Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu, Sukabumi, Jawa Barat

Caringin, Cisolok, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43366, Indonesia, Sukabumi, Jawa Barat

22 Ulasan

Siapa pun menginginkan relaksasi ringan demi menghindarkan diri dari rutinitas yang menjenuhkan. Well, Pantai merupakan salah satu tempat rekreasi yang dapat membuat pikiran rileks sehingga mampu menyegarkan pikiran sejenak. Para psikolog mengatakan bahwa layunan ombak dan hembusan angina Pantai mampu menenangkan otak dengan sedikit menghirup udara perlahan agar aliran darah lancar.

Energi positif akan seraya mengaliri tubuh melalui pemandangan biru laut yang menyihir setiap pasang mata dan Pantai Karang Hawu adalah jawaban bagi anda yang memiliki kejenuhan tingkat dewa dan ingin sejenak meliburkan dan merelaksasi diri dari rutinitas yang membosankan. Pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat ini memiliki ke khas-an tersendiri dari Pantai-Pantai lain. Tebing yang menjorok merupakan ciri khas dari Pantai yang terletak satu garis dengan Pantai Pelabuhan Ratu ini dimana nuansa nya bagaikan Pantai Kuta di Bali dengan suasana lebih sepi dan damai.

Pantai yang memiliki istilah dalam bahasa Sunda dengan arti tungku karang ini tidak lepas dari cerita rakyat yang melegenda yaitu Nyi Roro Kidul. Selain fasilitas alam berupa ombak, tebing karang dengan legenda mistis, sunrise dan sunset, ombak biru dan hamparan pasir yang luas, wisata Pantai Karang Hawu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum berupa mushola, toilet, parkiran luas, papan selancar yang disewakan, mini market dan berbagai rumah makan yang menjual makanan khas Sukabumi dan seafood serta kios yang menjual cinderamata.

Harga Tiket Masuk di Pantai Karang Hawu

Untuk dapat memasuki wisata bahari ini tidak membutuhkan kocek yang banyak yaitu cukup dengan Rp 2.500 per orang yang sudah termasuk tariff parkir anda dapat menikmati keindahan tebing karang dan ombak laut yang menggoda dimana Pantai Karang Hawu ini buka 24 jam setiap hari. Karena harga tiket masuk yang cukup murah setiap pengunjung disarankan untuk menjaga kebersihan dan kesopanan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu ini terletak di bagian paling Selatan Kabupaten Sukabumi dengan jarak yang tidak jauh dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja dan Pantai Citepus sehingga tentu tidak sulit bagi pengunjung yang berasal dari dalam wilayah Sukabumi. Alamat detail Pantai Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok tepatnya di Desa Cekakak atau berjarak sekitar 73 km dari pusat kota Sukabumi. Pengunjung dapat dengan mudah menggunakan aplikasi GPS untuk menemukan wisata bahari yang menakjubkan ini atau melalui layanan ojek online yang sudah tersedia akses nya di wilayah ini terutama para pelancong yang datang menggunakan kendaraan umum. Bagi pengunjung dari Jawa Tengah yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura karena akan menghemat 1 jam perjalanan. Dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi. Pengunjung yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta yang apabila berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 4 jam 30 menit atau 139.1 km. Bagi pengunjung dari Banten dapat melalui Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau apabila melewati Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam.

Obyek wisata di Pantai Karang Hawu

1. Ombak besar

Ombak yang besar di sini dapat dimanfaatkan para surfer untuk bermain di Pantai ini dimana bagi yang yang masih asing dengan surfing tidak disarankan bermain karena ombak yang cukup besar.

2. Keindahan Sunrise dan Sunset

Pantai dengan ombak yang besar dan hamparan pasir yang luas ini juga menyediakan landscape yang luar biasa menakjubkan dengan sunrise dan sunset yang mampu menyihir siapa saja yang berkunjung ke sana.

3. Spot Foto terbaik

Tidak hanya ombak besar dengan warna biru laut yang dapat dimanfaatkan untuk berselancar, kawasan wisata bahari ini juga menyediakan berbagai spot foto terbaik karena bentuk Pantai nya yang sedikit banyak mirip dengan Pantai di Pulau Dewata sehingga sangat disarankan bagi para penggila fotografi atau pun selfie untuk membawa HP atau kamera guna mengisi laman instagram.

4. Legenda Mistis

Tungku karang diambil berdasarkan tebing menjorok dengan banyak lubang yang dipercayai sebagai singgahsana Nyi Roro Kidul karena Pantai Karang Hawu ini masih dalam satu kesatuan dengan Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa dengan membasuh muka di tungku atau cekung karang tebing itu akan membawa berkah dan dapat mengobati segala penyakit.

5. Deretan Rumah Makan

Tidak hanya secara rohaniah pengunjung akan dimanjakkan dengan nuansa alam yang menakjubkan namun juga hadirnya deretan rumah makan dengan sajian masakan laut khas Sukabumi juga mampu memanjakkan lidah anda.

Menghabiskan waktu di Pantai dengan ombak menakjubkan ini memang didambakan setiap pengunjung. Suasana pada hari libur memang cukup padat, namun suasana akan terbayarkan dengan sajian keindahan alam di pantai dengan Legenda Nyi Roro Kidul ini.

22 Ulasan untuk Pantai Karang Hawu, Sukabumi, Jawa Barat

  1. Pantainya yg enak penginapan yg moderen tapi sayang makanan yg di pingir pantai mahal ter tenda1 yg ada di bibir pantai tolong di bersikan jgn ada tenda keliatanya kumo

  2. Pantainya mah indah,tapi ke indahan nya tertutup oleh pedagang yg berada di pinggir pantai…dan jg sampah yg berserakan di mana” bahkan air laut nya pun jadi kotor kerna sampah…

  3. Pantainya sangat bagus dan terkenal namun masih perlu peningkatan sarana (toilet, pembatas keselamatan, dll) dan kemacetan yang luar biasa terutama saat peak season.πŸ‘

  4. Harus ada upaya dr pihak2 terkait untuk membenahi tempat istirahat disepanjang pantai agar lebih enak dilihat karena indahnya pantai karanghawu agak terganggu.. Menambah jumlah petugas pantai dan menara pengawas sudah saatnya ditambah.

  5. Tempat ini cocok buat keluarga ..kalo mau berlibur lumayan …tapi sampah nya yg kurang perhatian dari pengurus atau pengelola lingkungan setempat…dan tetep hati2 kalo renangnya …banyak kejadian ..terbawa ombak…

  6. Nah ini adalah salah satu destinasi Favorit wisatawan yang berkunjung ke Pelabuhanratu, rasanya gak afdhol aja jika kita berkunjung ke Pelabuhanratu tetapi belum mencicipi eksotisnya pantai Karang Hawu dengan Hitam Karangnya dan Suasana Mistis yang timbul saat kita naik berkunjung ke Makam “Dewi Ratu Kidul” membuat tempat ini tak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Pelabuhan ratu. Oh iya juga ada satu spot indah jika kita beruntung mendapatkan cuaca cerah, dimana kita bisa melihat hamparan lautan biru luas membentang dengan indahnya dari batu yang katanya dulu pernah menjadi tempat Presiden Pertama kita Ir. Soekarno bersemedi, dan konon katanya Presiden Pertama kita pernah bertemu langsung dengan Dewi Ratu Kidul wow gimana? Eksotis dan Mistis kan? πŸ˜„

  7. 6 jam perjalanan dari Jakarta Selatan. Datang kesini harus sesudah Sholat Shubuh harus berangkat. Agar sampai sini pas untuk Sholat Dzuhur. Pantainya lumnyan bersih dan pas saya kesana tgl 17 Agustus 2018 sepi pengunjungnya. Penginapan murah disekitar sana tpi harus booking dulu lewat apl online. Pengalaman yg menyenangkan berkunjung ke tempat ini, berdua bersama istri tercinta.

  8. Pantainya Indah, disekililing banyak batu2 dan karang ada juga sisi landai tanpa batu dan karang. Untuk toilet dan tempat pemandian berada diseberang jalan. Bagi pengunjung harap memperhatikan kebersihan pantai dan tempat istirahat umum. Jangan buang sampah sembarangan.

  9. Tempat favorit kalo setiap ke sukabumi … Banyak batu karang nya.. Pokok nya indah deh.. Dan Cocok buat seru seruan sama teman n keluarga..

  10. Tempatnya indah, ticket masuk murah, pemandangan bagus. Tempat parkir luas. Tersedia penginapan yang murah disekitar spot wisata. Tapi sayang di karang hawu tidak bisa dipakai berenang karena banyak karang dg arus deras.

  11. Tempat wisata di sukabumi yg paling iconic banget, di sini banyak cerita sejarah terutama tentang nyi ratu roro kidul penguasa pantai laut selatan di pantai karang hawu ini sangat besar sekali ombak nya bahkan tidak di perbolehkan untuk berenang dengan alasan untuk keselamatan si pengunjung, indonesia sungguh luar biasa banyak tempat2 yg mengandung unsur sejarah ☺️ di tempat ini juga bisa sekaligus berwisata religi..

  12. Pantai yang menjadi destinasi wisata terhits di sukabumi. Untuk menemukan Pantai Karang Hawu ini sangatlah mudah karena berada tepat di tepian jalan raya cisolok. . . Dari jalan tampak jelas debu ombak yang menghantam pasir dan karang.. . Jika ingin melihat keindahan lautan maka naiklah ke bagian atas karang. Kalian akan melihat sungguh indah pemandangan yang di lihat dari puncak karang. . . Di sana kita akan menemukan sebuah pondok yg konon salah satu kamarnya diperuntukkan sebagai tempat Nyi Roro Kidul. Pondok dengan nuansa magis ini sudah ada sejak lama.. . Di bagian lain terdapat beberapa makam. Entah makam milik siapa πŸ˜‚.. . Kita sebagai pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini. Sebaiknya menghormati apa pun tradisi yang ada di sekitar. Jangan lupa menjaga kebersihan di area sekitar.

  13. Pantai kaeang hawu adalah suatu tempat di kabupatrn suka bumi jawa barat indonesia . Penuh pesona dengan pemandangan nya . . Yang begitu indah di pandang mata sehingga mem buat saya ter ingat dengan sang pencipta…. Allohu robbi… Masya alloh . . Sungguh sangat besar keagungan mu

  14. Ingin jalan jalan ke pantai? Anda harus coba ke pantai ini, lokasinya dipinggir jalan raya, Tidak jauh dari Kota Sukabumi, Jangan lupa ajak keluarga.. Saya sudah 3 kali ke pantai ini, dan tidak pernah bosan, tetap waspada ya sama ombaknya yaah. . Destinasi pantai yang murah ya disini tempatnya, terdapat penginapan di sekitar pantai ini dengan harga yang terjangkau. Ada minimarket juga di dekat pantai ini, jadi ngga perlu bawa bekal terlalu banyak.

  15. Berlibur di hari biasa begitu nyaman dan seru bersama keluarga dan kawan2,tidak terlalu banyak org dan sampah2 juga gak banyak seperti hari libur,dan tolong untuk fasilitas di pinggir pantai lebih di kembangkan lagi,seperti spot buat foto dan bangunlah taman2 di setiap pinggir pantai agar lebih menarik dan indah,tambah petugas pembersih pinggir pantai dan penjagaannya di maksimalkan lagi.agar semua senang semua nyaman.

  16. Pantai Karang Hawu berada di tepi Jalan Bayan-Cisolok yang menghubungkan kawasan Sukabumi dengan Banten. Panjang garis pantainya mencapai 4 km dengan dua sisi yang berbeda. Sebelah kiri pantai dihiasi dengan bebatuan karang yang terhempas ombak hingga bukit karang.

    Sementara pada bagian puncaknya terdapat makam penyebar Islam Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal. Konon, keduanya dipercaya oleh masyarakat setempat masih keturunan Sunan Gunung Jati yang berasal dari Cirebon. Selain itu, terdapat petilasan Ratu Nyi Roro Kidul yang menjadi penguasa Pantai Selatan Jawa.

    Tersebar kabar yang dipercaya masyarakat sekitar jika Pantai Karang Hawu menjadi tempat favorit bagi penguasa pantai selatan itu.

    Dari atas bukit ini juga pemandangan Pantai Karang Hawu terlihat sangat jelas. Panorama laut lepas sampai ombak besar yang menghantam batu karang menjadi pemandangan yang tersaji indah di sini. Di bukit ini juga terdapat kios-kios yang menjual beraneka barang yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul seperti, lukisan, minyak wangi, dan batu akik.

    Turun ke bawah, pengunjung bisa menikmati lebih dekat derasnya ombak Pantai Selatan Jawa. Uniknya, di sini terdapat jembatan sederhana yang terbuat dari bambu. Dari sini pengunjung dapat berjalan melintasi aliran air laut hingga ke bagian ujung karang.

    Pemandangan dari sini akan terlihat lubang-lubang yang menjadikan nama ini menjadi Hawu. Hawu merupakan bahasa Sunda yang berarti tungku. Karena terlihat dengan jelas lubang-lubang yang tercipta di pantai ini sekilas menyerupai tungku yang dipergunakan sebagai tempat untuk pembakaran.

    Puas menikmati pemandangan dari atas bukit dan bebatuan karang saatnya pengunjung menikmati pasir Pantai Karang Hawu yang berada di sisi sebelah kiri pantai.

    Warna pasir di pantai ini putih sedikit kecoklatan dengan teksturnya yang halus. Sementara garis pantai memiliki panjang mencapai 3 km dengan tepian yang melengkung. Duduk sambil menikmati ombak menjadi aktivitas yang menyenangkan dilakukan di pantai ini. Menikmati sinar matahari yang hangat seringkali menjadi alternatif pilihan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Karang Hawu.

  17. Tempat wisata yang eksotis alam asri serta debur ombak sangat deras. menjadikan destinasi wisata keluarga yang cocok saat akhir tahun atau libur panjang tiba. karena dengan villa do bibir pantai bisa merasakan sunrise atau sunset yang memukau mata. kuy kita ke sini saja mengisi liburan akhir tahun

  18. terakhir ke sini 4thn yg lalu, msh lumayan pantainya gak terlalu ramai. Masuknya pas gak ada petugas jadi gratis, bayar parkir mobil aja 10rb.

  19. Pemandangannya bagus, untuk nongkrong dan foto-foto, hati-hati ombaknya disini kadang tinggi, perhatikan ombaknya kalu ingin mandi sekitar sini.. pengalaman saya pernah terlalu lama nongkrong di jajanan pinggiran pantai di karanghawu (bukan restoran atau hotel dengan ijin berjualan) ada masyarakat yang langsung memijit tanpa menanyakan mau atau tidaknya kita dipijit kemudian harus bayar, walaupun saya tidak mau dipijit. kalau kita tidak membayar dia terus memijit. Hindari nongkrong terlalu lama pesan saya.

  20. Pemandangannya bagus, untuk nongkrong dan foto-foto, hati-hati ombaknya disini kadang tinggi, perhatikan ombaknya kalu ingin mandi sekitar sini.. pengalaman saya pernah terlalu lama nongkrong di jajanan pinggiran pantai di karanghawu (bukan restoran atau hotel dengan ijin berjualan) ada masyarakat yang langsung memijit tanpa menanyakan mau atau tidaknya kita dipijit kemudian harus bayar, walaupun saya tidak mau dipijit. kalau kita tidak membayar dia terus memijit. Hindari nongkrong terlalu lama pesan saya.

  21. Pemandangannya bagus, untuk nongkrong dan foto-foto, hati-hati ombaknya disini kadang tinggi, perhatikan ombaknya kalu ingin mandi sekitar sini.
    pengalaman saya pernah terlalu lama nongkrong di jajanan pinggiran pantai di karanghawu (bukan restoran atau hotel dengan ijin berjualan) ada masyarakat yang langsung memijit tanpa menanyakan mau atau tidaknya kita dipijit kemudian harus bayar, walaupun saya tidak mau dipijit. kalau kita tidak membayar dia terus memijit. Hindari nongkrong terlalu lama pesan saya.

  22. Untuk karang pantai nya bagus. Hati-hati untuk pengguna sepeda motor khususnya untuk parkiran motor yg 24 jam, alangkah baiknya di tanya dulu untuk tarif parkirnya.

Tinggalkan Balasan