nguliner…. Soal kebersihan…mungkin masih sama dengan yang dulu..walaupun yang sekarang uda bayar…ga ada bedanya sama yang dulu pas waktu masih free…. Sewa tempat duduk kena 20rb per 2 jam…kata yang nyewain sih asal ga sampe 3 jam masih 20 rb …hehee. Untuk makanan…ada yang jualan di dalam…. Tapi jujur aja…saya kurang tertarik…jadi sekarang kalo mau main ke situ lebih suka bawa bekal… Ada juga sewa kuda….tapi ga tau ini musiman apa gimana…. Soal nya pas kesana ga selalu ada..

    25 Agustus 2018, 07:54 WIB

  10. pantai pantai meski cuaca disini panas, tapi asiknya kalau di nikmati pada waktu pagi banget atau sore aja,, karena gak panas, gak kepanasan… biar gak gosong kulitnya… di sini anda bisa santai di payung payung ini menikmati alam, sebrangnya sudah bali lho…. banyak kapal laut yang melintas… bisa lihat pendar juga pendar dari matahari terbenam…. yang suka fotografi… bisa di aplikasikan di sini

    5 September 2018, 06:09 WIB

  11. Salah satu obyek wisata poupuler di banyuwangi, pantai yang paling dekat dengan pusat pemerintahan kota banyuwangi. Cukup membayar Rp. 5.000,-/orang, kamu sudah bisa menikmati pantai dengan kursi pantai yang sudah tersedia, dengan view yang menawan terutama saat sunrise atau sunset, ditunjang dengan fasitas pendukung seperti pusat kuliner, tempat parkir yang luas.

    13 September 2018, 19:25 WIB

  12. Di pantai ini bisa terlihat jelas pulau dewata bali. Kalau untuk berjemur, dipantai ini menyediakan tempat untuk berjemur dengan biaya sewa 25,000. Yang ingin jalan jalan menyusuri pantai naik kuda, tempat ini jg menyediakan. Ada spot foto di tepi pantai berupa sayap dengan background pantai.

    19 September 2018, 02:05 WIB

  13. Pantai ini berpasir hitam, namun untuk kebersihannya overall cukup.. Disana hamparan pasirnya terbilang cukupluas untuk sampai ke bibir pantai.. Di hadapan nya kita dapat melihat pulau bali dengansangat jelas..

    20 September 2018, 02:33 WIB

  14. Pantai Boom Kab Banyuwangi terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Kampung mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwang. Terdapat 60 tempat wisata di Kab Banyuwangi. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.. Saat weekday, harga tiket masuk Pantai Boom adalah Rp3,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Pantai Boom adalah Rp3,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.. Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Banyuwangi. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Pantai Boom.. . Pantai Boom buka jam 24 jam dan tutup jam -. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

    9 Februari 2019, 18:12 WIB

  15. Aksesnya lagi banyak perbaikan, pantainya pasir hitam gitu, ada payung2 buat santai2 tp harus bayar sewa lagi. Untuk kelas pantai yg deket dari kota pantai boom udah cukup bagus 👌

    13 Februari 2019, 02:33 WIB

  16. Marina Boom Beach adalah pantai yang paling sekat dengan pusat kota. Letaknya di sebelah timur yaitu di kampung Mandar banyuwangi. Kenapa di sebut kampung mandar ? Karena penduduk disana pada mulanya adalah pendatang dari sulawesi. . Di pelabuhan Marina boom beach ini, menghubungkan Banyuwangi langsung ke Denpasar. Via Kapal Motor Marina, yg ditempuh dengan waktu 2,5 jam saja. . Ketika sore tiba, Marina boombeach adalah salah satu temoat ewkomended untuk menikmati senja.

    16 Februari 2019, 15:43 WIB

  17. Atau biasa juga disebut pantai boom , waktu saya kesana sih belum ada apa2 masih dalam proses perbaikan dan peningkatan. 18 February 2018

    18 Februari 2019, 03:34 WIB

  18. Pantai boom yg berada di kelurahan Kamp. Mandar Banyuwangi ini sdg dalam perbaikan. Tiket masuk @5000. Disini sangat luas,terdapat pedagang2 makan ringan, tempat dan toiletnya bersih. Hari libur dan weekend padat pengunjung

    20 Februari 2019, 18:07 WIB

  19. Pantai boom keren dan unik gambar saya akan berbagi tentang kata kata bijak cinta dan tidak konfirmasi sebelumnya saya juga lupa aku tidak bisa dadak seh di dalam tubuh dan pikiran ini aku juga pernah nemu tempat e gak sido gk bisa chat saya tidak bisa lagi menahan air mata sipit dulu ya kan gak yakin aku wes minta bantuan dari orang tua saat itu yg aku gak mau nitip bang yg ada pertanyaan ku tak mampu menahan diri dari pada mati rasa pasti akan buat PRJ ala bisa karena saya masih pemula dan saya tidak tahu tempatnya yang tidak mau kalah melolo ke raung lagi sama aku wes d Bengawan di Indonesia dan Malaysia di gunung Bondowoso mas kawin yang tidak pernah lupa untuk meletakkan dasar dan bila perlu bimbingan belajar dari mana om new Palapa ya kan cuma tanya apoteker hamil di usia remaja pemuda-pemudi ini adalah aplikasi 1 lusin gol di menit akhir nya tau ya Allah beri nama gw ga tau buat para pemburu malam ganjil kelas kita beda ya kan

    12 Juli 2019, 20:50 WIB

  20. Semakin bagus, sayangnya sekarang agak bingung, karena ketika masuk marina boom, ada 2 PT yg punya. Bikin akses tempatnya terbatas. Saran, tolong dong buat warga banyuwangi, jangan buang sampah sembarangan, termasuk jangan buang sampah ke laut, karena sampahnya jadi banyak terdampar di marina boom beach. Masukan buat pengelola, utk bersihkan sampah di lingkungan wisata marina boom, utamanya di areal pantai. Kalo pagi pas lihat sunrise, jadi ngerusak pemandangan sampahnya. Padahal Marina Boom sudah mulai banyak pengunjung, karena akses yg dekat kota dan mudah terjangkau. Semoga kedepan bisa jadi lebih baguss dan baik lagi pengelolaannya. 👍

    28 Juli 2019, 17:04 WIB

  21. Bintang 4 dulu karena pengerjaannya belum selesai tapi untuk jalanan dan tempat parkir sudah tertata rapi. Memasuki pantai boom yang akan datang sudah dipastikan sangat berbeda dengan yang dulu. Yang sudah lama sekali gak kesini pasti akan sedikit pangling saat baru pertama masuk. Untuk wilayah pantainya masih tetap sama seperti tahun2 sebelumnya…

    4 Agustus 2019, 20:51 WIB

  22. Cocok untuk berjemur pagi… dekat rumah. Pemandangan ke arah timur langsung pulau bali. Arah barat background gunung raung. Pasirnya hitam dan halus. Masuknya pas ke sana gratis, hanya bayar parkir. Ada berbagai spot foto bagus salah satunya di patung burung garuda

    17 Agustus 2019, 07:35 WIB

  23. Pantai boom keren dan unik gambar saya akan berbagi tentang kata kata bijak cinta dan tidak konfirmasi sebelumnya saya juga lupa aku tidak bisa dadak seh di dalam tubuh dan pikiran ini aku juga pernah nemu tempat e gak sido gk bisa chat saya tidak bisa lagi menahan air mata sipit dulu ya kan gak yakin aku wes minta bantuan dari orang tua saat itu yg aku gak mau nitip bang yg ada pertanyaan ku tak mampu menahan diri dari pada mati rasa pasti akan buat PRJ ala bisa karena saya masih pemula dan saya tidak tahu tempatnya yang tidak mau kalah melolo ke raung lagi sama aku wes d Bengawan di Indonesia dan Malaysia di gunung Bondowoso mas kawin yang tidak pernah lupa untuk meletakkan dasar dan bila perlu bimbingan belajar dari mana om new Palapa ya kan cuma tanya apoteker hamil di usia remaja pemuda-pemudi ini adalah aplikasi 1 lusin gol di menit akhir nya tau ya Allah beri nama gw ga tau buat para pemburu malam ganjil kelas kita beda ya kan

    28 Agustus 2019, 04:33 WIB

  24. Pantai Boom adalah salah satu objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi, Selain Kawah Ijen dan Baluran. Pantai Boom sendiri merupakan salah satu Pantai yang ada di kota Banyuwangi yang dahulunya sebagai Pelabuhan penting di kota tersebut. Yang mana, Pelabuhan tersebut dulunya ialah tempat bersinggahnya Kapal-Kapal yang mengangkut barang dari luar Pulau Jawa.. Pantai Boom adalah sebuah pantai yang terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini aktivitas pelabuhan masih ada namun tidak terlalu ramai. Pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk berkumpul bagi kawula muda di Banyuwangi. Selain itu, biasanya pada Minggu pagi pantai ini ramai dikunjungi oleh warga Banyuwangi.

    8 September 2019, 16:54 WIB

  25. Satu kata KEREN….. Jalan di kawasan pantai boom sudah tertata rapi dan aspalnya mulus. Sudah diseting dimana tempat parkir motor dan mobil. Jalan dua lajur di tambah jalur khusus sepeda dan lampu penerangan jalan pun sudah ada di hampir semua jalur. Buat pengunjung yang malas jalan kaki ada odong-odong yang siap mengantar keliling kawasan pantai boom.

    19 September 2019, 17:06 WIB

  26. Tempat bersebelahan dg pelabuhan. Tempat masih direnovasi, ada beberapa jalan aspal baru. Dan ada batasan daerah, dilarang masuk ke pelabuhan. View sangat indah, terlihat pulau Bali. HTM 5rb rupiah, ada mushola dan toilet portabel. Terdapat juga pujasera, beraneka makan dan minuman

    20 September 2019, 20:18 WIB

  27. Tempat ini keren, pantainya cakep, dan banyak spot foto yg super instagramable. Jembatannya yang rasa luar negeri, bangunan tua dan jalanannya yg mirip malioboro, juga tepi pantainya yang kalo kamu ada disana, berasa kayak lagi syuting drama korea ‘goblin’.

    26 September 2019, 22:38 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Boom Banyuwangi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *