Pantai Bubujung

Pantai Bubujung

Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46189, Indonesia.

12 Ulasan

Pantai Bubujung merupakan pantai yang berada di Tasikmalaya paling ujung, lebih tepatnya sekitar perbatasan dengan Garut. Pantai ini sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan. 

Walaupun demikian, ketika menjelang libur panjang atau libur lebaran, pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Apakah Anda tidak tertarik untuk berlibur di pantai ini?

Kami akan memberikan informasi singkat mengenai Pantai Bubujung ini, simak ulasan singkat di bawah ini ya.

Sejarah Pantai Bubujung

Fasilitas Pantai Bubujung

Objek wisata Pantai Bubujung sudah dibangun dan dibuka untuk para pengunjung sejak tahun 2007.  Pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan pemandangan yang sangat cantik. 

Luas pantai ini sekitar 500 meter dengan hamparan pasir dan terdapat bebatuan yang menjulang tinggi. Pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan berlibur Anda bersama dengan teman atau keluarga.

Pantai Bubujung sebenarnya memiliki potensi berupa keindahan alam yang mempesona, Anda dapat menemukan berbagai jenis batuan dengan berbagai bentuk di kawasan pantai.

Karena pesonanya, pemerintah setempat sudah berkoordinasi dengan warga setempat untuk membangun pantai ini agar terlihat semakin indah, namun sampai saat ini koordinasi tersebut hanya sebatas wacana saja dan belum terealisasikan. 

Oleh karena itu, pantai ini pun hanya digunakan oleh warga sekitar tanpa membangun fasilitas tambahan untuk mendukung pariwisata.

Rute Menuju Pantai Bubujung

Rute Menuju Pantai Bubujung

Pantai Bubujung terletak di Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Untuk akses masuk ke pantai ini sudah cukup baik, karena letaknya berada  di pinggir jalan nasional jalur lintas selatan.

Mengingat pantai ini berada di kawasan perbatasan, sehingga pantai ini sering dikunjungi  oleh masyarakat setempat  Tasikmalaya dan Garut.

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Bubujung terdapat rawa dengan deretan pepohonan berwarna hijau yang mengelilingi rawa dan memiliki air cukup bening. Oleh karena itu, Anda memanfaatkan panorama ini untuk berfoto lho atau sekedar mampir untuk merasakan hawa sejuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Bubujung

Pantai ini di rekomendasikan untuk wisata alternatif bagi keluarga yang ingin berwisata ke daerah pantai yang masih alami dan bersih. Untuk menikmatinya pun Anda tinggal masuk ke kawasan pantai secara cuma-cuma alias Gratis. Sangat mudah bukan?

Objek Wisata Pantai Bubujung

Meskipun belum dikelolah oleh pemerintah setempat, namun ketika di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti:

1. Menikmati Pemandangan

Objek Wisata Pantai Bubujung 2

Pada pantai satu ini, Anda akan disuguhkan dengan view yang bisa dikatakan masih sangat alami. Hal ini dikarenakan wisata bahari ini jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Anda pun bisa menikmati keindahan air laut yang biru serta pepohonan hijau yang tumbuh di pinggiran pantai. Perpaduan tersebut mengundang daya tarik siapa saja yang melihatnya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak banyak orang yang berenang di kawasan pantai ini. Karena ombaknya tergolong sangat besar.

Anda bisa menikmati laut yang biru ditambah dengan pepohonan yang ada di pinggir pantai menambah pemandangan yang lebih bagus

Meskipun jarang ditemui batu karang, namun tidak disarankan untuk berenang di Pantai Bubujung karena gelombangnya yang besar.

2. Sunset

Pantai Bubujung

Keindahan lain pantai ini mulai muncul ketika senja tiba. Dikarenakan Anda dapat melihat suasana sore yang begitu indah dan berkesan romantis.

Anda dapat menikmati pemandangan ketika matahari mulai tenggelam bersama dengan pasangan ataupun keluarga. 

3. Berfoto

Objek Wisata Pantai Bubujung

Rasanya belum cukup jika hanya menikmati keindahan pemandangan pantai saja. Saat ini pasti Anda jika berlibur harus mengabadikan momen dalam lensa kamera.

Nah, di pantai ini juga terdapat beberapa spot foto yang sudah dibangun warga setempat lho. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat berfoto.

Fasilitas di Pantai Bubujung

Pantai Bubujung ini ternyata sudah memiliki fasilitas lho, walaupun tidak selengkap dengan pantai yang lain, namun Anda sudah bisa menemukan :

1. Toilet dan Kamar Mandi

Terdapat toilet yang bisa Anda gunakan. Namun sayangnya toilet ini terkesan kurang terawat, mungkin karena hanya dikelola secara swadaya oleh warga ya, jadi kurang optimal dalam perawatannya.

2. Mushola

Jika Anda berkunjung di pantai ini sebagai tempat transit, Anda juga bisa melakukan ibadah, karena di pantai ini sudah terdapat mushola. Walaupun berukuran tidak besar namun tetap bisa dipergunakan kok.

3. Warung Makan

Berkunjung ke pantai ini tak perlu khawatir apabila perut Anda merasa lapar. Karena, disana terdapat warung makan dengan menyediakan kuliner yang tak kalah menggoda selera.

Anda bisa mengunjungi warung tersebut yang menyediakan berbagai macam aneka kuliner maupun makanan ringan. Tak perlu ragu karena harganya pun terjangkau, sehingga tak akan membuat kantong menjadi kering.

Itulah sedikit ulasan mengenai wisata Pantai Bubujung yang berada di Tasikmalaya. Semoga dapat menjadi tambahan informasi untuk lebih mengenal pantai di Tasikmalaya dan bisa menjadi referensi liburan ya.

Tunggu dulu. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi pantai terdekat lainnya seperti Pantai Ciheras, Pantai Sindangkerta, ataupun Pantai Pamayangsari yang masih di kawasan Cipatujah.

12 Ulasan untuk Pantai Bubujung, Tasikmalaya, Jawa Barat

  1. Pantainya bersih.. sayang belum ada investor bangun Hotel disini

  2. Lokasinya tidak begitu banyak pengunjung dan masih asri, banyak hal yang banyak spot spot bagus untuk berfoto

  3. Sebenarnya pantai ini cukup unik, kecil tapi cocok untuk menikmati keindahan alam lewat pantai. Semoga ada perubahan biar tambah Indah.

  4. Nyari sunset di cipatujah

  5. Masih alami….bersih…makanan murah

  6. Pantai selatan yang ada di di tasikmalaya..dan berbatasan dengan kabupaten garut ini,memang masih merupakan pantai yang masih perawan,kalau untuk main air kayanya sangat tidak di sarankan/ harus dihindari main ombak disini terkecuali punya keahlian berenang yang mumpuni,karena posisi pantai agak curam dan ombak nya besar besar.. Untuk pemandangan sangatlah bagus,apalagi sunset di sore hati sangat terlihat jelas,warung warung masih sederhana,fasilitas masih standat,akses masuk sangat baik,karena pas di pinggir jalan nasional jalur lintas selatan jawa barat.

  7. Salah satu pantai yang bagus dan gratis di daerah pantai selatan perbatasan Tasikmalaya dan Garut. Pantainya cukup bersih dan masih terbilang sepi, banyak pepohonannya juga. Hanya saja di sekitaran parkiran mobil masih banyak sampah, mungkin karena yang mengelola pantai ini cuma para warga sekitar dan para pedagang disekitaran pantai saja. Cocok buat tempat istirahat buat yang lagi berkendara untuk melepas lelah. Ohh iyaa, disekitaran pantai ini kayanya belum ada penginapan ataupun hotel hehe

  8. Pantainya masih bersihhh, masih sepi pengunjung tapi itu lah enaknya kesini haha

  9. Pantainya masih sepi, enak buat pacaran nih

  10. tempatnya enak jauh dari keramayan .. . tp tepi pantai nya masih kurang dirawat…banyak sampah

  11. Cukup indah… Tp airnya ganas… Ga cocok buat main air

  12. Alami banget…jarang pengunjung, karena tidak bisa berenang di pantai ini. Cuma bisa menatap.

Tinggalkan Balasan