Pantai Bosur

Pantai Bosur

Desa Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara 22615, Indonesia.

13 Ulasan

Sudah pernahkah Anda mendengar tempat wisata yang bernama Pantai Bosur? Atau malah sudah pernah mengunjunginya ya?

Pantai Bosur ini merupakan salah satu pantai yang paling populer di Nias, Sumatera Utara. Pantai ini menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan baik bersama yang terkasih, keluarga atau sahabat.

Nah, Pantai yang berada di Sibolga ini ternyata memiliki beberapa hal unik yang bisa menjadi referensi ketika berkunjung ke pantai ini. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Pantai Bosur

Pantai Bosur Pandan

Dahulu pantai ini diberi nama Pantai Bosur yang mana pemberian nama ini didapat dari nama Bonaran Situmeang dan Sukran Tanjung yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng atau Tapanuli Tengah. Saat Pilkada, nama Bonaran-Sukran disingkat ‘BOSUR’.

Namun, pada tanggal 31 Juli 2019, Nama Pantai Bosur resmi diganti oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi Pantai Indah Pandan (PIP).

Penggantian nama pantai itu dilakukan untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan menghilangkan keraguan masyarakat yang mengaitkan nama Pantai Bosur dengan nama pemimpin sebelumnya.

Hal ini juga bertujuan untuk memberikan nama baru yang menarik wisatawan agar berkunjung ke pantai ini. Sejak saat itulah, pantai Bosur dikenal dengan Pantai Indah Pandan atau PIP.

Harga Tiket Masuk Pantai Bosur

Untuk mengunjungi pantai ini Anda tidak perlu repot-repot membayar tiket masuk. Karena Anda bisa masuk ke kawasan wisata ini secara cuma-cumal.

Tidak ada retribusi per orang namun bagi Anda yang menggunakan kendaraan untuk mobil, pengunjung dibebankan biaya sebesar Rp 5000, sementara untuk sepeda motor hanya Rp 3000 saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Bosur

Pantai Bosur Sumatera Utara
source: instagram.com/benny_alfredo/

Pantai Bosur atau pantai Indah Pandan ini berada di Desa Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Untuk mencapai lokasi Pantai Pandan ini juga cukup mudah. Ada beberapa alternatif rute yang bisa Anda pilih.

1. Melalui Jalur Udara

Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda langsung saja melanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bus ke Terminal Tarutung.

Dari Terminal Tarutung Anda bisa mengikuti rute : Jalan Mayjen. D.I Panjaitan – jalan Lintas Barat Sumatera – jalan Sudirman – Pantai Pandan.

2. Melalui Jalur Laut

Jika Anda berada di Pelabuhan Belawan, Anda langsung saja melanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bus ke Terminal Tarutung. Dari sana tinggal mengikuti rute bus.

3. Melalui Jalur Darat

Anda bisa mulai perjalanan dari Kota Tapanuli Utara kemudian menuju jalan Sibolga-Barus – jalan Ade Irma Suryani Nasution – Jalan Sutoyo Siswomiharjo – Pantai Pandan.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda juga bisa menggunakan Google Maps menuju Pantai Indah Pandan.

Objek Wisata Pantai Bosur

Sesaat sampai di Pantai Pandan atau Bosur maka Anda akan menikmati hembusan semilir angin. Anda  juga bisa mengisi liburan dengan berbagai kegiatan menarik.

1. Mengelilingi Kawasan Pantai

Alamat Pantai Bosur
source: instagram.com/zubeirray/

Berada di Pantai Indah Pandan, Anda bisa mengelilingi kawasan pantai untuk melihat-lihat suasana pantai yang indah.

Pantai Pandan ini memiliki pasir yang sangat halus sehingga sangat nyaman bila mengelilingi pantai ini dengan telanjang kaki.

Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi pantai dengan menaiki sepeda yang menjadi salah satu kegiatan seru dan menyenangkan.

2. Bermain Air dan Berenang

Harga Tiket Pantai Bosur
source: instagram.com/fs_gultom/

Pantai Indah Pandan memiliki Ombak yang tidak terlalu besar dan air yang tenang sehingga Anda bisa berenang sejauh beberapa meter dari bibir pantai dengan aman.

Gelombang di Pantai Pandan kecil dikarenakan pantai ini secara geografis terletak di teluk. Sehingga, gulungan ombak ganas dari Samudera Indonesia melemah ketika tiba di pantai ini.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Bosur

Matahari terbenam di Pantai Indah Pandan luar biasa cantik. Anda dapat melihat panorama ini menjelang senja dengan warna langit kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga yang menakjubkan.

4. Menaiki Perahu

Obyek Wisata Pantai Bosur
source: instagram.com/z_photowork/

Jika Anda ingin berwisata mengelilingi lautan, nelayan di sekitar akan menghampiri dan menawarkan Anda untuk berkeliling ke pulau sekitar Pantai Indah Pandan. Melalui perahu ini, Anda melihat Batu Lobang atau Batu Gajah di ujung teluk.

Batu Gajah Batu sangat besar, bahkan hingga berukuran dua kali truk dan bentuknya mirip seperti gajah. Namun untuk mencapai kesana, Anda harus mengeluarkan kocek Rp 10.000 per orang untuk menyewa perahu dan waktu yang diperlukan untuk pulang pergi adalah 45 menit.

Selain itu, jika Anda memiliki banyak waktu, Anda bisa berkunjung ke Pulau Mursala dengan menaiki perahu yang memiliki air terjun cantik, juga Teluk Tapian Nauli yang menyuguhkan area menyelam.

Dibutuhkan waktu  2 jam untuk bisa ke kesana. Anda pun harus menyewa kapal sekitar Rp 2.000.000 untuk menampung hingga 25 orang.

Fasilitas Pantai Bosur

Fasilitas umum di pantai ini juga terbilang cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia diantaranya:

1. Toilet

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana, jadi Anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area pantai.

2. Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo-gazebo, Anda bisa dengan santai duduk-duduk sambil menikmati pemandangan air laut, hamparan pasir putih dan juga langit biru yang mempesona.

3. Area Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, Anda tidak perlu khawatir, karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga aman.

4. Warung dan Restoran

Disepanjang Pantai Pandan terdapat banyak rumah makan yang menjual makanan seafood yang dimasak dengan gaya khas daerah Sibolga atau Pandan yang unik di sini masakannya memiliki citarasa Batak yang dicampur dengan sentuhan Minang

Salah satu makanan yang khas disini yaitu Ikan Gulai yang lezat dengan kuah santan yang kental.

Disekitar pantai ini juga terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling atau warung yang bisa memenuhi rasa lapar kamu di saat bermain di area pantai.

5. Toko Souvenir

masih terletak di kawasan Pantai Indah Pandan, disini Anda akan menemukan  toko-toko yang menjual souvenir.

Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membawa oleh-oleh, Anda bisa berbelanja oleh-oleh dari Bosur berupa kerajinan yang terbuat dari kerang atau binatang laut yang dibuat secara manual oleh warga sekitar.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Bosur di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara ini.

Karena itu sebaiknya segera agenda-kan liburan Anda untuk mengunjungi Pantai Bosur. Di Sumatera Utara juga masih banyak pantai indah lain yang bisa Anda datangi. Sebut saja diantaranya Pantai Sorake, Pantai Mutiara dan yang lainnya.

13 Ulasan untuk Pantai Bosur, Nias, Sumatera Utara

  1. Penataan pantainya lumayan dilengkapi dengan kamar mandi, musholla dan tersedia penyewaan boat untuk penyeberangan ke pulau poncan, pulau tukkus dan pulau lainnya. Tempat yang cocok membawa keluarga untuk menikmati keindahan pantai barat Sumatera.

  2. Bagus sih, kalo lagi nungguin sunset bareng pasangan boleh juga. Agak romantis gimana gitu. Tapi kurang perhatian aja nih tempat, masih semrawut asal ada… hmmmm gitulah pokoknya

  3. Pantai baru yg cukup terkenal di Sibolga, . Banyak penjual makanan, dan salah satu tempat terbaik menikmati sunset..

  4. Terakhir saya ke sini Januari 2018, kebersihan masih kurang, petugas jaga sekitar pantai & pintu masuk masih kurang ramah, tapi bisa anda abaikan saja untuk menikmati indah pantainya.. Rekomen banget matahari terbenamny, fasilitasny juga sekarang makin berkembang, . Harapanny semoga lebih lengkap lagi, lebih bersih, dan lebih ramah.

  5. kalau anak zaman now harus mampir di pantai ini…. biaya parkir roda 2 Rp.2000 roda 4 Rp.3000 . banyak kegiatan pemerintahan dilakukan di pantai ini ..seperti Tahun Baru, Pesta rakyat

  6. Good. Pantai yang mempunyai pemandangan yang indah. Dengan kualitas air yang kurang jernih, saya sarankan untuk tidak mandi di pantai ini. Pantai ini juga difasilitasi dengan bak sampah yang banyak dan kamar mandi umum berbayar. Terdapat musholah bagi umat Islam yang ingin menunaikan sholat tepat waktu. Di Pantai ini juga terdapat Kantor Polisi Air. Jarak antara Pantai Bosur dan Pantai Pandan tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dengan bus.

  7. Pantai, tempat objek wisata,memandang lautan luas dgn duduk di tepi pantai. Sambil menikmati es kelapa muda ..

  8. Tempatnya cocok untuk nyantai bareng keluarga atau teman..
    Makanannya juga tidak terlalu mahal untuk kategori tempat wisata..
    Parkirannya cukup luas dan tertata, kalau ga salah kemaren itu untuk mobil 10k..
    Toilet dan mushollanya tersedia, cuman ya gitu lah kondisi dan keadaannya masih jauh dari kata layak dan nyaman hehehe (semoga pada bagian itu segera ditindaklanjuti oleh Pemkab/pengelolanya ya)..
    Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu bagi yg memerlukan ya..
    Terimakasih..
    Assalamu’alaikum..

  9. Kalo kesini masuknya dari pia hotel karena pantainya masih di area hotel, tapi terbuka untuk umum pengelolanya orang lokal,apa2 disini mahal, sewa tikar plastik saja 50rb htm 25 rb. Disini menurut saya ngak ada apa2 selain pantai yg kurang dikolola pemerintah daerah setempat. Sampah berserakan dimana-mana.

  10. Pantai lumayan luas,, dan pantai nya sedikit kotor banyak sampah di daerah pantai kurang cocok buat mandi anak2

  11. Penjaga Karcis Kurang Ramah
    Toilet bersih
    Parkir Mobil luas namun Kurang pohon Dan masih lantai tanah terkadang becek Dan berlubang
    Sarana bermain anak tidak Ada
    Menu Kurang variatif
    Butuh penataan lebih bagus lagi

  12. Pemandangan nya indah. Salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Tapanuli Tengah. Parkirnya luas. Menu makanan dan minumannya beragam dengan harga terjangkau. Mudah dijangkau dengan transportasi umum. Hanya kamar ganti dan toiletnya kurang banyak

  13. Sangat bagus berkreasi sama keluarga di pantai bosur…kalau bisa ditambah sarana y…..

Tinggalkan Balasan