Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk

Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573, Indonesia.

1 Ulasan

Pulau Lombok memiliki wisata bahari yang sangat indah, Banyak wisatawan yang menjadikan pulau Lombok sebagai tujuan liburan. Apalagi semenjak MotorGP sukses diselenggarakan di Lombok, membuat pulau Lombok semakin terkenal di dunia.

Selain pemandangannya yang masih alami dan memukau, pulau Lombok juga memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas. Salah satu destinasi wisata bahari yang diminati adalah Pantai Gerupuk.

Pantai Gerupuk atau sering disebut Gerupuk Beach berada di sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Lebih tepatnya, lokasinya terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Gerupuk Di Lombok

Lokasi wisata pantai ini sangat mudah ditemukan. Jadi, jika Anda sedang berlibur ke pantai Kuta Lombok, maka Anda bisa sekalian berkunjung ke Gerupuk Beach. Jarak yang ditempuh sekitar 9 kilometer-an.

Harga Tiket Masuk Pantai Gerupuk

Untuk saat ini biaya masuk atau harga tiket masuk ke pantai Gerupuk di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini masih gratis.

Pengunjung tidak diminta biaya untuk memasuki kawasa pantai yang indah dengan pemandangan memukau ini.

Anda dapat berkunjung ke kawasan pantai Gerupuk ini kapan saja, karena pantai ini dibuka selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk Lombok

Lokasi pantai Gerupuk berada sekitar 9 kilometer dari Pantai Kuta . Anda dapat menggunakan kapal dari kota Mataram untuk menuju ke lokasi pantai Kuta Lombok. Kemudian Anda lanjutkan dengan naik ojek ke lokasi wisata pantai Gerupuk.

Kemudian dari pantai Kuta Anda lanjutkan menuju ke pantai Gerupuk. Namun sebaiknya Anda melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraaan pribadi atau sewa. Hal ini akan mempermudah perjalanan Anda.

Karena jika menggunakan kendaraan pribadi, jalurnya akan lebih lancar dan mudah dilalui. Anda bisa mengambil jalur Mataram – Cakrnegara – Kediri – Praya – Penunjak – Sengkol – Kuta – Desa Gerupuk.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa menaiki angkutan umum jurusan Mataram – Bertais – Praya – Sengkol. Setelah sampai di Sengkol, dilanjutkan dengan naik angkutan umum ke Sengkol – Kuta.

Sesampai di Kuta Anda dapat melanjutkan dengan menggunakan ojek yang beroperasi di sekitar Kuta Lombok menuju ke pantai Gerupuk. Anda akan langsung tiba di pantai Gerupuk yang masih alami.

Obyek Wisata di Pantai Gerupuk

Selama berada di sekitar pantai, Anda dapat menikmati obyek menarik diantaranya:

1. Menikmati Hamparan Pasir Putih

Wisata Pantai Gerupuk

Hamparan pasir putih yang luas akan menyambut para pengunjung ketika memasuki kawasan pantai Gerupuk.

Anda dapat berjalan menyusuri pantai di atas hamparan pasir sambil menikmati hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

Di bibir pantai terdapat perahu-perahu nelayan yang menambah keindahan pemandangan pantai.

2. Memandang Pantai dari Bukit

Pantai Gerupuk Nusa Tenggara Barat

Di sekitar pantai Gerupuk ini terdapat bukit yang tinggi yang dapat dijadikan tempat berkemah atau tempat berburu photo.

Selain itu Anda dapat mendaki ke bukit di sebelah pantai untuk melihat pemandangan pantai dari atas bukit.

Pemandangan pantai yang diperlihatkan akan sangat indah dan meankjubkan dengan panorama pantai yang berwarna biru tosca.

3. Berselancar

Berselancar Di Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk sudah terkenal dengan ombaknya yang dapat digunakan untuk berselancar. Banyak para pengunjung yang berselancar di pantai ini.

Jika Anda tidak membawa peralatan selancar, Anda dapat menyewa peralatan tersebut di toko yang menyewakan peralatan berselancar di sekitar pantai.

4. Pemandangan Batu Karang

Wisata Pantai Gerupuk Lombok

Terdapat karang menjulang di pantai Gerupuk ini. Pemandangn ini menambah ciri khas wisata pantainya.

Selain berselancar, Anda dapat menyusuri pantai dan batu karang untuk berburu lokasi berphoto uang indah untuk menghiasi akun sosial Anda.

5. Ikut Memanen Rumput Laut

Pantai Gerupuk Lombok Tengah

Ketika Anda memasuki kawasan pantai, Anda akan melihat banyak perahu atau sampan para nelayan yang sedang memanen rumput laut.

Anda dapat ikut terjun untuk membantu para nelayan ketika memanen rumput laut. Pengalaman ini menjadi momen yang sangat indah dilakukan.

6. Mengunjungi Balai Konservasi Kelautan

Di sekitar kawasan pantai terdapat balai konversi kelautan yang dibuka untuk umum. Para pengunjung dapat mengunjunginya di jam 09.00 sampai 15.00.

Banyak satwa ikan yang di perlihatkan di tempat ini. Hal ini akan menambah perbendaharaan Anda tentang pengetahuan satwa laut.

Fasilitas di Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk sudah sangat dikenal oleh para peselancar, jadi pantai ini cukup ramai didatangi oleh para pengunjung pantai. Untuk itu sudah terdapat beberapa fasilitas umum yang sangat memdai.

Fasilitas Umum di Pantai Gerupuk diantaranya:

  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi dan toilet yang cukup memadai
  • Mushola
  • Rumah makan atau warung makan
  • Homestay atau Penginapan
  • Tempat menyewa peralatan surfing
  • Pusat Informasi

Pulau Lombok memang memiliki keindahan wisata pantai dengan pasir putih yang indah. Selain pantai Gerupuk ini masih ada pantai lainnya yang juga indah. Wisata pantai itu seperti pantai Senggigi dan pantai Pink.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Gerupuk di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda sedang berlibur ke Lombok jangan lupa singgah ke pantai yang indah ini.

1 Ulasan untuk Pantai Gerupuk, Lombok, Nusa Tenggara Barat

  1. Pemandangan pantai yang sangat indah dan memukau. Ombaknya sangat pas untuk berselancar. Disekitar pantai juga mudah ditemukan warung makan dan toko-toko penyewaan peraltan selancar. Liburan di pantai Gerupuk ini memang sangat memuaskan.

Tinggalkan Balasan