Pantai Gunung Geder

Alamat: Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177, Indonesia

(3.9/5) Baca ulasan

Siapa bilang kabupaten Garut tidak memiliki kekayaan alam yang eksotik. Di samping kekayaan alam seperti pegunungan. Perbukitan dan air terjun, di bagian selatan Garut terdapat jajaran pantai eksotik yang tidak kalah menggoda. Salah satunya adalah panti Gunung Geder. Meski pemandangan alam yang disajikan pantai Gunung Geder tidak banyak yang tahu tentang lokasi bahkan keberadaan pantai ini.

Pantai ini menjadi salah satu tujuan akhir dari kegiatan touring alam yang biasanya dilakukan komunitas-komunitas touring di Garut. Hal tersebut karena untuk bisa sampai ke pantai ini, dibutuhkan perjalan panjang dan juga infrastruktur seperti jalan serta kendaraan umum yang menuju ke pantai Gunung Geder kurang memadai. Biasanya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil.

Harga Tiket Masuk di Pantai Gunung Geder

Pengunjung yang ingin menikmati pesona alam pantai Gunung Geder tidak dikenakan biaya masuk sama sekali. Hanya saja pengunjung harus membayar tiket parkir untuk kendaraan roda empat yakni Rp 5.000-, per unit sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sekitar Rp 3.000-, per unit. Tentunya pantai Gunung Geder menjadi salah satu rekomendasi wisata ekonomis yang patut dicoba.

Rute Menuju Lokasi Pantai Gunung Geder

Pantai yang tepatnya berada di desa Cijambe, kecamatan Cikelet, kabupaten Gatut ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 4 – 5 jam dengan jarak tempuh sekitar 95 kilometer dari arah pusat kota Garut. Jalur alternatif yang ditawarkan yakni melewati jalan Raya Garut – Cikajang kemudian lurus ke selatan melalui Ciparay. Selanjutnya diteruskan sampai Singajaya dan tiba di jalan Raya Cihurip.

Dari jalan Raya Chihurip lurus terus sampai jalan Raya Cisompet kemudian melewati  Balekambang yang masih merupakan jalan Raya Cisompet. Sampai di pertigaan Cigodeg, belok kanan ke arah jalan Cilauteureun yang merupakan jalan terusan Trans Jawa Barat. Pintu gerbang berupa portal menuju pantai Gunung Geder terlihat jelas dari pinggir jalan Trans Jawa Barat.

ObYek Wisata Pantai Gunung Geder

1. Sensasi Pantai Private

Hal berbeda yang akan pengunjung dapatkan ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai Gunung Geder adalah sensasi bak menyewa pantai pribadi. Karena pantai ini tergolong sepi dan tenang terutama saat weekdays tiba. Hal ini karena pantai Gunung keder berada di wilayah yang cukup jauh dari perkotaan dan pemukiman penduduk. Di sekitar pantai hanya banyak ditemui pepohonan dan bukit.

Pengunjung dengan leluasa dapat bermain dan melakukan berbagai aktivitas tanpa harus bergantian atau berjejelan dengan pengunjung lain. Wisatawan yang ingin merasakan berlibur di pantai pribadi sangat direkomendasikan terutama bagi wisatawan yang menginginkan ketenangan. Pantai ini sangat cocok sebagai wisata melepas rasa lelah dan pikiran yang selama ini menyumbat kepala.

2. Pantai Eksotik dengan Pasir Putih

Mengunjungi sbeuah pantai pastinya hal yang pertama dipertimbangkan selain air adalah pasir pantai. Pasir pantai Gunung Geder memiliki tekstur halus berwarna putih kecokelatan. Pasir ini tampak eksotik berdampingan dengan warna birunya air laut yang terhampar sejauh mata memandang. Karakteristik pasir pantai ini menjadikan pasirnya sangat aman digunakan untuk segala aktivitas.

Selain itu pasir pantai terasa empuk, bersih dan juga tidak ada terumbu karang atau batu karang kasar yang menancap di balik pasir sehingga dipastikan akan-anak dapat bermain pasir dengan aman dan nyaman. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan diatas pasir Gunung Geder mulai dari bermain voli pantai, bermain bola, membuat istana pasir, atau sekadar berjalan di atasnya.

3. Air Pantai yang Bersih dan Hangat

Bermain air merupakan salah satu hal menyenangkan yang tidak boleh terlewat jika berkunjung ke pantai Gunung Geder. Air pantai ini sangat bersih dan jernih jika dilihat dari arah dekat. Sedangkan air akan berwarna biru navy jika dilihat dari kejauhan. Tampak gradasi warna air laut yang semakin jauh semakin  berwarna biru tua. Tidak lengkap rasanya bila tidak menyentuh air pantai ini ketika berkunjung.

Apalagi jika air pantai memantulkan sinar matahari ketika sedang terik, pemandangan yang sangat menakjubkan Selain itu, intensitas ombak yang rendah hingga sedang membuat pantai ini cukup aman digunakan untuk berenang, terlebih bagi anak-anak. Selain itu, pasir pantai yang landai dan menjorok ke laut menjadikan dasar pantai ini cukup dangkal dan aman bagi anak-anak yang bermain air.

4. Sebagai Wisata Bahari

Pada tahun 2011 lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menetapkan pantai Gunung Geder sebagai calon ikon objek wisata bahari Jawa Barat. Hal ini bukan tanpa alasan. Secara geografis, pantai Gunung Geder memiliki lokasi yang sangat strategis yakni sebagai penghubung objek wisata pantai yang satu dengan yang lainnya. pantai Gunung Geder seolah menjadi pengikat wisata pantai di Garut.

Beberapa tahun belakangan ini, kawasan pantai Gunung Geder dijadikan kawasan wisata alternatif bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan wisatawan khususnya wisatawan luar negeri yang berkunjung setiap tahunnya. Memperkenalkan keindahan dan pesona alam pantai Gunung Geder terus dilakukan oleh pemerintah maupun warga lokal.

5. Udara Sejuk

Meski secara kondisi geografis kawasan pantai selatan Garut termasuk ke dalam zona suhu hangat hingga panas dengan ketinggian 0 – 100 meter dari permukaan laut, namun hal yang tidak terduga adalah ternyata suhu udara pantai Gunung Geder sangatlah sejuk. Bahkan sebelum sampai bibir pantai, pengunjung dapat merasakan sensasi hembusan angina dari jalan masuk.

Hal ini dikarenakan sepanjang 7 kilometer kawasan pantai Gunung Geder masih sangat asri dengan pepohonan, bukit, serta persawahan hijau dan alami. Pantai ini seperti tidak pernah tersentuh manusia. Karena kawasan ini jauh dari pusat kota, maka pengunjung hanya menemukan segelintir pemukiman saja. Tidak ada limbah industri yang dibuang dari pabrik-pabrik besar yang berpolusi.

6. Kontras Perpaduan 3 Warna yang Indah

Jika dilihat dari atas bukit sekitar pantai Gunung Geder, pemandangan memukau akan menyambut pengunjung. Dimulai dengan warna hijau cerah yang berasal dari pepohonan, pada rumput dan perwasahan milik pentani sekitar kemudian dipisahkan dengan warna pasir pantai yang eksotik kemudian ditambah lagi dengan warna biru laut yang menyimpan sejuta makna dan keindahan.

Pemandangan yang sangat langka kita temukan adalah adanya persawahan di sepanjang bibir pantai. Biasanya suhu udara di sekitar pantai rata-rata hangat dan panas sehingga memungkinkan tumbuhan sawah seperti padi dan tanaman lainnya tidak bisa tumbuh dengan baik. Terlebih air sekitar pantai yang terasa asin dan tidak bisa digunakan mengairi tanaman.

7. Fasilitas Gazebo dan Parkir yang Luas

Perjalanan dari kota Garut ke lokasi pantai ini tentunya menjadi perjalanan panjang dan lama. oleh sebab itu pastinya ketika sampai, pengunjung akan merasa letih. Namun jangan khawatir karena tidak bisa beristirahat dengan nyaman. Di sepanjang pantai ini di bangun gazebo-gazebo yang langsung menghadap ke pantai. Gazebo ini dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat dan berteduh.

Selain itu, pengunjung yang datang di saat weekend tidak perlu takut jika tidak kebagian tempat parkir. Karena lahan di sekitar pantai Gunung Geder sangat luas dan sebagian kosong, lahan kosong tersebut di sulap menjadi tempat parkir yang aman. Pastinya pengunjung juga tidak perlu di repotkan dengan mencari tempat parkir atau keluar dari tempat parkir yang sesak dimana hal ini sangat tidak nyaman.

8. Sunset

Ingin menikmati sunset di pantai pribadi?, pantai Gunung Geder solusinya. Pantai ini oleh pengunjung seringkali dijadikan saksi bisu pergantian hari dari terang menjadi gelap. Meski secara geografis pantai ini berada di wilayah selatan, namun posisi pantai ini cenderung menghadap ke barat sehingga dapat dipastikan fenomena sunset dapat disaksikan di pantai ini.

Kebanyakan pengunjung melewati momen sunset ini karena mempertimbangkan jarak menginap atau jarak kota dengan pantai yang cukup jauh sehingga harus kembali sebelum matahari terbit. Padahal bila pengunjung ingin menikmati sunset, pengunjung bisa memilih penginapan terdekat seperti kawasan penginapan di pantai Snatolo atau pantai Sayang Heula.

Deskripsi di atas hanya sebagian saja yang dapat disampaikan. Agar wisatawan dapat menikmati pesona alam pantai GUNUNG Geder yang benar-benar memuaskan, wisatawan dapat mengunjungi pantai GUNUNG Geder sewaktu-waktu bila ada kesempatan. Pastinya diharapkan  kepada pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam pantai Gunung Geder.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Gunung Geder

  1. Pantai nya ok …jangan lupa datang yaa…

    3 Desember 2017, 20:49 WIB

  2. Mau dpt sunseat berbeda datang ke sini aJa

    11 Februari 2018, 05:25 WIB

  3. Pemandangan yang indah, dg H hamparan lautan luas di depan samudra Pasifik

    29 April 2018, 02:12 WIB

  4. Pantai yang luuuuaas menghadap samudera fasific,

    15 Juni 2018, 01:19 WIB

  5. Kurang pengelolaan

    21 Juni 2018, 22:57 WIB

  6. Belum ada fasilitas apapun..

    6 September 2018, 23:13 WIB

  7. Lumayan utk lari dpet sejam ngesang siiip lah

    9 Oktober 2018, 21:33 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Gunung Geder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *