Pantai Manalusu

Alamat: Pantai Manalusu, Cigadog, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Membahas wisata di kabupaten Garut memang tidak ada habisnya. Di bagian selatan terdapat jajaran pantai indah dengan ke-unikan masing-masing. Meski sepanjang pantai selatan Garut satu garis dengan pantai selatan, namun tiap pantai di Garut seolah-olah saling membedakan diri satu sama lain. Terlepas dari perbedaan ke-unikan tersebut, ada satu pantai di Garut yang keindahan alamnya sangat memukau.

Pantai yang dimaksud yakni pantai Manasulu. Nama pantai ini memang tidak se-populer pantai lainnya di Garut. Bahkan warga Garut sendiri tidak semua mengetahui keberadaan pantai yang satu ini. pantai ini mulai terkenal karena banyaknya reviewer dari pengunjung melalui sosial media yang kemudian tersebar. Pantai ini belum dijadikan pantai komersial oleh pemerintah Garut, oleh sebab itu fasilitas sangat minim.

Harga Tiket Masuk di Pantai Manalusu

Pengunjung yang datang ke pantai Manalusu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis untuk umum. Oleh karenanya pantai ini sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga besar atau rombongan. Pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000 – Rp 5.000-, tergantung jenis kendaraan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya penjagaan kendaraan dan dilakukan oleh warga sekitar.

Rute Menuju Lokasi Pantai Manalusu

Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Garut, ada dua jalur alternatif yang bisa dilalui jika ingin mengunjungi pantai Manalusu. Pantai yang tepatnya berada di desa Cigadog, kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut ini bisa bisa ditempuh melalui jalan Raya Garut – Cikajang kemudian lurus ke selatan sampai jalan Cikajang. Setelah itu melewati daerah Ciparay. Hati-hati  karena jalannya berliku.

Selantujnya diteruskan lurus ke selatan sampai jalan Raya Cihurip dan tiba di jalan Cisompet. Dari jalan Cisompet masih lurus ke selatan sampai jalan Raya Cigodeg dan menemukan pertigaan simpang kiri dan kanan. Ambil arah kanan belok ke jalan Cilauteureun kemudian lurus ke barat. Jalan Cilauteureun ini merupakan sambungan jalur Trans Jawa Barat jadi akan banyak bis dan kendaraan besar yang melintas.

Pengunjung yang datang dari arah kota Garut juga bisa melewati Jalan Raya Samarang kemudian lurus ke selatan sampai jalan Raya Simpang – Samarang diteruskan sampai jalan Raya Garut – Cikajang. Di pertigaan antara  jalan raya Cikajang, belok kanan ke arah jalan Raya Cibuluh. Kemudian perjalanan dilanjutkan kembali ke selatan sampai jalan Raya Simpang Cikandang.

Selanjutnya melewati jalan Raya Depok Bungbulang dan diakhiri dengan jalan Raya Ranca Buaya. Sampai di pertigaan Jalan Raya Ranca Buaya ( Depan Alfamart Rancabuaya), belok ke kiri menuju arah kecamatan Cikelet. Jalur yang dilewati merupakan jalur Trans Jawabarat yang terhubung dengan jalur alternatif yang melewati daerah Ciparay ( sudah dijelaskan sebelumnya).

Lokasi pantai Manalusu persisi berada di tepi jalur Trans Jawa Barat sehingga pengunjung tidak perlu masuk ke gang atau jalan setapak lainnya. adapun pantai ini juga memiliki papan penananda jalan yang berfungsi menginformasikan letak pantai Manalusu dengan akurat. Di sekitar pantai juga terdapat banyak bangunan seperti penginapan, perbelanjaan dan perkantoran sehingga lokasi pantai ini mudah ditemui.

Obyek Wisata di Pantai Manalusu

1. Pasir Putih Sepanjang Bibir Pantai

Bagi wisatawan yang menginginkan wisata pasir putih alami, maka pantai Manalusu ini menjadi pilihan utama. Karena pantai ini tergolong sepi maka pasir di pantai ini seperti tidak pernah tersentuh oleh manusia. Sampai yang terserak hanya dedaunan pohon sekitar, rumput laut, serta beberapa serpihan batu karang. Tentu saja tidak sampah dari kegiatan manusia akan sangat jarang dijumpai di sini.

Pasirnya yang bersih ini membuat pengunjung akan sangat nyaman untuk berkativitas diatas pasir seperti berjemur, bermain pasir, bermain bola pantai, bermain voli pantai, atau sekadar berjalan-jalan diatas pasir yang empuk, halus dan landai ini. Terutama jika pasir pantai masih dalam keadaan basah terkena air laut, pasir akan terasa dingin dan sangat asyik jika ingin membuat istana pasir.

2. Jajaran Batu Karang Berwarna Hijau

Inilah yang membuat pantai Manalusu dijuluki sebagai Zamrud dari selatan. Di sekitar bibir pantai terdapat karang yang berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan oleh alga atau lumut laut yang melekat pada karang. Warna hijau tersbeut sangat kontras dengan warna pasir pantai Manalusu yang putih. Oleh sebab itu, warna hijau pada batu karang tampak sangat jelas dan cerah.

Keberadaan batu karang yang berwarna hijau ini juga seolah sebagai pembatas alami yang membatasi pasir dengan air laut. Terumbu karang ini juga dapat mencegah naiknya ombak ke bibir pantai. Sehingga pengunjung yang ingin menikmati pesona pantai Manalusu dengan cara berjemur atau tiduran di pasir pantai tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu tersapu ombak yang naik ke bibir pantai.

3. Lokasi Pantai yang Asri dan Sepi

Pantai Manalusu yang berjarak sekitar 141 kilometer dari pusat kota Garut ini memiliki suasana alam yang asri. Karena lokasi yang sangat jauh dari pusat keramaian serta hiruk pikuk kota maka pantai Manalusu tergolong pantai yang sunyi. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan ketenangan dan kedamaian. Di pantai ini udara sangat segar, sejuk dan menenangkan.

Meski berada di tepi jalan raya, namun hal tersebut tidak memengaruhi kondisi alamiah pantai Manalusu. Pengunjung yang datang ke pantai ini akan disambut dengan suara burung yang seolah bernyanyi sebagai musik alam yang merdu. Tentunya suasana pedesaan akan terasa dan membuat jiwa semakin erat dengan alam. Disarankan bagi wisatawan yang ingin merasakan paduan pantai dan pedesaan.

4. Aquarium Raksasa

Mendengar kata aquarium pasti yang terlintas dibenak adalah beragam ikan hias yang indah dan unik. Namun disini aquarium raksasa yang dimaksud adalah pantai Manalusu sendiri. Pantai ini menjadi surge bagi 150 jenis ikan dan setidaknya 400 jenis tanaman laut. Keberagaman biota laut pantai Manalusu ini menjadikannya sangat cocok menyandang sebutan Aquarium alami raksasa dengan koleksi lengkap.

Ikan-ikan di pantai ini seringkali dijumpai bermian di sepanjang bibir pantai sehingga pengunjung dengan bebas dapat menangkap ikan. Adapun jika air pasang, ikan dapat terbawa oleh ombak sampai ke lekukan batu karang dan terdiam disana sampai ombak kembali pasang. Inilah yang membuat seringkali pengunjung dapat menemukan ekosistem ikan kecil di antara batuan karang di tepi pantai.

5. Air Pantai yang Jernih

Kelestarian air pantai Manalusu masih terjaga dan terawat dengan sempurna termasuk binatang yang hidup di dalamnya. Oleh karenanya air pantai sangat aman digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti berenang karena tidak adanya polutan atau limbah yang mencemari air laut pantai Manalusu, bermain air terutama bagi anak-anak dan bayi, bahkan melakukan aktivitas diving.

Diving di pantai ini sangat mengasyikkan karena wisatawan dapat melihat langsung beragam makhluk hidup yang memiliki ekosistem di dalam pantai Manalusu. Pengunjung juga tidak perlu takut berenang karena pantai ini memiliki kondisi geegrafis yang dangkal dengan pasir pantai yang landai dan halus. Selain itu, serpihan karang atau cangkang yang dapat melukai tubuh sangat jarang ditemui.

6. Sewa Perahu Nelayan

Karena di pantai Manalusi terdapat biota hewan laut yang sangat beragam dan berlimpah, maka penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan memanfaatkan pantai Manalusu sebagai lokasi menangkap ikan. Oleh sebab itu, pengunjung akan menjumpai deretan perahu nelayan di sekitar bibir pantai. Sebenarnya perahu nelayan itu hanya berfungsi untuk menangkap ikan saja.

Akan tetapi bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona pantai Manalusu dari dekat, pengunjung bisa bernegosiasi dengan nelayan pemilik perahu dan menyewa perahu mereka. Bagi pengunjung yang ingin melihat langsung isi laut pantai Manalusu namun takut atau tidak bisa berenang, maka menyewa perahu milik nelayan ini sebagai solusinya. Dari permukaan air laut saja ikan-ikan serta rumput laut terlihat jelas.

7. Aktivitas Memancing

Memancing di pantai Manalusu ini memiliki kesan tersendiri. Pemancing tidak akan bisa berlama-lama menunggu kail pancing diserang ikan. Selain itu, karena keberadaan ikan yang beragam dan melimpah pemancing juga tidak akan kecewa karena tidak mendapat hasil. Pemancing juga bisa duduk di atas batu karang yang menjorok ke laut agar lebih dekat dengan spot pancing.

Memancing akan sangat berkesan karena langsung menghadap ke hamparan birunya air laut serta deburan ombak. Ditunjang dengan suasana pantai yang asri dan sejuk menjadikan aktivitas memancing akan terasa tidak biasa. Pantas saja nelayan di sekitar pantai Manalusu senang jika berlama-lama mencari ikan di pantai ini. Terutama di saat sore hari, dimana matahari mulai redup dan berwarna emas.

8. Kuliner Laut Khas Pantai Manalusu

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu destinasi wisata namun tidak menikmati jajanan atau makana kuliner yang di jajakan. Begitu pula jika berkunjung ke pantai manalusu. Di sekitar pantai ini terdapat warung tenda yang berjajaran dan menjadi spot wisata kuliner yang asyik. Penjual makanan di sekitar pantai menyediakan olahan hasil tangkapan laut sebagai menu utama untuk makan berat.

Ada pula beberapa jajanan lokal yang disajikan bila ingin menikmati makanan ringan atau camilan dan yang tak kalah asyik adalah penjual makanan menjual beragam jenis makanan khas Garut. Harga yang dikenakan per makanan juga sangat terjangkau dan tidak membuat dompet pengunjung kering. Selain itu penjual yang merupakan warga sekitar sangat ramah menyambut pembeli.

Sekilas mengenai deskripsi pantai Manalusu, Zamrud dari selatan Garut dengan potensi keindahan alam yang tidak kalah indah dengan pantai terkenal di Indonesia lainnya. Patikan untuk tidak melewatkan berkunjung ke pantai Manalusu jika berkunjung ke Garut. Tetap jaga keindahan dan kelestarian alam agar terus terjaga sampai nanti.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Manalusu

  1. Lumayan sepi dekat jalan raya

    20 Februari 2018, 20:17 WIB

  2. keren pisan

    31 Maret 2018, 01:15 WIB

  3. Mantap jiwa🖒🖒🖒

    4 Juli 2018, 05:05 WIB

  4. Ini yang buat ku kangen kampung halaman ku…I LOVE YOU pantai taman manalusu

    6 Juli 2018, 01:48 WIB

  5. Pantai paling oke menurut saya digarut

    9 Agustus 2018, 03:18 WIB

  6. Pantainya indah, cocok untuk pergi sama keluarga atau sama pasangan tiket masuknya cman bayar parkir aja sudah bisa masuk …sepuasnya

    26 Agustus 2018, 22:53 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Manalusu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *