Pantai Cemara

Pantai Cemara, Banyuwangi, Jawa Timur

Pakis, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419, Indonesia, Banyuwangi, Jawa Timur

20 Ulasan

Banyuwangi kini menjadi salah satu tujuan utama untuk berwisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Letak geografis Banyuwangi terletak di ujung timur provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata alam yang keren dan patut untuk dikunjungi. Salah satu obyek wisata yang dapat dikunjungi adalah Pantai Cemara.

Pantai Cemara terletak di kota Bayuwangi tepatnya di Dusun Rowo, Desa Pakis, Kecamatan Bayuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini mulai terkenal pada tahun 2015 dikarenakan keunikan yang ada pada Pantai tersebut. Dulunya Pantai ini berama Pantai Rejo yang merupakan tempat pendaratan perahu nelayan dan tempat di lakukannya transaksi jual – beli ikan secara langsung. Kemudian mulai diadakan kegiatan – kegiatan oleh warga setempat dan pemerintah setempat yang dapat meningkatkan keindahan di Pantai ini sejak tahun 2011. Misalnya penanaman pohon cemara udang dengan susunan yang rapi dan menarik sehingga Pantai ini dapat memikat para wisatawan yang akhirnya mulai dikenal dengan nama Pantai Cemara.

Pantai Cemara dengan panjang Pantai 2 km membentang dari utara sampai selatan di penuhi oleh pohon cemara udang yang berjejer berderet yang jumlahnya mencapai lebih dari 16 ribu pohon rindang. Terlihat seperti hutan cemara karena begitu banyaknya dan rimbunnya tanaman cemara ini. Pemandangan ini sangat menarik untuk dijelajahi serta dapat dijadikan spot – spot foto.

Sebagai tempat berteduh, fungsi dari pohon cemara udang di pinggir Pantai ini juga dapat sebagai antisipasi dan angin kencang. Pantai ini merupakan tempat wisata favorit warga kota Bayuwangi. Ombaknya yang relatif kecil, cukup aman untuk para pengunjung yang membawa anak – anak berenang dan bermain di pinggir Pantai, atau sekedar menyusuri Pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cemara

Untuk menjaga dan merawat obyek wisata dibutuhkan dana yang mendukung. Dana tersebut dapat berasal dari sumbangan pemerintah maupun wisatawan yang datang untuk berkunjung. Masuk ke lokasi Pantai Cemara anda dapat membayar uang retribusi sebesar 2000 rupiah saja per orang. Parkir motor cukup membayar 2000 rupiah dan 5000 rupiah untuk parkir mobil.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Cemara

Β Menuju lokasi Pantai Cemara tidaklah melewati medan yang sulit. Hanya saja jalan yang belum cukup baik yaitu terdapat aspal yang rusak dan beberapa jalan yang masih berupa tanah. Anda dapat menempuh perjalanan menuju lokasi Pantai selama 20 menit saja dari kota Banyuwangi. Rute Pantai Cemara dari Kota Banyuwangi dapat dimulai dari mengambil jalan ke Hotel Santika. Di samping hotel Santika terdapat gang masuk ke timur, lurus saja ikuti jalan tersebut sampai pertigaan belok kanan di daerah persawahaan. Ikuti jalan sampai menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk jalan lokasi Pantai Cemara. Ikuti jalan tersebut hingga melewati sawah – sawah warga dan kolam – kolam ikan warga setempat. Sebelum menuju parkiran, harus menyebrangi sungai kecil yang berisi air payau. Terdapat pemandangan tumbuhnya beberapa jenis pohon yang terdapat di Pantai-Pantai yaitu pohon mangrove. Terdapat spot foto menarik yang wajib untuk di coba jika berkungjung ke Pantai Cemara. Setelah menyebrangi sungai sampailah di lokasi Pantai Cemara.

Obyek Wisata di Pantai Cemara

Pantai Cemara memiliki keunikannya sendiri, sehingga para wisatawan berbondong – bondong untuk mengunjungi dan menikmati Pantai ini. Hal – hal yang dapat di temukan dan di lakukan di Pantai Cemara antara lain:

1. Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto menarik yang dapat di coba selain menikmati keindahan Pantai pasirnya. Seperti salah satu spot sebelum memasuki tempat parkiran kendaraan. Terdapat spot yang memiliki background atau latar belakang yang bagus, yaitu berupa sungai air payau dan beberapa pohon mangrove serta pohon cemara yang nan elok dilihat. Seiring dengan pertumbuhan wisatawan yang semakin bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun, jumlah spot – spot foto mulai di tambah sebagai daya pikat wisatawan. Anda dapat berfoto di tempat duduk warna – warni, ataupun di tempat dengan latar belakang tulisan β€œ love ”. Berhubung pantai Cemara merupakan tempat penangkaran penyu, wisatawan dapat berfoto bersama penyu. Untuk pecinta fotografi dapat memanfaatkan spot – spot foto tersebut dan juga selain indah tempat ini juga romantis bagi pasangan yang ingin mengadakan sesi pemotretan prewedding.

2. Pasir Hitam dan Pohon Cemara

Pantai cemara memiliki karateristik hamparan Pantai pasir dengan butiran lembut yang berwarna agak kehitaman. Di sekeliling Pantai terdapat juga hutan pohon cemara yang berjenis pohon cemara laut. Karateristik inilah yang memberikan ke unikan sekaligus asal – usul terbentuknya nama Pantai Cemara. Di Pantai ini terdapat penjual – penjual makanan dan minimum yang dapat di beli dengan harga terjangkau untuk menemani anda selagi beristirahat menikmati keindahan Pantai. Β Beragam menu dapat anda pilih sembari bersantai di bawah pohon, menikmati makanan yang telah di pesan dan menikmati suasana di sekitar yang masih alami. Pohon – pohon cemara yang rindang dan bersih membuat sejuk wisatawan yang beristirahat untuk sekedar bersantai – santai. Dalam menikmati sejuknya hutan cemara, wisatawan sering menggelar tikar meskipun hanya sekedar bercengkrama ataupun menikmati makanan – minuman dibawah pohon.

3. Tempat Penangkaran Penyu

Selain pasir dan pohon cemaranya, Pantai ini juga memiliki tempat penangkaran penyu semi alami yang masih sederhana. Tempat ini terdiri dari tempat pembesaran dan edukasi penyu. Ketika masa musim telur penyu, bila anda beruntung akan dapat melihat penyu yang melakukan pendaratan untuk bertelur secara langsung di tepi Pantai. Untuk tiket masuk ke penangkaran penyu cukup membayar 2000 . Selain penyu juga terdapat kolam – kolam ikan. Tempat penangkaran ini berfungsi untuk melindungi telur – telur penyu dari serangan predator atau hewan – hewan pemakan telur ataupun manusia nakal yang ingin mengambil telur tersebut untuk dijual. Selama beberapa bulan sekali terdapat acara pelepasan tuki. Tukik merupakan anak penyu. Dalam pelepasan tukik cukup membayar 2500 per tukiknya. Patut dicoba jika anda berkunjung ke Pantai Cemara ini.

4. Sunrise of Java nya Banyuwangi

Keindahan yang dapat dinikmatin di Pantai Cemara ini adalah saat mengunjungi di pagi hari, anda dapat menikmati Sunrise of Java nya Banyuwangi. Desiran ombak dengan hamparan pasir Pantai yang membuat hati damai.

5. Tempat Camping (Berkemah)

Di Pantai ini terdapat lapangan yang luas. Biasanya para pengunjung memakai tempat ini sebagai tempat camping (berkemah). Jika malam tempat tersebut juga sering di adakan api unggun oleh para orang yang mengadakan kemah. Karena udaranya yang sejuk saat pagi hari tempat tersebut banyak terdapat pengunjung – pengujung yang melakukan olahraga.

6. Lorong Goa Cemara

Deretan pohon – pohon cemara yang di tanam sepanjang Pantai semakin bertumbuh banyak, besar dan rindang sehingga menyerupai goa yang panjang dan indah. Tempatnya yang rindang cocok untuk berteduh atausekedar berjalan – jalan menyusuri lorong goa cemara.

20 Ulasan untuk Pantai Cemara, Banyuwangi, Jawa Timur

  1. sebetulnya pantai cemara ini cukup bagus tempatnya,disana kita bisa melihat tanaman cemara mulai dari yang kecil sampai yang sudah besar, cuma perlu ditambahi lahan parkir mobil dan jalan masuknya kalau bisa agak diperbagus.

  2. Banyak spot foto bagus. Bisa sewa tikar untuk istirahat dibawah pohon cemara. Ada kantin dan musholla juga. Untuk pelepasan anak penyu dikenakan biaya 30rb per orang. Akses jalannya mudah. Harga tiket masuk untuk hari libur 5000 rupiah aja.

  3. pertama ke pantai Cemara,…. bagus, bersih,indah sekali tempat nya…. . tapi sayang datang pas sore dan hujan gerimis… seumpama cerah pasti lebih indah lagi….. tunggu next time pasti kembali berkunjung….

  4. Tempat oke punya. Hanya belum ada transportasi umum dan jalan masih jauh dari layak. Klo mobil atau sepeda bermasalah, mending mikirΒ² mau kesana. #tambahparah

  5. Salah satu destinasi wisata yang tergolong baru di Banyuwangi. Pantai berpasir hitam, ada hutan cemaranya, zona inti hutan cemara, spot selfie, warung kuliner, dan wisata edukasi konservasi penyu. . Sayangnya jalan menuju kesana rusak, aspal mengelupas dimana2 dengan lubang dan batu besar. ..kebayang jika musim hujan pasti parah.. Juga jalan yang musti masuk-masuk kampung sempit. . Namun yang bikin salut adalah wisata ini dikelola Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) masyarakat setempat.. Semoga kedepannya semakin bagus pengelolaannya.

  6. Cocok banget buat kalian yang suka selfie dan berlibur dipantai nihh. Tempatnya sejut dan rindang dengan pohon2 cemara. Buat yg suka piknik pantai cemara sangat direkommendasikan dehhh

  7. Cocok banget buat kalian yang suka selfie dan berlibur dipantai nihh. Tempatnya sejut dan rindang dengan pohon2 cemara. Buat yg suka piknik pantai cemara sangat direkommendasikan dehhh

  8. Pantas saja disebut dengan Pantai Cemara, karena pantai ini dipenuhi Pohon Cemara. Pantai rindang yang sama sekali tidak merasa panas matahari. Restoran yang teduh dipenuhi cemara menu makanan yang banyak, ada program konservasi penyu juga di tengah, ada beberapa spot selfie. . Saya dan keluarga akan berkunjung lagi bila ke Banyuwangi. . Lokasinya dekat dengan kota. . Kami menginap di sekitar Cungking… Hanya 7-8 kilo ke Pantai menggunakan mobil. . Terimakasih. Semoga review saya bermanfaat. Semakin maju Banyuwangi dengan pariwisatanya.

  9. Pemandangan hutan bakau dan dekorasi bambu untuk jalan dan gubugnya oke banget..di dalam hutan bakau nuansanya asri dan alami..petugas ramah dan sopan..tidak ada spot untuk mandi air laut..

  10. Di pantai ada cemara ?? Iya..namanya aja pantai cemara.. pantai nya bersih, wc umum nya jg bersih, suasana pantai yg jarang di temui. Pantai yg di kelola oleh masyarakat sekitar.. sehingga wisata ini jg menambah Sumber penghasilan bagi masyarakatnya juga.. Di dalam kebun cemara nya juga berjejer warung2 masyarakat setempat yg menjual makanan khas banyuwangi bahkan makanan2 instant yg d sajikan di atas tikar bermeja sambil duduk bersilah..ah..jd pengen menikmati suasana sore kesana lagi.. cuman..akses jalan utk masuk ke pantai ini masih rusak..berharap pemerintah dpt menanggulangi masalah ini..karna pantai ini merupakan alternatif wisata dekat kota dg suasana yg berbeda..

  11. Pantai yang bersih didukung oleh cemara2 yang di tanam dan tumbuh subur menjadikan pantai ini sebagai salah satu sabuk hijau kabupaten Banyuwangi. Dengan lebatnya pohon cemara pantai ini juga menjadi rumah bagi para burung. Selain itu pada bulan2 tertentu juga menjadi jujugan para penyu untuk pulang kampung dan bertelur disini. Harus kita apresiasi kerja keras Muhyi the ranger dan para ranger penyu lainnya. Yuk gabung bersamabkami Pesona Banyuwangi Tour yang merupakan bagian dari Pesona Banyuwangi Group get new experience and traveling with so much fun

  12. Pantai berpasir hitam yang bersih banget membuat nyaman pengunjung yang ingin bersantai disini sambil belajar tentang penyu di mulai bulan mei juni juli agustus dan september kalau beruntung dimalam hari kita bisa menemui penyu yang membuat sarang bagi telur2 mereka disana kita bisa belajar bagaimana proses penyelamatan telur2 tersebut untuk kemudian dipindahkan ke sarang yang lebih terlindung dari predator2 alami mereka terutama dari manusia. Yuk gabung bersama kami Pesona Banyuwangi Tour yang merupakan bagian dari Pesona Banyuwangi Group kita berlibur sambil belajar, be a smart travelers gaeeeeeesss

  13. Sebenarnya pantai cemara sangat potensial karena disana kita tidak hanya bisa bermain pasir atau mandi-mandi di pantai. Namun kita juga bisa belajar tentang budidaya penyu dan pohon cemara. Tempatnya rindang karena banyak pepohonan cemara. Hanya saja akses jalan menuju pantai rusak lumayan parah. Banyak sekali jalanan yang berlubang belum lagi debu yang tebal. Mungkin itu jadi salah satu alasan mengapa saya jadi jarang main-main kesana.

  14. Lumayan reting 4 dulu saja ya karena parkir roda 4 nya masi kurang memadai soal pemandangan oke bgs nyaman asri & bersi toiletnya pun bersi cocok bgt buat nyantai sm klrg…. Tp tlg akses jlnnya lbi d utamakan lagi biar pengunjung tidak kcewa sat mlintasi jln menuju pantai cemara

  15. Pantai yang bersih dan indah. Di ujung timur pulau jawa, cocok untuk menikmati sunrise di pagi hari. Ribuan pohon cemara sangat nyaman untuk berteduh di bawah teriknya panas matahari. Sangat recommendes untuk dikunjungi, sekedar melepas penat di tengah hiruk pikuknya kota banyuwangi, maupun liburan bersama keluarga❀

  16. Tempatnya bersih ( ini yang perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan),areanya luas, banyak pohon peneduh (yang notabene pohon Cemara itu sendiri), penjaga edukasi penyunya juga ramah dan informatif gak kayak pertama kali kesitu yang jaga kaya preman dan gak edukatif sekali.Pertahankan…πŸ‘

  17. Pantainya bersih banget, tersedia banyak tempat sampah (ini kykny jarang di tempat wisata pantai lain), belum begitu ramai (ke sini pas hari Minggu padahal, jd seneng bisa relaks), ombak gk trllu besar (waktu sore hari), pemandangan bagus, bisa lihat&pegang anak penyu yg di penangkaran kecil (cukup sumbang 2ribu/org untuk penangkaran penyu-nya), tersedia kamar mandi (cukup bayar 2ribu/org), bisa sewa tikar (10ribu, di pintu masuk), gk sempet nyoba makanannya (ada yg jual ikan bakar, tahu walik, dll), petugas informasinya friendly & cukup menghibur, enak bgt buat relaksasi bareng keluarga. Kekurangannya cuma akses yg cukup susah (krna lewat kampung2 & sawah2 jd malam tutup, penerangan kurang) dan parkir mobil yg terbatas.

  18. Pesisir pantainy berpasir hitam, tidak recomended untuk anak kecil kecek atau main air.. Kecuali usia agar besar. Karna pesisirnya yang berpasir hitam tidak berkarang tau berbatu membuat orang tidak bisa melihat mana batas dalam dan dangkal, sehingga tidak disarankan untuk anak lecil main air disana (saya pribadi). Namun untuk keindahannya… Disana bnyak pohon cemara yang cocok untuk piknik dan memandangi sekitar pantai. Teduh dan bnyak spot fto. Untuk aksesnya mudah hanya saja parkirnya yabg kirang kondusif karna dilahan depan rumah warga. Untuk selebihnya oke.. Bnyak penjual makann, minuman, es dan soufenir. Ada km juga untuk mandi dan ganti, mushola.

  19. Cukup menyenangkan untuk staycation.. babyak pohon cemara sesuai dengan namanya. Pantai mudah diakses dan jalan menuju lokasi kondisinya baik. Banyak pedagang makanan dan cukup ramai pengunjung saat sore hari

  20. Tempat ini sangat nyaman buat liburan bersama keluarga dan pasangan. Udaranya sangat sejuk, pas sekali untuk merefresh diri dari beban-beban pekerjaan dan sejenak untuk beristirahat sebelum memulai aktivitas seperti biasa. Tiket masuk hanya 3k rupiah tapi pengunjung dapat menikmati udara segar sepuasnya. No php

Tinggalkan Balasan