Pantai Santolo

Alamat: Pesisir Pantai, Cikelet, Garut Regency, West Java 44177, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Selama ini kebanyakan orang mengenal Garut sebagai kabupaten penghasil dodol yang sangat lezat atau karena peternakan Domba Garutnya. Garut memang acap kali dikait-kaitkan dengan dua hal tersebut, akan tetapi siapa yang menyangka bahwa Garut menyimpan pesona alam yang bisa membelalak mata. Tak hanya itu, alam garut yang permai dan sejuk menjadi salah satu alasannya.

Sebut saja Pantai Santolo Garut, Pantai indah yang selalu ramai didatangi oleh para wisatawan, terutama saat libur panjang. Di akhir pekan, biasanya sebagian besar pengunjung berasal dari sekitaran Jawa Barat dan Ibu Kota. Selain itu, Pantai Santolo juga termasuk dalam daftar destinasi yang direkomendasikan. Ombaknya yang tidak besar juga menjadi alasan mengapa banyak yang memilih Pantai ini untuk liburan.

Harga Tiket di Pantai Santolo

Cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp3.000,00 – Rp 5.000,00 per orang, pengunjung sudah dapat menikmati cantiknya panorama Pantai Santolo. Penjualan tiketnya dibuka pukul 05.00 pagi dan tutup di malam hari. Untuk berjaga-jaga dengan segala aktivitas pantai yang akan dilakukan, persiapkan uang ekstra. Sebab godaan untuk menyewa dan membeli di Pantai ini sangat menggiurkan.

Rute Menuju ke Pantai Santolo

Pantai Santolo berlokasi di Cikelet Garut Jawa Barat, sekitar 90 kilometer dari pusat keramaian kota yang biasanya ditempuh dengan waktu 3,5 jam. Jalan menuju Pantai ini memang sedikit berlubang. Saat jauh memasuki wilayah kecamatan Cikelet pun jalan yang dilewati bukan jalan besar. Namun, jangan bersedih! Semua pengorbanan akan terbayarkan oleh amboinya pemandangan Pantai Santolo.

Akses mencapai Pantai Santolo Garut sangatlah mudah. Tetapi harus tetap berhati-hati terutama bagi pengguna kendaraan roda empat, karena medan jalan berliku dan kurang lebar. Jalan yang pertama biasa dilewati adalah menggunakan rute Ciwidey, sesudahnya lanjutkan perjalanan menuju Cisewu. Kemudian ikuti arah menuju Bungbulang, lalu Pameungpeuk.

Rute kedua adalah Rute yang melewati Jalur Ranca Bali. Rute ini sangat direkomendasikan untuk Anda calon pengunjung yang mengawali perjalanan dari Kota Bandung. Setelah itu silakan menuju Naringgul. Dari situ Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Jalan pada rute ini dinilai lebih baik dari rute sebelumnya, karena jalan lebih halus.

Jalur alternatif lain yang bisa ditempuh untuk mencapai Pantai Santolo ialah melewati jantung kota Garut. Dari situ, Anda lanjutkan perjalanan menuju Cikajang. Sesudah mencapai Cikajang, ikuti papan arah menuju Cikelet. Selanjutnya, ke Paeungpeuk. Jalur ini dianjurkan bagi Anda yang ingin menggunakan alat transportasi umum. Meski sedikit memakan waktu lebih, namun jalur ini adalah yang paling ramai.

Obyek Wisata di Pantai Santolo

Setelah sampai di Objek Wisata Pantai Santolo, Anda akan disuguhi panorama indah mempesona dari Pantai berpasir putih ini. Pasirnya yang lembut, deburan ombak sedang, belai angin, dan garis pantainya yang panjang memberi kesan damai dari alam. Puas melihat-lihat, Anda bisa melakukan hal ini di Pantai Santolo:

1. Wisata Kuliner Ala Pantai Santolo

Pada awalnya wilayah ini memang bukanlah Pantai wisata, akan tetapi sebuah perkampungan nelayan. Tak heran, apabila di Pantai ini sampai sekarang banyak penjual ikan mentah sampai yang sudah diolah. Mulai dari ikan tongkol, cumi, layur, dan lain-lain. Kapan lagi bisa menikmati ikan segar langsung dari laut dengan menyaksikan pemandangan laut. Jika ingin membawa ikan segar pulang, anda bisa mendapatkannya di TPI.

2. Eksplorasi Pulau Kecil Santolo

Terletak di seberang sebelah kiri pantai. Sebenarnya pada awalnya itu bukanlah sebuah pulau, akan tetapi sebuah gundukan karang yang sangat besar. Perairan sekitar Pulau Santolo sangatlah dangkal, sehingga ikan-ikan kecil, karang, dan hewan laut lainnya bisa dilihat dengan jelas. Dari atas pulau Anda juga dapat menikmati panorama sekitar ditemani hijaunya pepohonan yang menyejukkan mata.

3. Menyewa Perahu Nelayan

Karena Pantai Santolo adalah bagian dari perkampungan nelayan, maka akan dengan mudah Anda menemukan perahu nelayan yang bisa disewakan. Cukup merogoh kocek dari Rp4.000,00-Rp 20.000,00 (tergantung permintaan jalannya perahu) nelayan akan mengantar Anda untuk berkeliling. Dari atas perahu Anda bisa mengamati biota laut dan juga menikmati pemandangan biru sejauh mata memandang.

4. Fotografi Bahari

Pantai Santolo mempunyai spot fotografi yang unik dan cantik. Misalnya di daerah dekat Pulau kecil Santolo, di Sepanjang bibir pantai, dan Jembatan Tua Pulau Santolo. Jika membawa kamera bawah laut, sembari berenang Anda bisa berfoto bersama karang dan ikan-ikan kecil di sana. Tak hanya itu, sunset dan sunrise Santolo sangat bagus dijadikan sebagai objek fotografi.

5. Banana Boat

Jika Anda ingin melakukan keseruan dengan para sahabat dan keluarga, jangan lupa untuk mencoba Banana Boat di Pantai ini ya! Cukup membayar sebesar Rp 25.000,00 per orang sekali jalan Anda sudah bisa menikmati wahana ekstrim ini. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan berbanana boat di pantai-Pantai lain. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya!

Bermain-main di kawasan Wisata Pantai Santolo Garut sangatlah menyenangkan. Pantai ini dinilai aman dan nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas pantai. Sajian Panorama alamnya yang mempesona mampu membelalak mata, sangat baik untuk memulihkan energi para pengunjungnya. Datang dan buktikan sendiri betapa indahnya alam Pantai Santolo ini.

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Santolo

  1. Pantai yang paling deket sekitaran bandung. Perjalanannya kira-kira bisa 4-6jam, apalagi kalau baru pertama kali. Cocok buat yang mau liburan, nginep dan budget terjangkau.. Rute jalannya juga macem-macem bisa lewat kota atau gunung. Tapi buat yang udah pusing dan mau nikmatin liburan, prefer lewat gunung sih soalnya sekalian manjain mata liat pemandangan alam ijo-ijo semuaaa. Buat yang naik transportasi roda dua, siapin bawa jaket plus jas hujan juga. Pastiin kendaraan yang dipake fittt, biar dijalan ga kenapa2. Pantainya lumayan baguuus, bisa kepantai sebelahnya lagi naik perahu sedikit doang nyebrang dan bayar. Mungkin kedepannya pemerintah bisa bikinin jembatan penyebrangannya. Soalnya ga efektif naik perahu cuma buat nyebrang ala-ala. Waktu itu udah bayar perahu buat pp harusnya sekalian, tapi pas pulangnya abang perahunya ntah kemanaa, jadi kan bayar lagi dobel ke abang perahu yang lain. Ada juga yang sampe teriak-teriak sekeluarga manggil nama abangnya tapi tetep aja abang perahunya ntah kemana 🙂 disekitaran banyak banget penginapan,dan pinter-pinter milih jangan sampe dikasih harga mahal yaa. Soalnya begitu kamu sampe,bakal banyak bapak/ibu/mas/mba yang nyamperin buat nawarin penginapannya.. Karena range harga bisa start dari 100k untuk longweekend/weekend biasa bukan libur kayak tahun baru/lebaran/natal ya.. kamar lumayan gede bisa buat beberapa orang juga. lumayan bangettt kaaan apalagi kalau cuma sehari.

    14 April 2018, 03:59 WIB

  2. Nichh pantai di garut selatan yg cukup most populer yaa ,dan pengalaman saya kesana gasia sia keren deh pokonya cocok banget deh buat kalian yg suka mantai. . Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

    20 Mei 2018, 06:44 WIB

  3. Pengelolaan masih semrawut. Pedagang tidak di tata dng baik.karena semua menutup pemandangan pantai.. Keamanan kurang.polisi/tni yng ada konsetrasi cuma di pintu gerbang.. Kalo masalah ikan.cumi.udang…murah. Perlu penataan yng akan membuat kita balik lagi.karena pantai ini sangat bagus untuk kita kunjungi….hayu ke santolo. Setelah ada perbaikan.. . Pemandangan laut tertutup semua oleh pedagang…coba di pinda ke kiri jalan. Pasti mantap.

    21 Juni 2018, 19:05 WIB

  4. Pantai yang berada di Selatan Garut. Memilik pasir putih. Memiliki bibir pantai yang cukup luas. Pada waktu tertentu diharapkan jika tidak ingin terkena ombak untuk agak sedikit menjauh dari bibir pantai karena kadang kala ombak bisa besar. Kebersihan kurang begitu terjaga, banyak sampah tercecer. Untuk penginapan jika di libur panjang seperti libur lebaran harga bisa mencapai 500rb satu kamar. Untuk jasa isi batrai hp di pinggir2 warung ada bayar juga. Duduk duduk juga bayar. Saat libur panjang pasti banyak pengunjunh sehingga banyak oknum oknum ya yg apa apa bayar.

    22 Juni 2018, 11:16 WIB

  5. Untuk masuk ketempat ini dimintai biaya parkir di jalan masukknya. Entah resmi atau tidak, tapi sepertinya tidak resmi. namun sayang pengaturan parkir disini tidak baik, pada saat jam pulang, hampir setengah jam tidak bisa keluar dari santolo karena pengaturan parkir yang tidak baik.. . Untuk pantainya pasir putih dan ada beberapa permainan air yang disewakan seberti body board, banana boat dan lain-lain.. Untuk harga kamar di dalam area pantai santolo berkisar dari 250 ribu – 800 ribu.

    25 Juni 2018, 06:14 WIB

  6. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

    29 Juni 2018, 01:31 WIB

  7. Mantap recommended buat refreshing liburan, kita kesana bawa tenda jadi kita tidur di pinggir pantainya karena harga penginapan min 250k yang saya tau jadi kita meminimalisir budget juga. Kalau makan lebih baik bekel daei rumah atau beli di perjalanan agar lebih murah karena beli makanan di sini sangat mahal kecuali gorengan dan nasi goreng keliling nya murah di sini. Tapi sayangnya pinggir pantainya kurang terawat sepeerti sampahnya masih banyak yang berserakan dipinggiran pantai dan terbawa arus ke lautan. Tapi di sini cocok untuk sunrise dan sunsetnya sangat indah sekali. Untuk tiket masuk ke pantai santolo nya ada tiket masuk 3000 per orangnya, jika ingin menyebrang harus bayar 5000 untuk perahunya dari sekitaran penginapan ke santolonya. Disana kita bisa berenang juga ada di santolo di air tenang yang jarang ombak dan ada yang berombak tinggi juga. Saat perjalanan banyak pom mini untuk mengisi bensin karena jika perjalanan dimulai dari setiabudhi lewat pangalengan kita mengisi bensin 2 kali untuk motor vario 110cc. Untuk mandi setelah berenang ada tarif 5000 untuk mandi dan parkir 10000 per motor. Minimal budget yang disediakan 100k dan itu semua untuk bensin kalau motor kalian tidak awet bensin. Kalau awet 100k bisa untuk makan yang banyak juga. Sayangnya itu saja pantainya belum bersih sepenuhnya untuk daerah penginapan karena banyak pembuangan air dari kamar mandi di buang langsung ke laut dan pembuangan cuci cuci juga sama. Pengelolaan sampah masih berserakan itu saja.

    3 Agustus 2018, 07:33 WIB

  8. Pantainya luas juga dan bersih.. Sekitar 4 jam dari garut kota. Udah banyak kendaraan umum yg kesini, pake elf jurusan garut cikelet. Pengunjungnya masih blom terlalu rame jadi bagi yg suka tempat yg sepi pantai ini boleh juga jadi referensi, asal jangan dateng di waktu libur lebaran dan tahun baru pasti penuh banget.. Ada tempat makanya juga lho.. Lumbanyan enak lah ikan bakarnya. Klo penginapanya blom tau seperti apa, soalnya kebetulan tidak menginap. Tp disekitar pantai banyak juga yg menyediakan penginapan,, ayoo ajak keluarganya untuk berlibur dipantai santolo garut

    25 September 2018, 19:30 WIB

  9. Tempat ny masih kurang prngunjung jdi enak buat bersantai…. Menenangkan pikiran…. Tpi panorama alam yg di suguhkn… Tidak dpt di ragukan…. Pantai nya bersih… Pokok ny recomended

    7 Oktober 2018, 04:05 WIB

  10. Seru kalo udah ke pantai itu gamau pulang, Ke Santolo ini tiket masuknya murah, untuk ke pantainya naik perahu dlu dan itu pun murah sekitar 10k an. Pertama kesini tu pasirnya banyak sampah berantakan bgt, dan yg kmren kesini lg pantainya terawat tp penginapannya ada dmana” jd terkesan kumuh ga rapi

    9 Oktober 2018, 07:50 WIB

  11. Bisa dilewati 2 akses jalan. . 1.Dari Garut : melewati arah jl.samarang, Bayongbong , Cikajang hingga melewati Batu tumpang menyusuri perkebunan teh hingga sampai Pameungpeuk. . 2. Dari Bandung bisa melewati. Jl soreang arah Perkebunan teh Ciwidey terus hingga Cisewu sampai ujung jl cisewu bertemu dengan persimpangan jalan tepat pantai Ranca buaya, belok kiri meyusuri jl cilaut euren hingga pantai santolo.. Kedua akses jalan lebar pas untuk 2 mobil kecil dan banyak tikungan tajam.

    10 Oktober 2018, 00:58 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Santolo

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *