Pantai Cipanarikan

Alamat: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Cipanarikan berada di desa Gunungbatu, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai ini sangat masih termasuk dalam kawasan wilayah Ujung Genteng yang mempunyai banyak destinasi wisata alam. Selain itu juga masih dalam serangkaian pantai yang berada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Cipanarikan belum sangat terkenal sebagaimana pantai besar lainnya, masih sedikit pula yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Meskipun demikian, sebenarnya pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang khas dan menarik perhatian pengunjung.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cipanarikan

Untuk bisa masuk ke pantai Cipanarikan sebenarnya tidak ada biaya khusus tiket masuk atau gratis. Hanya saja bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil harus dikenakan biaya parkir dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kendaraan. Jadi, wisata di pantai ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cipanarikan

Akses menuju pantai Cipanarikan bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun jika sudah sampai pada pedesaan, maka akan sulit bagi pengunjung untuk melewati jalan kecil dan cukup terjal. Jadi, sebaiknya menggunakan sepeda motor saja agar mudah mengakses jalannya.

Untuk bisa sampai ke pantai Cinarikan bisa melewati kawasan Ujung Genteng karena memang satu jalur. Jika dari Bandung bisa mengambil rute Cianjur – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng hingga kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Cipanarikan.

Sementara itu jika dari Jakarta bisa melalui rute Ciawi Curug – Cibadak – Cikembar – Pelabuhanratu – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng hingga kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Cipanarikan. Jika Anda bingung setelah sampai di Ujung Genteng, sebaiknya bertanya ke penduduk sekitar.

Obyek Wisata di Pantai Cipanarikan

1. Muara Sungai Cipanarikan

Pantai ini terdapat sebuah muara sungai Cipanarikan yang sangat luas. Air sungai Cipanarukan berwarna hijau dan tampak indah terpadu dengan birunya air laut. Ini merupakan pemandangan yang unik dan menakjubkan, dimana ada dua jenis air yang berpadu dengan baik.

Sungai Cipanarikan juga terbilang masih alami dan bersih, sehingga tampak sedap ketika dipandang. Pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai backround foto maupun obek foto itu sendiri, khususnya bagi mereka yang menyukai dunia fotografi.

2. Pemandangan Sungai Hutan Bakau

Sekitar pantai ini terdapat sungai hutan bakau yang terlihat kehijauan alami. Sungai tersebut juga sangat bersih dan mengalir dengan dikeliligi tanaman bakau yang rimbun. Jadi, itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, khususnya yang menyukai alam bebas dan semacamnya.

3. Cocok Sebagai Tempat Surfing

Lautan di sekitar pantai ini cocok digunakan sebagai tempat selancar. Hal itu disebabkan deburan ombak air laut cukup tinggi dan deras. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang hobi bermain surfing dan semacamnya.

Pengunjung yang ingin melakukan selancar di pantai ini harus membawa peralatan sendiri dari rumah, sebab di sana beum tersedia berbagai macam peralatan termasuk untuk surfing. Selain itu juga harus tetap hati-hati saat melakukan surfing terlebih jika ombak sangat tinggi dan berangin untuk menjaga keselamatan diri.

4. Cocok Sebagai Tempat Camping

Pantai Cipanarikan mempunyai daratan pasir yang luas sehingga sangat cocok digunakan untuk camping baik bersama keluarga maupun teman. Camping di sana lebih nyaman dan menyenangkan karena situasinya yang masih belum banyak pengunjung.

Pengunjung yang melakukan camping di pantai ini sebaiknya membawa peralatan dan kebutuhan camping dari rumah, sebab di sana tidak tersedia peralatan tersebut. sementara itu, untuk masalah makanan, jajan, dan minuman di sana sudah tersedia cukup lengkap di warung-warung sekitar. Pengunjung juga harus tetap menjaga kebersihan, kealamian, dan keasrian lingkungan pantai agar tetap eksotis dan menarik.

5. Mempunyai Pasir Pantai yang Bersih dan Luas

Pantai Cipanarikan termasuk pantai yang asri dan luas. Hal itu disebabkan tidak banyak sampah yang berserakan dan jauh dari kehidupan hiruk pikuk perkotaan. Selain itu pantai ini juga mempunyai tekstur pasir yang lembut sehingga sangat bersahabat bagi pengunjung anak-anak yang sekedar ingin bermain pasir, bola volli, dan sepak bola.

6. Lautan Sekitar yang Bersih dan Berwarna Kebiruan

Lautan di sekitar pantai ini bersih dan dan terlihat kebiruan cerah, terlebih lagi jika dilihat dari kejauhan maka akan pemandangan keseluruhan lautan dan pantai akan terlihat lebih eksotis. Tidak ada sampah plastik dan sebagainya yang mengapung di lautan sana, sehingga memang masih benar-benar alami.

Pengunjung bisa memanfaatkan keindahan alam pantai dan laut sebagai objek fotografi ataupun sebagai backround foto selfie dan sebagainya. Selain itu juga bisa sekedar bermain air di tepi pantai dengan ombak laut yang relatif aman. Pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan laut biru yang menawan.

7. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Pantai Cipanarikan yang masih asri ini menyuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Ketika matahari sedang terbenam, warna langit di atas lautan yang biru berubah menjadi kekuningan dan jingga berpadu dengan beningnya air laut. Sementara itu, ketika matahari muncul sinarnya membuat pasir pantai ini terlihat lebih cerah dan bersih.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan tersebut yang seolah menambah suasana keromantisan. Selain itu juga bisa menjadi spot atau objek foto dengan backround sunset ataupun sunrise, mengingat saat tersebut sering menjadi momen yang ditunggu-tunggu wisatawan pantai.

Demikian ulasan tentang pantai Cipanarikan yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Bali dan sebagainya. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Cipanarikan

  1. Tempar ini masih asri sekali. Akses nya pun lumayan bikin semangat karena saking serunya. Lelah memang, tapi terbayar dengan keindahan pasir putih dan pantai yang begitu indah. Apalagi dilihat pada sore hari. Bagi yang dari luar kab sukabumi disarankan menginap di sekitar pantai cibuaya yaitu jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai cipanarikan. Have fun guys.

    28 April 2018, 21:28 WIB

  2. Asyiiiiikkkk ,main d’pantai yg masih putih pasirnya. Udah gitu kalian bisa k’penangkaran penyu2 juga

    22 Juni 2018, 21:18 WIB

  3. Ga akan pernah bosen ke pantai ini, ditambah belom banyak pengunjung yang kesini jadi masih keliatan asri.

    29 Juni 2018, 20:25 WIB

  4. Pantai bagus namun tidak dapat untuk berenang karena ombak yang kencang dan satu lagi infrastruktur jalan yang masih belum bagus. Terima kasih

    7 Juli 2018, 00:09 WIB

  5. Untuk sampai ke pantai pasir putih butuh waktu 15memit lagi

    7 Juli 2018, 06:43 WIB

  6. Pantainya bagus. Sekarang udah ada parkiran. Tapi jadi sedikit kotor krn banyak sampah. Beda sama 5 tahun lalu

    17 Agustus 2018, 18:43 WIB

  7. pantai dengan hamparan pasir yang panjang sekali,. baru pertama kali liat ginian.. 3 kata buat pantai ini.. “belum terlalu terjamah”. 🌊🌊. jadi kalo mau ke tempat pantai pasit yang luas dan sepi.. recomended banget pantai ini.. silakan di cek foto foto nya.. 🙌🙌👍😀😀. 🌊🌊🌊🌊🌊

    18 Agustus 2018, 23:57 WIB

  8. Indah, masih bersih, murah. Hrs kesini kalau k Sukabumi 👍👍

    21 September 2018, 11:33 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Cipanarikan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *