Pantai Kuta Lombok

Alamat: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Salah satu yang terkenal dari objek wisata yang ada di Pulau Lombok selain Gunung Rinjani ialah Pantai Kuta. Mungkin bagi sebagian besar orang mengenal Pantai Kuta sebagai objek wisata andalan dari pulau dewata Bali. Namun, pada kenyataannya Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tidak kalah indah dan mempesona dibandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali.

Jika berbicara tentang keasrian alam dari Pantai Kuta Lombok, memang tidak begitu tepat mengingat Pantai Kuta Lombok ini sama hal nya dengan Pantai Kuta Bali yang sudah tersentuh oleh modernisasi, sehingga banyak sekali pembangunan hotel-hotel yang ada di kawasan Pantai tersebut. Namun hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri dan mendatangkan banyak wisatawan.

Harga Tiket masuk Pantai Kuta

Untuk tiket masuk Pantai Kuta Lombok tidak ada tarif khusus yang dikenakan untuk wisatawan, hanya saja biaya parkir sebesar kurang lebih Rp 10.000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Rute dan Lokasi Pantai Kuta Lombok

Pantai Lombok Kuta berada di desa Kuta, kecamatan pujut kabupaten Lombok Tengah.yang mana artinya, jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kuta Lombok anda harus datang ke Lombok bagian tengah tepatnya ke desa Kuta terlebih dahulu. Pantai ini terbilang cukup luas, ia memiliki kawasan garis Pantai sepanjang kurang lebih 7,2 KM.

Jika anda ingin mengunjungi Pantai Kuta dari Kota Mataram yang berjarak kurang lebih 72 Km ke arah tenggara, anda bisa menghabiskan waktu kurang lebih 90 menit. Sebelum tiba di Pantai ini anda akan melewati Desa Sade, yang merupakan desa dari suku Sasak, suku asli dari pulau Lombok. Kini desa ini menjadi desa wisata yang wajib di kunjungi di pulau Lombok.

Di bagian sebelah barat Pantai ini terdapat sebuah bukit yang di kenal dengan Bukit Mandalika, bukit ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta Lombok dari ketinggian.

Jernihnya air laut di tambah dengan putih pasir yang ada di Pantai Kuta ini membuat anda bisa melihat hamparan terumbu karang yang berada di bawah laut tersebut.

Kegiatan Wisata di Pantai Kuta Lombok

Selain panorama dan pemandangan alam Pantai yang indah di Pantai Kuta ini, ada beberapa kegiatan wisata Pantai yang bisa anda lakukan di Pantai Kuta Lombok antaranya seperti

1. Mandi Laut atau Berenang di Pantai

Berenang atau mandi air laut memang seakan menjadi kegiatan wisata yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pantai. Terlebih jika Pantai dengan air jernih dan pasir putih seperti yang ada di Pantai Kuta Lombok ini.

Selain itu, kondisi alam dan keamanan lainnya yang mendukung kegiatan air yang bisa anda lakukan disini, oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir untuk bermain air atau berenang di Pantai ini. Akan tetapi, anda tetap harus mengawasi anak-anak anda.

2. Melakukan kegiatan olah raga air

Selain berenang, banyak kegiatan air yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Kuta Lombok ini. Terlebih Pantai kuta ini sudah tersentuh fasilitas modern yang akan menambah keseruan wisatawan saat berkunjung ke Pantai ini seperti dengan melakukan kegiatan olah raga air.

Ada beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan olah raga air seperti misalnya Jetski, Banana Boat dan bahkan windsurfer. Jika anda membawa anak-anak ataupun ingin berwisata keluarga yang menyenangkan, Pantai Kuta Lombok wajib anda kunjungi.

3. Menyaksikan Upacara Adat setempat

Selain melakukan kegiatan wisata air dan menikmati olah raga air ataupun keindahan alam lainnya, anda juga bisa melakukan kegiatan wisata budaya. Jika anda berkunjung ke Lombok pada sekitar bulan Februari dan maret, Anda bisa menyaksikan kegiatan upacara Bau Nyale yang diadakan setiap setaun sekali.

Upacara adat terebut berada di Pantai Seger yang tidak jauh dari Pantai kuta yakni berada di sebelah timur Pantai Kuta dan hanya berjarak sekitar kurang lebih 2 Km. Kegiatan upacara Bau Nyaye ialah penangkapan cacing nyale yang di lakukan oleh masyarakat setempat guna untuk mengenang kisah putri Mandalika.

4. Snorkeling dan berselancar

Sama halnya seperti di beberapa Pantai yang ada di pulau Lombok,Pantai Kuta juga menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan bersnorkeling dan berselancar. Pemandangan bawah laut yang indah sangat memungkinkan untuk anda bersenorkeling di Pantai ini.

Pada dasarnya Pantai Kuta ini juga memungkinkan bagi para pecinta surfing untuk berselancar disini, akan tetapi sebaiknya berselancar di Pantai Seger yang tidak terlalu jauh dari Pantai ini hanya berjarak 2 Km di bagian timur Pantai Kuta. Ombak yang ada di Pantai Seger sangat memungkinkan untuk berselancar disana.

Di Pantai ini juga terdapat tempat sewa peralatan snorkeling dan selancar yang bisa anda tawar hingga mencapai 30{4e665b075197b716023c708a640e44a965adea379b225d541e1e4222cdfafd81} dari harga sewa yang ditawarkan.

5. Menikmati sunset

Dari Pantai Kuta ini anda akan bisa menikmati sunset yang indah, selain itu anda bisa mendaki bukit mandalika yang ada di kawasan Pantai ini, dari sana anda bisa mendapatkan view sunset yang sangat bagus

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Kuta Lombok

  1. Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Bila Anda berpikir bahwa Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka Anda akan takjub saat mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini. . . Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai nan indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. . . Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada Anda pemandangan yang romantis nan menakjubkan.. . Alhamduillah…. Komunitas Automotive 2 brand besar German, yang bersatu dalam satu wadah. BIMMERBENZ INDONESIA. Salam Satu Aspal Berjuta Saudara. . Akhirnya menapakan Sejarah Jejaknya. Di pelataran Parkir Pantai Kuta. . Yang terletak Di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. . . Dalam Kegiatan. Touring 1000 Qur”an Ke 1000 Masjid/Surau. Di pulau Lombok dan Sumbawa NTB. . Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. . . Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. . . Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Nah pada saat sekarang, bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian. . . Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, . Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. . . Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.. . Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 Menit perjalanan. . . Akhirnya di tengah terik matahari siang. . BIMMERBENZ INDONESIA. BERSELFIE RIA DI PANTAI KUTA LOMBOK 🤗🤗😁😁😄😉. . Namun sayang karna minimnya. Gazebo2 Umum/Tempat berteduh utk para pengunjung Umum.. . Akhirnya kami tidak bisa berlama lama di pantai kuta lombok.. . Krna harus melanjutkan kegiatan kami.. . Pantai Kuta Lombok Kereeennn… Recomended utk pecinta Automotive. Krna Jalannya kereen alam nya bagus…. . Fasilitas :. HOTEL BERBINTANG. CAFE AND RESTO MEWAH. CAFE MURAH MERIAH. MUSHOLLA. PUSAT CINDERAMATA. JALAN BERASPAL

    7 Mei 2018, 02:00 WIB

  2. Suasananya beda banget dari yang dulu. Tempat parkirnya aman dan luas.. Kalau mau belanja aksesoris dan oleh oleh kain maupun baju kaos lombok sekarang stand nya sudah ada. Jadi ndak perlu khawatir liburan anda terganggu oleh pedagang cilik dan asongan… Toiletnya bersih. Pantai nya juga setiap saat ada petugas yang membersihkanya… Keren deh pokoknya..

    19 Juni 2018, 22:02 WIB

  3. Bagus sekali t4nya tp sayang malam hr sepi…hrs ada event biar wisatawan mancanegara lbh bnyk yg dtg bs nmbh income devisa negara.

    21 Juni 2018, 03:27 WIB

  4. Kalau dulu pas main di pantainya pasirnya masih luas , ga banyak bangunan sih tapi luaaass banget. Jadi puas kalo main. Kalo sekarang sudah begitu maju dan lahan bermain di pantai agak berkurang. maksud saya area pasir pantai semakin berkurang. Begitu juga dgn tempat parkir, kalau dulu jarak dari pantai ke parkiran dekat, kalo sekarang jauh banget.

    21 Juni 2018, 10:11 WIB

  5. Utk pemerintah NTB tolong di tata lagi ..yg berjaualan di pantai kuta lombok ..seprti pengemis dan selalu memaksa jadi pengujung merasa tidak nyaman di sana ..sy salah satu y

    25 Juni 2018, 00:04 WIB

  6. Pantai Kuta Mandalika. Bagus, bersih. Dtg pas lg surut. Banyak penjual topi, tas slempang, gelang sm beberapa ekor anjing liar. Kalau mau belanja baiknya kolektif aja supaya dapet lebih murah. Buat pouch atau tas slempang kisaran 12-15ribu per pcs kalo beli rame2

    10 September 2018, 20:06 WIB

  7. Mengunjungi pantai kuta lombok, bagi pemangku kepentingan pemerintah di daerah, pasti sangat menginspirasi untuk mengembangkan wisata di tempat masing-masing berasal. Jika ada kesempatan pergi ke sana, entah atas biaya pribadi atau dinas, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini, pasti tidak sia-sia.

    11 September 2018, 01:47 WIB

  8. Pantai indah di lombok, pengelolaanya sangat profesional, menawarkan keindahan laut dan pantai dengan fasilitas yg lengkap. Hotel, home stay, resto, mini market,.spot foto membuat pantai ini memiliki nilai lebih dr pantai pantai lainnya. Banyak wisatawan yg berkunjung kesini. Tarif hotelnya pun beragam tergantung layanan dan fasilitas yg kita minta. Tidak menyesal berkunjung ke pantai ini

    11 September 2018, 03:02 WIB

  9. Anak anak di pantai kuta bilang bahwa disini ada pasir amerika…wahh setelah dilihat justru malah di amerika yang nggak punya pasir kayak di pantai kuta lombok ini…gede – gede seperti merica…Kerennnnn

    13 September 2018, 11:12 WIB

  10. Kawasan ini sangat luas, fasilitas lumayan lengkap. Sayangnya sampah berserakan karena rendahnya kesadaran masyarakat/turis tentang kebersihan, semoga menjadi perhatian pengelola untuk kemajuan ibhek wisata ini.

    16 September 2018, 21:26 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Kuta Lombok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *