Pantai Minajaya

Alamat: Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat 43179, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Pantai Minajaya  berada di kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Konon katanya nama pantai ini berasal dari nama kapal yaitu kapal Minajaya yang mengangkut persejataan yang  tenggelam di sana dan akhirnya diabadikan menjadi nama sebuah pantai.

Pantai ini terbilang masih dangat alami dan asri. Suasana pedesaan masih sangat kental di sana dengan pemandangan warga sekitar yang bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani. Belum banyak masyarakat luas, khususnya dari luar Jawa Barat yang mengetahui keberadaan dan keindahan pentai ini. Jadi, kondisi pantainya juga relatif sepi.

Harga Tiket Masuk di Pantai Minajaya

Untuk bisa masuk ke pantai Minajaya pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Hanya saja jika pengunjung membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, akan dikenakan biaya parkir dengan bilangan yang standar. Jadi, wisata ke pantai ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan hanya akses menuju lokasi cukup sulit.

Rute Menuju Lokasi Pantai Minajaya

Akses menuju lokasi pantai Minajaya bisa menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Namun ketika sudah memasuki kawasan pedesaan jalannya tidak mudah dilalui karena banyak yang rusak, sehingga sebaiknya menggunakan sepeda motor.

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta maka bisa melewati rute Ciawi Curug – Cibadak – Cikembar – Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng, di persimpangan Surade kemudian belok kiri untuk sampai ke Pantai Minajaya.

Sementara itu jika perjalanan dimulai dari Bandung maka bisa melewati rute yang hampir sama yaitu Cianjur – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade, persimpangan ambil jalan belok kiri untuk menuju pantai Minajaya. Alangkah baiknya bertanya juga kepada warga sekitar ketika Anda sedang kebingungan.

Obyek Wisata di Pantai Minajaya

1. Pemandangan Muara Sungai Cipamarangan

Sebelah timur pantai Minajaya terdapat muara sungai Cipamarang yang menawarkan kelamaian pantai. Air sungai tersebut kemudian mengalir dan bermuara ke laut sehingga terjadi percampuran antara dua jenis air menjadi satu. Hal itu menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu juga telah menambah suasana keindahan lingkungan alam sekitar pantai menjadi lebih eksotis dan terlihat alami. Pemandangan tersebut bisa menjadi spot foto maupun backround selfie bagi pengunjung yang gemar dengan fotografi.

2. Warna Air Laut yang Khas yaitu Hijau

Laut di pantai ini mempunyai warna air yang cukup berbeda dengan lautan pada umumnya yaitu kehijauan. Selain itu juga terbilang laut yang bersih dan jernih karena tidak ada sampah yang mengapung di sana. Warna laut yang kehijauan tersebut disebabkan sangat banyak rumput laut yang tumbuh di dalam maupun tepi laut.

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Di pantai Minajaya pengunjung juga bisa menikamati pemandangan sunset dan sunrise yang menawan. Terlebih jika dilihat dari bibir pantai ketika sunset, seolah matahari tertelan oleh birunya lautan yang luas. Warna langit berubah menjadi jingga dan kekuningan yang cocok dimanfaatkan sebagai backround foto.

Sementara itu,ketika matahari muncul sinarnya membuat pasir pantai terlihat mengkilat dan bersih. Hal itu bisa menjadi pemandangan yang perlu dinikmati juga bisa dijadikan sebagai spot foto maupun backroung selfie dan semacamnya.

4. Pasir Pantai Berwarna Kecoklatan

Pantai Minajaya mempunyai warna pasir yang khas yaitu kecoklatan. Selain itu juga terbilang sangat bersih serta teksturnya yang halus. Hal itu bisa membuat pengunjung nyaman dan bersantai di atas pasir. Pengunjung juga bisa sekedar bermain pasir, volli, dan sepak bola di atas pasir pantai, khususnya bagi anak-anak.

Karena pantainya yang luas, di sana terdapat area khusus camping sehingga pengunjung akan tetap nyaman mendirikan tenda atau camping bersama teman maupun keluarga. Di samping itu juga tersedia bberapa fasilitas lain seperti area parkir yang luas, warung, dan sebagainya. Di sana juga terdapat toko ikan, dimana pengunjung bisa membeli dan membakar sendiri di tepi laut sambil santai.

5. Pemandangan Batu Karang yang Banyak

Pantai Minajaya mempunyai batuan karang yang cukup banyak dan tersebar di beberapa titik. Terebih lagi di area tepi pantai justru terdapat banyak batu karang kecil yang terlihat jelas ketika laut sedang surut. Batuan karang tersebut ditumbuhi banyak rumput laut yang menjadi matapencaharian penduduk sekitar.

Warga sekitar memang banyak yang bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut. Sehingga tidak heran jika pemandangan memanen rumput laut di sekitar pantai ini menjadi suatu hal yang biasa. Sementara itu, pengunjung juga bisa menjadikan batu karang yang berada di pantai menjadi spot foto yang indah.

6. Cocok Sebagai Tempat Surfing

Ada pula pengunjung yang pergi ke pantai Minajaya untuk sekedar berselancar. Memang di sana menjadi salah satu tujuan surfing, khususnya bagi mereka yang menekuni hobi tersebut. Ombak air laut di sana cukup tinggi namun juga tenang dan aman jika sekedar untuk surfing. Deburan ombak yang tinggi dan menabrak batuan karang besar membuat suaranya lebih khas dan menakjubkan.

7. Suasana Pedesaan yang Asri dan Alami

Warga di sekitar pantai Minajaya sangat ramah dan baik, mengingat mereka juga bersahabat dengan lautan dan pantai. Hal itu disebabkan kebanyakan mereka bermatapencaharian sebagai nelayan juga petani rumput laut. Tidak jauh dari titik pantai ini juga terdapat tambak ikan yang dikelola oleh warga sekitar.

Demikian ulasan tentang pantai Minajaya yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Bali dan sebagainya. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Minajaya

  1. Untuk Liburan Keluarga dg anak usia dibawah 12 tahun, sangat aman untuk berendam dan amin air laut. Karena garis pantai dengan tepian batu karang yg luas, sehingga aman untuk bermain.

    18 Juli 2018, 05:59 WIB

  2. Pantai minajaya ini masih satu garis pantai dengan pantai ulujung genteng tapi untuk menuju ke pantai ini melewati jalan yang berebeda dengan jalam menuju pantau ujung genteng. Di pantai ini banyak karangnya kalau pantainya lagi surut karang-karangnya akan terlihat dan kita berjalan menuju ketengah. Tapi harus berhati-hari karena karangnya tajam dan juga licin. Di sana banyak penjual makanan dan minuman lokal. Tapi karena banyak turis yang kurang paham akan kebersihan pantainya jadi kotor dengan sampah bekas botol minuman dan mie cup. Akses ke sana cukup mudah karena jalannya juga tergolong sudah bagus.

    19 Juli 2018, 05:21 WIB

  3. Pemandangan nya istimewa,memesona,pantai nya juga masi bersi belum terjamah banyak orang,memiliki pasir yg putih,dan juga temen temen yang berunutung bisa menangkap ikan laut secara langsung,karena air laut sedang surut pada tengah malam,sehingga ikan ikan terperangkap dan mudah ditangkap,membuat api unggun lalu bakar ikan bersama teman atau keluarga menjadi momen yang sangat berkesan

    27 Agustus 2018, 22:30 WIB

  4. Pasir pantainya padat dan tidak mudah bergerak ketika terinjak kaki pada saat tersapu ombak dan membuatnya landai seperti lantai rumah yang terbuat dari tanah yang dipadatkan. Hal ini kemungkinan dikarenakan pasir yang terjebak di celah gugusan batu karang sepanjang pantai. . Dibeberapa bagian pantai bisa terlihat beberapa bagian batu karang yang muncul ke permukaan.. Pantainya indah untuk menikmati sunset antara jam 15.00 – 18.00 dan ditutup dengan makan malam bersama keluarga, sahabat atau pasangan.. Disepanjang pantai terdapat sejumlah gazebo dan warung makan yang menawarkan makanan laut yang bisa dibeli dan dimasak sesuai dengan selera kita dengan harga sangat terjangkau. . Uang tiket masuk dihitung per kendaraan masuk roda empat atau roda dua.

    5 September 2018, 02:30 WIB

  5. mantap ceraahhh pesona alam psr bodas ikan segar utk dibakar sarana jln utk di baguskan lg penerangan jln pokeke joosss geliiss

    11 September 2018, 21:26 WIB

  6. Amazing, makan murah 50 rbu bisa dapat 2 ikan 1/2 liter nasi liwet

    29 September 2018, 20:48 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Minajaya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *