Pantai Kastela

Pantai Kastela

Desa Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara 97751, Indonesia.

14 Ulasan

Ternate memang memiliki banyak tempat objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Salah satunya yakni wisata pantai yang bernama Pantai Kastela. Pantai ini dikatakan sebagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri lho.

Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih dan terdapat juga kerikil-kerikil dengan berbagai ukuran. Pada bagian bibir pantai ini juga terdapat batu karang yang bermunculan ketika air laut surut.

Selain beberapa hal diatas, ternyata masih ada juga keunikan lain yang bisa membuat tertarik para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Untuk mengetahui hal menarik lainnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Pantai Kastela

Wisata Pantai Kastela Ternate

Ketika berada di kawasan Pantai Kastela, Anda akan disambut oleh sebuah bangunan sisa peninggalan kolonial sekitar abad ke-15. Bangunan ini bernama Benteng Kastela. Kondisinya pun memang sudah hancur. Meskipun demikian benteng ini masih memperlihatkan kemegahannya.

Berdasarkan catatan sejarah, bangunan tersebut telah dibangun selama 20 tahun secara bertahap. Benteng ini menjadi saksi bisu pembunuhan Sultan Khairun Jamil oleh Antonio Pimental pada saat kepemimpinan Portugis ke-18.

Berikutnya, Benteng Kastela juga sempat dikuasai Spanyol pada abad ke-16. Menurut penuturan warga Kastela, mereka lebih menyebut Pantai Kastela dengan nama Pantai Gam Lamo.

Gam lamo merupakan kata yang diambil dari bahasa Ternate yang memiliki arti yaitu kampung besar. Kata Gam Lamo sendiri juga diambil dari kata yang ada pada sebuah benteng hasil karya Antonio de Brito yang dibangun pada tahun 1522.

Harga Tiket Masuk Pantai Kastela

Jika Anda akan memasuki kawasan Pantai Kastela, maka Anda harus melewati sebuah jalan dan sebuah gerbang yang digunakan oleh warga untuk memungut retribusi tanda masuk tempat wisata Pantai Kastela.

Bagi wisatawan yang akan memasuki objek wisata maka dikenakan biaya Rp 2000 per orang, sementara untuk kendaraan roda dua akan dikenakan tarif Rp 5000 dan Rp 10.000 bagi kendaraan roda empat.

Rute Menuju Pantai Kastela

Pantai Kastela

Pantai Kastela berlokasi di Desa Kastela, Kecamtan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara. Untuk mengunjungi objek wisata ini memang tidak sulit. Pantai ini terletak di sekitar benteng Gamlamo dan juga Monumen Sultan Khairun.

Anda bisa menggunakan kendaraan atau transportasi umum yang menuju ke kecamatan pulau Ternate. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda dua, dengan menempuh jarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Ternate.

Anda bisa menggunakan peta digital yang tersedia di ponsel yang Anda miliki, dengan memanfaatkan aplikasi berupa google maps untuk memilih akses jalan dan juga rute tercepat. Waktu yang dibutuhkan antara 25 menit hingga 30 menit perjalanan.

Obyek Wisata Pantai Kastela

Meskipun pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi pada hari biasa, namun pantai ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Oleh karena itu, yang menjadi daya tarik Pantai Kastela, yaitu:

1. Wisata Sejarah 

Pantai Kastela Ternate

Pantai Kastela ini merupakan sebuah objek wisata yang memiliki keindahan alam dan sejarah yang sudah menjadi cerita warga Ternate.

Meskipun pantai ini tidak seramai seperti Pantai Jikomalamo atau Pantai Sulamadaha yang juga berada di Ternate, namun nama Pantai Kastela tidak dapat dipisahkan dengan adanya bangunan peninggalan masa lampau.

Bangunan ini yakni benteng Nostra Senhora de Rosario atau benteng Gamlamo. Hal ini menjadikan nilai tambah pemandangan Pantai Kastela.

2. Bermain Air dan Berenang

Pantai Kastela memiliki karakteristik ombak yang tenang. Maka, pantai ini bisa dipergunakan sebagai tempat bermain air dan juga berenang bagi para wisatawan.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda juga berhati-hati ya sewaktu bermain air di kawasan pantai ini. Sebaiknya bermain air di tempat yang cukup aman, sehingga liburan Anda akan terkesan asik dan lancar tanpa suatu hambatan.

3. Berjalan Menyusuri Pantai

Wisata Pantai Kastela

Bagi Anda yang lupa membawa baju ganti ataupun memang tidak ingin berenang di pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas dengan berjalan-jalan menyusuri kawasan pantai.

Selain dapat mengexplore lebih jauh keindahan pantai ini, dengan berjalan-jalan menyusuri pantai pun Anda dapat sejenak merefresh pikiran. Tentunya dengan pemandangan dan hembusan angin yang berhembus sepoi-sepoi.

4. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Kastela

Kawasan objek wisata Pantai Kastela merupakan salah satu kawasan wisata di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pantai Kastela pun disebut memiliki keindahan berupa panorama alam yang bisa dilihat ketika sore atau senja tiba.

Panorama ini adalah sunset dengan melihat mentari yang mulai tenggelam dan hari berganti malam. Hal ini terjadi dikarenakan pantai ini terletak di sisi bagian barat Pulau Ternate.

Untuk mendukung dan menambah aktivitas yang cukup asik ketika berlibur di pantai ini, jangan lupa juga ya membawa kamera. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan berbagai kegiatan berlibur ketika di Pantai Kastela yang terekam dalam jepretan lensa kamera, sehingga menjadikan suatu kenangan yang tak terlupakan.

Fasilitas di Pantai Kastela

Pantai Kastela ini juga memiliki fasilitas pendukung yang tersedia bagi para pengunjung. Meskipun tidaklah lengkap, namun diharapkan jika fasilitas ini bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan baik oleh para wisatawan yang datang.

Adapun fasilitas pendukung Pantai kastela yang sudah ada, adalah :

1. Area Parkir

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di area parkir yang sudah tersedia di kawasan pantai ini.

2. Gazebo dan Tempat Duduk

Gazebo juga sudah tersedia oleh pengelola yang berada di kawasan pantai. Namun sayangnya, fasilitas pendukung berupa gazebo ini jumlahnya tidak banyak, hanya ada beberapa unit saja.

Selain gazebo tempat duduk di dekat pantai pun sudah tersedia, namun juga sama seperti gazebo yaitu jumlahnya terbatas. Hal ini menjadi permasalahan ketika pantai ini sedang ramai wisatawan.

Saat suasana ramai, wisatawan terkadang tidak mendapatkan gazebo ataupun tempat duduk yang tersedia. Oleh karena itu, sebaiknya pengelola untuk menambah unit gazebo dan tempat duduk agar para pengunjung lebih merasa nyaman untuk menikmati liburannya.

3. Warung Makan

Di pantai Kastela juga sudah tersedia warung makan. Dengan begitu, Anda bisa memilih warung makan untuk menikmati berbagai macam menu makanan, seperti pisang mulu bebe yang dimakan dengan sambal, kelapa bulat, atau minuman berupa kopi dengan aroma cinnamon, khas Ternate.

4. Kamar Mandi dan Toilet

Selain beberapa fasilitas yang sudah disebutkan diatas, fasilitas yang sangat dicari oleh wisatawan adalah toilet. Nah, berada di kawasan pantai ini pun Anda tak perlu kebingungan mencari toilet.

Dikarenakan toilet sudah disediakan oleh pengelola dan bisa digunakan. Namun, kondisinya seperti kurang terawat. Maka, sebaiknya perlu adanya perawatan oleh pengelola dan juga bagi para wisatawan seharusnya tetap menjaga kebersihan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai wisata Pantai Kastela. Semoga dengan ulasan ini dapat menambah informasi tujuan berlibur Anda ke Pantai Kastela.

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke objek wisata pantai di Ternate lainnya, seperti Pantai Akerica. Nyatanya objek wisata di kawasan ini tidaklah kalah eksotis.

14 Ulasan untuk Pantai Kastela, Ternate, Maluku Utara

  1. Asyik banget aku saat sampai di sana langsung renang loh

  2. Terletak di dekat benteng Gamlamo dan Monumen Sultan Khairun. Pantai ini merupakan tempat wisata alam dan sejarah . Disini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dibawah sejuknya pepohonan serta terbenamnya matahari saat senja.. . Sebuah pantai indah damai yang banyak penjual penganan ringan seperti pisang mulubebe yang dimakan dengan sambal, kelapa bulat, atau kopi dengan aroma cinnamon, khas Ternate! Selain itu pantai ini juga banyak kambing liar, saya senang memberikan sedikit daging kelapa bersama anak-anak kambing yang berkumpul di dekat kaki.

  3. Akses mudah menggunakan mobil dari kota ternate

  4. Pantai yang tenang dan indah pemandangan nya.

  5. Tempatnya cocok buat foto” dan pemandangan nya bagus

  6. Tempatnya bagus cuman belom terrawat dengan baik pemandangannya full laut angin sepoi sepoi

  7. Pantai yang indah untuk penggemar sunset.terletak di dekat benteng castela selatan kota Ternate

  8. Pantai Kastela terletak di dekat Benteng Gam Lamo dan Monumen Sultan Khairun. Pantai ini merupakan tempat wisata alam dan sejarah. Di Panatai Kastela, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan mtahari terbenam

  9. pantainya bagus tapi msh banyak sampah

  10. Tempat santai dengan pemandangan yang indah. Butuh perhatian khusus dari Pemda agar dapat di percantik dan tertata dengan baik.

  11. Tempat menikmati sunset yg pas

  12. Sunset nya luar biasa

  13. Senangnya melihat anak-anak bermain sambil mempelajari tentang biota pantai. Semoga generasi selanjutnya masih bisa menikmati indahnya pantai Kastela.

  14. Pantai masih sepi.. enak buat yang lagi mencari ketenangan hati

Tinggalkan Balasan