Pantai Puncak Guha

Alamat: Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terletak di selatan Jawa. Garut dikenal juga sebagai tempat yang memiliki kawasan pesisir di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Oleh karena itu, Garut memiliki beberapa Pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Puncak Guha.

Pantai yang berlokasi di Desa Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat ini, berdekatan dengan Pantai Rancabuaya yang memiliki jarak kurang lebih 3 km. Pantai Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Pantai ini disebut Guha karena di bawahnya terdapat gua kelelawar yang masih dihuni oleh para kelelawar menghadap ke Samudera Hindia.

Pantai Puncak Guha berbeda dari Pantai pada umumnya, karena Pantai ini berupa tebing yang berdiri tinggi menjulang yang secara langsung berbatasan dengan lautan lepas. Namun itulah keunikan yang dimiliki Pantai ini, karena anda dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan jangkauan pandang yang luas dan tentunya ditemani dengan suara gemuruh ombak yang silih berganti dan benturan ombak dengan batuan tebing membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Pantai ini juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk mencari inspirasi karena suasananya yang hening. Pantai ini bahkan pernah tercantum dalam novel Perahu Kertas karya Dee/ Dewi Lestari, dimana tokoh Keenan bertemu dengan tokoh Kugy.

Anda sebaiknya mengunjungi Pantai ini disaat pagi atau menjelang sore, hal ini dikarenakan sinar matahari akan memberikan pemandangan yang indah juga menawan. Hamparan rumput hijau yang ada di Pantai Puncak Guha membuat tempat ini sangat Instagramable dan cocok sekali untuk menghabiskan waktu dengan menikmati hembusan angin, pemandangan, dan suasana yang membuat anda nyaman.

Harga Tiket di Pantai Puncak Guha

Untuk harga tiket masuk Pantai Puncak Guha, anda akan dikenakan tarif Rp 5.000/orang. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan dari wisata Pantai di Garut ini. Objek Wisata Pantai di daerah Garut Selatan memang lokasi yang sangat tepat untuk bisa liburan dengan biaya yang sedikit.

Pantai ini dibuka setiap hari mulai pagi hingga menjelang malam, sehingga kamu bisa berkunjung kesana kapan saja. Kamu bisa berkunjung kesana baik di pagi maupun sore hari, karena waktu tersebut yang paling tepat untuk menikmati keindahan dari Pantai Puncak Guha Garut Jawa Barat.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Puncak Guha

Perjalanan untuk menuju ke Pantai ini dari kota Bandung maupun Garut memang membutuhkan perjuangan yang cukup keras, dari kota Garut anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam perjalanan untuk bisa sampai dilokasi. Pantai ini berjarak kurang lebih 130 km dari Garut via Cikajang, sedangkan berjarak 90 km dari kota Garut via Bumbulang. Tentunya anda bisa menikmati pemandangan pesisir Pantai selatan yang indah melewati jalur ini.

Rute menuju Pantai Puncak Guha yang pertama dimulai dari kota Bandung, lalu menuju ke Pangalengan. kemudian lanjutkan kea rah Rancabuaya hingga akhirnya di Puncak Guha, jalur ini lebih direkomendasikan karena kondisinya sudah bagus. Jika anda melalui jalur ini mungkin anda bisa mengunjungi wisata lain didaerah pangalengan seperti Situ Cileunca pangalengan dan lainnya karena satu jalur.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan rute melalui kota Garut, menuju ke arah kota Cikajang. Setelah sampai, lanjut menuju Pamengpeuk. Kemudian, tiba di Rancabuaya, sekitar 2 km lagi anda segera stiba di Pantai Puncak Guha. Jalur ini direkomendasikan untuk anda yang lebih dekat dengan arah Garut atau Tasikmalaya. Selain itu juga banyak terdapat jalur alternatif, namun biasanya dengan kondisi jalan yang kurang bagus.

Objek Wisata di Pantai Puncak Guha

Bagi anda yang berencana berwisata ke Pantai Puncak Guha, inilah hal-hal yang dapat anda temukan dan lakukan:

1. Goa Kelelawar

Sesuai dengan namanya, pada Pantai Puncak Guha terdapat Gua Kelelawar yang dapat dilihat secara langsung salah satu pintu masuknya. Pada sore hari, anda akan menyaksikan pemandangan kelelawar yang keluar dari Goa. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata ini. Bau dari kotoran kelelawar akan langsung menyapa indra penciuman anda hanya dengan jarak 20 meter. Jadi, disarankan untuk anda membawa masker ya!

2. Gazebo

Di Pantai Puncak Guha, anda juga bisa menemukan 2 gazebo yang sengaja dibangun oleh pengelolanya. Anda bisa memanfaatkan gazebo tersebut untuk beristirahat dan bersantai menikmati hembusan angin yang sejuk. Namun sayangnya gazebo tersebut cukup rusak, karena kurang diperhatikan pengelolaannya.

3. Hunting Foto

Pantai Puncak Guha sangat cocok dikunjungi bagi anda yang hobi fotografi. Hamparan rumput hijau dan juga tebing tinggi menjulang membuat tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Spot terbaik dapat kamu ambil dari atas tebing batu yang langsung menjorok ke laut. Disana adalah tempat terbaik untuk berfoto ataupun berselfie.

Saat pagi atau sore hari, sinar matahari akan memberikan cahaya dengan komposisi yang pas dan membuat pemandangan alam di sekitar Pantai ini jauh lebih indah. Pantai Puncak Guha dapat menjadi lokasi yang cocok untuk melihat sunrise dan sunset bagi anda yang menyukainya.

4. Tempat Camping

Hamparan rumput hijau yang luas sering dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang untuk berkemah. Pantai ini meruapakan lokasi camping yang dapat dibilang sangat unik. Angin berhembus khas Pantai akan menemani anda jika melakukan kegiatan perkemahan disini. Melihat sunset dan sunrise dari Pantai ini juga merupakan pengalaman yang pantas untuk didapatkan. Bahkan di malam hari saat cuaca cerah, anda dapat melihat gugusan bintang yang tentunya akan menjadi pemandangan yang sangat indah yang dapat anda nikmati.

5. Touring

Jika anda mempunyai perkumpulan/kelompok dan berencana untuk mengadakan touring, Pantai Puncak Guha dapat menjadi salah satu tujuan singgah anda. Kegiatan touring menuju ke Pantai Puncak Guha sering dilakukan. Banyak dari kelompok touring dari beragam daerah menargetkan Pantai ini sebagai salah satu tempat singgah. Merupakan pengalaman yang berkesan, dengan melakukan touring melewati beragam tempat seperti Pangalengan, Cidaun, Rancabuaya, Pameungpeuk, Kaligua, Hira dan lain sebagainya.

6. Memancing

Bagi anda yang gemar memancing, Pantai Puncak Guha juga memiliki spot untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun dibutuhkan usaha lebih untuk menuju spot tersebut. Untuk merasakan pengalaman memancing di spot ini, anda harus menjangkau spot yang lokasinya berada di bawah tebing. Anda juga harus berhati-hati dan memantau keadaan ombak di Pantai ini, mengingat Pantai di sebelah selatan Garut terkenal dengan ombaknya yang kurang bersahabat

Itulah ulasan mengenai wisata Garut, Jawa Barat, Indonesia yang begitu menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan dan keunikan Pantai, maka lokasi ini patut anda jadikan sebagai destinasi wisata berikutnya.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Puncak Guha

  1. Tebing nya tidak ada tanda pembantas ditambah angin disini sangat kencang buat penguncung agar berhati-hati.. Buat tempat bangus bisa tidur-tiduran dirumput sambil lihat obak menghantam karang

    15 Mei 2018, 22:34 WIB

  2. Banyak calo saat ingin camp yg bilang harus bayar sekian puluh ribu.. Untuk yg ingin kesana hati2 saja tidak usah bayar.. Karena bayar itu hanya pas masuk saja

    3 Juni 2018, 19:01 WIB

  3. Pantainya sepiii berasa pantai sendiri… . Cuma jalan menuju pantai masih darurat banget. Aga repot kalo bawa anak2, tantangan banget gendongnya.

    12 Juni 2018, 04:37 WIB

  4. Eksotis pantainya. Kalau mau ngcamp dsni harus bawa tenda yg kokoh sama autan..karena banyak nyamuk..

    17 Juni 2018, 09:08 WIB

  5. Puncak guha lokasinya dekat dengan pantai rancabuaya. Kita bisa melihat pemandangan laut lepas diatas bukit. . Banyak orang yang datang kesini untuk sekedar berfoto ada juga yang mendirikan tenda untuk camping bersama keluarga atau teman2 cocok banget deh 👌. Buat kalian yang ingin datang kesini bagusnya pas menjelang sore sambil menunggu senja, cocok deh kalau mengajak pasangan (pasangan halal tapi ya 😁) buat main kesini

    26 Juni 2018, 04:50 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Puncak Guha

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *