Pantai Pulau Merah

Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Banyuwangi saat ini sering dianggap sebagai salah satu destinasi wisata favorit di pulau jawa, jika Bandung terkenal dengan suasana urbannya dan Jogja terkenal dengan wisata budayanya, Banyuwangi terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari perbukitan, taman nasional, hingga jajaran Pantai indah di ujung timur pulau jawa sangat menggiurkan bagi para wisatawan yang haus akan pengalaman menikmati alam. Ada puluhan Pantai yang mengelilingi Kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona wisata Kota Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi. Nama Pantai Pulau Merah berasal dari terdapatnya sebuah bukit kecil  yang memiliki tinggi sekitar 200m dan tersusun dari tanah Berwarna Merah yang berlokasi di dekat Pantai. Bukit ini dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut dan ketika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari Pantai.

Di Pantai pulau merah ini juga terdapat sebuah pura yang sering digunakan umat Hindu daerah sana melakukan upacara keagamaan  mekiyis. Pantai pulau merah berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km. Pntai ini menghadap langsung ke samudera Hindia ke arah selatan. Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Untuk memasuki Pantai Pulau Merah Anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar. Cukup dengan Rp 8.000 per orang Anda dapat menikmati keindahan Pantai ini. Untuk parkir kendaraan tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang berbeda dengan tiket masuk. Untuk parkir mobil Anda diwajibkan membayar Rp 5.000 sedangkan untuk parkir motor senilai Rp 2.000. Biaya parkir tersebut juga tergolong murah untuk ukuran tempat wisata. Untuk Anda yang berasal jauh dari Pantai Anda dapat menggunakan asilitas homestay untuk beristirahat di malam hari. Rata-rata homestay di Pantai ini memiliki tarif sekitar Rp 100.000 per malamnya.

Rute menuju Pantai Pulau Merah

Untuk mencapai Pantai pulau merah Anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat kabupaten Banyuwangi. Dari pusat kota Anda harus berkendara ke arah Srono kemudian menuju Kesilir dan diteruskan hingga ke Pulau Merah. Meskipun akan banyak melalui jalan desa dan banyak berkelak-kelok, perjalanan menuju Pantai ini cukup mudah dikarenakan panai ini sudah terkenal sehingga Anda akan menemui banyak papan penunjuk jalan ke arah Pantai pulau merah. Jika Anda tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Banyuwangi. Dari Terminal Anda bisa naik bis jurusan Pesanggaran. Jika sudah sampai Pesanggaran Anda dapat menggunakan jasa ojek karena sudah tidak terlalu jauh. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Jember, turunlah di Terminal Jajag untuk ganti bis menuju Pesanggaran.

Obyek wisata yang terdapat di Pantai Pulau Merah

1. Snorkeling

Meskipun tidak seperti karimun Jawa atau Pantai snorkeling lainnya, Pantai ini masih menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Untuk merasakan pengalaman snorkeling di Pantai pulau merah ini Anda harus menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang tidak terlalau mahal. Anda dapat melihat kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut pada kedalaan yang dangkal.

2. Menikmati Pemandanagan Pantai

Pantai pulau merah ini terhampar sepanjang 3 km, tentu saja Anda tidak akan bosan mengelilingi Pantai ini karena tidak cukup waktu sebentar untuk melakukannya. Selain itu jika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan hamparan laut luas Anda dapat menyewa kursi Pantai dengan harga Rp. 25.000 untuk waktu sewa selama 60 menit.

3. Berselancar

Selain Pantai plengkung ternyata Pantai Pulau Merah ini merupakan destinasi para peselancar saat berada di Kabupaten Banyuwangi.  Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah dijadikan tuan rumah kompetisi selancar internasional. Meskipun ombaknya tidak setinggi pulau Plengkung yang dapat mencapai 6 meter, ombak yang rata-rata setinggi 2-4 meter di Pantai ini dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. Bagi Anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri, jangan khawatir karena banyak masyarakat sekitar yang membuka jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp. 50.000.

4. Berkeliling di bukit pasir merah

Untuk dapat mencapai bukit ini, Anda harus menunggu air laut surut agar terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Waktu paling tepat untuk mengunjungi bukit adalah saat sore hari sekitar mulai jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut. Dari atas bukit Anda dapat melihat hamparan laut biru secara lebih jelas dan Anda juga dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja bertemu dengan pantulan matahari terbenam di permukaan laut. Dalam perjalanan dari Pantai ke bukit Anda dapat menemukan berbagai biota laut yang tertinggal air laut yang surut. Sangat disarankan untuk memakai alas kakai untuk menghindari menginjak kerang-kerang kecil dengan cangkang yang tajam yang dapat melukai kaki Anda.

5. Mengunjungi Pura

Dekat Pantai pulau merah ini terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu daerah ini. Orang-orang sekitar menamakan pura tersebut Pura Tawang Alun. Pura tersebut ternyata sudah dibangun sejak tahun 1980-an.

6. Wisata Kuliner

Ketika Anda memasuki kawasan Pantai pulau Merah Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di Pantai ini Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Banyuwangi, mulai dari rujak soto, rujak bakso, rawon, dan berbagai sajian khas lainnya.

17 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pulau Merah

  1. Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu di sana melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.. . Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter.Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.. . Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.. . President INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Jro Made Supatra Karang, mengatakan bahwa pemandangan dan ombak di kawasan wisata Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

    12 April 2018, 04:58 WIB

  2. Pantai yang paling hits di banyuwangi. Merupakan salah satu deatinasi wisata andalan kab. Banyuwangi dengan khas sebuah pulau berbentuk lebuh mirip bukit dan warna tanahnya merah. Oleh sebab itu pantai ini disebut pulau merah. Banyak turis yang datang kesini. Dilengkapi dengan tempat untuk bersantai… Warung makan.. Parkir yang dekat bibir pantai. Akses jalan yang mudah dan mulus. Bagi wisatawan luar kota maupun luar pulau jangan khawatir banyak homestay juga di kawasan tempat ini. Jadi bisa lebih lama menikmati pantai. Sunsetnya juga bagus banget disini

    11 Juni 2018, 14:42 WIB

  3. Pulau Merah, demikian biasa orang menyebut pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pulau Merah di selatan Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.. . Perpaduan akan kejernihan airnya yang seperti kristal dan dilengkapi pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, menambah kecantikan pulau.. . Di bagian timur pantai nampak barisan gunung. Banyaknya pepohonan kelapa dan pisang membuat pulau nampak subur. Sementara pada bagian selatan pulau, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari tenggelam.etkt laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki menikmati keunikan gunung kecil yang berada ditengah pantai yang warna tanahnya berwarna merah, karena itu dinamakan pantai Pulau Merah. Pada saat pasang surut itu terlihat tanahnya merah. Ada juga yang mengatakan disebut Pulau Merah karena tepian bebatuan pantainya nampak berwarna seperti tanah merah. Padahal pada awalnya, pantai ini disebut Pantai Ringin Pitu.. . Pergeseran nama dari Pantai Ringin Pitu menjadi Pulau Merah ini ada dua versi. Menurut versi pertama, karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter itu. Sedangkan versi kedua mengatakan, konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya yang berjarak sekitar 100 meter, dulunya pernah terpancar cahaya merah, sehingga warga sekitar akhirnya menamainya Pulau Merah.. . Ombak besar di pantai yang berada di Teluk Pancer ini disukai para penggemar olahraga surfing atau selancar. Di waktu-waktu tertentu banyak wisatawan asing yang berselancar. Suasananya yang sejuk dan disempurnakan dengan jejeran pegunungan hijau membuat pengunjung seperti berada di surga.

    16 Juni 2018, 16:45 WIB

  4. Tempat bagus tujuan utama saya bisa surfing disana untuk yg mau belajar juga bisa murah dari pada bali untuk papan saja sekitar 50 smpai 100 untuk 1 jam kalau tmbah instruktur 150 smpai 200 saran saya jangan di deket tempat informasi sewa gk bisa di tawar lebih baik belakang atau agak jauh harga surfing bisa di tawar. Untuk jalan akses kesana bagus

    22 Juni 2018, 01:26 WIB

  5. Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tiket masuk terjangkau, naik mobil atau naik sepeda motor sama-sama bisa. Pantai yang indah, airnya terlihat biru, pasirnya putih bersih, dan masih banyak pepohonan di sekitarnya yang menambah keasrian dan kesejukan pantai. Anginnya sejuk berhembus sepoi-sepoi, ombaknya cukup tinggi dan kencang lumayan untuk latihan surfing. Yang mau berenang juga bisa tapi tidak disarankan terlalu ke tengah, soalnya selain ombaknya yang tinggi, di pantai pulau merah juga terdapat palung lautnya. Untuk yang takut kehausan / kelaparan tenang saja di sekitar tempat parkir banyak kok penjual makanan dan minuman serta souvenir buat oleh-oleh, tapi jangan lupa tetep buang sampah pada tempatnya, ikut menjaga kebersihan lingkungan. Buat yang mau liat pulaunya berwarna merah dateng aja jam 16.00- matahari tenggelam, insya alloh indah banget. Sayangnya di sana tempat parkirnya belum teratur dan kamar mandinya kurang banyak.

    25 Juni 2018, 01:39 WIB

  6. Pantai Pulau Merah, . . Pantai ini berjarak kurang lebih 2 jam perjalan dari pusat kota Banyuwangi.. . Untuk mencapai pulau merah tidaklah sulit karena selama perjalanan banyak plang penunjuk jalan utk menuju kesana . dan jika kalian bingung bisa menggunakan Google maps dan jangan takut nyasar karena cukup akurat.. . Jalan yg dilalui lebar dan 80% bagus, dan lebar, hanya mendekati pantai jalannya mulai tidak rata dan sedikit berbatu kecil, tapi masih aman dan nyaman untuk dilalui.. . Apabila kalian penyuka buah Naga dan belum pernah liat pohon nya, sblm sampai di pantai ini banyak perkebunan buah naga dan kalian bs membelinya langsung dari petani dengan harga yang murah dan sangat segar.. Dan rasanya enak loh makan buah naga sambil menikmati indahnya pantai pulau merah.. . Pantai pulau merah semua nya telah tersedia, kalian takut merasa kelaparan karena banyak yg jual makanan dengan harga yg murahhhh (seriusss). Dan setiap restoran yg ada disana menyediakan kamar ganti dan kalian bisa menitipkan barang bawaaan. Pastinya aman. . . Pada saat saya kesana, . Pengunjung tidak terlalu banyak dan pantai ini tergolong tenang utk sekedar berenang dan makin malam semakin kencang ombaknya. . . Bagi kalian yang mau kesini Better datang sblum jam 5, karena semakin sore pantai ini ombaknya bertambah kencang dan pantai ini kalo sudah jam 7 malam, tidak ada pengunjung dan gelap gulita.

    9 Juli 2018, 04:17 WIB

  7. Pantai Pulau Merah atau lebih dikenal Red Island, merupakan salah satu destinasi wajib wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi. Pantai ini keberadaannya cukup terkenal baik kalangan wisatawan lokal karena memiliki pemandangan yang aduhai ataupun wisatawan mancanegara terutama sebagai lokasi surfing tingkat pemula. Waktu berkunjung kemari, ombak setinggi sekitar 2 – 3 meter menari-nari seakan memanggil para surfer untuk menaklukannya. Dan saya pun membayangkan seberapa besar ombak yang ada di pantai Plengkung/ G-land, yang katanya terdapat ombak terbesar kesekian di dunia.. . Pantai Pulau Merah ini terletak di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dan lebih lama jika menggunakan kendaraan umum.. . Pemandangan Pantai Pulau Merah indah, agak berbeda dari pantai di Jawa yang saya pernah kunjungi. Melihat ke arah kanan-kiri terlihat pemandangan perbukitan yang cukup bagus hutannya, bahkan di sebelah kiri jika kita memandang laut terdapat sebuah bukit atau gunung kecil yang sepertinya menjadi spot bagus untuk menikmati pantai Pulau Merah dari atas. Pantai ini berpasir agak kemerahan, mungkin dahulunya sekitar sini banyak batu karang yang berwarna kemerah-merahan lalu hancurdan lapuk menjadi pasir yang memenuhi pantai ini.

    14 September 2018, 02:23 WIB

  8. Gak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga kalau hanya untuk menikmati suasana pantai seindah puket. Pasir putih, ombak nan tinggi bergulung laksana mainan bagi peselancar, penginapan murah dengan suasana romantis dsb, ayo luangkan waktu dan berkunjung ke sini

    25 September 2018, 23:11 WIB

  9. Pantai yg tenang, bersih, masih alami kita bsa berswa foto oto dg puas. Ad jga yg menjual jasa Poto lgsg jadi trus d cetak d mug… Byk yg jual kelapa muda yg d nikmati dibawah payung d spnjang pantai

    5 Oktober 2018, 07:06 WIB

  10. pantai pulo merah, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor jalannya mudah diakses meskipun aspalnya beberapa berlubang. Tiket masuk tiap orang Rp 8.000.. Parkir Motor 2.000. Parkir Kendaraan Roda empat 5.000. Parkir Bus 20.000. . . harga makanan disana semua harga mahasiswa. pantainya bersih dan tidak terlalu ramai, jadi enak buat nyantai dan bagi yang suka berfoto hasilnya tidak akan bocor karena tidak banyak orang berlalu lalang. disana ada lapangan volly pantai, jika berencana kesana bersama teman teman mungkin bisa menjadi pilihan untuk games bersama

    21 Oktober 2018, 03:19 WIB

  11. Ini adalah pantai yang bersih, tidak banyak sampah dan pengunjung (datang lah bukan pada hari libur 😅). Pemandangannya menakjubkan….Akses menuju tempat ini sudah bagus. Sepanjang perjalanan akan anda temui perkebunan buah seperti buah naga, jeruk dan jambu kristal. Sudah banyak pula fasilitas untuk para pengunjung semisal restoran/warung makan, hotel/penginapan deelel. Atm terdekat berada sekitar 8 km dari tempat ini, jadi siapkan uang cash yang cukup. Jangan lupa tabir surya kalau berkunjung ke tempat ini. Ada warung makan bernama “Pawon Bu Atin”, harga bersahabat dan i recomend this restaurant for you 😉👍

    13 November 2018, 09:40 WIB

  12. BUKIT EKSOTIS DAN OMBAK SEMPURNA – Sebuah Tempat Surganya Peselancar. —. Banyuwangi Selatan, tepatnya di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Terdapat sebuah pantai yang memiliki bukit bertanah merah bernama Pulo Merah atau Pulau Merah yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Bukit kecil di tepi pantai ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dengan tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya.. . Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit 2 Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah memberikan perhatian penuh dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Pantai Pulo Merah ini memiliki pasir putih membentang sepanjang 3 km dengan ombak yang cukup menantang sehingga menjadi salah satu tempat ideal bagi penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini berkisar 3 – 5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga surfing.. . Pulo Merah bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir, dan profesional. Dasar pantai yang tidak memiliki banyak karang juga lebih aman untuk para peselancar. Didukung dari pemerintah Banyuwangi melalui pengadaan kompetisi-kompetisi selancar berskala internasional semakin memperkuat bahwa kedepannya Pulau Merah diharapkan menjadi destinasi andalan Banyuwangi yang populer di masyarakat dunia.. . ©2018 by @mifanbima

    14 November 2018, 22:42 WIB

  13. Sangat mudah mencapainya, jalan a sdh bagus, dan kebar, beda dg daerah laen di jawatimur sebelah selatan yg biasanya akses jalan menuju lokasi blm bagus dan masih sempit

    4 Mei 2019, 08:21 WIB

  14. Penilaian saya level 1-9:. 1. Tempat wisata : 9 pantai terkeren di Banyuwangi menurutq sich.. 2. Lokasi : 6 agak jauh dari jalan raya kota akses jalan kurang bagus untuk tempat wisata sekeren ini.. 3. Ticket : 8 murah puolll. 4. Air bersih + bilas + mck : 4 untuk wisata pantai seperti ini kurangnya tempat bilas dan air bersih mati waktu sore jam pengunjung mau bilas.. 5. Parkir : 8 luas dan bisa pilih lokasi yg kita mau. 6. Makan dan minum : 7 lumayan banyak pilihan dan murah untuk kelas tempat wisata.. 7. Tempat ibadah : 9 keren ,bersih dan nyaman.. 8. Penginapan : 6 kurang memadai dan kurang pilihan.. 9. Pusat oleh” : – tidak tahu apa saya yg kurang keliling disini.. . Overall selamat berlibur n menikmati pesona keindahan Pulau Merah Banyuwangi..

    8 Juni 2019, 06:00 WIB

  15. Pantai pulau merah ini di kelilingi oleh bukit dan batu karang, merupakan pemandangan yang sangat indah banyak pengunjungnya mulai dari warga sekitar ataupun dari berbagai kota, hanya membayar seluruh ribu saja kita bisa masuk wisata ini, tempat ini mempunyai parkiran yang cukup luas, pihak pengelola menyediakan kursi untuk istirahat dan menyediakan Perahu untuk berkeliling di area tepian pantai yang ada bukit dan batu karangnya, prabu itu muat sekitar 20 orang dan setiap orang yang ingin menaikinya harus bayar 20.000 per orang, dan juga bagi yang hobi Selancar, pihak pengelola juga menyediakan fasilitasnya bahkan sedia pelatih bagi pemula tapi harus bayar 50.000, bagi yang suka Selvi Pulau Merah di BANYUWANGI ini sangat cocok untuk menjadikan sebuah kenangan

    13 Juni 2019, 01:29 WIB

  16. Pantainya yg landai, ombaknya yg cetar tp g bikin takut, suasananya yg g kalah kayak bali, ada tempat selfie nya pula. Ditambah sunset nya yg keren abis. Bikin kalian yg pernah kesana bakalan pingin balik lagi gaesss. Oiya dan satu lagi, ciri khas dr pantai pulau merah tu ada kayak gunung gitu ditengah.tengahnya laut, tapi g jauh kok jaraknya, kalo pas surut kalian isa nyebrang buat ke gunung itu (lebih kayak pulau gitu. Keren kan)

    11 Juli 2019, 06:24 WIB

  17. Akses jalan 95% mudah aspal, beton dan hanya sebagian jalan yang rusak.. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga dengan HTM yang terjangkau, pemandangan yang indah, pantai yang bersih, pasir pantai yang putih, serta keramahan warganya yang membuat betah berwisata di Pantai Pulau Merah.. Apabila datang pada saat yang tepat Anda bisa menikmati indahnya panorama sunset di Pantai Pulau Merah yang sangat memuaku dan memanjakan.. Di sekitar kawasan Pantai Pulau Merah juga menyediakan Homestay yang dapat disewa oleh pengunjung.. Sekali berkunjung, pasti anda ingin kembali lagi.

    11 Juli 2019, 20:31 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pulau Merah

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *