Pantai Cicalobak

Alamat: Karangwangi, Kecamatan Depok, Jawa Barat 44165, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Berkunjung ke suatu daerah pastinya yang paling utama dicari adalah destinasi wisata atau wisata kuliner. Mendengar kata Garut, pastinya yang terlintas di benak adalah makanan khas Garut yakni dodol yang manis dan legit serta kuliner olahan daging kambing yang gurih dan lezat. Namun jangan salah, ternyata Garut khususnya Garut selatan memiliki destinasi wisata yang rugi untuk bila terlewatkan.

Iyalah pantai Cicalobak yang sukses membuat wisatawan yang berkunjung ke Garut dibuat penasaran akan pesona yang disajikannya. Tidak banyak wisatawan yang tahu tentang pantai ini, bahkan penduduk lokal juga jarang mengunjunginya. Pantai Cicalobak termasuk jejeran pantai baru di Garut dan telah dibuka sebagai salah satu destinasi wisata kota Garut yang wajib dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cicalobak

Karena pantai Cicalobak tidak se-tenar dan se-populer pantai lainnya yang berada di Garut, pantai ini cenderung sepi dan tenang. Untuk dapat menikmati pesona alam pantai Cicalobak, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000-, saja. Harga tersebut tentu berbeda jika mengunjungi pantai Cicalobak pada saat weekend atau hari khusus seperti hari libur.

Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000-, untuk sepeda motor dan sekitar Rp 5.000-, untuk kendaraan roda 4. Biaya masuk yang cukup murah jika dibandingkan pantai yang lain menjadikan wisata ke pantai Cicalobak sangat ekonomis. Biaya parkir dan tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola pantai Cicalobak.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cicalobak

Pantai yang tepatnya berada di kecamatan Mekarmurti Kabupaten Garut, Jawa Barat ini cukup mudah ditemui. Pantai ini tepat berada di pinggir jalur Trans Jawa Barat sehingga bagi yang sering melewati jalur Trans Jawa Barat sudah pasti pernah melewati dan melihat pantai Cicalobak dari atas kendaraan. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Garut, ada dua jalur alternatif yang ditawarkan.

Pertama, dari kota Garut menuju selatan mengikuti jalan Raya Garut – Cikajang. Sampai pertigaan antara jalan Cikajang dan jalan Raya Cibuluh, ikuti jalan Cikajang sampai jalan Amblas, jalan Ciparay, jalan Pameungpeuk, jalan Raya Cihurip, jalan raya Cisompet, lalu belok kanan ke jalan Cilauteureun yang merupakan jalan trans Jawa Barat. Pantai Cicalobak berada sekitar 50 KM ke arah barat.

Kedua, dari kota Garut menuju selatan mengikuti jalan Raya Garut – Cikajang, Sampai dipertigaan Cikajang selanjutnya belok kanan ke arah jalan raya Cibuluh. Kemudian sampai jalan raya simpang cikandang, lurus sampai jalan raya Depok Bungbulang. Selanjutnya menuju jalan Ranca Buaya sampai di perempatan jalan raya terakhir belok kiri sampai menemukan papan tanda lokasi pantai Cicalobak.

Bagi wisatawan yang datang dari arah Bandung, bisa menggunakan jalur alternatif yakni melewati jalan raya Pangalengan sampai jalan Situ Cileunca, selanjutnya jalan Talenggong, hingga menemukan pertigaan antara jalan Ranca Buaya dan jalan Raya Bungbulang. Belok kanan ke arah jalan Ranca Buaya dan selanjutnya ikuti jalan alternatif kedua yang telah dijelaskan pada jalan alternatif kedua.

Obyek Wisata di Pantai Cicalobak

1. Baru Karang yang Halus

Jika kebanyakan pantai yang kita temui dipenuhi dengan pasir sepanjang bibir pantainya, berbeda dengan pantai Cicalobak yang didominasi oleh jajaran terumbu karang. Terumbu karang yang memenuhi bibir pantai Cicalobak berbeda dengan terumbu karang yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘karang’. jika kita biasanya menemukan karang dengan tekstur kasar dan terkadang dapat melukai kaki.

Hamparan karang pada pantai ini memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga aman bagi anggota tubuh manusia terutama kaki. Selain itu, bentuknya juga pipih dan rata sehingga sangat asyik digunakan sebagai tempat hang-out dengan teman. Adapun terumbu karang di bibir pantai Cicalobak jika dilihat dari arah kejauhan seperti sebuah tikar yang seolah menutupi pasir pantai.

2. Udara Sejuk dan Segar

Karena pantai Cicalobak berada jauh dari pusat kota Garut dan untuk menuju pantai ini dibutuhkan waktu berjam-jam serta melewati beberapa destinasi wisata alam lainnya seperti curug (air terjun), maka sangat nikmat bila menikmati hembusan angin segar pantai selatan setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan. Akan sangat nikmat jika ditambah dengan deburan ombak pantai Cicalobak.

3. Padang Rumput

Di sekitar pantai cicalobak, tepatnya di pinggir jalan Trans Jawa barat, tumbuh rumput liar yang menjulang dengan rapi. Pemandangan ini amat unik karena setelah rumput terdapat pantai dengan terumbu karangnya. Dari arah kejauhan akan terlihat 3 gradasi warna yang indah yakni warna hijau dari rumput, warna cokelat kehitaman dari terumbu karang, serta warna biru navy dari air laut pantai.

Padang rumput sekaligus pepohonan ini sering dijadikan background foto yang mengarah langsung ke laut. Dengan adanya pohon ini juga menjadikan pantai Cicalobak semakin asri dan sejuk. Di bawah pepohonan biasanya digunakan sebagai tempat berteduh yang rindang. Hembusan angin di bawah pepohonan di dekat pantai Cicalobak begitu terasa mendayu dan membuat siapa saja merasa tenang.

4. Gazebo di Atas Terumbu Karang

Pengelola pantai Cicalobak mendirikan saung atau biasa disebut rumah pantai diatas terumbu karang yang rata. Karena  yang didirikan hanya satu saja maka saung ini lebih mirip sebuah singgasana yang berdiri di tengah laut jika dilihat dari arah kejauhan. Hal unik yang bisa dirasakan pengunjung ketika duduk di saung ini adalah percikan air laut yang menghantam tubuh sesekali jika ombak sedang pasang.

Karena bibir pantai ini sebagian besar didominasi oleh terumbu karang, oleh karenanya ketika ombak sedang pasang maka ombak akan menghantam pinggiran terumbu karang dimana hal tersebut akan menghasilkan percikan air laut ke dasar pantai. Sensasi ini sesekali dijadikan hiburan tersendiri oleh sebagian wisatawan yang berkunjung ke pantai Cicalobak.

5. Taman Buatan

Dalam upaya pengenalkan pantai Cicalobak kepada wisatawan terutama wisatawan mancanegara, pengelola pantai Cicalobak membuat sebuah taman mini. Taman buatan tersbeut terdiri dari tanaman serta ikon atau tulisan pantai Cicalobak yang terbuat dari besi. Taman mini buatan ini sering kali dijadikan lokasi swafoto atau groupfie bagi pengunjung sebagai bukti bahwa telah mengunjungi pantai Cicalobak.

6. Deburan Ombak

Bagi yang merindukan suara alami deburan ombak yang menyenangkan, mengunjungi pantai cicalobak sangat disarankan. Hantaman ombak yang pasang terhadap terumbu karang di tepi pantai menghasilkan bunyi deburan yang khas. Apalagi jika dinikmati sambil menyantap makan siang. Deburan ombaknya seolah musik alami yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menyajikan sensasi santapan berbeda.

Meski bibir pantai kerap dihantam ombak, namun intensitas ombak cukup rendah serta tinggi ombak antara rendah dan sedang sehingga aman bagi pengunjung yang bermain di sekitar bibir pantai. Apalagi mengunjungi pantai ini pada sore hari, dimana air laut mulai surut serta deburannya semakin halus. Sangat pas untuk mengakhiri hari yang panjang dan melelahkan selama di perjalanan.

7. Air yang Jernih

Pantai Cicalobak masih terbilang pantai baru dan pengunjungnya pun masih sangat sedikit jika dibandingkan pantai Ranca Buaya atau pantai lain di Garut. Namun dengan kondisi ini membuat pantai ini memiliki air yang masih bersih dan lestari. Jauh dari polusi kota dan tidak terlalu banyak yang mengunjungi membuat pantai ini terkesan masih sangat baru dan ke-alami-an yang terjaga sempurna.

Air yang jernih dan dingin tampaknya sangat asyik jika ingin berenang. Selain itu, di sekitar terumbu karang yang berbentuk cekung, terdapat genangan air laut akibat dari ombak pasang. Air laut tersebut menetap di permukaan terumbu karang yang cekung sehingga menghasilkan danau kecil. Terkadang ada saja hewan laut seperti kepiting, ikan kecil atau kerang laut yang terperangkap disana.

8. Aman untuk Berenang

Karena bentuk pantai Cicalobak yang menjorok ke dalam membentuk sebuah teluk kecil, maka pantai ini cukup aman untuk berenang. Pantai dengan dasar yang cukup dangkal sangat aman terutama bagi anak-anak. Dibagian dasar teluknya dipenuhi oleh pasir lembut sehingga orang tua tidak perlu takut bila buah hati yang berenang menginjak terumbu karang atau terkena terumbu karang ketika berenang.

Meski pasir pantai Cicalobak berwarna hitam namun, warna pasir sama sekali tidak memengaruhi warna air laut pantai yang jernih dengan gradasi biru sejauh mata memandang. Hamparan warna biru dari air laut pantai Cicalobak seolah menyajikan ketenangan dan kedamaian di hati. Terlebih lagi bagi wisatawan yang datang dari perkotaan yang padat yang ingin menenangkan sangat direkomendasikan.

9. Perbukitan

Untuk dapat menyentuh bibirpantai Cicalobak, pengunjung harus menuruni bukit terlebuh dahulu. Pantai ini memang terletak di bawah bukit. Jika dilihat lebih teliti, pantai ini terbentuk karena abrasi bukit yang disebabkan oleh air laut. Jika ingin menyaksikan pemandangan yang berbeda, disarankan melihat dari atas bukit karena dari atas pengunjung dapat menyaksikan secara lebih leluasa.

Pemandangan akan dirasa berbeda ketika semakin dekat dengan bibir pantai. Itulah mengapa pengendara yang melewati jalan Trans Jawa Barat yang bersebelahan langsung dengan pantai Cicalobak memiliki kesan tersendiri. Biasanya pengendara  yang lewat selalu menanti-nanti kendaraan melintasi tepat diatas bukit yang menjadi lokasi pantai Cicalobak.

Setelah membaca ulasan mengenai pantai Cicalobak, tidak ada salahnya jika suatu saat bila berkunjung ke Garut untuk mengunjungi pantai Cicalobak. Sensasi pemandangan berbeda yang disajikan dapat membuat pengunjung selalu terkesan. Pesona pantai Cicalobak yang keasrian alamnya masih terjaga dengan sempurna ini sepatutnya tetap dilestarikan oleh generasi penerus hingga nanti.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Cicalobak

  1. Wisata pantai yg murah meriah d garut selatan selain pantai santolo dn sayang heulang walaupun tempat nya lumayan jauh dn jln nya naik turun.

    10 Juli 2018, 07:36 WIB

  2. Tempat yang sangat recommended buat para traveler. Panorama alamnya yang indah bisa membuat kita relaks dan melepas penat.

    14 Juli 2018, 19:30 WIB

  3. Cover jok jas jok jas hujan jok. jual sarung jok terlengkap termurah dapatkan di CBR jok motor ya guys. Buka sejak 20 tahun yg lalu sudah sangat berpengalaman dan rapih. 😊😍😍😍. Jalan cibalubur bungbulang ( 50 meter dari polsek bungbulang ). @galeri_bungbulang @bungbulang_hitzz @nikreuh_official @garutamazing @garuters @pesona.garut @jok_motor_bungbulang @garutpost @garut_turunankidul @duataxstyl @duatakstyle #garutturunankidul #garut #jokmotor #jokmotorcustom #jokmotorvariasi  #jasjok #coverjok #rxking #rxmodifikasi #ninja #ninja250 #ninja150rr  #ninjamodifikasi_fine #duataxstyl #motormatic #matictrail #bungkusjok #garutturunankidul #jokjogja #joksurabaya #jokjakarta #jokkalimantan #joksumateraselatan #joksulawesi #jokaceh #jokpapua #joknusatenggara #jokbandung #jokbekasi #jokrxking #jokmotorvariasi #duatakstyle

    19 Juli 2018, 06:29 WIB

  4. Pantainya indahhh pendangan yangg bagus mesjidnya nyaman bersih bisa juga buat tempat istirahat karna banyak banget pedagang di sini dan rasanya pun enak dan yang pastinya murah2 gituuuu . Tapi sayangnya sepertinya kurang menegement karena tidak ada orang yang mengatur tata tertibnya

    21 Juli 2018, 03:33 WIB

  5. Untuk perjalan panjang pasti melelahkan,…. Ternyata ada mesjid yang bgus ditengah perjalanan adem juga hati ditambah didepannya laut selatan yang masih asri

    31 Juli 2018, 02:18 WIB

  6. Mampir ke masjidnya yg besar, pemandangan lgs ke laut lepas, tinggal dirapihkan dan dibersihkan terutama toilet dan tempat wudhu di lantai bawah (kotor dan berbau)

    19 Agustus 2018, 05:25 WIB

  7. Mantap buat pelancong lokal atau interlokal,pantainya masih asri,alami,cocok buat yg pengen ketempat yang agak sepi.

    12 September 2018, 02:38 WIB

  8. Waktu itu saya nggak nyampe ke pantai. Cuma sampai di kebun teh jalan samudra.

    27 September 2018, 01:31 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Cicalobak

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *