Pantai Gambesi

Pantai Gambesi

Desa Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara 97719, Indonesia.

2 Ulasan

Mungkin Anda tidak asing lagi ya atau bahkan sudah akrab dengan nama Ternate, ya Ternate merupakan sebuah kota di Provinsi Maluku Utara. Sudah tahukah Anda jika Ternate menjelma menjadi salah satu destinasi wisata dengan pesona yang tak kalah indah dari wilayah lainnya ?

Ya, dikarenakan hampir tiap sudut dari kota ini menawarkan wisata unik yang akan meninggalkan kesan bagi wisatawan yang mendatanginya. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Pantai Gambesi yang letaknya tak jauh dari Pantai Fitu di Ternate.

Silahkan simak informasi Pantai Gambesi melalui tulisan ini ya, agar Anda mengetahui dan mengenal Pantai Gambesi ini.

Sejarah Pantai Gambesi

Pantai Gambesi Maluku

Dahulu pantai ini memiliki hutan mangrove yang berfungsi sebagai pelindung kota. Namun kini hutan tersebut semakin menghilang. Reklamasi pantai yang dilakukan disebut sebagai salah satu faktor penyebabnya.

Selain itu, ditambah dengan kurangnya kesadaran warga masyarakat ini seperti membuang sampah di sekitar hutan mangrove, dan juga pencemaran air laut dari tumpahan bahan bakar minyak dan penambangan pasir.

Semakin hilangnya hutan mangrove ini perlahan berdampak mengancam rumah-rumah dan kebun warga pesisir.

Bahkan di Pantai Gambesi, pada saat laut pasang, hampir sebagian besar kebun milik warga setempat akan menyatu dengan air laut. Oleh karena itu, warga setempat berharap adanya program tanam mangrove yang dilakukan bersama pemerintah setempat Ternate dapat menghasilkan manfaat yang maksimal.

Selain itu, untuk mengantisipasi ancaman abrasi, warga Gambesi juga meminta pemerintah agar membuatkan tanggul pemecah ombak. Sebenarnya, pada tahun 2001 program menanam mangrove di pesisir pantai pernah dilakukan, Namun, ribuan pohon mangrove yang ditanam tak satupun tumbuh besar.

Beberapa wilayah yang berada di Kota Ternate kini sebagian besar telah mengalami perubahan fisik. Yaitu pergeseran garis pantainya. Selain itu, Kurangnya perawatan dan pengawasan mangrove juga merupakan penyebab gagal-nya penanaman pohon mangrove di kawasan ini.

Maka, pada tahun 2016, Dinas Pertanian Perkebunan mengajak warga setempat untuk berbondong-bondong menanam mangrove di kawasan Pantai  Gambesi. Dengan harapan, tanaman ini dapat tumbuh dengan kesadaran para warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Gambesi

Untuk berkunjung ke Pantai Gambesi, hingga saat ini tidak ada tiket masuk yang dibebankan oleh pengunjung. Sehingga Anda bisa dengan mudah dan bebas akses mendatangi pantai ini.

Rute Menuju Pantai Gambesi

Alamat Pantai Gambesi

Pantai ini terletak di jalan Raya Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara. Untuk rute yang bisa ditempuh yaitu dari Jalan Kampus Unkhair, setelah itu lurus saja hingga ke Desa Gambesi.

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau bisa juga menanyakan rute tercepat kepada warga sekitar, untuk bisa sampai ke Pantai Gambesi.

Obyek Wisata Pantai Gambesi

Adanya abrasi laut yang menghampiri bibir Pantai Gambesi, menyebabkan tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Gambesi ini.

Meskipun demikian, jika Anda memang ingin mengunjungi pantai ini, Anda tetap dapat melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda.

1. Menikmati Pemandangan Pantai dan Gunung

Fasilitas Pantai Gambesi

Mengingat Pantai Gambesi ini terletak tidak jauh dari Pantai Fitu, maka di pantai ini Anda juga bisa melihat pemandangan berupa gunung yang di uang pecahan seribu. Namun, sedikit berbeda karena gunung tersebut tampak separuh dikarenakan view ini dilihat dari samping.

Meskipun demikian, hal ini tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Gambesi. Selain itu, Anda juga akan melihat lautan dengan perahu-perahu milik nelayan yang sedang parkir berjajar.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Gambesi

Selain pemandangan gunung dan perairan yang cukup menyejukkan, Ketika sore hari pun Anda bisa menikmati panorama alam yang begitu indah yaitu sunset. Ya, Anda bisa melihat pemandangan matahari yang mulai tenggelam di sisi barat pantai.

Perpaduan warna dan suasana yang hangat begitu terasa indah. Sehingga, Anda pun bisa mengabadikan panorama alam ini dengan lensa kamera Anda.

2. Bermain Bola

Wisata Pantai Gambesi Ternate

Anak-anak penduduk sekitar Pantai Gambesi juga gemar bermain bola di kawasan pantai. Sehingga, Anda pun bisa mencobanya dengan melakukan aktivitas bermain bola pantai, tetapi harus membawa bola sendiri ya.

Dengan begitu, Anda bisa bermain bola bersama teman, keluarga atau anak-anak asli warga setempat. Yang perlu diingat adalah ketika bermain bola maka tetap berhati-hati ya! agar tidak bermain bola hingga ke ujung pantai.

Fasilitas di Pantai Gambesi

Sayangnya, hingga saat ini belum ada fasilitas yang mendukung di Pantai Gambesi ini. Oleh karena itu, jika Anda akan mengunjungi Pantai Gambesi sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu peralatan dan kebutuhan pribadi Anda.

Saran Ketika Berlibur di Pantai Gambesi

Apa sih yang perlu diperhatikan kala berlibur di pantai ini?

1. Membawa Obat-obatan Pribadi

Mengingat Pantai Gambesi belum dikelola dengan baik, sert belum adanya pos penjagaan atau pengamanan bagi wisatawan. Maka, sebaiknya Anda membawa obat-obatan pribadi agar tidak kewalahan mencari toko maupun penjual obat yang Anda butuhkan.

2. Membawa Bekal Makan dan Minum

Pantai Gambesi ini juga tidak memiliki warung atau rumah makan yang berdiri di kawasan Pantai, jadi sebaiknya Anda membawa bekal sendiri ya, agar ketika Anda berada di Pantai ini tidak merasakan lapar dan terhindar dari dahaga.

3. Membawa Kamera

Iya, jangan lupa juga ya untuk membawa kamera. Agar Anda bisa mengabadikan momen dengan berbagai pemandangan di Pantai Gambesi. Selain kamera, Anda juga bisa membawa peralatan penunjang berfoto seperti kacamata atau topi agar hasil foto Anda semakin menarik.

4. Menjaga Kebersihan

Untuk mendukung penanaman pohon mangrove yang telah ditanam, maka sebaiknya jika datang ke Pantai Gambesi ini diharapkan menjaga kebersihan dan keindahan pantai ya. Selain itu juga janganlah merusak namun tetap menjaga tanaman mangrove yang berada di kawasan ini ya, mengingat tanaman ini sangat sulit perawatan-nya.

Demikian informasi wisata Pantai Gambesi di Ternate. Semoga dapat menambah informasi wisata di Ternate meskipun pantai ini belum begitu populer dan kurang tertata.

Kedepan semoga pemerintah lebih memperhatikan pantai ini dan masyarakat semakin sadar untuk mengelola pantai ini. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Fitu di Kota Ternate ini.

2 Ulasan untuk Pantai Gambesi, Ternate, Maluku Utara

Tinggalkan Balasan