Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43365, Indonesia.

11 Ulasan

Sukabumi merupakan salah satu kebupaten di Provinsi Jawa Barat yang dikelilingi oleh berbagai Pantai. Mulai dari Pantai Nyi Roro Kidul yang menyatu sebagai terusan dari Pantai Parangtritis Jogja.

Terdapat juga Pantai Cibangban hingga Pantai Cimaja yang menjadikan wilayah seluas 48.42 km2. Kota Sukabumi tersebut tidak hanya terkenal akan oncom, masakan pedas, kue mochi dan ciuk-nya saja.

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja merupakan salah satu dari sekian banyak Pantai yang berada di wilayah perairan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan ombak besar.

Kondisi ombak ini yang tentu nya menarik perhatian para peselancar professional baik dari lokal mau pun mancanegara untuk memainkan papan nya yang ditemani nuansa asri nan sejuk dengan ombak jernih dan biru laut.

Pantai yang kerap dipanggil dengan sebutan Pantai Maja ini terletak di Desa Cimaja, kecamatan Cikalak, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Cibangban.

Pantai ini tidak hanya memiliki ombak besar bagi para peselancar. Namun juga gugusan batu karang, pasir yang lembut dan angina sejuk yang mampu menyihir setiap pengunjung untuk berlibur disana.

Selain fasilitas alam yang disajikan seperti hamparan pasir Pantai yang luas dan lembut, ombak besar untuk berselancar, gugusan batu karang. Namun pantai ini juga memiliki fasilitas umum seperti hadirnya lifeguard yang senantiasa menemani pengunjung.

Fasilitas lain yang dapat ditemukan adalah tempat parkir yang luas, mushola, toilet hingga berbagai jajaran tempat rumah makan dan pedagang oleh-oleh khas Sukabumi dengan ikan bola sebagai menu khas.

Harga Tiket Masuk Pantai Cimaja

Tarif masuk bagi setiap pengunjung ke surga surfing ini hanya dikenai Rp 5000 saja pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur panjang atau weekend harga mungkin naik Rp 2000.

Harga ini tentunya setimpal dengan apa yang akan didapatkan pengunjung seperti ombak besar bagi para pecinta selancar seraya di Hawai. Hamparan pasir yang lembut, gugusan batu karang dan tentunya makanan khas Sukabumi disana.

Untuk tiket parkir dikenai harga standar yaitu sebesar Rp 3000 untuk motor, Rp 12.000 untuk mobil pribadi dan mini bus sedangkan Rp 22.000.

Tempat parkir untuk truk atau bus besar dengan area yang luas sehingga acara piknik bersama keluarga dan kerabat menjadi lancar.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cimaja

Rute menuju lokasi wisata bahari Pantai Cimaja ini tidaklah sulit karena letaknya yang tidak jauh dari Pelabuhan Ratu hanya saja tempatnya sedikit masuk ke desa.

Bagi pengunjung yang berasal dari dalam kota Sukabumi dapat langsung menuju Desa Cimaja di Kecamatan Cikakak menggunakan bantuan GPS atau sekadar bertanya karena tentu siapa saja mengenal lokasi wisata yang khas dengan ombak-nya ini.

Bagi pengunjung dari Jawa Tengah dan sekitar nya yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura karena akan menghemat 1 jam perjalanan.

Dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi Anda akan melewati ibu kota Provinsi Bandung menuju ke arah Selatan Sukabumi dengan mengikuti arah hingga menemukan pelabuhan ratu sebagai patokan.

Pengunjung yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil – Agrabinta yang apabila berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 3 jam 50 menit.

Bagi pengunjung dari Banten dapat melalui Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau apabila melewati Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam.

Obyek Wisata Pantai Cimaja

Selama di pantai Cimaja, Anda dapat melakukan banyak aktivitas untuk menyegarkan pikiran dan menikmati pemandangan di pantai ini. Silahkan simak aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Spot Surfing

Berselancar Di Pantai Cimaja

Ombak besar di Pantai Cimaja menjadikan nya sebagai salah satu dari sembilan spot surfing terbaik di Jawa Barat.

Dimana rentan antara bulan Mei hingga November biasa dipenuhi oleh peselancar lokal dan mancanegara. Karena pada bulan-bulan tersebut kecepatan angin mendukung mereka untuk berselancar di tengah ombak besar terutama dari pukul 11.00 hingga 16.00.

2. Spot Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Cimaja

Tempat wisata yang khas bagi para pecinta wisata bahari ini juga disuguhkan keindahan sunrise dan sunset.

Kondisi ini tentunya mampu mengisi hari guna mengusir kejenuhan dan cocok untuk dijadikan spot untuk selfie ria atau sebagai background yang dapat dimanfaatkan para fotografer.

3. Landscape Selfie Terbaik

Pesona Pantai Cimaja

Ombak besar selalu menghasilkan sunrise dan sunset terbaik yang dimanfaatkan sebagai background foto bagi para penikmat fotografi mau pun hanya dengan melakukan selfie ria guna mengisi laman instagram dengan simbol hati.

4. Relaksasi Bagi Para Pelancong

Para pengunjung yang datang dari lokal mau pun internasional tentu berkunjung tidak hanya akan ombak-nya untuk berselancar.

Namun menurut psikolog bahwa ombak besar mampu membuat pikiran rileks juga menjadi alasan Pantai ini padat pengunjung.

5. Ikan Bola Sebagai Makanan Khas

Salah satu yang menarik di Pantai ini adalah hidangan yang ditawarkan berbagai rumah makan yaitu sajian ikan bola yang dihidangkan dengan bumbu khas Jawa Barat.

Pantai Cimaja merupakan tujuan favorit para pelancong, peselancar dan fotografer untuk mengisi hobi mereka ditemani dengan suasana ombak yang merdu.

Hamparan pasir yang lembut serta gugusan batu karang yang memang disarankan bagi siapa saja yang kesana untuk memakai alas kaki yang layak. Namun hal ini tentu tidak mengurangi keindahan dan keasrian Pantai di Sukabumi ini.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Cimaja Sukabumi Jawa Barat yang indah dan mempesona. Jika Anda berkunjung ke Sukabumi jangan lupa untuk mengunjungi keindahan pantai ini.

11 Ulasan untuk Pantai Cimaja, Sukabumi, Jawa Barat

  1. Ombaknya yang nilai plus

  2. Mantapp buat surfing dan nongkrong2

  3. Gunung,, sawah,,, pantai semuanya berpadu,,jadi ikatan keindahan yg masih asri dan asli,,,yg belum ke sini nyesel dah

  4. Tempat paling asyik untuk surfing, pantai ratu sukabumi

  5. Pantai yang cocok untu surfing dan tetapi disini tidak ada pedagang makanan ataupun penyewaan alat snorkling

  6. Tempat liburan yang lumayan jika untuk liburan pendek di daerah sukabumi. Pantai agak kotor namun lumayan untuk melepas penat. Penginapan yang saya sarankan jika ingin menginap adalah, grand desa resort

  7. Untungnya pas kesini bkn hari libur jadi kosong

  8. banyak orang bule…

  9. Pantai di kabupaten cimaja, Sukabumi. Bersih, indah. Suasana nyaman dan aman

  10. Tiket masuk ke pantai adalah pungutan liar. Tiket masuk tidak menjamin keselamatan kendaraan anda.
    Pantai masih kotor. Pemda seharusnya turun tangan tanggulangi masalah ini. Gratis masuk ke pantai jika berjalan kaki.

  11. bagus, pantainya bersih

Tinggalkan Balasan