Pantai Selong Belanak

Alamat: Selong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83572, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Jika anda berwisata ke Pulau Lombok, cobalah untuk menyempatkan diri mengunjungi Pantai Selong Belanak yang terletak di kabupaten Lombok Tengah ini. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan tentunya memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan Pantai-Pantai yang ada di pulau Lombok lainnya.

Pantai Selong Belanak terletak di daerah selatan Lombok tengah. Pemandangan yang indah di Pantai ini tidak bisa dinikmati dengan begitu saja, anda harus berkorban untuk menakluki rintangkan saat ingin menuju Pantai Ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Selong Belanak

Untuk menikmati keindahan Pantai Selong Belanak Lombok ini, anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000 saja per orang. Kemudian untuk biaya parkir kendaraan seperti Mobil hanya Rp. 5.000 dan Rp. 2.000 untuk Motor. Biaya yang sangat murah untuk keindahan alam yang tidak tergantikan ini.

Rute dan Lokasi Pantai Selong Belanak Lombok

Perlajalan menuju ke Pantai Selong Belanak yang tidak mudah. Ini lah yang membuat anda harus berkorban untuk menuju ke Pantai ini, sebab anda harus sangat hati-hati ketika menyelusuri jalan untuk menuju Pantai ini. Jalan yang berliku dan turun naik bukit menjadi salah satu alasan yang tepat agar anda harus ekstras hati-hati.

Selain itu, Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang biru jernih ini berada jauh dari perkotaan, maka tak jarang wisatawan bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam untuk menuju ke Pantai ini, itu pun sudah dengan keadaan jalan yang di hotmik.

Jika anda berangkat ke Pantai Selong Belanak dari kota Mataram, anda hanya perlu melaju ke jalur Bandara Lombok saja, kemudian saat anda berada di Perempatan Batujai, anda bisa belok kanan dan mengikuti tikungan hingga bertemu dengan Masjid Nurul Huda Batujai.

Sesampai di pertigaan Masjid, anda bisa belok kiri untuk menuju jalur Penunjak yang nantinya akan membawa anda ke tikungan pasar, yang mana kurang lebih 30 meter dari pasar anda harus belok kanan lagi untuk melewati desa Mungkus.

Lalu setelah itu anda bisa lurus keselatan sampai ke pertigaan yang ada Gapura Selong Beranak yang merupakan pintu menuju Pantai Selong  Belanak. Dari Gapura tersebut, anda hanya perlu lurus hingga menjumpai hamparan pasir putih yang indah dari Pantai Selong Belanak ini.

Kegiatan Wisata di Pantai Selong Belanak

Selain menikmati keindahan panorama Pantai Selong Belanak Lombok ini, ada beberapa kegiatan wisata yang bisa anda lakukan sambil menikmati keindahan Pantai nya, antara lain seperti :

1. Menelurusi Pantai Selong Belanak menggunakan Perahu

Di sekitar kawasan Pantai Selong Belanak ini terdapat banyak sekali perahu nelayan setempat yang siap mengantarkan anda untuk menjelajahi Pantai selong Belanak ini dari jalur laut. Wisatawan hanya cukup membayar sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya.

Jika anda tidak ingin bermain air atau basah-basahan, anda tetap bisa menikmati dan menulusuri keindahan Pantai ini dengan berjalan kaki di pinggir Pantai, bahkan terasa lebih  menyenangkan dan menantang jika dilakukan dengan beramai-ramai.

Selain menyelusuri bibir Pantai Selong Belanak ini, anda bisa menuju ke tumpukan batu-batu besar yang tidak terlalu jauh dari Pantai Selong Belanak tersebut, namun anda harus menyinsing celana anda agar tidak basah-basahan saat menuju ke kawasan batu tersebut.

2. Bermain Pasir di Pantai Selong Belanak

Pasir putih yang menghampar luas di bibir Pantai Selong Belanak ini, membuat siapa saja yang datang mengunjungi Pantai ini akan terkagum-kagum melihat keindahannya, ditambah dengan panorama alam lainnya, yang seakan berbaris rapi dan serasi dengan kekayaan Pantai di Lombok ini.

Selain itu, kelembutan pasir putihnya bisa menambah kegiatan wisata Pantai yang ada di Pantai Selong Belanak ini, yang mana para wisatawan khususnya wisatawan yang membawa anak mereka atau berwisata keluarga, bisa bermain dan membuat istana pasir dengan pasir putih yang lembut tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa pasir putih yang ada di Pantai indah ini sangat terasa lembut tidak seperti pasir-pasir putih yang ada di Pantai-Pantai lainnya yang ada di pulau Lombok, yang mana pasir lainnya itu bercampur dengan serpihan batu karang yang membuatnya tidak terlalu lembut seperti pasir di Selong Belanak ini.

3. Wisata minat khusus di desa Selong Belanak

Selain kegiatan wisata Pantai pada umumnya, di sekitar kawasan Pantai selong Belanak terdapat banyak pemukiman warga yang masih tradisional dan sangat sederhana yang mana bisa menjadi kegiatan wisata minat khusus. Bangun rumah khas Lombok serta suasana pedesaan yang sepi menjadi kenikmatan sendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, ditemani dengan hembusan angina laut dan suara deburan ombak, menambah khas suasana pedesaan yang sepi ini. Hal ini bisa menjadi solusi bagi anda yang bosan dengan suasana hingar binger perkotaan.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Selong Belanak

  1. BAGOOOOSSSS BANGET pasirnya putih bersih super halus banget, airnya biru bening, dan meskipun ramai krn disini tempat sekolah surfing juga tapi ga terlalu sumpek. asli ya disini betah banget, bisa ber jam jam cuma duduk ngeliatin pemandangan yang Masya Allah banget

    21 Mei 2018, 18:58 WIB

  2. Tempatnya bagus bgt, ini salah satu tempat yg aku rekomendasi buat kalian para pelancong, aku udh berapa kali kesini dan gak pernah bosan. Giliran kalian guys😘 happy holiday

    19 Juni 2018, 04:41 WIB

  3. Pantai yang berpasir putih ini sangat wajib dikunjungi saat teman-teman sedang berlibur ke Lombok, pasirnya yang lembut dan keramahan warga sekitar yang sangat baik, pantai ini sangat cocok dikunjungi pagi hari jika kalian ingin merasakan private karena dipagi hari masih sepi dan belum ada pengunjung

    21 Juni 2018, 03:21 WIB

  4. Pantai selong belanak bisa di tempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari kota mataram lombok. Keindahan alam pulau lombok yang masih perawan banyak menyimpan tempat tempat yang patut untuk kita kunjungi salah satu ny adalah pantai selong belanak, pantai yang terkenal akan keindahan pasir putih nya yang sangat cantik.

    24 Juni 2018, 18:40 WIB

  5. Tetap bagus seperti biasa. Hanya saja ada beberapa kekurangan. Seperti tempat berjualan yang menutupi jalan masuk, masjid/mushalla yang terlalu jauh dari area pantai, dan jembatan penyeberangan masuk area pantai yang sangat tidak terawat. . . Saya terakhir ke sini mungkin 3 tahun lalu, tapi tidak banyak perubahan signifikan. Padahal dengan kunjungan yang ramai setiap hari seharusnya pihak pengelola memerhatikan fasilitas. Apalagi jembatannya, setidaknya buatkan jembatan beton. Ini dari dulu sampai sekarang masih saja pakai jembatan kayu.. . Uang dari wisatawan ke mana aja? Kok minim sekali fasilitasnya?

    27 Juni 2018, 16:10 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Selong Belanak

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *