Pantai Citepus

Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat

Citepus, Palabuhanratu, Pelabuhan Ratu, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, Sukabumi, Jawa Barat

17 Ulasan

Pantai yang terletak di salah satu kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat ini terkenal karena pasir nya yang lebih landau dibanding dengan Pantai lain sehingga dapat disebut primadona karena bentuknya yang anggun. Pantai yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ratu tepatnya di pinggir jalan besar yaitu jalan raya Cisolok ini menawarkan berbagai sajian alam berupa hamparan pasir yang lembut dan biru laut. Pantai yang pasir nya bagaikan permadani luas ini juga dimeriahkan oleh berbagai jajaran rumah makan atau pedagang yang menjual aneka seafood dan es kelapa muda yang tentu nya khas dan cocok sekali dinikmati seraya duduk santai di bibir Pantai sampai melihat ombak biru yang damai menanti sunset atau pun sunrise.ย 

Selain fasilitas alam seperti sang primadona pasir yang cantik dan anggun, ombak laut biru hingga fasilitas sosial masyarakat sekitar berupa jajanan khas laut dan Sukabumi, Pantai Citepus ini juga lengkap dengan beragam fasilitas umum lain seperti mushola, area parkir yang luas, toilet, tempat berteduh hingga pedangang cindera mata yang menjual aneka hiasan kecil dari ekosistem laut. Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota tidak perlu bingung mencari penginapan atau terpaksa harus pulang pergi tidak lagi perlu merasa khawatir karena di lokasi wisata ini banyak terdapat penginapan murah mulai dari losmen hingga hotel di sekitar Pelabuhan Ratu yang mematok harga mulai dari Rp 200.000 per malam sehingga liburan jadi santai dengan pemandangan Pantai yang disuguhkan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Citepus

Pantai yang buka setiap hari selama 24 jam dengan penjagaan dari warga lokal dan lifeguard ini hanya mematok harga wisatawan sebesar Rp 10.000 per motor atau Rp 5.000 per orang dengan mobil berkisar harga Rp 30.000 tanpa tiket parkir dengan halaman parkir yang luas tentunya. Untuk hari libur panjang harga mungkin sedikit naik namun wajar untuk biaya kebersihan yang maksimal.

Rute Menuju Lokasi Pantai Citepus

Pantai Citepus ini terletak di daerah Citepus, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bagi pengunjung yang berasal dari Sukabumi tentu tidak asing dengan Pantai ini karena lokasinya tidak jauh dari Pantai-Pantai lain di Pelabuhan Ratu. Namun, bagi yang masih kesulitan mencari patokan utama nya adalah Rumah Makan Seafood Mala Sari yang terletak hanya beberapa km dari lokasi Pantai Citepus. Apabila masih kesulitan maka pengunjung dapat langsung mencari lokasi Pelabuhan Ratu karena letaknya yang tidak kurang dari 20 km dari sana. Bagi pengunjung dari Jawa Tengah yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura karena akan menghemat 1 jam perjalanan. Dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi. Pengunjung yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta yang apabila berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 3 jam 50 menit. Bagi pengunjung dari Banten dapat melalui Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau apabila melewati Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam. Ketika sampai di Jawa Barat, pengunjung baik dari Jawa Tengah maupun Banten, Jakarta dan sekitarnya dapat mengambil Jalan Raya Cisolok karena Pantai ini lokasi nya tidak terlalu jauh dari jalan kota sehingga mudah ditanyakan dan ditemukan.

Obyek Wisata di Pantai Citepus

1. Pasir Landai

Pasir landai juga merupakan karakteristik sendiri bagi Pantai yang terletak tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu ini dimana bentuknya yang menyerupai permadani setara dengan kawasan gurun Ghobi di dataran China yang tentunya menambah keunikan sendiri terutama bagi penggila fotogenik. Dikarenakan terik matahari yang eksotis setiap pengunjung disarankan untuk memakai kacamata.

2. Meriahnya Ombak

Selain pemandangan dan keindahan suasananya, Pantai ini sebagaimana Pantai Cimaja juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga disarankan bagi setiap pengunjung untuk berhati-hati meskipun lifeguard siap berjaga kapan pun. Ombak besar disini jarang digunakan untuk surfing melainkan untuk berlayar baik bagi nelayan maupun wisatawan.

3. Spot bebas sampah

Salah satu yang diunggulkan dari Pantai ini adalah kebersihan nya yang terjaga sehingga membuat obyek wisata bahari ini tampak asri dan jarang di kunjungi wisatawan dimana buka lagi rahasia umum apabila banyak wisatawan pasti banyak sampah. Kebersihan Pantai ini tentu tidak disebabkan akibat sedikitnya wisatawan yang berkunjung namun memang ada larangan untuk membuang sampah sembarangan serta hadirnya petugas kebersihan yang berkat jasa nya Pantai Citepus ini bersih dari sampah sehingga nyaman dikunjungi.

4. Berlayar menggunakan perahu

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan hadirnya perahu-perahu sewa yang akan membawa mereka berada lebih dekat dengan ombak Pantai.

5. Area pancing

Selain perahu sewa, kawasan wistaa bahari ini juga menyediakan area pancing ikan laut dengan peralatan pancing yang disewakan.

Liburan ke Sukabumi akan terasa kurang lengkap apabila tidak mengunjungi Pantai yang khas dengan keunikan pasirnya ini terutama bagi para pengunjung yang sudah mampir ke Pantai Cibangban dan Pantai Cimaja akan sangat disayangkanย  karena lokasi ketiga Pantai ini berdekatan dengan keunikannya masing-masing.

17 Ulasan untuk Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat

  1. Kesini dr bogor, di perjalanan krg lebih 4 jam. Worth it bangettt karna pantai nya bersih jernih gitu, walaupun pas jam 12an panas tp tetep adem kok dibawah pohon2 gt sambil minum eskelapa makan baso heheee. Prefer ke pantai didaerah sini drpd ke barat krn msh jernih dan gak terlalu ramai waktu kesini weekend.

  2. Pantai yg bagus dan menyenangkan…pantainya bisa direnangi parkir aman bakal kesana lg deh.. tp tambah kamar bilas lg ya.. biar nga terlalu ngantri..

  3. Pantai dan lingkungannya nyaman. Tidur di sekitar pantai pun terasa aman. Tapi agak terganggu oleh “makhluk” yang berkeliaran… ๐Ÿ˜€

  4. Cocok deh tmptnya buat main.anq… aplgi anq yg cowo sambil bwa2 escavator buat ngruk pasirnya…๐Ÿ˜Š

  5. Keren gan,,, slama ini gwa ke karanghau mulu,, nyoba di pantai citepus ternyata lebih tenang ombaknya, gak ada sampah ama pasir halus gak ada batu.. Beda ama karang hau ombaknya gede, gwe berenang trus keset ombak ke darat ehh pada baret kaki gwa tergores batu di sono dah gitu berenangnya ama sampah lagi

  6. Pantai agak kotor karena banyak sampah. Masuk ke parkian untuk mobil bayar 10rb termasuk murah. Toliet nyaman bayar 5rb untuk bilas.

  7. Berangkat kesini dari rumah mertua di Selabintana berangkat pagi2 biar gak kenal macet karena pas h+3 lebaran,jalan dr Sukabumi ke pelabuhan ratunya udh lumayan bagus hanya ada beberapa spot saja yg dlm perbaikan dan berlubang,pantainya sendiri memiliki garis pantai yg panjang jadi asik buat jalan2,tetapi tetep harus berhati2 saat berenang apalagi kalo bawa anak2 harus di pantau,kalo saat lebaran pasti ramai dan pantainya jadi kotor,coba Datengnya pas bukan liburan..ciamik bgt nih pantai,untuk penginapan juga bervariasi mau yg murah ada yg mahal juga banyak

  8. ombak besar, air bersih, tempat main enak buat anak2.ada sewa papan luncur kecil 10.000, bisa naik kuda juga di tepi pantai. saran buat yang kesini kalau sewa saung agak mahal, 50.000an perjam. mendingan beli makan atau minum di warung yang ada balenya, dapet makan, duduk di saungnnya juga ga bayar dan ga ada batas waktunya.

  9. Ombaknya besar sekali Mungkin datangnya Saat tengah bulan atau bulan purnama jajanan yg murah murah kalau Rasa dia tidak begitu spesial sesuai dengan harganya parkir gratis saat itu. Pasirnya kecoklatan tapi bagus sekali pemandangannya

  10. Tempat yg cukup bagus untuk berlibur . hanya saja seperti kurangnya petugas untuk penjagaan pantai dan masih banyak sampah yg berserakan kadang sering menggangu pemandangan

  11. Pantai Terfavorite.. Karena letaknya juga gak terlalu jauh dari Pusat Kota.. Ombak juga gak terlalu besar, kalo mau ajak anak main pasir atau main ombak boleh disini (selama gak ada peringatan gak boleh berenang dari badan SAR tapi ya, kalo ada peringatan mah ya tetep gak boleh, mesti ditaati).. Tapi jarang sih, kalo waktu waktu tertentu aja biasanya kalo pas air laut lagi pasang.. Disini deket dengan banyak rumah makan dan toilet umum, jadi sesudah main pasir atau ombak, bisa langsung mandi, dan makan.. Letaknya strategis dekat dengan jalan raya.. Air lautnya pun bersih..

  12. Indah alami, hanya ada sedikit sampah, dan juga di bagian parkir sangatlah tidak bertanggung jawab apalagi motor saya sampai terjatuh dan lecet namun tukang parkir tidak ber itikad baik, helm saya sampe jatuh dan kaca lepas, tolong lah di peringatkan untuk semua tukang parkir untuk menjalankan tugasnya dengan baik, tidak hanya duduk dan bersantai dan mengobrol saja tapi juga harus tetap fokus karna itu sudah menjadi tanggung jawabnya, kami pun sudah menitipkan amanah terhadap kalian, jasa tukang parkir itu luar biasa, tapi juga tidak untuk di lalaikan saat tengah menjalaninya. Dan pada akhirnya liburan saya malah jadi berantakan karna hal tersebut saya pun langsung pergi saat sedang bersantai dengan pasangan.
    Kejadian ini terjadi 4 minggu lalu, karna ulasannya telah di Perbaharui

  13. Pantainya bagus, bisa lihat laut cuman 4 jam Dari Jakarta (kalau gak macet), hati-hati kalau pakai Google maps dia saranin jalannya kadang suka ngaco, jalan kecil, jalan hutan, jalan alternative Yang berbahaya. Pulang Dari Pelabuhan Ratu tidak disarankan lewat jalan Cikidang, jalannya menanjak dan Naik turun.
    Di Pantai Citepus, gak usah khawatir kekurangan makanan, banyak Yang jualannya ๐Ÿ˜†

  14. Pantainya bagus, gak ada karang, aman buat anak2 berenang..๐Ÿ‘, untuk pengunjung tolong sama2 jaga kebersihan dan gak buang sampah sembarangan yaa

  15. Pada mahal2 makanannya, mandi 4rb pipis 2rb, parkir mobil 10rb.
    harusnya jangan di bikin kesempatan dong , jangan mentang2 banyak pengunjungnya. harga semaunya.
    harusnya pemerintah setempat bisa mengelola pantai tersebut.
    jadikan pantai itu seperti ancol.
    tapi untuk masalah pantai agak sedikit bersih.
    wajar sih kalo pantai kaya gini banyak sampah . karena para pengunjung membawa makanan sendiri, karena enggan untuk membeli makanan di tempat.

  16. Pantai Citepus yang berada diwilayah Palabuhnaratu Sukabumi merupakan lokasi yang sudah menjadi objek wisata, pantai Citepus sendiri berada di desa Citepus kecamatan Palabuhanratu, pantai ini juga merupakan salah satu garis pantai yang terluas diwilayah Sukabumi, masuk ke kawasan Geopark membuat pantai ini terus berbenah ditata sedemikian luas nya pantai ini sehingga membuat nama pantai ini terbagi kedalam beberapa sebutan diantaranya Pantai istana presiden, Pantai Citepus NR/Citepus indah, Pantai Citepus Baldes atau Taman Kota Citepus yang merupakan Ruang Terbuka Hijau, Pantai Citepus Padi Padi, Pantai Muara Citepus, Pantai Citepus Kebon Kalapa dan Pantai Citepus Lumba Lumba. Tidak hanya penataan yang buat pantai ini kini layak dikunjungi pantai Citepus juga dari segi fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung sudah siap, fasilitas umum seperti mushola dan tempat makan atau restoran begitupun bebagai pasiltas penginapan di Wilayah Pantai ini semuanya sudah tersedia.

  17. Sangat suka.destinasi wisata yg sangat indah pantai nya.tepi pantai nya bersih.akses masuk nya jga gratis.cukup bayar pakir saja.kuliner nya aneka masakan.khusus nya ikan bakar. jga murah meriah.

Tinggalkan Balasan