Pantai Cibangban

Bukan rahasia umum lagi bahwa dari Sabang sampai Merauke di negara kita ini dibatasi oleh garis Pantai yang panjang dan menjadikannya sebagai negara archipelago paling kaya sedunia. Siapa pun pasti mengenal Sukabumi. Yups, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini tidak hanya terkenal akan kue mochi, ciuk dan oncom nya saja, namun juga keindahan alam seperti Pantai. Sukabumi merupakan wilayah seluas 48.42 km2 yang dijadikan transit dimana terdapat Pelabuhan Ratu sebagai tempat kapal-kapal kecil berlabuh sekaligus ladang bahari pencarian warga. Dimana ada pelabuhan di situ pasti ada obyek wisata bahari.

Sukabumi dikelilingi oleh berbagai Pantai mulai dari Pantai Nyi Roro Kidul yang menyatu sebagai terusan dari Pantai Parangtritis Jogja sehingga Pantai Cibangban. Pantai yang terletak di jalan raya cisolok, pasir baru, kota Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat ini dikelola langsung oleh pemerintah Sukabumi ini tidak hanya menampilkan pasir yang bebas dari sampah, kesejukan pohon dan kejernihan ombak laut nya saja namun juga berbagai fasilitas lain yang mempermudah akses pengunjung untuk menikmati hari di obyek wisata ini.

Fasilitas umum yang disediakan antara lain lifeguard atau penjaga Pantai yang umumnya hadir pada hari-hari libur saja karena hari biasa obyek wisata bahari ini hanya disinggahi oleh para pelancong pecinta kedamaian dan fotografi karena tentunya Pantai Cibangban ini menyediakan berbagai spot foto hits. Selain itu; akses jalan, tempat parkir luas, toilet umum dan warung-warung makanan juga tersedia disana.

Harga Tiket masuk di Pantai Cibangban

Pantai dengan pasir lembut ini dibuka untuk umum dari hari senin-minggu atau setiap hari dengan tiket masuk per orang hanya Rp 2000 dengan akses seharian untuk dapat bersantai menikmati ketenangan ombak dan indahnya sunrise dan sunset. Harga tiket untuk hari libur biasanya hanya bertambah dua kali lipat nya saja yang tentu nya masih ramah di kantong untuk memberi kompensasi pelayanan ketertiban. Harga parkir yang dikenai sebesar Rp 3000 untuk motor, Rp 12.000 untuk mobil pribadi dan mini bus sedangkan Rp 22.000 untuk truk atau bus besar dengan area yang luas sehingga acara piknik bersama keluarga dan kerabat menjadi lancar.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cibangban

Untuk dapat menemukan lokasi wisata bahari ini tidak lah sulit karena letaknya yang tidak jauh dari jalan utama dan Pelabuhan Ratu yang hanya berkisar kurang lebih 10 menit ata sekitar 10 km. Apabila anda telah mengetahui lokasi Pelabuhan Ratu atau yang berasal dari dalam wilayah Sukabumi anda hanya perlu menemukan Gapura dengan ukuran besar 10 km dari Pelabuhan Ratu tersebut. Setelah menemukan gapura, anda hanya perlu berbelok dan mengikuti papan petunjuk yang ada dan terus laju hingga menemukan lokasi Pantai Cibangban tanpa ada rintangan jalan rusak karena akses menuju wisata ini telah diperbaiki oleh pemerintah setempat. Bagi pengunjung yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya perjalanan yang ditempuh mungkin akan membutuhkan waktu lama. Bagi pengunjung dari Jawa Tengah dan sekitar nya yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura karena akan menghemat 1 jam perjalanan. Dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi anda akan melewati ibu kota Provinsi Bandung menuju kea rah Selatan Sukabumi dengan mengikuti arah hingga menemukan pelabuhan ratu sebagai patokan. Pengunjung yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta yang apabila berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 3 jam 50 menit. Bagi pengunjung dari Banten dapat melalui Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau apabila melewati Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam.

Keindahan yang Ditawarkan Pantai Cibangban

1. Pantai Eksotis

Yang membuat Pantai ini eksotis adalah tempatnya tidak begitu ramai hingga menjadikan Pantai ini terlihat asri dan eksotis seraya di pulau terpencil dan jarang dijamah umat manusia.

2. Kejernihan Ombak

Selain eksotisme Pantai, pengunjung akan semakin dimanjakkan dengan jernih nya ombak akibat yang berpadu dengan laut lepas di perairan Jawa.

3. Pasir Lembut

Hamparan pasir yang lembut termasuk dalam fasilitas alam karena sensasinya yang membuat rileks kaki dan mampu menjernihkan otak.

4. Spot Foto dan Selfie terbaik

Dikarenakan tempat nya yang jarang dijamah kaki manusia sehingga menjadikan Pantai ini seraya Pantai di pulau terpencil, pengunjung dapat memanjakkan diri dengan berselfie ria dengan berpose eksotis atau bagi para penikmat foto yang ingin mengabadikan momen sangat direkomendasi.

5. Lokasi yang bersih

Pelarangan keras dari pemerintah bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan merupakan bonus tersendiri bagi wisata ini yang menjadikannya sebagai salah satu Pantai terbersih di Sukabumi.

Pantai yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ratu ini memiliki wajah eksostisme bagaikan Pantai di pulau terpencil yang jarang di jamah manusia sehingga menyuguhkan nuansa yang bersih, sejuk dan dama yang sangat cocok bagi para petualang dengan gaya Bohemian yang memanfaatkan wisata sepi sebagai tempat relaksasi.

Ulasan Pengunjung

  • Khoirul Anwar
    3 minggu yang lalu
    Enak buat parkir motor di pasir pantai . Ombak lumayan aman buat anak kecil juga
  • Fanny Widi Octafiani
    2 bulan lalu
    Pantai dengan pasir coklat kehitaman. Cocok untuk wisata bersama keluarga. Terbilang masih sepi,dan banyak pohon tinggi,jadi teduh. Terdapat sungai dari kaki gunung,jadi airnya jernih dan dingin. Kalau sudah kotor kotor dari pasir pantai,bisa membersihkan diri di sungai tersebut. Menyenangkan. Ombaknya tidak terlalu besar,pemandangan bukit,dan tidak terlalu panas. Terdapat tempat makan di pinggir pantai,tetapi jarang toko souvenir.
  • ArayRaditTiya09 Didin
    sebulan yang lalu
    Acara Touring akbar pravo BBRP.
  • Danang Panduseto
    4 bulan lalu
    Salah satu lokasi favorit pantai di Pelabuhan Ratu. Murah meriah 😁
  • Osi Bella Yolanda
    2 bulan lalu
    Pantai yg bersih