Pantai Nambung

Alamat: Nambung, Montong Ajan, Praya Bar. Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar., Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah mulai terkenal layaknya Pulau Dewata, Bali. Tempat wisata yang banyak ditawarkan oleh Lombok adalah wisata pantainya yang masih asri, asli, dan memiliki keunikannya masing – masing. Seperti Pantai Nambung yang memiliki keunikan yang tidak dapat Anda temukan di pantai lain. Bagaimana tidak? Pantai ini menawarkan keindahan pantai, laut, dan air terjun sekaligus.

Pantai Nambung yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Jalan Raya Sekotong, Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Nusa Tenggara Barat cukup membuat penasaran para wisatawan. Membuat Pantai Nambung saat ini sudah mulai populer, menjadi perbincangan oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dan menjadi destinasti wisata mereka, mungkin salah satunya Anda.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nambung

Untuk dapat masuk ke Pantai Nambung, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp 10.000,- setiap orangnya. Cukup murah bukan? Dengan harga tiket masuk Rp 10.000,- Anda sudah dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan di Pantai Nambung nantinya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nambung

Apabila Anda dari Mataram, Pantai Nambung dapat ditempuh dengan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor, maupun mobil selama kurang lebih dua jam. Tidak perlu khawatir dengan perjalanan yang cukup lama, karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, sehingga perjalanan yang lama pun tidak akan terasa. Untuk kondisi jalannya sendiri, jalan menuju Pantai Nambung cukup aman dan nyaman, sudah beraspal namun sekitar 300 – 500 meter menuju pantai, kondisi jalannya seperti jalan di perkampungan, namun tetap aman untuk dilewati.

Obyek Wisata Pantai Nambung

1. Air Terjun di Pantai

Air terjun di Pantai Nambung ini sukses menjadi ikon dan membawa nama Pantai Nambung menjadi salah satu destinasti wisata yang semakin terkenal. Tidak seperti air terjun yang berada di daerah pegunungan yang berasa tawar, air terjun di Pantai Nambung ini berasa asin. Mengapa? Karena air terjun ini berasal dari ombak yang pasang di Pantai Nambung.

Ombak yang pasang tersebut mampu memecah karang – karang besar, melewatinya, kemudian mengalir layaknya air terjun. Sehingga untuk menikmati air terjun asin di pantai ini harus menunggu sampai air laut pasang. Selain itu Anda harus menembus karang – karang besar terlebih dahulu untuk dapat menikmati air terjun ini, atau yang biasa warga lokal menyebutnya “Tanjung Jagog”.

Anda tidak perlu bingung, karena warga sekitar siap memandu dan mengantarkan Anda. Anda cukup dengan menyewa perahunya sebesar Rp. 10.000,- Anda sudah dapat ke Tanjung Jagog, menikmati momen yang menakjubkan tersebut. Tidak hanya itu, dengan biaya Rp. 10.000,- Anda pun sudah dapat berkeliling menikmati keindahan Pantai Nambung. Cukup ekonomis bukan?

2. Berenang Layaknya di Kolam Renang

Seperti layaknya air terjun, yang dibawahnya terdapat seperti kolam, begitupun dengan air terjun di Pantai Nambung ini. Anda dapat berenang di kolam yang terbentuk secara alami ini seperti layaknya berenang di kolam renang. Namun harus tetap hati – hati dan waspada.

3. Deburan Ombak Menghantam Karang

Sebagian sisi di pantai ini memiliki ombak dan angin yang cukup besar, hingga mampu memecah karang – karang besar. Deburan ombak yang besar hingga memecah karang mampu membuat Anda terkagum – kagum karenanya.

4. Area Berselancar

Pantai Nambung adalah pantai yang cukup luas. Sebagian memiliki ombak yang cukup besar, namun sebagian lainnya memiliki arus dan ombak yang cukup tenang. Untuk ombak yang cukup besar dari pantai ini biasa digunakan oleh peselancar profesional untuk berlatih berselancar.

5. Lokasi Foto yang Eksotis

Deburan ombak yang besar hingga tenang, pantai pasir putih yang memanjakan kaki anda, air terjun asin, kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun, perbukitan yang mengelilingi Pantai Nambung, karang – karang besar yang berdiri koko di pantai ini, dan masih banyak lagi tempat – tempat eksotis yang dapat anda jadikan objek berfoto ria di Pantai Nambung ini.

6. Budidaya Rumput Laut

Melihat potensi biota di Pantai Nambung, akhirnya oleh masyarakat sekitar biota tersebut dibudidayakan. Biota seperti apa? Yaitu rumput laut. Budidaya rumput laut ternyata tidak hanya sekadar mata pencaharian bagi warga sekitar, namun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagi Anda yang sedang berlibur membawa anak kecil, Pantai Nambung cocok dijadikan wisata edukasi memperkenalkan laut dan biotanya, yaitu rumput laut,

7. Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Pemandangan Pantai Nambung dibentuk dari perbukitan di sekelilingnya, pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, deburan ombak memecah karang, rumput laut yang dibudidaya warga sekitar di pinggir pantainya, air terjun asin dan kolam alami di bawahnya, membuat Pantai Nambung memiliki keindahan yang sempurna dan lengkap. Belum lagi dengan pemandangan matahari terbenam di pantai ini yang menambah indah pemandangan Pantai Nambung.

8. Wisata Kuliner Seafood

DI sekitar pantai sudah terdapat warung – warung sederhana. Warung – warung tersebut terutama menjajakan makanan laut, berupa ikan segar yang di bakar dengan bumbu tradisional khas sekotong. Bagi anda yang senang wisata kuliner, terutama seafood, Pantai Nambung ini menyediakannya.

Begitu banyak yang ditawarkan oleh Pantai Nambung bukan? Selain air terjun yang menjadi andalan Pantai Nambung, keindahan alam, wisata edukasi, dan kuliner pun disediakan oleh pantai ini. Jadi tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga dan rombongan Anda berkunjung ke pantai ini. Niscaya Anda tidak akan menyesal dengan berkunjung ke Pantai Nambung.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Nambung

  1. Pantai yang cantik dan alami, tp sayangnya tidak ada sentuhan dari pemda setempat, padahal punya potensi untuk menjadi obyek wisata

    7 Juli 2017, 18:59 WIB

  2. Pantainya keren. Tapi serem juga si ombaknya besar banget. Tapi itu yang buat pantai ini makin indah. Perlu hati hati aja jangan terlalu pinggir bisa bisa hanyut kebawa ombak. Tapi beneran pantai in very very beautifull!!! Oya satu lagi di sini panas banget yaa jangan lupa pake sunblock. Dan jangan lupa bawa makanan sendiri soalnya di sini gak ada yang jual makanan cuma ada yang jual kelapa aja. Itupun kadang-kadang. Happy your trip 😊

    29 September 2017, 04:39 WIB

  3. Pantai yg ada view air terjun setelah ombak menghempas batu karang. Mantaaap

    25 Desember 2017, 22:40 WIB

  4. Pantai yang indah dengan garis pantai yang panjang, terdapat air terjun asin di lokasi pantai ini, air terjunnya terbentuk dari deburan ombak yang menghantam karang dan mengalir layaknya air terjun, untuk ke spot air terjunnya harus berjalan kaki menyusuri garis pantai sampai di ujung batu-batu karang, tidak ada parkir khusus di tempat ini, setibanya di lokasi pengunjung bisa menitipkan motor di rumah warga dekat pantai

    29 Januari 2018, 06:25 WIB

  5. Pengalaman kami

    2 Juni 2018, 21:20 WIB

  6. Pantai yang Indah

    30 Juli 2018, 04:32 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Nambung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *