Pantai Fitu

Pantai Fitu

Desa Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara 97718, Indonesia.

9 Ulasan

Bagi warga penduduk Indonesia maupun Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan uang kertas berupa pecahan rupiah. Misalnya uang kertas seribu rupiah, cetakan dahulu yang ada gambar 2 gunung diatas air.

Masihkah ingat uang tersebut? Atau malah Anda masih menemui-nya dan memilikinya? Tahukah Anda jika gambar gunung tersebut adalah Gunung Maitara dan Gunung Tidore yang letaknya bersebelahan di Pantai Fitu di Ternate?

Dikarenakan, ternyata gambar tersebut bukan hanya sekedar ilustrasi gambar saja, tetapi gambar tersebut memang diambil dari sebuah panorama yang asli. Lalu bagaimana jika ingin melihat secara langsung pemandangan tersebut di Pantai Fitu ya? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Sejarah Pantai Fitu

Pantai Fitu

Pantai Fitu berlokasi di sebelah selatan Pulau Ternate. Dahulu, kawasan ini digunakan sebagai pemukiman penduduk saja. Tetapi, pemerintah Indonesia mencetak panorama ini ke dalam mata uang rupiah kertas seribu rupiah. 

Pemandangan ini dilukiskan secara persis dan terlihat nyata. Perahu juga ditambahkan di lukisan ini untuk mewakili perahu milik nelayan yang memang berada di pantai ini. 

Pada akhirnya, kawasan Pantai Fitu ini mendadak jadi ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dikarenakan ramai dikunjungi akhirnya kawasan ini menjadi tempat wisata.

Pantai yang berada di Desa Fitu, dan berbatasan langsung dengan Pulau Maitara dan Pulau Tidore ini, pada tahun 2016 juga pernah digunakan sebagai lokasi untuk melihat gerhana matahari total.

Harga Tiket Masuk Pantai Fitu

Karena Pantai Fitu belum dikelola dengan baik, maka Anda pun bebas mengunjungi Pantai Fitu kapan saja dan tanpa dipungut biaya atau terbebas dari tiket masuk kawasan pantai.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda juga bersikap sopan dan berkelakuan baik ya, dikarenakan pantai ini berada di dekat kawasan penduduk setempat.

Rute Menuju Pantai Fitu

Wisata Pantai Fitu Ternate

Pantai Fitu tepatnya berada di Desa Fitu, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara. Untuk menuju Pantai Fitu Anda akan memerlukan waktu untuk menempuh perjalanan sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan.

Anda bisa menggunakan kendaraan transportasi roda dua maupun roda empat. Anda akan merasa senang ketika sudah sampai di lokasi pantai ini.

Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan jasa transportasi lokal yang bisa digunakan secara umum. Rute yang bisa ditempuh yaitu dari Jalan Kampus Unkhair, setelah itu ke arah selatan lalu menuju rumah-rumah warga di Desa Fitu.

Setelah melewati rumah penduduk dan hutan yang kecil, maka sampailah di bibir Pantai Fitu.  Perjalanan Ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 22 menit saja dengan jarak tempuh 8,2 kilometer. 

Dengan jarak tempuh yang singkat dan akses jalan yang mudah, menjadikan desa ini menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi untuk melihat keindahan Pantai Fitu saat berkunjung ke Ternate, Maluku Utara.

Dan benar saja, Sesampainya di sana, Anda akan disambut dengan pemandangan pulau yang ada dalam uang pecahan seribu rupiah.

Objek Wisata Pantai Fitu

Sayangnya, jika berlibur di Pantai Fitu, wisatawan tidak memiliki banyak hal yang bisa dilakukan. Dikarenakan, pantai ini kurang cocok untuk berenang. Namun walaupun demikian, ternyata pantai ini tetap memiliki daya tarik bagi pengunjung.

Selama di pantai ini, anda dapat mengisi liburan Anda dengan berbagai kegiatan menarik seperti:

1. Menikmati Pemandangan yang Indah

Wisata Pantai Fitu

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini yaitu saat siang hari dan pastinya saat cuaca cerah. Kenapa demikian? Karena pada saat tersebut kedua pulau terlihat memiliki komposisi kemegahan yang sempurna.

Pulau Maitara dan Pulau Tidore akan terlihat tampak sama persis seperti pada lukisan di uang seribu rupiah. Bahkan pemandangan ini lengkap dengan adanya perahu nelayan yang sedang berjalan di depannya.

Namun, jika saat cuaca mendung dan berkabut, pemandangan ini kurang begitu terlihat dengan jelas, bahkan salah satu pulau bisa tertutup sehingga tidak nampak sama dengan lukisan di uang kertas seribu.

Kalaupun Anda datang pada saat cuaca tidak mendukung, Anda tetap bisa menikmati suasana yang begitu terasa di Pantai ini di anjungan. Dikarenakan, pantai ini juga memiliki anjungan yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan alam Pantai Fitu.

Jika di anjungan ini, Anda bisa sedikit bersantai dengan melihat luas pemandangan sekitar secara bebas dengan melihat keindahan Pulau Maitara, Pulau Tidore dan juga Danau Ngade.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Fitu

Ketika Anda berkunjung ke pantai ini hingga saat matahari tenggelam, Anda akan menikmati pemandangan sunset yang indah. Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membuat panorama langit semakin indah.

Anda dapat menjadikan momen ini sebagai background photo Anda. Hasil jepretan ini akan membuat Anda tampak siluet dengan background yang indah.

3. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Jangan lupa untuk membawa alat pancing. Karena Anda bisa memancing ikan bersama nelayan sekitar dengan menaiki perahu milik nelayan.

4. Berjalan-Jalan Keliling Pantai

Pantai Fitu Ternate

Hal berikutnya yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Pantai Fitu adalah jalan-jalan. Anda bersama keluarga ataupun teman-teman bisa mampir di desa terdekat yang ditinggali oleh masyarakat asli setempat.

Penduduk setempat senang, ramah dan bahkan mereka dengan senang hati sering menawarkan makanan secara gratis kepada wisatawan. Jika beruntung, mereka bisa juga mengajak Anda untuk menaik perahu dan menjelajahi Pantai Fitu.

Hal inilah yang menjadikan Pantai Fitu disenangi oleh wisatawan dengan masyarakat yang begitu baik. Selain itu, Anda juga dapat menemukan hal-hal menarik lainnya yang pastinya menjadi sebuah pengalaman baru bagi Anda.

Fasilitas di Pantai Fitu

Meskipun Pantai Fitu begitu populer bagi masyarakat, namun ternyata pantai ini belum terkelola oleh pemerintah setempat. Sehingga pantai ini tampak kurang tertata dan juga belum memiliki fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang. 

Oleh karena itu, semoga nantinya Pantai Fitu ini dapat dikelola dengan baik dan lebih tertata lagi ya oleh Pemerintah setempat, dan menjadi objek wisata unggulan di Tidore terutama untuk memajukan Desa Fitu.

Selama di Ternate, Anda juga bisa mengunjungi wisata pantai lain seperti Pantai Gambesi yang juga terletak di Ternate. Karena memang di Ternate banyak lokasi wisata pantai yang memiliki pesona dan pemandangan yang indah.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Fitu yang berada di Ternate, Maluku utara. Memang tak dipungkiri jika Kota Ternate menyimpan banyak keindahan alam yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

9 Ulasan untuk Pantai Fitu, Ternate, Maluku Utara

  1. Luar biasa indah

  2. Tempatnya bagus

  3. Good… but very mininum facility

  4. Pantai pitu merupakan gambar yang terdapat di uang kertas Rp 1000.

  5. Nice vieww

  6. Pantai nya jadi ikon mata uang tapi kondisi pantai biasa saja

  7. Pemandangan luar biasa, danau, gunung laut dalam 1 paket. Bisa juga di lihat pada gambar uang seribu

  8. Ini adalah destinasi wisata alam yang baru. Letaknya juga tak jauh dari salah satu kampus negeri terbesar di Ternate. Aksesnya mudah, karena ini terletak di pinggir jalan belakang kelurahan Ngade – Gambesi. Saat kita melintasi daerah ini, kita bisa singgah sejenak untuk menikmati pemandangan alam dengan berfoto. Tentunya yang menjadi background adalah keindahan laut, pulau Maitara & pulau Tidore. Saat ini sudah disediakan tempat khusus untuk itu. Cukup dengan membayar Rp.5000 kita sudah dapatkan moment keindahan yg kita abadikan..

  9. Ahaa.. akhirnya saya bisa melihat tempat yang menjadi gambar di uang Rp 1.000,-

Tinggalkan Balasan