Pantai Pangumbahan

Alamat: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Pangumbahan berada di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini sangat terkenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu disebabkan karena pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri serta keunikan yang tidak ada di beberapa pantai lainnya.

Pantai Pangumbahan termasuk dalam pantai favorit yang ada di Jawa Barat meskipun di sana tidak banyak fasilitas istimewa yang tersedia seperti penginapan mewah dan lain sebagainya. Justru yang menjadi daya tarik pengunjung adalah kealamian pantai yang masih asri. Selain itu, pantai ini juga sudah cukup mempunyai fasilitas penunjang kebutuhan pengunjung seperti area parkir, toilet, dan sebagainya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pangumbahan

Tiket masuk ke Pantai Pangumbahan sangat murah yaitu hanya Rp 5.000 per orang baik pada  weekend maupun weekday. Sementara itu bagi pengunjung yang ingin masuk ke tempat penangkaran penyu juga harus membayar lagi sebesar Rp 5.000 per orang. Jadi, tarif tersebut sangatt bersahabat dengan semua kalangan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangumbahan

Rute utama menuju Pantai Pangumbahan hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Namun jika pengunjung memulai perjalanan dari Jakarta, maka harus bisa melewati Ciawi – Cicuruf – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cikembar – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng kemudian baru bisa menuju Pantai Pangumbahan.

Sementara itu jika pengunjung memulai perjalanan dari Bandung maka bisa melewati Cianjur – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Gunungbatu baru kemudian bisa menuju Pantai Pangumbahan menggunakan transportasi roda dua seperti motor pribadi maupun ojek. Namun untuk menghemat biaya, alangkah baiknya pengunjung membawa kendaraan pribadi.

Obyek Wisata di Pantai Pangumbahan

1. Pasir Silika

Pantai Pangumbahan sering merupakan kompleks batuan tertua di Jawa Barat sehingga menghasilkan pasir yang unik yang disebut dengan pasir silika atau kuarsa. Pasir ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaca, keramik, hingga saringan filter air.

Pasir Silika di pantai ini juga sangat bersih dan terlihat putih. Pasir silika mempunyai sifat yang unik khususnya ketika terpancar oleh sinar matahari maka akan terlihat mengkilap dan halus. Pengunjung bisa memanfaatkan kondisi ini untuk sekedar bermain pasir, volli, dan bermain bola.

2. Ada Banyak Penyu Hijau

Kompleks pantai ini terdapat tempat penangkaran penyu hijau. Di sana terdapat ribuan penyu yang sedang berlalu lalang, bertelur, dan sebagainya. Pemandangan semacam itu belum tentu ada di pantai lain yang ada di Indonesia. Setidaknya pengunjung bisa mengetahui proses penangkaran penyu juga bisa memotretnya sebagai bahan dokumentasi.

Meskipun demikian, pengunjung harus tetap hati-hati saat berada di kompleks penangkaran penyu. Hal itu bertujuan agar aktifitas penyu tidak terganggu, jadi pengunjung hanya diperbolehkan melihat penyu hijau sampai sore hari saja.

Pemandangan yang cukup unik adalah saat pelepasan anak penyu hijau ke laut lepas. Ribuan anak penyu akan dilepas agar bisa hidup bebas di laut lepas dan sekitarnya. Megingat penyu biru merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Hal itu mungkin merupakan suatu hal baru yang pernah dilihat oleh pengunjung secara langsung.

3. Tempat Surfing yang Tepat

Laut di pantai ini sangat cocok untuk selancar atau surfing. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sana untuk melakukan selancar karena ombaknya memang tidak terlalu tenang dan cukup tinggi.

Keperluan untuk surfing bisa membawa sendiri dari rumah, sebab di sana belum banyak fasilitas yang mendukung kegiatan selancar. Pengunjung bisa puas berselancar di laut lepas yang bergelombang tinggi dan indah. Hal itu ditambah pula dengan kondisi laut yang tidak banyak dipenuhi oleh batu karang dan semacamnya.

4. Pantai yang Asri

Pantai Pangumbahan termasuk pantai yang masih asri. Hal itu disebabkan masih belum banyak kondisi alam yang berubah atau masih terlihat sangat alami. Di sana tidak banyak pedagang yang kaki lima dan semacamnya sehingga membuat kondisi pantai jauh lebih bersih dan minim sampah.

Keasrian Pantai Pangumbahan ini justru membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Terlebih bagi pengunjung yang menyukai destinasi wisata yang sepi, pantai ini sangat cocok bagi mereka untuk sekedar menenangkan dan refreshing.

5. Tempat untuk Camping

Pantai Pangumbahan juga sangat cocok untuk tempat camping bersama teman maupun keluarga. Pastinya harus tetap menjaga kebersihan pantai serta tidak mengganggu aktifitas penyu. Alangkah baiknya pengunjung juga membawa peralatan dan keperluan camping dari rumah, sebab di sana belum banyak fasilitas camping yang tersedia.

6. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Letaknya yang strategis, di pantai ini pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset. Pemandangan munculnya matahari di Pantai Pangumbahan menjadi suatu hal yang sering dinanti oleh pengunjung untuk sekedar melihat, memotret, hingga berfoto dengan latarbelakang pemandangan tersebut, begitu pula dengan pemandangan matahari terbenam.

7. Pemandangan Palung dan Lautan yang Biru

Pangumbahan merupakan pantai yang landai juga terdapat palung yang berbentuk eksotis. Hal itu merupakan daya tarik tersendiri yang menjadikan pemandangan pantai ini lebih indah. Pengunjung bisa memanfaatkan hal itu untuk sekedar berfoto selfie ataupun menjadikan pemandangan tersebut sebagai backround foto.

Selain itu juga ditambah dengan lautan di Pantai Pangumbahan yang tampak kebiruan. Semakin ke tengah warna laut seolah menjadi lebih biru. Paduan palung pantai yang indah dengan lautan biru menjadi pemandangan yang khas di pantai ini.

Demikian ulasan tentang Pantai Pangumbahan yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di Bali. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pangumbahan

  1. Anis dahar. Latif dream pangeran henry. Solo motor……sariiip safrudin dinas penangkaran penyu..pa kabar

    29 Mei 2018, 06:29 WIB

  2. Pantai ini memang pantai kereeen…. Cuma kalau main di saat kemarau saya sarankan agar memakai kacamata . Karena kalau angin bertiup kencang beeeuuuh pasir itu berterbangan jadi biar aman… Pantai ini juga lumayan bersih dibalut dengan hamparan pasir yang lembut.. . Pokoknya jangan sampai kamu ga main ke pantai ini… Nanti nyesel

    6 Juli 2018, 09:30 WIB

  3. Ombaknya besar tidak disarankan berenang, anginnya pun kencang, hanya cocok untuk foto dan bermain pasir. Cocok untuk pas saya kesana ada orang hilang kebawa ombak.

    18 Juli 2018, 08:17 WIB

  4. Area pantai yg panjang dan bersih, bikin betah buat berlama-lama memandang laut. Suasananya jg cukup sepi

    20 Juli 2018, 20:35 WIB

  5. Pantai yang masih bersih ombak asyik tapi hati-hati dengan arus terkadang tiba-tiba suka membesar diluar dugaan

    21 Juli 2018, 05:55 WIB

  6. Pantainya bagus bgt..ombaknya besar makanya tidak di sarankan berenang..pasirnya nya juga banyak tdk seperti pantai pada umum nya..by solo touring

    2 September 2018, 23:01 WIB

  7. Disini pantai nya emezing indah banget banget, selain ada pantai ada muara jugaaa. Pasir pantai nya yg putih it look like amazing

    15 September 2018, 05:37 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pangumbahan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *