Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu objek wisata Pantai yang ada di Banyuwangi. Perpaduan pasir putih dan hitam yang dimiliki oleh Pantai ini menjadi keunikan tersendiri untuk objek wisata Pantai di Banyuwangi ini.

Banyuwangi sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Sebagai kota yang letaknya di ujung timur pulau Jawa, membuat fajar pertama di pulau jawa terbit lebih awal disini. Pada kenyataannya, Kabupaten Banyuwangi tidak  begitu popular mengenai objek wisatanya, namun siapa sangka bahwa di kota tersebut memiliki banyak sekali permata wisata yang indah dan salah satunya ialah Pantai Wedi Ireng.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ireng

Jika anda tidak ingin repot-repot melewati rute yang menantang untuk mencapai lokasi Pantai Wedi Ireng ini, anda bisa menggunakan jalur laut yang tentunya lebih cepat dan praktis. Anda hanya perlu menuju Dusun Pancer, kemudian menyewa perahu nelayan setempat. Anda harus membayar sebesar Rp. 40.000 untuk antar jemput, dan sekitar Rp. 25.000 untuk satu kali perjalanan. Waktu yang anda perlukan untuk mencapai Pantai dengan menggunakan jalur laut ini hanya kurang lebih 30 menit saja.

Lokasi dan Rute Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng memiliki lokasi yang terbilang sangat terpencil, bahkan akses menuju objek wisata Pantai Wedi Ireng ini terbilang cukup menantang. Namun, pesona Pantai Wedi Ireng ini tidak akan membuat anda menyesal untuk berjuang menuju ke tempat ini.

Lokasi Pantai Wedi Ireng berada di Desa Sumberagung, Kec. Pesanggara. Tepatnya hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pulau Merah, atau sekitar 65 Kilometer dari kota Banyuwangi. Lokasi yang terbilang cukup terpencil ini lah yang membuat Pantai ini masih perawan dan masih sangat asli.

Walaupun demikian, keindahan Pantai ini tidak kalah dengan Pantai-Pantai yang sudah popular lainnya, bahkan ia memiliki garis Pantai yang sangat panjang. Biru jernihnya air laut di Pantai ini serta kombinasi pasir putih dan hitam seakan disusun rapi sebagai design khas dari Pantai Wedi Ireng ini. Selain itu, lapisan batu dan pasir coklat yang kasar serta unsur pasir putih yang halus menjadi ciri khas dari Pantai ini.

Aktivitas dan Fasilitas yang ada di Pantai Wedi Ireng

Walaupun keadaan lokasi yang jauh dari perkotaan, bukan berarti anda tidak akan bisa melakukan apa-apad di Pantai ini. Bahkan, sudah terdapat beberapa fasilitas yang mendukung kegiatan wisata Pantai di objek wisata indah ini. Adapun kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di Pantai ini adalah sebagai berikut:

1. Memancing

Memancing merupakan kegiatan yang sangat bisa anda lakukan ketika anda berwisata ke Pantai termasuk saat anda mengunjungi Pantai Wedi Ireng ini. Untuk mendapatkan ikan-ikan, anda bisa mengikuti para nelayan setempat dan menanyakan spot memancing favorit mereka. Jika anda membawa perlekapan memasak khusus, anda bisa membakar ikan hasil dari tangkapan anda tersebut. menyenangkan bukan, menyantap ikan bakar di pinggir Pantai indah ini.

2. Bermain perahu

Kegiatan bermain air seperti berenang di pinggir Pantai, mungkin tidak begitu direkomendasikan untuk anda, mengingat kondisi Pantai yang terkadang mimiliki ombak yang cukup besar. Namun, anda bisa bermain perahu dan menyulursi laut di sekitar kawasan Pantai Wedi Ireng ini dengan perahu-perahu nelayan setempat yang sudah terparkir rapi di bibir Pantai Wedi Ireng ini.

3. Bermain pasir

Kondisi pasir yang unik dan menarik menjadi ciri khas dari Pantai ini, hal ini lah yang bisa dimanfaatkan wisatawan, sembari menikmati keindahan Pantai, anda juga bisa bermain pasir seperti misalnya dengan membuat istana pasir dan sebagainya.

4. Olahraga air

Meskipun Pantai Wedi Ireng ini memiliki kondisi ombak yang cukup besar, bahkan bisa membahayakan wisatawan yang berenang di pinggir Pantainya. Walaupun demikian, anda masih bisa melakukan kegiatan olahraga air seperti snorkeling ataupun diving. Ada spot-spot tertentu untuk anda yang ingin melakukan diving atau snorkeling, yang pastinya dengan menawarkan kondisi alam bawah laut yang menakjubkan.

Beberapa kegiatan wisata diatas merupakan sebagian kecil dari kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di Pantai Wedi Ireng. Kegiatan wisata tersebut tentunya sangat didukung dengan fasilitas yang ada disana. Adapun beberapa fasilitas yang ada disana adalah sebagai berikut:

5. Gazebo

Pantai Wedi Ireng juga menyediakan Gazebo Pantai, yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan berteduh dari panasnya matahari. Sambil bersantai di Gazebo.

6. Kamar mandi umum

Toilet sudah tersedia di Pantai ini, sehingga bisa memudahkan wisatawan untuk berbilas, atau buang air kecil maupun BAB.

7. Lahan parkir

Lahan parkir yang terdapat di Pantai ini terbilang sudah cukup memadai, sehingga kendaraan dari wisatawan yang berkunjung bisa tersusun rapid an sangat tertata sebagaimana mestinya.

8. Tempat Persewaan

Untuk mendukung berbagai kegiatan wisata yang telah disebutkan diatas, ada beberapa tempat persewaan yang menyediakan alat snorkeling, diving dan berbagai alat lainnya. Sehingga, anda tidak perlu membawa perlekapan tersebut dari rumah.

9. Penginapan

Walaupun lokasi Pantai Wedi Ireng ini cukup jauh dari, bukan berarti anda tidak bisa berlama-lama di Pantai ini. Sekarang, anda tidak perlu khawatir, Karena di kawasan Pantai ini sudah tersedia berbagai jenis penginapan yangan harga yang bervariasi sesuai dengan budget anda.

Ulasan Pengunjung

  • Bernard Baliadvisor
    2 bulan lalu
    Pantai nya sangat indah dan kalau kesini berasa memiliki pantai Sendiri. Kalau kesini harus melalui pelabuhan pantai mustika menggunakan perahu motor Lokal dengan ongkos lima puluh ribu per orang. Ada juga jalur menuju ke tempat ini melalui jalur tracking, melewati hutan pohon kelapa, tanaman buah naga. Melewati jalur ini kalian kudu mampir di pondok pondok atau rumah penduduk setempat yang membuat gula merah dari bahan sari bunga kelapa. Setelah itu masuk hutan,ada juga jalan alternatif menuju ke air terjun tapi sayang air terjunnya debit airnya kurang banyak,tapi tidak masalah karena semuanya di bayar kan oleh nuansa hutan yang sangat lebat,penuh dengan burung-burung nya. Kalian juga bisa camping disini tapi bawa perlengkapan sendiri,kalau makan atau air bisa di persiapkan oleh warung warung local di sana. Satu pesan saya,tolong kalau kesana agar jangan membuang sampah sembarangan,ingat!! Kita harus bersyukur karena kita di kasi tuhan alam yang sangat indah serta isinya,dan kita bisa hidup oleh karena alam. Enjoy your day..
  • Aris Kurniyawan
    2 minggu yang lalu
    Pantai ini eksotis dan menarik untuk dikunjungi meski harus menggunakan perahu dengan biaya 100 rb. Jika dalan kondisi tidak ramai tempat ini tenang karena jarang sekali pengunjung tapi kalau sudah mulai siang pasti ramai.
  • Anggung Setiawan
    sebulan yang lalu
    Pantai yang terletak di Dusun Pancer ini memiliki pemandangan yang eksotis. Pantai yang indah dengan warna air laut yang biru kehijauan. Ditambah dengan pasir putih yang mengkilat. Kalau kalian gali si pasir putih, di bagian bawah ada pasir warna hitam. Inilah yang menjadikan pantai ini dinamakan Wedi Ireng (pasir hitam dalam Bahasa Indonesia) sekalian jadi keunikan dari pantai ini. Pantai ini belum banyak dijamah. Jadi kalian bisa puas-puasin kalau berkunjung ke pantai ini. Cukup menggunakan perahu nelayan dari Pantai Mustika, kalian bisa sampai di pantai ini. Atau kalau mau jalur yang agak ekstrim, kalian bisa gunakan kendaraan roda dua melalui jalur 'babatan' di sebelah utara Perkampungan Dusun Pancer.
  • Wong Tegalharjo
    sebulan yang lalu
    Ingat nama Pancer, pikiran melayang ke masa silam. Bencana Sunami yang pernah memporak porandakan pesona pantai selatan Banyuwangi ini. Seiring laju perkembangan jaman, Pancer kembali berbenah. Memang dari jalan protokol (jurusan Banyuwangi Jember) lokasi pantai ini lumayan jauh. Namun indahnya panorama pantai, mampu mengobati penatnya perjalanan.
  • Satria Ade Putra
    sebulan yang lalu
    Pastikan pake google maps kalo dari kota dan gak tau jalan. Kalo sekiranya susah sinyal tanya warga. Kalo bisa pagi kesini nya agar akses masuk mudah.