Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah

Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46189, Indonesia

5 Ulasan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan memiliki deretan pantai nan cantik. Anda bisa memanfaatkan wisata alam ini sebagai tempat berlibur yang menyenangkan sekaligus menikmati karya dari Tuhan.

Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda pun tak perlu merogoh kocek terlalu mahal, karena di sekitar kita banyak pantai yang indah dengan harga tiket yang murah. Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Cipatujah.

Pantai ini terletak di Tasikmalaya dan masih bagian dari pantai selatan. Pantai Cipatujah cukup populer bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya. Silahkan simak ulasan berikut agar mengetahui lebih detail tentang HTM, Rute dan obyek wisata di pantai ini.

Sejarah Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Tahukah Anda jika Nama Pantai Cipatujah diambil dari nama sungai Cipatujah? Lalu apa sih makna cipatujah yang sebenarnya?

Nama cipatujah diambil dari nama sungai Cipatujah yang mengalir ke kawasan pantai. Dalam bahasa sunda cipatujah merupakan “patujah-tujah” atau memiliki makna saling menghantam.

Nama ini menjadi gambaran dari aliran Sungai Cipatujah yang mengalir ke laut Pantai Selatan. Aliran sungai-nya bersatu dengan muara yang mengalir menuju Pantai Selatan.

Hingga saat ini, pantai ini diselimuti dengan berbagai misteri. Dikarenakan dahulu pernah terjadi sebuah insiden yaitu para nelayan daerah setempat mengalami kecelakaan bahkan kejadian itu sampai merenggut banyak nyawa.

Rumor yang beredar bahwa Kejadian kecelakaan yang menewaskan para nelayan tersebut terjadi dikarenakan penghuni Pantai Cipatujah sedang membutuhkan tumbal. Cerita ini semakin dipercaya oleh masyarakat mengingat letak pantai cipatujah berada di pantai selatan.

Oleh sebab itu, setiap tahun masyarakat setempat mengadakan ritual dengan melakukan larung sesaji atau dikenal dengan hajat laut sebagai penangkal. Ritual ini dimaksudkan atas rasa syukur kepada Tuhan, dan memohon pelindungan agar para nelayan Pantai Cipatujah diberi keselamatan.

Meskipun terkesan sakral, namun ritual ini malah menjadi daya tarik para wisatawan yang ingin melihat proses ritual saat berada di pantai Cipatujah.

Harga Tiket Masuk Pantai Cipatujah

Wisata Pantai Cipatujah

Ketika berkunjung ke pantai Cipatujah, Anda bisa mengajak keluarga besar untuk sekadar berkumpul bersama menikmati keindahan yang ada atau bisa juga bersama teman-teman agar liburan Anda semakin seru.

Untuk masuk ke Pantai Cipatujah cukup murah. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya Rp 5000 saja per orang. Harga tiket masuk yang sudah dipatok ini sama saat weekend maupun weekday.

Rute Menuju Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah terletak di Desa Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga angkutan umum.

Pantai ini masih segaris dan berdekatan dengan Pantai Sindangkerta. Jika Anda berkunjung ke pantai ini maka Anda juga dapat berkunjung ke pantai Sindangkerta.

Apabila Anda dari arah Bandung dan Jakarta, Anda bisa melalui jalur Nagreg setelah keluar dari Tol Cileunyi, menuju ke Tasikmalaya. Sesampainya di Tasik, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan berliku menuju Cipatujah.

Namun, apabila Anda menaiki angkutan umum. Dari Bandung bisa menaiki bus di terminal Cicaheum dengan trayek Bandung – Tasikmalaya. Ketika sampai di terminal Tasikmalaya, Anda bisa memilih bus jurusan Tasikmalaya – Cipatujah.

Obyek Wisata Pantai Cipatujah

Masih penasaran apa lagi sih yang menjadi daya tarik wisata pantai ini? Kami akan memberikan informasi sebagai berikut:

1. Balap Kerbau

Balap Kerbau Di Pantai Cipatujah

Ketika berada di dekat pantai, Anda akan melihat sebuah peternakan yang dihuni oleh kerbau-kerbau. Uniknya, meskipun ternak ini terletak di dekat pantai namun tidak mengganggu ekosistem pantai.

Kebiasaan warga di Cipatujah yaitu mengadakan balap kerbau. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Pada awalnya, balap kerbau ini hanya dilakukan oleh pemilik ternak untuk mengisi waktu luang para peternak kerbau yang berada di Cipatujah.

Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat berdatangan untuk melihat dan terlibat dalam kegiatan ini. Bahkan, saat ini semakin meriah dikarenakan pada saat balap kerbau diikuti dengan iringan kendang dan alat musik lainnya.

Yang tambah menjadi daya tarik yaitu Kerbau-kerbau ini dihias begitu cantik dengan berwarna warni hiasan. Kegiatan ini sangat menarik serta unik. Maka dari itu tidak mengherankan jika kegiatan tersebut yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Cipatujah

Ketika hari mulai saat sore tiba dan masih berada di Pantai Cipatujah, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan matahari yang mulai kembali tenggelam.

Keindahan suasana pantai semakin damai dengan melihat burung-burung yang beterbangan di awan untuk kembali menuju ke sarangnya. Selain itu, nelayan juga mulai memarkirkan perahunya setelah pulang dari melaut.

3. Berfoto

Pantai Cipatujah Sindangkerta

Apakah Anda punya hobi berfoto? Pas banget nih untuk mengunjungi Pantai Cipatujah. Karena di pantai ini, Anda bisa mengambil gambar dari lensa kamera dengan pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengekspresikan gaya sesuai dengan keinginan Anda untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Fasilitas Pantai Cipatujah

Meskipun pantai ini terkena dampak dari tsunami di tahun 2006 yang menyebabkan beberapa kerusakan di kawasan pantai. Namun, masyarakat dan pemerintah setempat berusaha membenahi sarana prasarana kawasan pantai sehingga saat ini sudah tersedia fasilitas pendukung antara lain:

1. Tempat Parkir

Meskipun ketika akhir pekan pantai ini sangat ramai oleh wisatawan, tetapi Anda tidak akan kehabisan tempat parkir.

 Area parkir yang tersedia di pantai ini cukup luas, sehingga anda tidak perlu cemas untuk membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

 2. Warung Makan

Ramainya wisatawan membuat para warga sekitar berjualan dengan mendirikan warung di kawasan pantai. Warung ini menyediakan minuman dan makan yang siap memanjakan lidah para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Cipatujah.

Anda bisa memilih dan mencicipi kuliner lezat di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dan juga bersantai di pantai ini.

3. Panggung Hiburan

Karena pantai ini termasuk pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan adanya event pada hari-hari tertentu, maka pengelola mendirikan panggung hiburan.

Panggung hiburan ini digunakan untuk berbagai acara dengan menampilkan berbagai hiburan berupa live concert. Jadi Anda bisa menyaksikan dan mendengarkan lantunan lagu sembari menikmati semilir angin pantai.

4. Resort

Nah bagi Anda yang ingin berlibur lebih lama di pantai ini, Anda bisa mencoba dengan bermalam di kawasan pantai. Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan resort yang siap menjadi tempat bermalam Anda.

Berwisata dengan mengunjungi pantai merupakan pilihan tepat jika Anda ingin melepas penat. Dengan mendengar suara gulungan ombak dan melihat birunya air akan terasa menyegarkan pikiran.

Ketika berkunjung ke Pantai Cipatujah, jangan lupa mengajak keluarga ataupun teman ya, agar liburan Anda terasa lebih seru dan menyenangkan.

Selain ke obyek wisata ini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai lain di sekitar Tasikmalaya seperti Pantai Pamayangsari, Pantai Karang Tawulan, dan Pantai Sindangkerta.

5 Ulasan untuk Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat

  1. Baru kesini lagi setelah 5 tahun. Masih seperti dulu… Pedagang sekitaran pantai menjajakan dagangannya.. Sepi kalo hari hari biasa.. Tolong pengunjung jaga kebersihan pantainya..

  2. Pemandangan yang cukup indah untuk mengisi liburan bersama keluarga..sayang banyak sampah di pantai, kurang tertata dengan baik, rumah makan yang seadanya, dan cukup susah cari penginapan yang nyaman dan bersih

  3. Belum begitu banyak orang yang datang. Pantainya ga begitu bersih, tapi penduduk sekitarnya ramah ramah. Ombaknya cukup besar dan bukan pantai yang aman untuk berenang terutama untuk anak anak. Karena masih banyak spot pantai yang sepi, jadi cocok buat tempat foto foto.. Pas tahun baru kemarin harga penginapan lumayan mahal dan kebanyakan udah full booked. Harga makanan standar ga begitu mahal.

  4. View sunset nya bagus,pantai yang cocok buat yang suka kesunyian. Terlebih lagi ada orang yang special di tempat ini .

  5. Pantainya cukup bersih, dan tidak terlalu ramai,fasilitas wc memadai, para pedagang banyak,dan ada bebatuan tempat kita untuk sekedar ngobrol,atau berselfie ria,hanya ombaknya besar,jadi harus hati hati

Tinggalkan Balasan