Pantai Lampon

Alamat: Jl. Pantai Lampon, Desa Pesanggaran, Lampon, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Indonesia merupakan Negara yang terkenal memiliki banyak pulau dan Pantai, tak sedikit pula Pantai maupun pulau yang terkenal di Indonesia salah satunya Bali dan Kepulauan Seribu. Masih banyak Pantai di Indonesia yang masih menyembunyikan keindahannya dan belum diketahui banyak orang. Kota banyuwangi yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak Pantai indah di dalamnya yang bisa menjadi tujuan wisata, ketika anda sedang jalan-jalan di Banyuwangi tidak ada salahnya untuk berkunjung kePantai-Pantai indah di Banyuwangi, salah satunya adalah Pantai lampon untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran.

Untuk anda yang gemar berlibur di wisata alam terutama yang berhubungan dengan Pantai mungkin akan menyukai Pantai ini karena Pantai Lampon memiliki hamparan pasir yang cantik dengan pasir berwarna kehitaman dengan luas dan panjangnya garis Pantai dan air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Karena Pantai ini bisa dibilang cukup luas sehingga banyak pengunjung yang akan merasa nyaman dan ingin menikmati keindahan Pantai Lampon dalam waktu yang lama, selain tempat yang luas, Pantai lampon juga memiliki berbagai macam tumbuhan khas Pantai.

Meskipun Pantai Lampon termasuk dalam Pantai yang berada di selatan yang biasanya memiliki ombak yang cukup besar, namun ombak Pantai lampon sendiri bisa dikatakan cukup tenang. Jadi aman untuk berenang dan tempat bermain anak-anak, namun harus tetap dalam pengawasan. Selain itu, di Pantai lampon juga terdapat banyak ikan, jadi bisa digunakan memancing oleh para wisatawan. Banyak wisatawan lokal maupun dari luar banyuwangi yang mengunjungi Pantai ini terutama saat libur sekolah maupun libur lebaran.

Harga Tiket Masuk di Pantai Lampon

Untuk persiapan jumlah uang yang akan dibawa, harga tiket merupakan salah satu informasi yang harus untuk diketahui. Bagi anda yang berencana akan berlibur ke Pantai lampon, tidak perlu khawatir karena untuk dapat mrnikmati keindahan Pantai lampon ini anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Anda hanya cukup membayar biaya parkir saja. Jadi bagi anda yang ingin liburan hema, tidak perlu khawatir untuk berlibur di Pantai lampon.

Rute Menuju Ke Lokasi Pantai Lampon

Jika  ingin berwisata ke Pantai lampon, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Pantai lampon sendiri  berada di Selatan kota Banyuwangi dengan jarak sekitar 35 km dari pusat kota. Lampon terletak di Desa Pesanggaran. Pantai lampon merupakan Pantai yang masih belum terkenal di bandingkan Pantai lain di Banyuwangi. Karena itu, Pantai lampon masih memiliki suasana yang asri dan bersih. Masih sangat terjaga alamnya, lampon sendiri berada di kawasan markas militer dari TNI AL yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih TNI AL. dimana Pantai lampon juga dikelola oleh TNI AL dan Dinas perikanan. Dari pusat kota Banyuwangi, wisatawan bisa melalui Jajag kemudian menuju arah Pasar Pedotan kemudian arah Siliragung, setelah itu akan menemukan perempatan pasar kemudian arah  Pesanggrahan kemudian sampai di PantaiLampon. Jangan khawatir takut tersesat karena sudah ada petunjuk menuju arah Pantai lampon.  Karena jalan yang tidak terlalu besar, para wisatawan diharapkan untuk berhati-hati.

Objek Wisata Di Pantai Lampon

1. Berenang di pantai Lampon

Pantai Lampon yang terkenal memiliki ombak yang cukup tenang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air tanpa takut terseret ombak. Sehingga tempat ini cocok untuk berlibur dan membawa anak-anak. Tapi anda harus berhati-hati karena banyak batu karang di Pantai ini.

2. Memancing di Pantai Lampon

Di Pantai Lampon terdapat banyak jenis ikan, selain itu banyak terdapat batu karang di pinggir Pantai yang bisa digunakan untuk duduk sembari memancing dengan menikmati angin Pantai.

3. Bukit Pantai Lampon

Selain menikmati hamparan laut,  kita juga bisa menikmati keindahan bukit, bukit itu selain untuk didaki juga digunakan sebagai pemacu adrenalin. Di sisi lain bukit ada cekungan besar batu karang yang didalamnya ada berbagai jenis ekosistem laut seperti ikan-ikan kecil dan bulu babi.

4. Naga Sasra

Disana juga terdapat Naga Sasra yakni semburan yang berasal dari cekungan yang menimbulkan adanya pelangi. Naga Sasra hanya dapat dilihat ketika ombak besar datang.

5. Gua Jepang

Di Pantai Lampon ada sebuah gua bersejarah yang di bangun oleh tentara jepang pada saat itu terdapat reruntuhan bekas tsunami tahun 1994. Untuk anda yang ingin melihat gua jepang, anda harus naik ke bukit terjal. Pada zaman dahulu terdapat jembatan  yang menghubungkan ke arah bukit dan bisa dilalui kendaraan, tapi jembatan ini telah rusak termakan usia. Jadi kini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki, tapi tidak usah khawatir  Setelah sampai disana, anda akan merasa takjub karena dapat melihat keindahan Pantai dari atas bukit.

6. Tempat Pelelangan Ikan

Disana pembeli dapat membeli berbagai jenis ikan segar, dan yang pastinya dengan harga yang lebih terjangkau daripada di pasar dan swalayan. Disana juga ada berbagai macam varian seafood segar.

7. Wisata Kuliner

Karena di Pantai Lampon juga terdapat tempat pelelangan ikan, pasti juga terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan berbagai olahan hasil laut dengan berbagai jenis olahan  yang bisa dinikmati para wisatawan. Dan juga dengan harga yang terjangkau sembari menikmati keindahan Pantai.

8. Lahan untuk Berkemah

Untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana Pantai di malam hari, di Pantai Lampon juga disediakan lahan untuk berkemah, wisatawan hanya perlu membawa perlengkapan kemah saja, wisatawan juga bisa membuat api unggun di sini, tapi harus tetap jaga kebersihan.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Lampon di banyuwangi yang patut untuk anda coba saat berlibur diakhir pekan atau saat libur panjang. Untuk anda yang ingin berlibur dengan akomodasi yang terjangkau namun dengan keindahan dan fasilitas memadai, Pantai Lampon bisa menjadi salah satu pilihan. Dan juga anda bisa membawa oleh-oleh ikan segar maupun yang sudah matang.

14 Ulasan dari Pengunjung Pantai Lampon

  1. Indah pantainya dgn pasir hitam serta deburan ombaknya yg kas dgn pantai selatan

    7 November 2017, 08:01 WIB

  2. Pantainya bersih, pasir putih. Namun akses menuju destinasi wisata Pantai Lampon ini cukup sulit dan sangat jauh apabila dari pusat Kota Banyuwangi.. . Kondisi sepi dan sunyi. Banyak bukit karang yang berjajar, menambah pesona wisata ini. . . Happy holiday!

    30 November 2017, 06:30 WIB

  3. nuansa serasa kebali-balian gitu

    29 Maret 2018, 20:00 WIB

  4. Tempatnya bagus, cocok untuk olahraga dan liburan bersama keluarga.

    25 April 2018, 09:28 WIB

  5. Karna pantai lampon itu jga sngat bagus…. . Pantai nya jga bersih nggk ada smpahnya.. . Kta jga bisa mlihat pamandangan dri aras.. . Ada slah stu bukit yang di manfaatkan sbagai spot untuk mlihat keindahan kseluruhan pantai lampon diri atas….

    22 Mei 2018, 01:31 WIB

  6. Pantai selatan dengan ombak besar pantainya tidak cocok untuk berenang karena termasuk kategori pantai berpalung dan ombak besar. Tempat pos marinir angkatan laut dan tempat latihan marinir

    20 Juli 2018, 17:51 WIB

  7. Salah satu pantai wisata yang terkenal di kabupaten banyuwangi.

    8 Agustus 2018, 08:06 WIB

  8. Lebih bagus

    20 September 2018, 21:56 WIB

  9. Bagus buat selfi

    30 Oktober 2018, 06:46 WIB

  10. sangat menarik untuk di kunjungi. apalagi sudah ada bangunan di atas bukit nya . view namun sayangnya. masih banyak sampah

    13 November 2018, 03:40 WIB

  11. Pantai Lampon adalah salah satu obyek wisata di Banyuwangi yang terletak di desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran berjarak ± 74 Km dari Kota Banyuwangi. Anda yang gemar menghabiskan waktu di tempat wisata alam khusunya yang berhubungan dengan air pasti akan sangat menyukai obyek wisata yang satu ini karena pemandangannya yang indah dan menarik. Banyak wisatawan tidak hanya dari lokal namun dari luar Banyuwangi bahkan luar negeri mengunjungi Pantai Lampon terutama pada saat libur lebaran atau libur masa sekolah.

    28 November 2018, 03:13 WIB

  12. Pantai yang masih sangat alami. Pantai pasir hitam yg terletak di wilayah pusat latihan pertempuran marinir. Banyak perahu nelayan yang bersandar di pagi hari. Jika menggunakan sepeda motor harus matikan mesin dan didorong saat melintas di depan pos keamanan. Jika pakai mobil, maka di parkir di luar gerbang masuk. Batu karangnya bagus dan menawan.

    19 Desember 2018, 01:12 WIB

  13. menuju ke pantai ini dari kota Banyuwangi dibutuhkan sekitar 1.5 jam. untuk akses jalan ini masih rusak dan belum ada perhatian dari pemerintah daerah setempat. Pantai ini memang seringkali dijadikan latihan oleh angkatan darat berlatih di pantai. dan pantai ini sebenarnya bukan untuk wisata melainkan untuk latihan para TNI. menurut saya Pantainya bagus dan mantab.

    18 Januari 2019, 02:28 WIB

  14. Pantai berpasir hitam serta memiliki gumuk seperti parangtritis

    5 Februari 2019, 05:08 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Lampon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *