Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur

Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

28 Ulasan

Banyuwangi saat ini sering dianggap sebagai salah satu destinasi wisata favorit di pulau jawa, jika Bandung terkenal dengan suasana urbannya dan Jogja terkenal dengan wisata budayanya, Banyuwangi terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari perbukitan, taman nasional, hingga jajaran Pantai indah di ujung timur pulau jawa sangat menggiurkan bagi para wisatawan yang haus akan pengalaman menikmati alam. Ada puluhan Pantai yang mengelilingi Kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona wisata Kota Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi. Nama Pantai Pulau Merah berasal dari terdapatnya sebuah bukit kecil  yang memiliki tinggi sekitar 200m dan tersusun dari tanah Berwarna Merah yang berlokasi di dekat Pantai. Bukit ini dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut dan ketika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari Pantai.

Di Pantai pulau merah ini juga terdapat sebuah pura yang sering digunakan umat Hindu daerah sana melakukan upacara keagamaan  mekiyis. Pantai pulau merah berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km. Pntai ini menghadap langsung ke samudera Hindia ke arah selatan. Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Pantai Pulau Merah Anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar. Cukup dengan Rp 8.000 per orang Anda dapat menikmati keindahan Pantai ini. Untuk parkir kendaraan tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang berbeda dengan tiket masuk. Untuk parkir mobil Anda diwajibkan membayar Rp 5.000 sedangkan untuk parkir motor senilai Rp 2.000. Biaya parkir tersebut juga tergolong murah untuk ukuran tempat wisata. Untuk Anda yang berasal jauh dari Pantai Anda dapat menggunakan asilitas homestay untuk beristirahat di malam hari. Rata-rata homestay di Pantai ini memiliki tarif sekitar Rp 100.000 per malamnya.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Pantai pulau merah Anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat kabupaten Banyuwangi. Dari pusat kota Anda harus berkendara ke arah Srono kemudian menuju Kesilir dan diteruskan hingga ke Pulau Merah. Meskipun akan banyak melalui jalan desa dan banyak berkelak-kelok, perjalanan menuju Pantai ini cukup mudah dikarenakan panai ini sudah terkenal sehingga Anda akan menemui banyak papan penunjuk jalan ke arah Pantai pulau merah. Jika Anda tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Banyuwangi. Dari Terminal Anda bisa naik bis jurusan Pesanggaran. Jika sudah sampai Pesanggaran Anda dapat menggunakan jasa ojek karena sudah tidak terlalu jauh. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Jember, turunlah di Terminal Jajag untuk ganti bis menuju Pesanggaran.

Hal Menarik

1. Snorkeling

Meskipun tidak seperti karimun Jawa atau Pantai snorkeling lainnya, Pantai ini masih menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Untuk merasakan pengalaman snorkeling di Pantai pulau merah ini Anda harus menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang tidak terlalau mahal. Anda dapat melihat kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut pada kedalaan yang dangkal.

2. Menikmati Pemandanagan Pantai

Pantai pulau merah ini terhampar sepanjang 3 km, tentu saja Anda tidak akan bosan mengelilingi Pantai ini karena tidak cukup waktu sebentar untuk melakukannya. Selain itu jika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan hamparan laut luas Anda dapat menyewa kursi Pantai dengan harga Rp. 25.000 untuk waktu sewa selama 60 menit.

3. Berselancar

Selain Pantai plengkung ternyata Pantai Pulau Merah ini merupakan destinasi para peselancar saat berada di Kabupaten Banyuwangi.  Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah dijadikan tuan rumah kompetisi selancar internasional. Meskipun ombaknya tidak setinggi pulau Plengkung yang dapat mencapai 6 meter, ombak yang rata-rata setinggi 2-4 meter di Pantai ini dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. Bagi Anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri, jangan khawatir karena banyak masyarakat sekitar yang membuka jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp. 50.000.

4. Berkeliling di bukit pasir merah

Untuk dapat mencapai bukit ini, Anda harus menunggu air laut surut agar terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Waktu paling tepat untuk mengunjungi bukit adalah saat sore hari sekitar mulai jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut. Dari atas bukit Anda dapat melihat hamparan laut biru secara lebih jelas dan Anda juga dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja bertemu dengan pantulan matahari terbenam di permukaan laut. Dalam perjalanan dari Pantai ke bukit Anda dapat menemukan berbagai biota laut yang tertinggal air laut yang surut. Sangat disarankan untuk memakai alas kakai untuk menghindari menginjak kerang-kerang kecil dengan cangkang yang tajam yang dapat melukai kaki Anda.

5. Mengunjungi Pura

Dekat Pantai pulau merah ini terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu daerah ini. Orang-orang sekitar menamakan pura tersebut Pura Tawang Alun. Pura tersebut ternyata sudah dibangun sejak tahun 1980-an.

6. Wisata Kuliner

Ketika Anda memasuki kawasan Pantai pulau Merah Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di Pantai ini Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Banyuwangi, mulai dari rujak soto, rujak bakso, rawon, dan berbagai sajian khas lainnya.

28 Ulasan untuk Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur

  1. Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu di sana melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.. . Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter.Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.. . Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.. . President INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Jro Made Supatra Karang, mengatakan bahwa pemandangan dan ombak di kawasan wisata Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

  2. Pantai yang paling hits di banyuwangi. Merupakan salah satu deatinasi wisata andalan kab. Banyuwangi dengan khas sebuah pulau berbentuk lebuh mirip bukit dan warna tanahnya merah. Oleh sebab itu pantai ini disebut pulau merah. Banyak turis yang datang kesini. Dilengkapi dengan tempat untuk bersantai… Warung makan.. Parkir yang dekat bibir pantai. Akses jalan yang mudah dan mulus. Bagi wisatawan luar kota maupun luar pulau jangan khawatir banyak homestay juga di kawasan tempat ini. Jadi bisa lebih lama menikmati pantai. Sunsetnya juga bagus banget disini

  3. Pulau Merah, demikian biasa orang menyebut pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pulau Merah di selatan Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.. . Perpaduan akan kejernihan airnya yang seperti kristal dan dilengkapi pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, menambah kecantikan pulau.. . Di bagian timur pantai nampak barisan gunung. Banyaknya pepohonan kelapa dan pisang membuat pulau nampak subur. Sementara pada bagian selatan pulau, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari tenggelam.etkt laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki menikmati keunikan gunung kecil yang berada ditengah pantai yang warna tanahnya berwarna merah, karena itu dinamakan pantai Pulau Merah. Pada saat pasang surut itu terlihat tanahnya merah. Ada juga yang mengatakan disebut Pulau Merah karena tepian bebatuan pantainya nampak berwarna seperti tanah merah. Padahal pada awalnya, pantai ini disebut Pantai Ringin Pitu.. . Pergeseran nama dari Pantai Ringin Pitu menjadi Pulau Merah ini ada dua versi. Menurut versi pertama, karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter itu. Sedangkan versi kedua mengatakan, konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya yang berjarak sekitar 100 meter, dulunya pernah terpancar cahaya merah, sehingga warga sekitar akhirnya menamainya Pulau Merah.. . Ombak besar di pantai yang berada di Teluk Pancer ini disukai para penggemar olahraga surfing atau selancar. Di waktu-waktu tertentu banyak wisatawan asing yang berselancar. Suasananya yang sejuk dan disempurnakan dengan jejeran pegunungan hijau membuat pengunjung seperti berada di surga.

  4. Tempat bagus tujuan utama saya bisa surfing disana untuk yg mau belajar juga bisa murah dari pada bali untuk papan saja sekitar 50 smpai 100 untuk 1 jam kalau tmbah instruktur 150 smpai 200 saran saya jangan di deket tempat informasi sewa gk bisa di tawar lebih baik belakang atau agak jauh harga surfing bisa di tawar. Untuk jalan akses kesana bagus

  5. Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tiket masuk terjangkau, naik mobil atau naik sepeda motor sama-sama bisa. Pantai yang indah, airnya terlihat biru, pasirnya putih bersih, dan masih banyak pepohonan di sekitarnya yang menambah keasrian dan kesejukan pantai. Anginnya sejuk berhembus sepoi-sepoi, ombaknya cukup tinggi dan kencang lumayan untuk latihan surfing. Yang mau berenang juga bisa tapi tidak disarankan terlalu ke tengah, soalnya selain ombaknya yang tinggi, di pantai pulau merah juga terdapat palung lautnya. Untuk yang takut kehausan / kelaparan tenang saja di sekitar tempat parkir banyak kok penjual makanan dan minuman serta souvenir buat oleh-oleh, tapi jangan lupa tetep buang sampah pada tempatnya, ikut menjaga kebersihan lingkungan. Buat yang mau liat pulaunya berwarna merah dateng aja jam 16.00- matahari tenggelam, insya alloh indah banget. Sayangnya di sana tempat parkirnya belum teratur dan kamar mandinya kurang banyak.

  6. Pantai Pulau Merah, . . Pantai ini berjarak kurang lebih 2 jam perjalan dari pusat kota Banyuwangi.. . Untuk mencapai pulau merah tidaklah sulit karena selama perjalanan banyak plang penunjuk jalan utk menuju kesana . dan jika kalian bingung bisa menggunakan Google maps dan jangan takut nyasar karena cukup akurat.. . Jalan yg dilalui lebar dan 80% bagus, dan lebar, hanya mendekati pantai jalannya mulai tidak rata dan sedikit berbatu kecil, tapi masih aman dan nyaman untuk dilalui.. . Apabila kalian penyuka buah Naga dan belum pernah liat pohon nya, sblm sampai di pantai ini banyak perkebunan buah naga dan kalian bs membelinya langsung dari petani dengan harga yang murah dan sangat segar.. Dan rasanya enak loh makan buah naga sambil menikmati indahnya pantai pulau merah.. . Pantai pulau merah semua nya telah tersedia, kalian takut merasa kelaparan karena banyak yg jual makanan dengan harga yg murahhhh (seriusss). Dan setiap restoran yg ada disana menyediakan kamar ganti dan kalian bisa menitipkan barang bawaaan. Pastinya aman. . . Pada saat saya kesana, . Pengunjung tidak terlalu banyak dan pantai ini tergolong tenang utk sekedar berenang dan makin malam semakin kencang ombaknya. . . Bagi kalian yang mau kesini Better datang sblum jam 5, karena semakin sore pantai ini ombaknya bertambah kencang dan pantai ini kalo sudah jam 7 malam, tidak ada pengunjung dan gelap gulita.

  7. Pantai Pulau Merah atau lebih dikenal Red Island, merupakan salah satu destinasi wajib wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi. Pantai ini keberadaannya cukup terkenal baik kalangan wisatawan lokal karena memiliki pemandangan yang aduhai ataupun wisatawan mancanegara terutama sebagai lokasi surfing tingkat pemula. Waktu berkunjung kemari, ombak setinggi sekitar 2 – 3 meter menari-nari seakan memanggil para surfer untuk menaklukannya. Dan saya pun membayangkan seberapa besar ombak yang ada di pantai Plengkung/ G-land, yang katanya terdapat ombak terbesar kesekian di dunia.. . Pantai Pulau Merah ini terletak di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dan lebih lama jika menggunakan kendaraan umum.. . Pemandangan Pantai Pulau Merah indah, agak berbeda dari pantai di Jawa yang saya pernah kunjungi. Melihat ke arah kanan-kiri terlihat pemandangan perbukitan yang cukup bagus hutannya, bahkan di sebelah kiri jika kita memandang laut terdapat sebuah bukit atau gunung kecil yang sepertinya menjadi spot bagus untuk menikmati pantai Pulau Merah dari atas. Pantai ini berpasir agak kemerahan, mungkin dahulunya sekitar sini banyak batu karang yang berwarna kemerah-merahan lalu hancurdan lapuk menjadi pasir yang memenuhi pantai ini.

  8. Gak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga kalau hanya untuk menikmati suasana pantai seindah puket. Pasir putih, ombak nan tinggi bergulung laksana mainan bagi peselancar, penginapan murah dengan suasana romantis dsb, ayo luangkan waktu dan berkunjung ke sini

  9. Pantai yg tenang, bersih, masih alami kita bsa berswa foto oto dg puas. Ad jga yg menjual jasa Poto lgsg jadi trus d cetak d mug… Byk yg jual kelapa muda yg d nikmati dibawah payung d spnjang pantai

  10. pantai pulo merah, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor jalannya mudah diakses meskipun aspalnya beberapa berlubang. Tiket masuk tiap orang Rp 8.000.. Parkir Motor 2.000. Parkir Kendaraan Roda empat 5.000. Parkir Bus 20.000. . . harga makanan disana semua harga mahasiswa. pantainya bersih dan tidak terlalu ramai, jadi enak buat nyantai dan bagi yang suka berfoto hasilnya tidak akan bocor karena tidak banyak orang berlalu lalang. disana ada lapangan volly pantai, jika berencana kesana bersama teman teman mungkin bisa menjadi pilihan untuk games bersama

  11. Ini adalah pantai yang bersih, tidak banyak sampah dan pengunjung (datang lah bukan pada hari libur 😅). Pemandangannya menakjubkan….Akses menuju tempat ini sudah bagus. Sepanjang perjalanan akan anda temui perkebunan buah seperti buah naga, jeruk dan jambu kristal. Sudah banyak pula fasilitas untuk para pengunjung semisal restoran/warung makan, hotel/penginapan deelel. Atm terdekat berada sekitar 8 km dari tempat ini, jadi siapkan uang cash yang cukup. Jangan lupa tabir surya kalau berkunjung ke tempat ini. Ada warung makan bernama “Pawon Bu Atin”, harga bersahabat dan i recomend this restaurant for you 😉👍

  12. BUKIT EKSOTIS DAN OMBAK SEMPURNA – Sebuah Tempat Surganya Peselancar. —. Banyuwangi Selatan, tepatnya di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Terdapat sebuah pantai yang memiliki bukit bertanah merah bernama Pulo Merah atau Pulau Merah yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Bukit kecil di tepi pantai ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dengan tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya.. . Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit 2 Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah memberikan perhatian penuh dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Pantai Pulo Merah ini memiliki pasir putih membentang sepanjang 3 km dengan ombak yang cukup menantang sehingga menjadi salah satu tempat ideal bagi penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini berkisar 3 – 5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga surfing.. . Pulo Merah bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir, dan profesional. Dasar pantai yang tidak memiliki banyak karang juga lebih aman untuk para peselancar. Didukung dari pemerintah Banyuwangi melalui pengadaan kompetisi-kompetisi selancar berskala internasional semakin memperkuat bahwa kedepannya Pulau Merah diharapkan menjadi destinasi andalan Banyuwangi yang populer di masyarakat dunia.. . ©2018 by @mifanbima

  13. Sangat mudah mencapainya, jalan a sdh bagus, dan kebar, beda dg daerah laen di jawatimur sebelah selatan yg biasanya akses jalan menuju lokasi blm bagus dan masih sempit

  14. Penilaian saya level 1-9:. 1. Tempat wisata : 9 pantai terkeren di Banyuwangi menurutq sich.. 2. Lokasi : 6 agak jauh dari jalan raya kota akses jalan kurang bagus untuk tempat wisata sekeren ini.. 3. Ticket : 8 murah puolll. 4. Air bersih + bilas + mck : 4 untuk wisata pantai seperti ini kurangnya tempat bilas dan air bersih mati waktu sore jam pengunjung mau bilas.. 5. Parkir : 8 luas dan bisa pilih lokasi yg kita mau. 6. Makan dan minum : 7 lumayan banyak pilihan dan murah untuk kelas tempat wisata.. 7. Tempat ibadah : 9 keren ,bersih dan nyaman.. 8. Penginapan : 6 kurang memadai dan kurang pilihan.. 9. Pusat oleh” : – tidak tahu apa saya yg kurang keliling disini.. . Overall selamat berlibur n menikmati pesona keindahan Pulau Merah Banyuwangi..

  15. Pantai pulau merah ini di kelilingi oleh bukit dan batu karang, merupakan pemandangan yang sangat indah banyak pengunjungnya mulai dari warga sekitar ataupun dari berbagai kota, hanya membayar seluruh ribu saja kita bisa masuk wisata ini, tempat ini mempunyai parkiran yang cukup luas, pihak pengelola menyediakan kursi untuk istirahat dan menyediakan Perahu untuk berkeliling di area tepian pantai yang ada bukit dan batu karangnya, prabu itu muat sekitar 20 orang dan setiap orang yang ingin menaikinya harus bayar 20.000 per orang, dan juga bagi yang hobi Selancar, pihak pengelola juga menyediakan fasilitasnya bahkan sedia pelatih bagi pemula tapi harus bayar 50.000, bagi yang suka Selvi Pulau Merah di BANYUWANGI ini sangat cocok untuk menjadikan sebuah kenangan

  16. Pantainya yg landai, ombaknya yg cetar tp g bikin takut, suasananya yg g kalah kayak bali, ada tempat selfie nya pula. Ditambah sunset nya yg keren abis. Bikin kalian yg pernah kesana bakalan pingin balik lagi gaesss. Oiya dan satu lagi, ciri khas dr pantai pulau merah tu ada kayak gunung gitu ditengah.tengahnya laut, tapi g jauh kok jaraknya, kalo pas surut kalian isa nyebrang buat ke gunung itu (lebih kayak pulau gitu. Keren kan)

  17. Akses jalan 95% mudah aspal, beton dan hanya sebagian jalan yang rusak.. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga dengan HTM yang terjangkau, pemandangan yang indah, pantai yang bersih, pasir pantai yang putih, serta keramahan warganya yang membuat betah berwisata di Pantai Pulau Merah.. Apabila datang pada saat yang tepat Anda bisa menikmati indahnya panorama sunset di Pantai Pulau Merah yang sangat memuaku dan memanjakan.. Di sekitar kawasan Pantai Pulau Merah juga menyediakan Homestay yang dapat disewa oleh pengunjung.. Sekali berkunjung, pasti anda ingin kembali lagi.

  18. I love beach…… Salah satu yang recomended. Biasanya para peselancar dengan grade pemula belajar disini, tapi tetap harus berhati2 yaa…. Karena gak jauh dari area pantai terdapat palung.. Disekitar pantai terdapat beberapa fasilitas yang tersedia.. Ada juga penjaja makanan & minuman, juga oleh2.. Area parkir mobil atau motor yg tidak jauh dari pantai.. Anak2 bisa bermain dengan bebas disini, berlarian, bermain ombak, bermain pasir, atau sekedar ingin menikmati keindahan sekitar….catatan : anak2 tetap harus di awasi yaa mom’s 😊. Kl udah disini rasanya males mo balik ke rumah 😅. Tapi jangan khawatir karena di desa terdekat banyak penginapan penduduk yang bisa di sewa, dengan kisaran harga 150rb – 300rb.. Dari penginapan yg sederhana hingga yang bagus. Bisa memilih sesuai selera & budget masing2. Have a nice holiday. 😊😇

  19. pantai pulau merah begitu orang sekitar menyebutnya, mula terkenal oleh masyarakat luar banyuwangi karena keindahan pantainya yang saat senja tiba atau biasanya disebut dengan sunset, pulau yang ada di tengah pantai/ laut ini akan terpancar oleh sinar sunset yang begitu indah sehingga pesisir pantai tampak berwarna merah karena pantulan sinar matahari yang mengenai pulau tersebut. akses jalan yang ditempuh cuku baik karena sudah ada perbaikan jalan dan infrastruktur sehingga memudahkan para wisatawan mengjangkau wisata pulau merah ini. jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau ini sekitar 1-1,5 jam dari pusat kota banyuwangi.

  20. Tempatnya cukup bersih, sangat cocok buat spot foto preweding dengan background nuansa alam pegununan dan pantai sunset dan sunrise dari tempat ini sangat baik spotnya gak rugi pokonya. Tiket masuk juga murah sekitar 12ribuan, areal parkir luas banyak tempat tempat jual makanan dan minuman tapi harus pinter pinter ngatur pembeliaannya ya jangan sampai kebanyakan hehehe

  21. Pantai cukup bersih karena tiap jam diingatkan penjaga pantai untuk tidak membuang sampah sembarangan. Fasilitas lengkap ada toilet, musholla, parkir luas, htm terjangkau. Kebetulan waktu ke sini warung makanan tutup semua jadi belum tau harga makanannya. Spot foto banyak, ada jasa foto juga. Bisa belajar surfing di sini bagi yg mau. Ada kursi pantai dg payung yg disewakan 20rb/jam, tapi kalau pantai lagi sepi bisa 20rb sepuasnya. Wisatawan mancanegara juga sering terlihat di sini.

  22. Pantai Pulau Merah sangat populer di Banyuwangi. Oleh karenanya menjadi tujuan utama ketika kami sampai di Banyuwangi. Melihat matahari tenggelam di sebelah Pulau Merah sungguh menakjubkan. Kami beruntung menginap di home stay, bertemu dengan mas Bogel yang ramah. Tanpa sengaja, keesokan paginya ketika mau jalan-jalan sekitar pantai di pagi hari kami bertemu dengan rombongan umat Hindu dari Bali yang melakukan sembahyang di Pantai Merah. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang langka ini untuk melihat umat Hindu membawa sajian bunga yang diletakkan di bibir pantai. Menurut penuturan salah satu umat, di Pulau Merah ada persinggahan Dewa Syiwa.

  23. Pantai bersih, indah, menyenangkan, sepanjang mata memandang adalah hamparan pantai berpasir putih krem keemasan, dan laitan yg biru diantaranya terdapat gugusan pulau-pulau yg sangat indah.
    Petugas dan para pelaku wisata yg rata2 orang lokal Sangat ramah, harga makanan relatif murah. Terdapat tempat duduk yg dilengkapi dg payung utk disewakan, berasa seperti di Thailand.
    Tiket masuk sngt terjangkau 10rb per orang saat weekend dan 8000 saat weekdays. Utk parkir mobil 5rb. Pembayaran langsung di depan pintu masuk. Oiya sistem pembayaran sdh komputerais sehingga setiap transaksi yg masuk langsung tercatat dlm sistem, tdk lg menggunakan karcis berupa sobekan kertas lg. Selain biasanya tsb tdk ada biaya lg kecuali kita membeli makanan, menyewa kursi santai dan ke toilet. Pantai ini sdh dilengkapi dg petugas keamanan pantai (life guard) yg stand by setiap saat, pos pantau juga tersedi di beberap titik, rambu2 peringatan keamanan berupa bendera kuning merah juga terpasang, bendera tsb adalah batas aman kita boleh bermain di pantai. Bagi yg sdh bisa bermain selancar air disini ombaknya sangat ideal utk berselang.

  24. Karcis masuk per orang 10.000
    Mobil 5.000
    Sewa tempat neduh payung besar per jam 20.000, 2 jam 40.000, 3 jam 50.000
    Pesan es degan 10.000
    + Parkiran luas
    + Kamar mandi banyak
    + Pemandangan indah
    + Ombak bisa buat mandi dg aman
    + Pasir super lembut
    + Bisa kursus surfing
    + Penjaga pantai responsif, selalu mengingatkan pengunjung untuk waspada
    + Infonya malam tahun baru 2020 nanti ada DJ, kembang api, dan pertunjukan regge

    Harus balik kesini lagi
    Dan jangan lupa buang sampah di tempat yang sudah disediakan, kalau tidak nanti rezekinya seret!
    Kalau punya cita-cita ingin masuk surga, jaga kebersihan lingkungan sekitar!
    Kata bapak penjaga pantai Pulau Merah

  25. Pulau Merah alias Pulo Merah adalah nama sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

    Dinamakan demikian karena merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter.
    Bukit itu memiliki tanah berwarna merah. Namun karena banyak ditutupi oleh vegetasi hijau, sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya.
    Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.

    Di sini juga terdapat Pura, yang digunakan oleh warga yang beragama Hindu untuk melaksanakan ibadah atau upacara keagamaan.

    Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Kalau dari pusat kota, jaraknya lumayan masih jauh. Puluhan kilometer atau angkutan darat 1,5-2 jam Tapi wisatawan domestik dan manca, banyak yang datang ke tempat ini.

    Sudah banyak tersedia spot buat selfie/wefie. Namun yang disediakan pengelola ini berbayar. Meskipun tidak mahal, sebaiknya cari tau infonya pada penduduk lokal. Biasanya mereka menawarkan jasa buat pengunjung.

    Air pantainya lumayan agak bersih. Ombaknya yang tidak terlalu besar, kerap dipakai surfing.

  26. Sekian lama baru ke PM lagi setelah lahiran. Ada tulisan besar untuk keterangan masalah tiket. Per orang 10rb. Kendaraan roda2 2 rb. Saya diarahkan belok ke kiri, kemudian ada embak2 yg jaga meja pinggir jalan. Kita distop, ditanya, berapa orang? Kita jawab 3 ( saya, suami, dan anak kami balita 4th), dan si embak berkata 22rb. Otomatis kita bayar tanpa bertanya. Kita pikir anak kami balita free tdk bayar. Dengan kalkulasi 2 orang dewasa 20rb dan parkir kendaraan 2rb. Total 22rb. Seharusnya didalam tiket tertulis 2 X 10000= 20000 dan parkir 2rb. Tapi kenyataannya disana hanya tertulis 1 tiket X 10000. Kesalahan kami tdk cek si isi tiket. Pas kami pulang. Si embak2 sudah raib. Dan pengunjung lain yg datang FREE tanpa tiket. Bukan masalah nominal yang hanya 10rb. Tapi kejelasannya saja. Mungkin bisa di buat pelajaran yang lainnya pelajaran jujur aparat itu penting yesss.

  27. Di pantai pulau Merah ada penginapan namanya Wisma Pulau Merah… Ini tempat penginapan yang very recommended…bersih, pelayanan bagus, tempat istirahat yang nyaman, sarapannya enak… Staffnya ramah dan baik semua… Pelayanannya the best!!

    Kalau saya dan suami ke Banyuwangi lagi, pasti akan stay di hotel ini dan jalan jalan lagi ke pantai pulau merah. Sebab pagi hari sampai dengan malam hari pantai ini buka 24 jam. Tiket masuk 10rb per orang. Karena saya menginap semalam di sekitar pantai pulau merah maka di hari kedua saya tak dikenakan bayar tiket masuk lagi.

    Sore menjelang Maghrib saya dan suami tiba di pantai pulau merah, dengan kondisi mendung dan tak lama hujan deras. Tapi aktivitas di pantai ini sangat hidup… Hiasan lmpu lmpu di pantai begitu indah… Cafe…live music… Tempat Sandar diantai pun bisa dibuka tinggal bilang sama yang jaga langsung bayar. Malam hati pun bisa duduk di sun bed lho… Seru!! Angin pantainya okay gak terlalu kencang jadi gak pakai jaket pun aman gak masuk angin.

    Pagi harinya ikut menyebrang ke pulau merah Pakai perahu yang berada di sebelah kiri pantai. Kalian harus jalan kaki sedikit ke arah kiri pantai lalu bayar 20rb per orang untuk naik perahu mengelilingi pulau merah. Seru… Dan air nya biru bnget… Bersih…suka banget liburan ke sini… Next time mau stay agak lama… Sekitar 2 smpe 3 malam baru puas liburan di sini. Bisa sewa 1 perahu untuk lihat lumba lumba pagi hari…lebih banyak lumba lumba nya dibanding di Lovina bali. Seru deh… Wajib coba!! Terus habis lihat lumba lumba lanjut eksplore laut naik perahu ke pulau kecil lainnya… Ombaknya tenang bisa foto foto snorkeling… renang… Pokoknya puas bayar 1 perahu 2,2jt bisa muat 7 orang. Klian jadi bisa patungan bayarnya sama teman teman satu rombongan.

    Best beach spot di Banyuwangi. Love it so much!!

  28. Saya dari Solobaru Sukoharjo Jateng,.2x ke pantai indah ini,..

    Sayangnya,msh sj akses jalan raya menuju pantai Pulau Merah ini krg diperhatikan oleh pemkab setempat,msh byk jln berlobang aspal ngelupas,jalan msh trnilai sempit,pun mndekati lokasi antara jln yg di cor beton dan yg aspal, Jd krg nyaman aja bg pengunjung/wisatawan utk menuju pantai indah ini,..krn ini salah satu tujuan wisata unggulan,selayaknya akses jalan rayanya diutamakan,pun jg rambu2 penunjuk arah di pertigaan2,di perempatan2 jg dipersimpangan jln2 bercabang yg bgtu banyak utk menuju ke pantai ini,.

    Sy yg sdh 2x kepantai ini,utk mau keluar menuju jln raya Nasional Banyuwangi-Jember terdekat dan terlancar sj,satu2nya jln andalkan petunjuk lwt googlemaps,eeh…malah keblasuk blasuk masuk area pertanian persawahan kebun2 Buah Naga dan Kebun Jeruk,muter2 gak karuan dgn jalanan yg banyak aspal mengelupas seraya melewati medan off-road saja..

    Mohon sekali lg agar pemkab Banyuwangi syukur minta bantuan ke dinas PU propinsi utk benahi,perlebar,permulus jalanan menuju area pantai ini, plus jgn lupa yg tadi, rambu2 diperbesar dan diperjelas utk arah Pantai Pulau Merah,..dimulai sejak dari jalan Nasional keluar dari wilayah Jember/hutan gunung Gumitir utk menuju Banyuwangi dan sebaliknya,.. nOk…Good. Matursuwun.

    #SuksesWisataBanyuwangi

Berikan Ulasan