Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo

Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara 97751, Indonesia.

10 Ulasan

Jika Anda di Ternate, sempatkan untuk datang mengunjungi objek wisata Pantai Jikomalamo. Dikarenakan, Pantai Jikomalamo termasuk salah satu pantai yang masih naik daun bagi para wisatawan.

Kenapa Pantai Jikomalamo? Karena pantai ini memiliki pasir putihnya yang menawan. Selain itu, Anda akan dimanjakan dengan air lautnya yang berwarna biru dan jernih.

Namun tak hanya itu saja, ternyata masih banyak keindahan yang dimiliki oleh pantai ini. Nah, untuk mengetahui daya tarik lain dari wisata Pantai Jikomalamo ini, Anda harus menyimak ulasan dibawah ini dulu ya.

Sejarah Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo

Hingga saat ini, tidak ada History atau sejarah yang menyelimuti Pantai Jikomalamo ini. Nama pantai ini sebenarnya diambil dari nama desa yang berada di Pulau Hili, yaitu pulau yang berada tepat di depan teluk ini.

Pantai Jikomalamo baru mulai berkembang pada tahun 2015. Pemerintah juga sudah membangun berbagai fasilitas seperti akses untuk menuju pantai yang dahulu dari jalan tanah namun sudah halus di aspal. Sehingga memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru di Kota Ternate. Tetapi, dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya maka, masyarakat Kota Ternate menjadikan Pantai ini sebagai tempat wisata yang diminati dan cukup populer.

Meskipun demikian, untuk memasuki kawasan wisata ini belum dipungut biaya tiket masuk, alias gratis bagi wisatawan. Oleh karena itu, Anda bisa berkunjung mengajak keluarga, teman atau komunitas Anda ya.

Rute Menuju Pantai Jikomalamo

Rute Menuju Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo berada di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Untuk sampai ke objek wisata Pantai Jikomalamo ini, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Ternate. Jika menggunakan kendaraann waktu tempuh sekitar 20 menit hingga 30 menit.

Jarak pantai ini dengan pantai Sulamadaha hanya sekitar 2 kilometer saja. Dengan begitu Anda bisa mengunjungi pantai ini juga, biasanya wisatawan berkunjung dahulu ke Pantai Sulamadaha dan kemudian melanjutkan ke Pantai ini.

Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau dengan melihat papan nama yang sudah tersedia. Ketika tiba di Kelurahan Takome, Anda tinggal menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer untuk tiba di lokasi wisata Pantai Jikomalamo.

Obyek Wisata Pantai Jikomalamo

Pantai ini memberikan keunikan yang berbeda jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Kota Ternate.

Pantai Jikomalamo ini hanya memiliki panjang garis pantai sekitar 100 meter, namun memiliki daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

1. Air Laut yang Jernih dan Tenang

Wisata Pantai Jikomalamo Ternate

Pantai Jikomalamo ini memiliki air laut yang sangat jernih dan bersih. Sehingga, jika Anda berada di pantai ini akan bisa melihat keindahan bawah laut meskipun hanya dilihat dari permukaan.

Oleh karena itu, kejernihan air laut ini menjadikan tampak begitu segar dan seperti mengajak pengunjung untuk mencoba menyelam ke dalamnya.

2. Hamparan Pasir Putih

Pantai Jikomalamo Ternate

Selain keanekaragaman laut yang mempesona, wisata pantai Jikomalamo juga memiliki keunikan tersendiri yaitu pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Hal inilah yang membuat para pengunjung merasa takjub.

Uniknya pantai Jikomalamo diapit oleh dua pantai yang berpasir hitam. Seperti yang berada di bagian selatan, yaitu salah satu pantai di Takome yang memiliki pasir berwarna hitam. Sehingga dapat dikatakan bahwa wisata pantai Jikomalamo ini unik.

Adanya hamparan pasir putih yang kecil ini, dapat digunakan oleh wisatawan sebagai tempat berjemur dan bermain. Anda dapat bermain layang-layang, bpla voli, dan membuat istana pasir yang tentunya pasir putih ini aman dikarenakan pasir-nya bertekstur halus.

3. Berenang

Berenang Di Pantai Jikomalamo

Nah bagi Anda yang merasa tidak sabar untuk merasakan dingin-nya air laut, Anda bisa bermain air atau berenang di pantai ini. Ditambah lagi, di tengah-tengah tempat wisata ini ada sebuah jembatan beton yang sering dimanfaatkan sebagai sarana bermain.

Bagi Anda yang tidak berani melompat dari jembatan beton atau belum mahir berenang pun tak apa. Dikarenakan Anda bisa mencoba menggunakan pelampung atau ban dalam untuk berenang. Ban ini tersedia dengan berbagai macam ukuran, Anda dapat menyewa-nya di pemilik warung makan di lokasi wisata.

4. Diving dan Snorkeling

Diving Di Pantai Jikomalamo

Ketika berada di pantai Jikomalamo maka akan terasa seperti terhipnotis dengan keunikan air laut yang sangat jernih, sehingga pantai ini pun bisa dipergunakan untuk diving atau snorkeling.

Anda bisa menikmati pesona bawah laut dan menemukan berbagai biota yang tersimpan di sana, karena kawasan ini memiliki keanekaragaman biota laut yang dijaga dengan baik. Pemandangan bawah laut yang disuguhkan seperti terumbu karang, rumput laut, ikan yang berwarna-warni yang begitu memanjakan mata penyelam.

5. Banana Boat dan Kano

Naik Banana Boat Di Pantai Jikomalamo

Bagi Anda yang masih kurang menikmati pemandangan pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas yang cukup memacu adrenalin. Yaitu dengan menyewa banana boat yang tersedia di tempat penyewaan pantai ini.

Selain itu, Anda juga bisa bersantai dengan menaiki perahu kano yang begitu terlihat mengasyikan. Tak perlu ragu karena ombak pantai ini cukup tenang, sehingga Anda tidak akan tergelimpang dari perahu kano.

6. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Jikomalamo

Sunset di pantai ini juga menjadi salah satu yang ditunggu oleh para wisatawan. Anda dapat menikmati berlibur di Pantai Jikomalamo ini hingga sore hari.

Aktivitas ini dapat Anda lakukan dengan memandang Pulau Hiri disertai mentari yang mulai tenggelam membuat sunset di pantai sangat layak dinikmati dan diabadikan pada jepretan lensa kamera.

Fasilitas di Pantai Jikomalamo

Agar memudahkan para wisatawan yang sedang berkunjung dan berlibur di Pantai Jikomalamo ini, berbagai fasilitas pendukung sudah disediakan.

Jadi Anda tak perlu bersusah payah ketika berlibur di sini, adapun fasilitas pendukung yang sudah tersedia di pantai ini, antara lain:

1. Area parkir

Fasilitas pendukung bagi wisatawan yaitu adanya lokasi parkir yang memang diperuntukkan parkir kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa memarkir kendaraan dengan aman di area tersebut.

Meskipun untuk memasuki kawasan pantai ini gratis, namun Anda akan dikenakan tarif parkir kendaraan untuk imbalan jasa petugas parkir. Jika menggunakan kendaraan roda dua, petugas parkir akan memungut Rp. 5.000,- sementara, Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Tempat Penyewaan Alat

Dahulu, jika wisatawan ingin melakukan snorkeling atau diving harus membawa peralatan sendiri dari rumah. Namun, seiring berjalannya waktu objek wisata pantai ini sudah menyediakan tempat penyewaan alat tersebut.

Bertempat di sebelah sisi utara pantai, penyedia peralatan snorkeling atau diving bernama La-Conna Dive Club, dengan didirikan sebuah patung kecil di depannya.

Dengan demikian, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving di sini, tentunya tempat ini juga dijaga oleh petugas yang berpengalaman, sehingga Anda dapat bertanya mengenai snorkeling dan diving di pantai ini.

Bagi Anda yang siap melakukan snorkeling, spotnya sudah ditentukan dan tempatnya biasanya berada di depan atau sekitaran La-Conna Dive Club.

Namun, apabila Anda ingin melakukan snorkeling agak jauh, maka Anda dapat mengatakan ke petugas yang nantinya Anda akan ditemani oleh para petugas yang berpengalaman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitupun sama halnya dengan wisatawan yang akan menyewa peralatan diving. Bagi wisatawan yang sudah memiliki lisensi menyelam, maka dapat menentukan spot diving, baik di Pantai Jikomalamo maupun di dekat Pantai Sulamadaha.

Pastinya juga akan tetap ditemani oleh petugas yang menggunakan speedboat.

3. Warung Makan

Setelah puas menikmati pesona wisata Jikomalamo ataupun mencoba berbagai aktivitas. Anda pun bisa memilih berbagai menu makanan dan minuman yang tersedia di deretan warung makan di tepi pantai.

Berbagai menu seperti olahan seafood, mie instan, pisang goreng dan menu lainnya. Untuk minumannya pun Anda bisa memesan es kelapa muda untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas di pantai ini.

4. Kamar Mandi dan Toilet

Untuk berganti pakaian atau mandi pun tak perlu bingung lagi, dikarenakan ketika di Pantai Jikomalamo cukup mudah menemukan toilet. Dikarenakan, toilet ini tersedia dan berada di masing-masing warung makan.

Kami juga akan memberikan sedikit tips jika Anda akan berlibur ke Pantai Jikomalamo ini yaitu untuk membawa kamera anti air.

Hal ini digunakan untuk mengabadikan momen-momen indah di sana apalagi ketika menyelam.

Sungguh menarik sekali ya keindahan yang dimiliki oleh Pantai Jikomalamo ini. Jika Anda tertarik dengan keindahan dan penasaran dengan pantai ini, silahkan segera atur jadwal liburan Anda ke pantai ini.

Pantai ini cukup ramai pada saat hari minggu atau hari libur. Jadi sebaiknya jika Anda tidak menginginkan wisata yang tidak terlalu ramai maka datanglah pada hari biasa saja.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Jikomalamo di Ternate. Jangan lupa untuk singgah di Pantai ini jika Anda sedang berkunjug ke kota Ternate.

Anda juga dapat liburan ke pantai ke Pantai Fitu dan Pantai Gambesi yang terdapat di kota Ternate.

10 Ulasan untuk Pantai Jikomalamo, Ternate, Maluku Utara

  1. Pantai ini berdekatan dengan tempat wisata Batu Angus. Pemandangannya juga indah. Salah satu destinasi yang direkomendasikan apabila kita ingin berkunjung ke Ternate. Suasana yang cerah saat musim panas, dilengkapi dengan air jernih biru di pantainya serta pemandangan gunung di depannua menambah nilai keindahan pantai ini. Pengunjung juga bisa berenang di pantai ini. Di sekitar pantai ini juga dilengkapi dengan warung makan.

  2. Vitamin sea yang bisa menyembuhkan penat setelah seminggu bekerja. Pisang mulu bebe dan es kelapanya cocok buat nemenin nongkrong. Nyaman buat snorkling. Sayangnya banyak speed yang masuk sampai ke tempat snorkling sehingga minyaknya berceceran. Banana boat juga terlalu dekat dengan tempat berenang jadi berisiko menabrak pengunjung yang sedang berenang. Ada baiknya speed maupun banana boat diberikan tempat yang terpisah dari tempat berenang.

  3. Pntainya saya suka slnya bsa lihat pulau hiri di seberang sana airnya juga jrnih makann yg pling saya suka tiap kali ke jikomalamo itu es klpa muda pke gula merah,mie kuah,pisang mulu bebe enak skli oh..iya di sni jga bisa buat mnyelam ada juga banana boat pkoknya tmpt ini tmpt favorit keluarga klau lagi liburan krna klau di hri libur psti rame kt jga tdk prlu khwtir dngn kamar gntinya krna di tiap tmpt makannya sudh disiapkn kmar gnti sama air brsih untuk mandi kemudian bisa lihat sunset jga dri sini,jikomalamo ini mnurt saya bsa di bilng saudaranya hol sulamadaha jdi tmn” yg udah mengunjungi sulamadaha wajib juga bt kesini nggk bakalan nyesal

  4. Salah satu pantai terbaik di kota Ternate, terumbu karang dan ikannya cantik cantik tempat santai sambil menikmati sunset.. Karna baru dibuka perlu diperhatikan tempat bilas dan toilet

  5. Tempat rekreasi keluarga yg sangat indah dengan pemandangan gunung membuat pantai tersebut lebih banyak diminati, di sana juga terdapar wisata Banana boat …..laut yg jernih….disana juga teraedia berbagai makanan di warung warung yg sudah di sediakan…

  6. Ini salah satu lokasi wisata yang ada di kota Ternate jarak dari pusat kota ke pantai ini sekitar 12km atau 1 jam dengan kendaraan roda dua. Lautnya memiliki air yang sangat jernih, terumbu karang di dalamnya juga indah masih terjaga,meskipun begitu para pengunjung diharapkan ikut menjaga kelestarian terumbu karang dan biota di dalamnya. Ikan2nya bagus2 dan lucu, seakan-akan sangat jinak, ketika para pengunjung turun langsung dikerubungin oleh ikan-ikan tersebut. Sayangnya air tawar untuk bilas di sini sangat terbatas. Tidak semua pondok-pondok yang ada menyediakan kamar bilas, air tawar bersih untuk bilas. Pesan saya jaga kelestarian terumbu karang dan biota di pantai ini ya…

  7. Pantai yang mulai berkembang dan rame pada tahun 2015, mulai dari jalan tanah dan pondok2 plastik sampai dengan kondisi yang lebih baik saat ini, seperti jalan yang sudah diaspal, spot selfi, pondok2 kayu, penyewaan peralatan diving , cottage dsb. Saat ini Pantai Jikomalamo menjadi tujuan utama para wisatawan baik masyarakat lokal Ternate maupun luar daerah, dengan lokasi berbentuk teluk yang bagus, air yang jernih, terumbu karang masih baik serta banyak ikan2 di lokasi , membuat para pengunjungbetah berlama2 untuk mandi di laut. Hanya perlu dirapihkan lagi untuk pondok2 makanannya serta pengaturan agar perahu2/speed boat tidak seenaknya melintas di area teluk sehingga tidak membahayakan wisatawan yang sedang berenang atau diving.

  8. Luar biasa indah tempat ini guys.. Kalau ke ternate Wajib ke pantai jikomalamo.. Disini bisa diving juga syg.. Lautnya masih terjaga 😍

  9. Airnya bersih, akses jalan bagus masakannya di warung2 seputaran pantai lumayan enak, harga bersahabat.

  10. Pantai yang indah ada fasilitas diving jg… Di pinggiran pantai banyak tempat berdagang dan cocok untuk duduk santai sambil ngopi

Tinggalkan Balasan