Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk

Cimanuk, Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46195, Indonesia

11 Ulasan

Tasikmalaya biasa  terkenal sebagai kota Santri, namun dibalik itu ternyata Tasikmalaya juga memiliki banyak tempat wisata pantai yang eksotis dan menakjubkan lho.

Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Cimanuk. Pantai ini memiliki gelombang yang cukup tinggi, terdapat juga sungai bermuara ke pantai ini.

Meskipun demikian, ada hal lain yang bisa Anda temui dan Anda lakukan di pantai ini. Kira-kira apa saja ya? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Sejarah Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk

Desa Cimanuk merupakan desa yang berada di wilayah pesisir pantai. Di desa ini terdapat dialiri oleh aliran sungai yang cukup terkenal yaitu Sungai Cimanuk.

Sungai Cimanuk merupakan salah satu dari beberapa sungai yang mengalir hingga bermuara ke pantai selatan. Aliran Sungai Cimanuk berasal dari arah utara Cimanuk yang memiliki perbukitan disertai dengan pepohonan yang besar.

Menurut penuturan warga sekitar, pada saat gelombang laut sedang pasang, maka Sungai Cimanuk sering meluap bahkan hingga melebar ke persawahan warga. Dari nama Desa Cimanuk dan Sungai Cimanuk inilah maka maka pantai ini disebut sebagai Pantai Cimanuk.

Sekitar Pantai Cimanuk merupakan penambangan bijih besi sebagai bahan pembuatan besi dan baja. Meskipun demikian, Pantai Cimanuk tetap memiliki pesona tersendiri bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Cimanuk

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibayar oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Cimanuk. Pengunjung bisa masuk dengan bebas tanpa dikenakan biaya dengan syarat tidak boleh merusak atau mencemari pantai.

Rute Menuju Pantai Cimanuk

Rute Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk terletak di Dusun Cimanuk, Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong. Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jalan menuju Desa Cimanuk dari Pangandaran sudah rata dan beraspal, sehingga Anda tidak perlu mengeluhkan kondisi jalan.

Jika Anda mengawali perjalanan dari Pangandaran akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam untuk menuju Pantai Cimanuk. Mengingat pantai ini memiliki jalan yang sudah bagus, sehingga Anda dapat mengunjungi dengan berbagai macam kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil.

Selain itu, jika Anda berada di Pangandaran dan ingin mengunjungi Pantai Cimanuk, Anda bisa menggunakan bus dengan berangkat dari Terminal Pangandaran atau angkutan kota dari Terminal Cijulang.

Objek Wisata Pantai Cimanuk

Meskipun tergolong sebagai pantai yang sepi pengunjung, tetapi sebenarnya objek wisata di pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi. Silahkan simak obyek wisata Pantai Cimanuk di bawah ini:

1. Pasir yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Cimanuk

Yang perlu Anda ketahui, bahwa Pantai Cimanuk tidak direkomendasikan untuk berenang. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati pesona pantai dengan duduk-duduk santai di atas pasir pantai yang terlihat eksotik ini. 

Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri pantai ini untuk melihat berbagai hal hal menarik lainnya yang bisa menjadi pengalaman berbeda saat berada di Pantai Cimanuk.

2. Panorama Pantai

Objek Wisata Pantai Cimanuk 2

Berbeda dengan wisata pantai lainnya yang sudah populer dan dieksploitasi dengan berbagai ragam sehingga kesan asri dan lestarinya mulai berkurang.  Pantai Cimanuk ini masih mempunyai kelestarian alam yang cukup terjaga.

Pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang Mencari  destinasi wisata yang asri dan damai. Dikarenakan saat ini memang masih belum banyak pengunjung yang datang.

Ketika mengunjungi Pantai Cimanuk, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai dengan batuan karang di sisi pantai yang sangat cocok bagi anda yang gemar berfoto landscape. Terlihat juga pulau dengan ditumbuhi pepohonan yang mempunyai sebuah tower, sehingga menambah pemandangan unik.

3. Memancing

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini yaitu memancing. Karena banyak ikan yang berenang di pantai ini, pastinya Anda tidak bosan bila memancing di pantai ini.

4. Sunset

Anda juga bisa menikmati sunset di pantai ini saat senja mulai tiba. Karena Pantai Cimanuk merupakan salah satu pantai yang memiliki suasana sunset yang indah.

Terlebih lagi pantai ini cukup sepi, jadi Anda bisa menikmati pemandangan alami ini dengan nyaman dan damai.

Selain itu, biasanya warga sekitar juga senang bersepeda atau touring bersama teman-teman maupun keluarga ke pantai ini 

Fasilitas di Pantai Cimanuk

Fasilitas Pantai Cimanuk

Karena tempat wisata ini belum dikelola dengan baik dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, fasilitas yang disediakan pun masih sangat terbatas. Di pantai ini hanya terdapat warung makanan ringan saja, belum ada fasilitas pendukung lainnya. 

Jika Anda tinggal di kawasan kota Tasikmalaya dan sekitarnya maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Cimanuk ini untuk berwisata maupun hanya untuk tempat mampir mencari udara segar dengan suguhan pemandangan yang cukup indah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Cimanuk, semoga menambah informasi deretan pantai yang tersebar di Indonesia khususnya Tasikmalaya. Jika waktu liburan Anda cukup panjang, Anda juga bisa mampir ke obyek wisata lain misalnya Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari, atau Pantai Bubujung.

11 Ulasan untuk Pantai Cimanuk, Tasikmalaya, Jawa Barat

  1. Bagus buat spot foto

  2. Good lah

  3. Pantai nya sepi alami…masih belum tersedia fasilitas apapun…tapi jalan menuju ke pantai ini sudah bagus

  4. Tempatnya bagus untuk liat sanset di sorehari😎

  5. Lokasi mantap buat mancing Ultra light…

  6. Alami, nyaman, indah, mantap.

  7. Banyak sampah..pasir hitam..tapi tetap..indahnya ciptaan tuhan, dengan ombak yg baguss..

  8. muantaaap abis pemandangannya

  9. muantaaap abis pemandangannya

  10. Dermganya belum selesai

  11. Buat spot mancing ok
    Kalau untuk berenang berbahaya konturnya batu karang

Tinggalkan Balasan