Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha, Garut, Jawa Barat

Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165, Indonesia, Garut, Jawa Barat

23 Ulasan

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terletak di selatan Jawa. Garut dikenal juga sebagai tempat yang memiliki kawasan pesisir di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Oleh karena itu, Garut memiliki beberapa Pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Puncak Guha.

Pantai yang berlokasi di Desa Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat ini, berdekatan dengan Pantai Rancabuaya yang memiliki jarak kurang lebih 3 km. Pantai Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Pantai ini disebut Guha karena di bawahnya terdapat gua kelelawar yang masih dihuni oleh para kelelawar menghadap ke Samudera Hindia.

Pantai Puncak Guha berbeda dari Pantai pada umumnya, karena Pantai ini berupa tebing yang berdiri tinggi menjulang yang secara langsung berbatasan dengan lautan lepas. Namun itulah keunikan yang dimiliki Pantai ini, karena anda dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan jangkauan pandang yang luas dan tentunya ditemani dengan suara gemuruh ombak yang silih berganti dan benturan ombak dengan batuan tebing membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Pantai ini juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk mencari inspirasi karena suasananya yang hening. Pantai ini bahkan pernah tercantum dalam novel Perahu Kertas karya Dee/ Dewi Lestari, dimana tokoh Keenan bertemu dengan tokoh Kugy.

Anda sebaiknya mengunjungi Pantai ini disaat pagi atau menjelang sore, hal ini dikarenakan sinar matahari akan memberikan pemandangan yang indah juga menawan. Hamparan rumput hijau yang ada di Pantai Puncak Guha membuat tempat ini sangat Instagramable dan cocok sekali untuk menghabiskan waktu dengan menikmati hembusan angin, pemandangan, dan suasana yang membuat anda nyaman.

Harga Tiket di Pantai Puncak Guha

Untuk harga tiket masuk Pantai Puncak Guha, anda akan dikenakan tarif Rp 5.000/orang. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan dari wisata Pantai di Garut ini. Objek Wisata Pantai di daerah Garut Selatan memang lokasi yang sangat tepat untuk bisa liburan dengan biaya yang sedikit.

Pantai ini dibuka setiap hari mulai pagi hingga menjelang malam, sehingga kamu bisa berkunjung kesana kapan saja. Kamu bisa berkunjung kesana baik di pagi maupun sore hari, karena waktu tersebut yang paling tepat untuk menikmati keindahan dari Pantai Puncak Guha Garut Jawa Barat.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Puncak Guha

Perjalanan untuk menuju ke Pantai ini dari kota Bandung maupun Garut memang membutuhkan perjuangan yang cukup keras, dari kota Garut anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam perjalanan untuk bisa sampai dilokasi. Pantai ini berjarak kurang lebih 130 km dari Garut via Cikajang, sedangkan berjarak 90 km dari kota Garut via Bumbulang. Tentunya anda bisa menikmati pemandangan pesisir Pantai selatan yang indah melewati jalur ini.

Rute menuju Pantai Puncak Guha yang pertama dimulai dari kota Bandung, lalu menuju ke Pangalengan. kemudian lanjutkan kea rah Rancabuaya hingga akhirnya di Puncak Guha, jalur ini lebih direkomendasikan karena kondisinya sudah bagus. Jika anda melalui jalur ini mungkin anda bisa mengunjungi wisata lain didaerah pangalengan seperti Situ Cileunca pangalengan dan lainnya karena satu jalur.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan rute melalui kota Garut, menuju ke arah kota Cikajang. Setelah sampai, lanjut menuju Pamengpeuk. Kemudian, tiba di Rancabuaya, sekitar 2 km lagi anda segera stiba di Pantai Puncak Guha. Jalur ini direkomendasikan untuk anda yang lebih dekat dengan arah Garut atau Tasikmalaya. Selain itu juga banyak terdapat jalur alternatif, namun biasanya dengan kondisi jalan yang kurang bagus.

Objek Wisata di Pantai Puncak Guha

Bagi anda yang berencana berwisata ke Pantai Puncak Guha, inilah hal-hal yang dapat anda temukan dan lakukan:

1. Goa Kelelawar

Sesuai dengan namanya, pada Pantai Puncak Guha terdapat Gua Kelelawar yang dapat dilihat secara langsung salah satu pintu masuknya. Pada sore hari, anda akan menyaksikan pemandangan kelelawar yang keluar dari Goa. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata ini. Bau dari kotoran kelelawar akan langsung menyapa indra penciuman anda hanya dengan jarak 20 meter. Jadi, disarankan untuk anda membawa masker ya!

2. Gazebo

Di Pantai Puncak Guha, anda juga bisa menemukan 2 gazebo yang sengaja dibangun oleh pengelolanya. Anda bisa memanfaatkan gazebo tersebut untuk beristirahat dan bersantai menikmati hembusan angin yang sejuk. Namun sayangnya gazebo tersebut cukup rusak, karena kurang diperhatikan pengelolaannya.

3. Hunting Foto

Pantai Puncak Guha sangat cocok dikunjungi bagi anda yang hobi fotografi. Hamparan rumput hijau dan juga tebing tinggi menjulang membuat tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Spot terbaik dapat kamu ambil dari atas tebing batu yang langsung menjorok ke laut. Disana adalah tempat terbaik untuk berfoto ataupun berselfie.

Saat pagi atau sore hari, sinar matahari akan memberikan cahaya dengan komposisi yang pas dan membuat pemandangan alam di sekitar Pantai ini jauh lebih indah. Pantai Puncak Guha dapat menjadi lokasi yang cocok untuk melihat sunrise dan sunset bagi anda yang menyukainya.

4. Tempat Camping

Hamparan rumput hijau yang luas sering dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang untuk berkemah. Pantai ini meruapakan lokasi camping yang dapat dibilang sangat unik. Angin berhembus khas Pantai akan menemani anda jika melakukan kegiatan perkemahan disini. Melihat sunset dan sunrise dari Pantai ini juga merupakan pengalaman yang pantas untuk didapatkan. Bahkan di malam hari saat cuaca cerah, anda dapat melihat gugusan bintang yang tentunya akan menjadi pemandangan yang sangat indah yang dapat anda nikmati.

5. Touring

Jika anda mempunyai perkumpulan/kelompok dan berencana untuk mengadakan touring, Pantai Puncak Guha dapat menjadi salah satu tujuan singgah anda. Kegiatan touring menuju ke Pantai Puncak Guha sering dilakukan. Banyak dari kelompok touring dari beragam daerah menargetkan Pantai ini sebagai salah satu tempat singgah. Merupakan pengalaman yang berkesan, dengan melakukan touring melewati beragam tempat seperti Pangalengan, Cidaun, Rancabuaya, Pameungpeuk, Kaligua, Hira dan lain sebagainya.

6. Memancing

Bagi anda yang gemar memancing, Pantai Puncak Guha juga memiliki spot untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun dibutuhkan usaha lebih untuk menuju spot tersebut. Untuk merasakan pengalaman memancing di spot ini, anda harus menjangkau spot yang lokasinya berada di bawah tebing. Anda juga harus berhati-hati dan memantau keadaan ombak di Pantai ini, mengingat Pantai di sebelah selatan Garut terkenal dengan ombaknya yang kurang bersahabat

Itulah ulasan mengenai wisata Garut, Jawa Barat, Indonesia yang begitu menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan dan keunikan Pantai, maka lokasi ini patut anda jadikan sebagai destinasi wisata berikutnya.

23 Ulasan untuk Pantai Puncak Guha, Garut, Jawa Barat

  1. Tebing nya tidak ada tanda pembantas ditambah angin disini sangat kencang buat penguncung agar berhati-hati.. Buat tempat bangus bisa tidur-tiduran dirumput sambil lihat obak menghantam karang

  2. Banyak calo saat ingin camp yg bilang harus bayar sekian puluh ribu.. Untuk yg ingin kesana hati2 saja tidak usah bayar.. Karena bayar itu hanya pas masuk saja

  3. Pantainya sepiii berasa pantai sendiri… . Cuma jalan menuju pantai masih darurat banget. Aga repot kalo bawa anak2, tantangan banget gendongnya.

  4. Eksotis pantainya. Kalau mau ngcamp dsni harus bawa tenda yg kokoh sama autan..karena banyak nyamuk..

  5. Puncak guha lokasinya dekat dengan pantai rancabuaya. Kita bisa melihat pemandangan laut lepas diatas bukit. . Banyak orang yang datang kesini untuk sekedar berfoto ada juga yang mendirikan tenda untuk camping bersama keluarga atau teman2 cocok banget deh 👌. Buat kalian yang ingin datang kesini bagusnya pas menjelang sore sambil menunggu senja, cocok deh kalau mengajak pasangan (pasangan halal tapi ya 😁) buat main kesini

  6. Salah satu tempat terkeren yg Saya kunjungi. Karena dari tebing keliatan indah bgt pantainya. Biaya masuknya cuma 5 ribu. Dari pantai Santolo ke puncak Guha gak sampai 30 menit jalannya bagus bgt kesana cuma pas masuk area wisatanya jalannya masih tanah. Jangan khawatir kalau lapar disana ada warung yg menyediakan mie, gorengan dan kopi. Harganya sangat wajar tidak berlebihan bgt. Semoga kedepannya makin tertata rapi dan para pengunjung bisa merawat dan menjaganya dengan cara tidak merusak fasilitas dan membuang sampah sembarangan. Menurut warga disini tempat ini pernah di pake syuting film perahu kertas pantes pas liat filmnya mirip bgt hehee

  7. Sangat indah dengan pemandangan ini sungguh luar biasa . Baru pertama kali keu sini teutap aku suka banget lokasinya ya walau pun panas hehe

  8. Bener bener gak keurus. Sampah dimana mana, jalan jelek masih tanah dan berbatu, fasilitas kurang (wc, mushola, warung). Tapi viewnya keren. Australia gak keliatan euy.

  9. Akses jalan menuju guha yg blm di aspal harus extra hati hati. Meski hanya beberapa meter dari jalan utama.

  10. Tiket masuk 5 ribu dan bagi saya tempt ini bagus,dengan bebatuan tebing” yg cantik 😍 . Buat temn” yg mau berkunjung ke sini jangan lupa jaga juga kebersihan nya jangan buang sampah sembarangan, karna ketika saya mengunjungi tempt ini, sangat banyak sekali sampah bekas snack,botol bekas dan itu baru

  11. Enak bgt buat ngahuleng tarik (sundanese only😂). Spot yg tepat buat diem menikmati ombak, me time ataupun kumpul sama temen2. Cocok buat weekend gateway dari Bandung, lewat pangalengan – cukul. Pemandangannya syahdu👌 Buat mobil jalurnya cukup satu mobil tp kemarin cmn liat motor aja sih. Jalur ke puncak guhanya masih tanah gitu tp deket banget dari jalan raya. Tiket masuk perorang 5ribu. Camping perorang 5ribu. Udah ada musola dan wc (tp kemarin ga cek kesana). Lokasi ini deket jg sama pantai ranca buaya yg udh ada penginapan tp masih sepi. Selanjutnya pengen banget camping disini!

  12. Ini tempat yang indah banget.. View nya langsung ke samudera . ga bosen2 kesini tuh .. Masih sepi .. Bisa camping juga ..betah banget diem disini .. 😍😍😍😍

  13. ketempat ini tidak direncanakan kami hanya penasaran sama pantai santolo awalnya.. d perjalanan kita menemukan tempat ini.. pantai puncak guha, bungbulang Garut selatan. ini tempat bagus indah banget… tapi jangan cari pasir ya di puncak guha ini.. ini semacam tebing yg langsung menyajikan lautan luas..

  14. Destinasi favorit. Sudah 3X datang ketempat ini tapi ngga pernah bosan.. Pas buat yg suka suasana sisi laut.. Anginnya besar disini.. Dan menurut saya pribadi yg paling juara itu suasana sorenya.. Kalau lg musimnya, suhu disini dingin, itu yg bikin keren, pinggir laut tapi dingin.. . Disini untuk tiket berkemah beda harga.. . Sekedar info, sekarang diujung tebingnya dipasang tembok oleh warga sekitar, karena disini, warga sekitarlah pengelolanya.. untuk tiket masih bisa dikatakan sangat terjangkau.. Untuk segi kebersihan, mungkin bisa lebih dibenahi lagi kedepannya.

  15. pemandangannya bagus. tempat yang worth it buat jadi tujuan wisata bareng teman, keluarga, pasangan atau bahkan mantan, hahaha. disarankan datang pas hari kerja biar bisa menikmati pemandangan dan vitamin-sea tanpa kerusuhan orang-orang.. suasana malam hari the best, deburan ombak, langit malam, bintang, dan angin sepoi-sepoi, pasti akan jadi pengalaman yg tidak terlupakank

  16. Berada di dekat jalan lintas selatan Garut, jaraknya beberapa kilometer ke arah timur dari pantai Rancabuaya. Tiketnya Rp. 5.000 per orang. Kalo weekend rame kadang ada yang bikin tenda kecil buat menginap di situ, tetapi kalau weekdays sepi dan bisa lebih leluasa menikmati birunya laut selatan dari puncak bukit. Keren pokoknya buat foto-foto.

  17. Tempat yang indah untuk memanjakan mata anda. Berkemah di puncak guha juga sangat menyenangkan. Untuk yang membawa keluarga, kebutuhan air bersih sangat mudah dijangkau.

  18. Lokasi dekat rancabuaya arah ke santolo pameungpeuk… view bagus ke arah laut dari tebing tinggi…. akses masih jalan tanah, blm ada fasilitas toilet…

  19. Ini dataran tinggi di garut yg pantainya langsung ke samudra..

    Masuk sini bayar 5rb, akses jalan dr santolo kesini tuh udh aspal semuaa.. Sepanjang jalan view nya bagussssssss pake bangettt!!

    Anginnya kenceng jd saran aja buat pake jaket biar gak terlalu masuk angin pulang2.. Disini gaada kang jualan yaaaa jadi prepare sendiri snack2 nd makanan..

    Cocok buat nunggu sunset dan bisa camping disini..

  20. the most amazing place in garut… tempat ini ya allah bikin merinding… bagus banget view pemandangannya.. semua gemuruh ombak pantai laut, sangat terlihat jelas di puncak guha patuha ini..banyak sekali wisata yang melihat langsung indahnya pemandangan di tempat ini, namun hanya saja di puncak ini katanya dari warga asli garut bahwa puncak ini tergolong menakutkan karena datarannya yang terbilang kurang kokoh. btw tetep harus hati-hati dan untuk anda para jiwa petualang, jangan lupa untuk mengetahui dan mengunjungi tempat ini.. tempat ini cukup populer dan sangat recommended untuk yang ingin tahu secara langsung bagaimana lookingnya

  21. Puncak Guha ini berada gak jauh dari Pantai Rancabuaya. Di sebelah kanan ada pintu masuk dengan harga tiket masuk Rp. 5.000. Dari loket kendaraan bisa masuk roda dua atau empat hingga ke bibir tebing. Biasanya lokasi ini tempat persinggahan yang touring karena bisa dipakai ngecanp. Ada satu warung dan toilet juga.

  22. Mantap, pemandangan indah
    harga masuknya 5.000 / orang
    bisa bawa mobil, parkiran luas
    banyak tempat jualan

    dari jakarta begitu keluar dari tol pasir koja, masih 3-4 jam lagi , melewati jalan berkelok kelok, tapi pemandangan indah, sampe sana bagus kok, ga nyesel

  23. Biaya masukny 5rb rupiah. Kmrn dtg kykny masih sepi sech. Krn cuma ada sekitar 10an motor kurang. tp asik bwat spot foto2. Ga kalah yg kyk dijogja ini. Tinggal investor masuk kykny lebih bakal keren lg.

Tinggalkan Balasan