Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara 97751, Indonesia.

11 Ulasan

Ternate merupakan kota yang berada Provinsi Maluku Utara. Yang mana kota ini memang kental dengan budaya serta tradisi yang melegenda.

Selain itu kota ini juga terkenal dengan gunung berapi yang masih aktif yaitu Gunung Gamalama. Namun pada kesempatan kali ini, bukan gunungnya yang akan kami bahasa. 

Nah, kali ini, kami akan memberikan informasi Pantai Sulamadaha yang terletak Ternate. Kata kunci dari pantai ini yaitu air laut sebening kaca, keindahan terumbu karang. Penasaran dengan pantai ini? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Sejarah Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha Pulau Ternate

Pantai Sulamadaha merupakan pantai yang terletak di Ternate. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri.

Pulau Hiri ini, dahulu menjadi suatu tempat yang dijadikan pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah untuk bersembunyi dan menghindari penangkapan saat masa kolonial. Di pulau ini terdiri dari bukit dengan tumbuhan berwarna hijau yang tumbuh secara alami.

Tumbuhan yang berada di Pulau Hili  menjadikan Pantai Sulamadaha semakin terlihat  sejuk dan juga indah dipandang. Selain berhadapan dengan Pulau Hili, ketika di sebelah barat Pantai Sulamadaha juga terdapat Teluk yang bernama Saomadah.

Teluk ini berbentuk piramid dan memiliki pasir berwarna putih. Di dasar perairan laut teluk ini terdapat taman laut yang mempesona, sehingga menjadikan adanya daya tarik wisata di Pantai Sulamadaha.

Harga Tiket Masuk Pantai Sulamadaha

Bila anda ingin masuk ke lokasi wisata Pantai Sulamadaha Maluku Utara ini, para wisatawan yang datang tidak akan dikenakan biaya biaya yang dibebankan sebagai tiket masuk, alias gratis.

Tetapi jika Anda ingin melakukan berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan penyewaan alat, atau juga berkeliling dengan perahu, maka Anda akan dikenakan biaya sewa yang sudah disediakan patokan tarif tersendiri tergantung pada barang yang disewa.

Rute Menuju Pantai Sulamadaha

Objek Wisata Pantai Sumaladaha

Pantai Sulamadaha ini terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara. Anda bisa bebas berkunjung, karena pantai ini buka tanpa batas waktu yaitu 24 jam sehari.

Untuk jarak lokasi jika dari pusat Kota Ternate ke pantai ini hanya sekitar 14 kilometer saja. Rute yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata ini kira- kira dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 hingga 60 menit perjalanan. 

Model transportasi yang digunakan pun beragam, Anda bisa menggunakan taksi, angkutan umum dan mobil sewaan yang ditawarkan saat berada di sekitar bandara Sultan Babullah. Selain itu, Anda juga bisa memakai kendaraan pribadi berupa roda dua atau roda empat yang Anda miliki.

Objek Wisata Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha, memiliki pesona kecantikan yang bisa dibuktikan ketika Anda sampai dan memasuki wilayah kawasan pantainya. Pantai ini didominasi dengan pasir hitam dan juga batuan adanya batuan karang yang berdiri kokoh di sekitarnya.

Meskipun demikian, pantai ini memiliki daya tarik lain yang dapat menarik pesona para wisatawan yang berkunjung. Obyek wisata yang terdapat di pantai ini diantaranya:

1. Menikmati Pemandangan Pantai dan Gunung

Wisata Pantai Sulamahada

Salah satu daya tarik di pantai ini adalah, Anda dapat menikmati pemandangan pantai sekaligus melihat gunung yang menjulang di tengah lautan.

Pemandangan ini sering dijumpai di pantai-pantai yang ada di daerah Ternate. Pemandangan ini sangat indah dan memukau jika diabadikan dalam kenangan photo Anda.

2. Teluk Kecil Nan Bening

Teluk Di Pantai Sulamahada

Jika Anda tertarik untuk tebing yang mengelilingi pantai ini, Anda akan menemukan sebuah jalan setapak yang sudah di aspal halus, jalan ini akan membawa menuju satu tempat cantik dan tersembunyi.

Setelah 10 menit berjalan menyusuri jalan setapak dengan panorama menarik yang bisa ditemui, maka Anda akan sampai di suatu tempat yang kami maksud.

Tempat ini bernama Saomadaha yang merupakan teluk kecil atau biasa juga disebut sebagai Hol, dengan air yang sangat jernih bahkan seperti kaca. 

Di tempat ini, bahkan Anda bisa melihat kapal yang seperti terapung dan melayang-layang. Efek ini, diakibatkan karena bagian dasarnya nampak terlihat secara jelas dari permukaan. Terlebih lagi, dasar pantainya jernih eksotis.

Selain dapat melihat dasar laut yang jernih, Anda juga bisa memutuskan untuk menikmati airnya dengan berenang di Saomadaha. Pasti akan begitu segar dan sejuk.

3. Naik Perahu

Pantai Sulamadaha Ternate

Selain adanya pemandangan yang memukau, para wisatawan yang berkunjung ke Ternate menggunakan Pantai Sulamadaha sebagai pantai yang bisa digunakan untuk berenang.

Bahkan para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga air karena pengelola menyediakan wahana berupa perahu di tempat ini.

Untuk naik perahu ini, Anda cukup menyewa perahu kepada pengelola yang ada di sekitar kawasan pantai. Dengan begitu, Anda bisa sekedar bersantai di atasnya sambil berkeliling sekitaran Pantai Sulamadaha pastinya dengan ditemani pemandangan yang alami dan indah.

4. Snorkeling dan Diving

Diving Di Pantai Sulamahada

Untuk menuju lokasi diving atau snorkeling, yang disebut masyarakat setempat dengan Hol yang memiliki dermaga cantik. Meskipun untuk menuju Hol  bisa dilalui sepeda motor, namun lebih banyak wisatawan yang memilih jalan kaki sambil menikmati panorama pantai.

Hol atau teluk ini masih merupakan bagian pantai Sulamadaha dan uniknya memiliki dua warna air yaitu bening dan biru kehijauan. Oleh karena itu, para wisatawan tak melewatkan kesempatan momen ketika berlibur di sini untuk menyelam.

Ketika melakukan snorkeling atau diving, Anda harus menyewa peralatan menyelam terlebih dahulu.

Nah, Di Hol ini terdapat berbagai jenis ikan seperti, Harlequin filefish, Ikan buntal dan ikan Kerapu Tutul serta  terumbu karang yang masih terawat dan berbagai biota lain bisa dilihat.

5. Sunset yang Indah

Sunset Di Pantai Sulamadaha

Di pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan sunset yang indah. Karena sunset di pantai ini bisa sambil lihat gunung yang menjadi background dari sunset-nya.

Pemandangan yang indah dan memukau saat sunset adalah bentuk gunung yang menjadi siluet karena pancaran cahaya terang keemasan dari matahari.

Pemandangan ini bisa menjadi pemandangan yang dapat Anda abadikan menjadi momen yang dapat mengisi liburan Anda.

Fasilitas di Pantai Sulamadaha

Pantai ini telah direvitalisasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, sehingga destinasi wisata Pantai Sulamadaha kini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas pendukung ini untuk memanjakan para wisatawan saat berkunjung di Pantai Sulamadaha. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain:

1. Area Parkir

Jika Anda datang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pun tak perlu bingung. Dikarenakan sudah disediakan lahan parkir bagi pengunjung yang berkendara.

Mengingat untuk memasuki kawasan ini Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, namun sebaiknya Anda hanya membayar biaya parkir kendaraan ya.

2. Toilet

Toilet pun juga sudah tersedia di pantai ini. Toilet ini juga dilengkapi dengan kamar ganti bagi wisatawan yang akan berganti pakaian. Untuk kondisinya pun cukup terawat dan baik.

3. Warung Makan

Warung makan ini dibangun berjajar di kawasan pantai. Bahkan, warung juga terdapat di jalan setapak ketika berjalan menuju teluk. Tentunya warung makan ini menyediakan bagi para pengunjung yang sedang berlibur.

Berbagai menu makanan dan minuman khas Maluku Utara, tersedia di warung ini, seperti pisang goreng mulu bebe, aer guraka,  air kelapa muda, nasi goreng cakalang hingga mie instan.

Anda pun tak perlu ragu untuk membeli makanan atau minuman disini, dikarenakan harganya pun tidaklah mahal, sekitar 10 ribu hingga 25 ribu saja.

4. Gazebo

Untuk menikmati pemandangan dengan bersantai di kawasan pantai juga sudah disediakan fasilitas. Fasilitas ini berupa gazebo yang terbuat dari kayu yang berjajar. Gazebo inip dilengkapi dengan hiasan lampu gantung yang menyala pada malam hari.

Saat libur panjang datang, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke objek ini. Mereka ingin membuktikan sendiri, mengenai keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sulamadaha ini.

Mengingat pantai ini terdapat pemandangan dunia bawah laut, tempat tinggal biota laut serta melihat langsung air laut yang dianggap seperti sebening kaca.

Bagi Anda yang ingin membuktikannya secara langsung, Anda dapat memilih objek wisata Pantai Sulamadaha ini sebagai tujuan berlibur Anda.

Jangan lupa juga ya jika datang ke pantai ini untuk menyempatkan sedikit berjalan ke Pantai Jikomalamo yang hanya berjarak 2 kilometer dari pantai Sulamadaha dan berada di kawasan wisata di utara Kota Ternate.

11 Ulasan untuk Pantai Sulamadaha, Ternate, Maluku Utara

  1. Pantai yang keren, air bersih dan jernih cocok untuk berenang dan snorkeling, paling suka kesini saat ke ternate, karena suasanya sangat tenang dan cukup tersembunyi, bentuknya seperti teluk kecil dengan banyak pohon rimbun di sekitar.. Ikan ikan disini sangat jinak, dan tidak terlalu takut dengan manusia

  2. Pantai Sulamadaha yg memiliki pasir pantai berwarna hitam dan memiliki eksotisme yang bagus. Jika cuaca cerah bisa melihat langsung pemandangan Pulau Halmahera dan aktivitas kapal. Banyak tempat-tempat istirahat di sepanjang pantai ini. Dengan harapan banyak wisatawan lokal atau mancanegara yang datang ke tempat wisata ini. Terima kasih

  3. Salah satu destinasi yg wajib dikunjungi di Ternate

  4. Pantai Sulamadaha merupakan salah satu pantai paling jernih versi detik travel. Letaknya tidak begitu jauh dari kota Ternate jadi kalau pakai motor tidak sampai satu jam. Pakai mobil pun sama. Untuk pantainya yang di bagian luar dekat pintu masuk tidak begitu bagus alias biasa saja. Pasirnya hitam dan tidak begitu jernih tapi spot buat mengambil gambar sangat bagus karena Pulau Hiri yang merupakan gunung di tengah laut jadi background pemandangan saat berfoto di situ. Intinya pantai di situ tidak begitu indah tapi untuk foto sangat bagus. Nah kalau pantainya yang jernih san indah sebagaimana menurut detik travel, harus masuk lagi ke dalam hol (teluk menurut orang Maluku). Ke situ bisa dengan jalan kaki atau pakai motor lewati setapak, kalau pakai mobil cukup sampai di dekat gerbang atau di pantai luar saja karena jalannya hanya setapak kecil dan menanjak ketas kemudian turun ke bawah menuju hol. Saya lebih menyukai jalan kaki karena dalam perjalanan kita bisa merasakan keindahan pantainya sambil menangkap setiap gambar yang ada. Sampai ke hol lelah saat berjalan akan hilang karena dibayar dengan suguhan pemandangan yang teramat begitu indah. Airnya benar jernih dan rasanya ingin langsung lompat karena teduh dan menggoda untuk berenang. Ada jembatan kayu untuk loncat dan ada penjual makanan di warung-warung. Sayangnya, kehadiran penjual dengan membuat warung di sekitar pantai dalam hol justeru membuat pemandangan sedikit terganggu jika kita hendak mengambik gambar dari atas karena tampak atap warung sehingga kurang alami lagi. Pas saya datang, jaring milik warga pun ada di tengah pantai sehingga pemandangan menjadi kurang menarik. Tapi saya kasih bintang 5 karena waktu itu saya senang sekali bisa ke sana dan ingin langsung loncat ke pantainya. . Demikian ulasan saya, semoga bisa membantu para kawan sekalian. Salam kenal dan salam trevelling… 😉

  5. Bagi yang senang snorkling, bisa mengunjungi tempat ini. Walaupun tidak seindah Raja Ampat, tapi dapat memberikan pengalaman tersendiri. Harga makanan disini juga worthed. Sayang, fasilitas mandi dan toliet sangat memprihatinkan.

  6. Pernah dtg so lumayan lama. . Indah bagus…👍👍

  7. Airnya jernih dan tidak terlalu ramai menjadi kan Suasana yang nyaman untuk berenang santai

  8. Masya Allah

  9. pantai di ternate, jernih airnya

  10. Airnya jernih .. tmptnya bagus.. mntp dha

  11. Pantainya indah, airnya sangat jernih, pemandangannya masih asri, semoga bisa terus terjaga kebersihan dan keasriannya

Tinggalkan Balasan