Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573, Indonesia, Lombok, Nusa Tenggara Barat

23 Ulasan

Banyaknya objek wisata Pantai yang ada di pulau Lombok memang tidak akan ada habisnya, bahkan bukan hanya Pantai, bukit-bukit indah juga menjadi objek wisata yang tidak kalah menarik di pulau Lombok selain Gunung Rinjani. Salah satu Pantai yang tidak kalah mempesona dan terbilang wajib untuk di kunjungi adalah Pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu Pantai indah yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang unik, bahkan tekstur hamparan pasir yang ada di pulau Lombok ini sama seperti butiran Merica. Jika anda menulusuri Pantai ini dengan berjalan kaki, cobalah untuk melepas alas kaki anda dan merasakan seperti sedang menginjak butiran merica.

Walaupun pasir Pantai Tanjung Aan bertekstur seperti butiran merica, namun terbilang sebagai pasir yang halus. Konon katanya pasir putih yang bertekstur seperti butiran merica tersebut adalah fosil-fosil karang. Jika menyentuh kaki kita akan terasa seperti dipijak oleh pasir dan menyetuh saraf-saraf yang terdapat di balik telapak kaki dan tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tanjung Aan

Untuk tarif masuk atau harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan ini hampir sama pada lokasi Pantai di Lombok pada umumnya, namun disini anda tidak akan dikenakan biaya masuk melain biaya parker kendaraan saja. Untuk kendaraan Mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 dan Rp 5.000 untuk parkir Motor.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi di desa Lombok, Pujuk, kabupaten Lombok tengah. Atau lebih tepatnya hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Pantai Kuta Lombok. Untuk mencapai ke lokasi Pantai Tanjung Aan ini, anda akan menempuh jarak kurang lebih 24 Km dari badara internasional Lombok dan 62 Km jika anda mulai dari kota Mataram.

Kondisi jalan untuk menuju ke Pantai Tanjung Aan ini terbilang sangat baik sehingga para wisatawan tidak perlu cemas akan kondisi jalan menuju ke lokasi wisata Pantai Tanjung Aan ini. Jika anda ingin menuju ke Pantai ini dari kota Mataram anda bisa melewati jalur bandara Internasional Lombok dan menuju ke Kuta Lombok.

Setelah itu anda akan bertemu dengan bundaran Mandalika Resort dan anda harus belok kiri. Anda akan menemui beberapa tanjakan, barulah kemudian anda bisa belok ke kanan untuk menujuh Pantai Tanjung Aan.

Walaupun terbilang cukup jauh dari kota Mataram, tetapi anda tidak perlu khawatir akan akomodasi dan penginapan, karena banyak sekali terdapat fasilitas yang mendukung kegiatan wisata anda seperti misalnya penginapan, rumah makan dan fasilitas lainnya. Dan lokasi Pantai Tanjung Aan terbilang sangat strategis Karena dekat dengan kawasan wisata lainnya.

Kegiatan Wisata yang ada di Pantai Tanjung Aan

Selain menikmati keindahan panorama alam dari Pantai Tanjung Aan ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk lebih menikmati keindahan alam yang ada di Pantai ini, antara lainnya sebagai berikut.

1. Berenang dan Bersnorkeling

Pantai Tanjung Aan memiliki ombok yang tidak besar bahkan bisa di bilang cukup tenang di antara Pantai-Pantai yang ada di Lombok lainnya. Serta kedalaman laut yang terbilang cukup dangkal di sekitar Pantai nya memungkingkan wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata seperti berenang.

Bukan hanya itu, Pantai Tanjung Aan juga memiliki keindahan wisata bawah laut yang cukup menarik, oleh sebab itu kegiatan wisata seperti snorkeling juga bisa anda lakukan disini, bahka terdapat banyak kios-kios yang menyewakan perlengkapan berenang dan alat snorkeling di sekitar Pantai Tanjung Aan ini.

2. Berjemur Serta Bermain Pasir

Bagi sebagian orang terutama untuk wisatawan lokal, kegiatan berjemur di Pantai memang tidak terlalu mengasikan. Akan tetapi tidak untuk para wisatawan mancanegara, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi pilihan mereka untuk menikmati sinar mentari sembari menikmati tiupan angina yang menyejukan.

Selain itu, bermain pasir di Pantai ini juga bisa menjadi kegiatan tambahan ketika anda berwisata ke Pantai Tanjung Aan, terlebih tekstur pasir Pantai disini sangat unik.

3. Berselancar

Meskipun ombak di Pantai Tanjung Aan ini cukup tenang, namun mendekati sore hari, air laut akan mulai pasang, sehingga sangat memungkinkan bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas berselancar disini.

4. Bersantai di Pantai

Tujuan utama anda ketika berlibur ke pantai pastinya ialah untuk bersantai, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi pilihan terbaik untuk bersantai di Pantai ketika anda berlibur ke Lombok. Di bagian Pantai Tanjung Aan terdapat beberapa tempat duduk yang terbuat dari bamboo dan paying besar dari kayu dengan atap yang terbuat dari Jerami.

Fasilitas sederhana seperti itu memungkinkan anda untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan, sabil menikmati es kelapa muda.

5. Mendaki Bukit Marese

Bagi anda yang senang sekali melakukan pendakian, lokasi Pantai tanjung Aan bisa menjadi pilihan anda, sebab selain dapat menikmati keindahan panorama lautnya, anda juga bisa mendaki bukit Marese yang berada di kawasan Pantai ini. Dari atas bukit ini anda akan menikmati keindahan bukit hijau bagaikan pemandangan di New Zeland.

23 Ulasan untuk Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

  1. Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai paling indah di Pulau Lombok dengan pasirnya yang putih bersih dan halus serta air lautnya yang biru jernih.. . Wisatawan bisa naik perahu di sini menuju Batu Payung yang letaknya tidak begitu jauh.

  2. Salah satu yg jadi favorit di pantai ini adalah Anak2 fotografernya.. Entah dapat ilmu dmna tp yg jelas hasil fto mereka bisa dikatakan memuaskan… Untuk pantai suasananya panas.. Kurang banyak tanaman.. View bagus.. Pada spot tertentu..

  3. Pantai yang indah. kalo ke lombok rugi ga berkunjung ke sana. mandi sampai puas. foto foto di bukit dan pinggir pantai nya. Walau panas terik tak mengapa. karena ketika mandi tenggelam kan kepala dingin kembali. mari kita jaga keamanan. kebersihan. semoga pemerintah segera memperbaiki akses jalan menuju pesisir pantai tanjung aan.bukit merese dan yang lainnya.

  4. Pantai terbaik pertama kali saya ke lombok. Karena bersihnya, pasir yang putih, pemandangan yang indah, airnya yang jernih banget dan tentunya ada ayunan pinggir pantai sebagai tanda khas pantai lombok. . Saya datang pas siang hari yang lumayan mentereng karna panas. Di pinggir pinggir pantai ada warung-warung kecil kalo kita mau jajan dan ada toilet seadanya kalo kita mau berbasah-basah ria disini namun agak jauh letaknya. Masih sangat nyaman untuk dinikmati. Namun ada beberapa tukang foto dan tukang oleh-oleh khas lombok yang agak memaksa. Kalau tidak berminat maka cuekin saja atau bilang tidak.

  5. Pantai Tanjung Aan terletak dibagian selatan pulau Lombok dan memiliki air yang sangat jernih sehingga bila diliat dari daratan pantai ini sangat biru, pantai ini berada diantara bukit Meresi dan bukit kura-kura, jadi seakan berada diteluk suatu pulau , pasir disini juga sangat putih sehingga sangat kontras dengan warna lautnya yang biru

  6. Pantai Tanjung Aan. Lokasi yang wajib anda kunjungi kalau sedang plesir ke Lombok. Pemandangan cantik, pasir putih, dan air laut yang cukup tenang, ditambah hembusan angin semilir, kombinasi yang pas untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran anda. Saya sarankan siapkan uang untuk jasa fotografer cilik.. Banyak anak-anak (warga lokal) yang menawarkan jasa sebagai fotografer. Hasilnya bagus loh karena konon mereka pernah diberikan pelatihan oleh salah seorang fotografer.. Banyak spot menarik untuk berfoto, saran saya, jangan datang lebih dari jam 5. Rugi rasanya karena tidak cukup waktu untuk explore pantai ini

  7. viewnya sangat bagus, warna airnya juga tidak seperti warna air di pantai-pantai lainnya. yang lebih menarik bukit-bukit di sekelilingnya yang dapat dinaiki untuk melihat view pantai dari atas. yang masih kurang adalah akses menuju tempat ini yang masih belum memadai, jalannya masih sedikit setapak, semoga kedepan bisa lebih diperbaiki. semoga keindahan alamnya tetap terjaga tanpa ada sentuhan sentuhan bangunan yg berlebihan yg dapat merusak keindahan tempat ini.

  8. Pantai kece dengan pasir yang sangat putih, indah dan enak dilihat. Airnya juga jernih. Tapi jalanan menuju pantai ini masih kurang bagus. Lokasinya berada di Lombok Tengah.

  9. Pantai yg indah. Tp PD saat saya ke sana jalannya msh hancur. Naik ke bukit kecil utk mencari view terbaik dr pantai itu. Banyak org berselancar di sana

  10. Suasana pantai saat kami berkunjung sangat sepi, menurut penuturan warga sekitar penurunan pengunjung karena imbas objek wisata batu layar yang tempo hari tumbang dan rusak.

  11. Pantai dengan pasir putih yang indah. Angin dan ombaknya besar. Bisa lebih bagus lagi apabila dikelola dengan lebih baik. Masih ada sampah terlihat di beberapa tempat dan ketika kita bersantai banyak pedagang yang menghampiri dan menawarkan barang dagangannya.

  12. Tempat wisata untuk rekreasi bersama keluarga. Access jalan menuju pantai yang perlu di hotmix & perlu adanya layanan public toilet.

  13. Pantainya indaaaah bgt, tapi agak terganggu sama bapak2 yg ngotot nawarin nyebrang pulau. Udah nolak masih aja dikejar2 terus.

  14. Pantai yg indah,dekat dengan bukit merese patut di kunjungi top buat pemandangan pantainya.

  15. Indah & asik banget buat nyantai 😊. Anak2 kecil yg nawarin jasa motret jg bagus2 hasil fotonya. Kasih tip seikhlasnya bisa difotoin sepuasnya 😊. Minusnya, fasilitas umum msh kurang.

  16. Pemandangan bagus, sayang belum dikelola dengan baik. Banyak lapak-lapak pedagang lokal, juga ada toilet umum. Banyak pedagang-pedagang keliling yang menawarkan souvenir. Saran utk wisatawan, pandai2 menawar harga untuk produk cendera mata yang ditawarkan agar mendapat harga yang pantas. Ada tempat parkir cukup luas.

  17. Pantai yang harus banget kamu kunjungi kalo kalian ke lombok gays bersih banget airnya jernih jugaaa, pokonya sangat recomended

  18. keluek acong aran lek te ni, laguk untung ne bagus lokasi ne

  19. Pantainya bagus, tetapi penjual asongan menjajakan dagangannya mengikuti pengunjung kemanapun pergi sehingga mengganggu kenyamanan. Mereka “memaksa” pengunjung utk membeli. Fasilitas kamar mandi kurang dan tidak bersih.

  20. Pantai tanjung aan ini sungguh sangat indah sekali. Pemandangannya sangat eksotis dan dikelilingi oleh bukit. Bersebelahan dengan bukit marese. Di pantai ini kita bisa bermain pasir berwarna putih yang sangat lembut pasirnya. Bermain ayunan atau sekedar duduk duduk di gazebo di tepian pantai. Tidak ada tiket masuk hanya ada tiket parkir saja.

  21. +++. Pantai sangat bagus dan bersih,. Pasir pantai tanjung ann tidak menempel dikaki, sering di sebut pasir merica,. Bagus untuk lokasi foto. Hanya bayar parkir masuk Rp. 10.000. Ada tempat wudu, mandi dan sholat. Pantai masih sepi. . —. Akses ke lokasi tidaj terlalu bagus, jalanan rusak. Banyak pedagang lokal yang sangat mengganggu, mereka menawarkan produk dan seperti memaksa, tidak akan meninggalkan kita sebelum membeli produk mereka, sangat mengganggu dan merusak kenyamanan,

  22. Pantai Tanjung Aan ini indah sekali, di kejauhan nampak bukit bukit, pasirnya putih, tempatnya bersih, kalau mau santai santai ada semacam gazebo di pinggir pantai, kita bisa sewa dan milih mau yang pake tenda atau yang permanen ada juga tempat berjemur bagi turis asing. Banyak penduduk sekitar yang berjualan kelapa muda dan souvenir, spot foto juga ada di sini yaitu di ayunan pinggir pantai dan di tulisan tanjung aan. Kalau mau lihat pantai tanjung aan dari atas kita bisa sewa boat untuk menuju bukit Merese sewanya 150k pp katanya pemandangan dari atas sangat bagus gaess sayangnya kita ga sempat ke sana karena waktunya sempit. Oh iya kalau ke sini jangan lupa bawa topi dan kacamata hitam ya karena panas atau payung untuk melindungi kita dari sinar matahari yang menyengat. Jadi kalau lagi liburan ke Lombok wajib ke Pantai Tanjung Aan ini ya gaess.

  23. Hari ini tepat tgl 14 februari 2020, bertepatan dengan festival legendaris Bau Nyale. Munculnya cacing2 yang berwarna warni dan diperbutkan untuk ditangkap lalu disabtap oleh masyarakat. Pantai tanjung Aan ini merupakan salah satu spot munculnya nyale. selamat berbau nyale 🙂

Tinggalkan Balasan