Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang, Garut, Jawa Barat

Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177, Indonesia, Garut, Jawa Barat

21 Ulasan

Apabila Anda berkunjung ke daerah Garut Jawa Barat, sempatkanlah untuk mampir berwisata ke Pantai Sayang Heulang. Pantai ini sangat menawan dan masih tergolong “perawan” alias masih sepi, kurang banyak di jamah oleh para wisatawan. Lingkungannya masih asri dan terjaga. Tak heran jika Anda tidak akan menemui sampah berserakan di Pantai ini dan airnya pun masih terlihat sangat jernih.

Pantai Sayang Heulang memiliki ombak yang cukup besar saat pasang. Tetapi saat air surut, Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil berenang dan bersembunyi di balik batuan karang. Seakan mengajak Anda menyelam untuk bermain bersama mereka. Biota laut lain yang bisa dijumpai di Pantai ini saat surut antara lain berbagai krustasea, moluska, bahkan sejenis bintang laut bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sayang Heulang Garut

Pada awalnya saat setiap minggu belum ada pengunjung, memasuki wilayah Pantai ini masih gratis. Jika bersedia, wisatawan dianjurkan untuk membayar seikhlasnya saja di kotak amal. Akan tetapi, setelah mulai dikenal pengunjung dikenakan tarif retribusi sebesar Rp 5.000,00. Harga tersebut masih terbilang murah meriah dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Pantai ini dibuka 24jam, jadi silakan datang kapanpun Anda mau.

Rute Menuju ke Pantai Sayang Heulang Garut

Berada di Desa Mancagahar, termasuk dalam Kecamatan Pameungpeuk Garut Jawa Barat Pantai ini ditemukan. Letaknya berdekatan dengan Pantai Santolo. Keduanya sama-sama indah. Jadi, apabila Anda sedang berwisata di Pantai Santolo, silahkan melipir menuju Pantai Sayang Heulang. Untuk mencapai Pantai ini, wisatawan dapat melewati beberapa rute.

Antara Kota Garut dan Pantai Sayang Heulang ini memiliki jarak sekitar 89 kilometer, memakan waktu tiga jam atau lebih. Dari pusat kota Anda bisa mengambil arah ke Cikajang. Setelah itu, lanjutkanlah perjalanan menuju ke Desa Mancagahar. Jalur ini adalah jalur termudah, apabila kebingungan bukalah GPS atau bertanya kepada warga sekitar agar tidak tersesat dan membuang-buang waktu lama di perjalanan.

Rute lainnya adalah rute yang biasa dilewati oleh mini bus, yaitu travel jurusan Bandung-Pameungpeuk. Anda akan melewati Ranca Bali, berlanjut ke Naringgul, kemudian menuju Cidaun. Setelah itu Anda akan melewati Pantai Rancabuaya sebelum sampai di Pantai Sayang Heulang ini. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Bandung, Anda bisa mengikuti jalur Pangalengan agar dapat sampai di Pantai ini.

Objek Wisata di Pantai Sayang Heulang Garut

Pantai berpasir putih kecokelatan ini selain menyajikan pemandangan luar biasa, juga merupakan wadah bagi para wisatawan Pantai untuk melakukan berbagai aktivitas-aktivitas menyenangkan. Sangat disayangkan apabila berkunjung di Pantai ini hanya sekedar untuk melihat-lihat saja. Hal-hal yang bisa dilakukan di Pantai Sayang Heulang Garut antara lain adalah:

1. Snorkeling atau berenang

Jika Anda memiliki hobi snorkeling, Pantai ini sangat cocok untuk Anda. Penyewaan alat snorkel memang belum tersedia. Anda bisa membawa sendiri peralatannya dari rumah. Jika air sedang surut, karang hijau, berbagai tumbuhan laut, dan binatang laut kecil dengan mudah dapat Anda jumpai disana. Berenang di tepi Pantai ini juga mengasyikkan, yang paling penting tetaplah berhati-hati.

2. Bermain Voli Pantai

Pantai yang memiliki 2 kilometer garis Pantai dan lebar kurang lebih 50 meter ini memiliki sepetak lahan kecil yang memang dikhususkan untuk bermain bola voli. Jika Anda datang kemari bersama banyak teman atau keluarga manfaatkanlah fasilitas ini. Dijamin, liburan akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Momen kebersamaan juga akan didapatkan dengan bermain bola voli di Pantai ini.

3. Berpiknik Ria di Bawah Pohon

Di Pantai ini rumah makan dan restaurant memang belum banyak seperti Pantai-Pantai pada umumnya. Untuk itu, berpiknik menghabiskan waktu bersama keluarga dan membawa makanan sendiri dari rumah adalah cara yang bijaksana untuk menikmati Pantai ini. Bentangkan tikar di bawah pohon sekitar pantai, hidangkan makanan, dan bercengkramalah bersama keluarga. Maka liburan Anda akan semakin berkesan.

4. Menikmati Sunset

Menikmati suasana di sore hari sambil melihat tenggelamnya matahari selalu menjadi aktivitas favorit di pantai. Sunset di Pantai Sayang Heulang Garut ini sangatlah mempesona. Jika takut pulang terlalu malam, jangan khawatir. Di sekitar Pantai sudah ada penginapan. Cukup membayar Rp 150.000,00 Anda sudah dapat tidur nyenyak di malam hari dan paginya masih mendapat bonus sunrise dari Pantai ini.

5. Motor Cross

Memiliki garis Pantai yang panjang, Pantai Sayang Heulang dijadikan lintasan motor cross di waktu-waktu tertentu. Medannya sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Jika Anda ingin menguji keterampilan Anda bermotor cross, silakan coba di area Pantai ini. Hal yang terpenting, tetaplah menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung yang lain. Jangan pula merusak ekosistem Pantai yang ada.

6. Camping

Berkemah di Pantai ini sangat direkomendasikan, asalkan jangan terlalu dekat dengan bibir Pantai agar tidak terkena pasang air laut. Aliran listrik di pantai ini hanya tersedia 12 jam, untuk itu berkemah di tempat ini merupakan tantangan dan uji nyali tersendiri. Di malam hari, pemandangan langit akan terlihat luar biasa. Ribuan bintang-bintang akan menyempurnakan malam Anda Pantai ini.

Suasana Pantai Sayang Heulang dengan berbagai aktivitasnya memang sayang untuk dilewatkan. Panorama Pantai yang indah dan mempesona akan menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya dan membuat betah berlama-lama berada di sana. Airnya yang sangat jernih dan pemandangan ala Pantai yang masih “perawan” akan membuat Anda ingin segera mengeksplorasinya.

21 Ulasan untuk Pantai Sayang Heulang, Garut, Jawa Barat

  1. Joss pokonya klo hal pemandangan tinggal perbaiki pelayanan di penginapan atau hotel.. Masa hampir semua penginapan ga menyediakan sarapan dan Wellcome drink (air mineral kemasan botol) dan masih jarang ada rumah makan yg ramah kantong backpacker.. Dan untuk angkutan umum tolong perbaiki tentang safety driving. Supir masih sering teleponan yg non koordinasi antar supir.. Bagusnya ada angkutan resmi dari Pameungpeuk to pantai Sayang Heulang atau pun ke Pantai Santolo.

  2. Pantai cocok untuk bermain anak-anak fasilitas lengkap jalan menuju lokasi bagus jangan lupa swafoto ditugu ikon pantai sayang heulang

  3. bagus sepi kaya pantai pribadi kalo bukan liburan, cuman ga terawat jarang ada pembersihan sepertinya karna banyak sampah sampah

  4. Indah. . Nga bahaya.. ombak jauh dari bibir pantai.. karena terhalang hamparan batu karang sepanjang 200 m dari tepi pantai…. Pemandangan tidak terhalang bangunan apapun… Ketika kita datang langsung terlihat pantai

  5. Untuk penginapan disini masih alakadarnya..tp @hotelharmony rekomended, cukup berkelas, nyaman..bersih dibanding hotel lain dikawasan ini..depan pantai masih banyak yg pd bikin tenda..gelar tikar..parkir mobil segala jenis..karna masuk pantai dsini msh sangat murah.harga makanan jg terjangkau..tp lmyn enak..tp sayang banyak orang2 yg tdk sadar kebersihan dan cinta lingkungan.jadi banyak sampah gentayangan😵..tp semua terobati dg keindahan pantainya n pasir putihnya😍😍

  6. Pantai sayang heulang… Salah satu destinasi wisata pantai di kab. Garut yang cukup menarik. Banyak penginapan ditepi pantainya dengan rate harga mulai dr 300rb an per malam utk weekend. Hanya perlu perhatian lebih dar pemerintah utk perbaikan akses jalan di tepian pantai.

  7. Pantai nya asik cekukan karangnya bsa dipakai buat berenang airnya hangat karena panas cuacanya mantapppolllll

  8. Pantai nya bagus, tapi not recommend buat renang kalo lagi pasang. Ombak nya besar di tambah banyak karang bikin tempat jadi bahaya. Tapi air nya masih jernih. Kalo mau sunset harus jalan dulu arah kanan dari pintu masuk

  9. biaya masuk 7.500rb/org+motor 5.000(jum’at tgl 29 juni 2018 ) . pantainya indah meskipun tidak terlalu bersih, aman karena ombak tidak langsung menyentuh pesisir.penginapan murah juga.

  10. Pantainya aman jauh dari ombak karena terhampar batu karang yang luas dan tidak berbahaya. Anak2 bisa berenang di gelombang2 batu karang yg terisi air. Tersedia banyak penginapan juga dan berdampingan dengan pantai santolo tentunya jadi paket komplit.

  11. Pantai sayangheulang sbnrnya masih satu garis pantai dengan santolo dan cilautereun. Pantainya tidak berombak mirip cilautereun karena tertahan gugusan karang/batu yg timbul. Kalau dulu kita bisa nyebrang dari cilautereun ke sayangheulang. Sayang skg jembatannya sudah rusak dan tidak aman untuk dilewati. Tp kita masih bisa menyebrang melalui karang2 kalau lagi surut.. Paling cocok kalau bawa anak kecil kemarin krn tidak ada ombak yg besar spt santolo. . Tarif Penginapan berkisar dr 100 sd 500. Sy biasanya nyari makan disini karena tarifnya lebih murah dibanding santolo.

  12. Pantainya bagus juga telah dilengkapi banyak penginapan dengan fasilitas lumayan yang viewnya langsung menghadap ke pantai. Biaya tiket masuk murah meriah yaitu 5.000/ orang dan tidak berlaku untuk anak-anak alias gratis. Harga penginapan cukup terjangkau mulai dari 150.000 sampai dengan 400.000/ malam

  13. Tempatnya asik, bisa maen air tanpa takut ombak, sedikit karang, di sebagian spot pasir nya lembut. Penginapan byk, murah meriah. Minus nya, angin nya besar, krn lgsg dr samudra.. Saya berkunjung kesini minggu, 2 desember 2018

  14. Pantai nya masih sangat asri, belum terlalu ramai, air nya bening banget, di bibir pantai terhampar batu karang, sangat cocok buat yang pengen menikmati ketenangan..

  15. Tempat yg nyaman & bersih d pinggir pantai. Tersedia penginapan & restoran untuk makanan ikan segar. Baik untuk pasangan / pun keluarga..

  16. Maaf sedikit melenceng, tempat yg saya posting bukan pas pantainya😁😁 jadi di sayang heulang ini selain wisata pantai ada juga tempat wisata yg baru dirilis… Disini tuh baru ada kolam buat berenang anak2 gays, belum tau kedepannya mau lebih kaya gimana… Cocok buat piknik+makan bareng keluarga, meskipun daerah pantai tapi ditempat ini adem gays… Kuy liburan kesini…

  17. Berkas:Pantai-Sayang-Heulang-Pameungpeuk-Garut-Jawa-Barat.jpg

    Pantai Sayang Heulang Lokasi Kecamatan : PameungpeukKabupaten: Garut Provinsi: Jawa Barat

    Pantai Sayang Heulang adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Garuttidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garutyaitu Pantai Sayang Heulang. Pantai ini tercatat memiliki panjang kurang lebih 3,5 km dengan lebar sekitar 50 meter. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut. Luasnya hampir 10 hektare dan memiliki jarak 87 km dari pusat kota Garut. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata .Pantai ini memiliki jarak tempuh 4 km dari kecamatan Pameungpeuk.Dengan Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Di pantai ini terdapat arena khusus untuk bermain voli dengan demikian para wisatwan dapat bermain voli di area tersebut.Dan juga terdapat banyak rumah makan dan berbagai penginapan dengan berbagai macam fasilitas.Pantai Sayang Heulang iniya berdekatan dengan Pantai Santolo Pameungpeuk Garut

    AksesbilitasSunting

    Ada beberapa route jalan yang dapat dipergunakan untuk tiba di pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat di antaranya adalah Jalur pertama melalui terminal Garut dilanjutkan ke Kec.Pameungpeuk. Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Kec.Pameungpeuk, dan Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati ranca bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Kec.Pameungpeuk- Sayang Heulang. Wisatawan dari Bandung bisa melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.
    [1]Pantai Sayang Heulang

  18. Singkat cerita, dulu sempet ragu main karna jalanan dan kendaraan yang tidak memungkinkan, dan ternyata emng bner jalanannya luar biasa kecilnya, meskipun menghadapi rintangan jalanan yang terbilang kecil setelah sesampainya ke lokasi tujuan tidak menyesallll viewnya ituloh luar biasaaaaa cocok banget buat liburan rec pokonya penginapan pada murah!! Cuma kalo untuk menikmati senja disini kurang cocokk karna ga dapet hehehehehehehe,

  19. Kawasan wisata Pantai Sayangheulang di Garut Selatan (Mancagahar) ini cukup recommended utk dikunjungi karena fasilitasnya lumayan lengkap, ada beberapa penginapan disana, tempat makan hasil olahan seafood juga ada lumayan banyak, cukup bersahabat juga untuk ajak anak2 berenang ala kadarnya di pantai, disarankan utk berenang saat sudah mulai teduh pkl. 14-an kesana, biar ada ombak pasang naik juga dan lebih seru sambil sewa ban pelampung.

  20. Terimakasih kepada dinas terkait yg sdh membangun fasilitas wisata di pantai ini…jadi lebih bagus dan tertata….terutama buat pa RK yg telah turut andil dan perhatian terhadap tempat wisata di pantai selatan jabar…..sedikit koreksi untuk kualitas pembagunannya kurang rapi terutama disisi finishing pemasangan keramik banyak yg bolong tdk kemasukan semen kuatir jangka panjang akan cepet rusak…mumpung masih baru kalau bisa di rapikan lagi….

  21. Pantainya keren, banyak yg bisa di explore disini, tapi sayang pengelolaannya blm begitu optimal, masih banyak sampah juga, mudah²n kedepannya bisa dikembangkan lagi, biar makin banyak yg datang, tapi asli pantainya cantik bgt , betah lama2 disini penginapan jg bnyak….

Tinggalkan Balasan