Pantai Kuta Lombok

Salah satu yang terkenal dari objek wisata yang ada di Pulau Lombok selain Gunung Rinjani ialah Pantai Kuta. Mungkin bagi sebagian besar orang mengenal Pantai Kuta sebagai objek wisata andalan dari pulau dewata Bali. Namun, pada kenyataannya Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tidak kalah indah dan mempesona dibandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali.

Jika berbicara tentang keasrian alam dari Pantai Kuta Lombok, memang tidak begitu tepat mengingat Pantai Kuta Lombok ini sama hal nya dengan Pantai Kuta Bali yang sudah tersentuh oleh modernisasi, sehingga banyak sekali pembangunan hotel-hotel yang ada di kawasan Pantai tersebut. Namun hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri dan mendatangkan banyak wisatawan.

Harga Tiket masuk Pantai Kuta

Untuk tiket masuk Pantai Kuta Lombok tidak ada tarif khusus yang dikenakan untuk wisatawan, hanya saja biaya parkir sebesar kurang lebih Rp 10.000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Rute dan Lokasi Pantai Kuta Lombok

Pantai Lombok Kuta berada di desa Kuta, kecamatan pujut kabupaten Lombok Tengah.yang mana artinya, jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kuta Lombok anda harus datang ke Lombok bagian tengah tepatnya ke desa Kuta terlebih dahulu. Pantai ini terbilang cukup luas, ia memiliki kawasan garis Pantai sepanjang kurang lebih 7,2 KM.

Jika anda ingin mengunjungi Pantai Kuta dari Kota Mataram yang berjarak kurang lebih 72 Km ke arah tenggara, anda bisa menghabiskan waktu kurang lebih 90 menit. Sebelum tiba di Pantai ini anda akan melewati Desa Sade, yang merupakan desa dari suku Sasak, suku asli dari pulau Lombok. Kini desa ini menjadi desa wisata yang wajib di kunjungi di pulau Lombok.

Di bagian sebelah barat Pantai ini terdapat sebuah bukit yang di kenal dengan Bukit Mandalika, bukit ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta Lombok dari ketinggian.

Jernihnya air laut di tambah dengan putih pasir yang ada di Pantai Kuta ini membuat anda bisa melihat hamparan terumbu karang yang berada di bawah laut tersebut.

Kegiatan Wisata di Pantai Kuta Lombok

Selain panorama dan pemandangan alam Pantai yang indah di Pantai Kuta ini, ada beberapa kegiatan wisata Pantai yang bisa anda lakukan di Pantai Kuta Lombok antaranya seperti

1. Mandi Laut atau Berenang di Pantai

Berenang atau mandi air laut memang seakan menjadi kegiatan wisata yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pantai. Terlebih jika Pantai dengan air jernih dan pasir putih seperti yang ada di Pantai Kuta Lombok ini.

Selain itu, kondisi alam dan keamanan lainnya yang mendukung kegiatan air yang bisa anda lakukan disini, oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir untuk bermain air atau berenang di Pantai ini. Akan tetapi, anda tetap harus mengawasi anak-anak anda.

2. Melakukan kegiatan olah raga air

Selain berenang, banyak kegiatan air yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Kuta Lombok ini. Terlebih Pantai kuta ini sudah tersentuh fasilitas modern yang akan menambah keseruan wisatawan saat berkunjung ke Pantai ini seperti dengan melakukan kegiatan olah raga air.

Ada beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan olah raga air seperti misalnya Jetski, Banana Boat dan bahkan windsurfer. Jika anda membawa anak-anak ataupun ingin berwisata keluarga yang menyenangkan, Pantai Kuta Lombok wajib anda kunjungi.

3. Menyaksikan Upacara Adat setempat

Selain melakukan kegiatan wisata air dan menikmati olah raga air ataupun keindahan alam lainnya, anda juga bisa melakukan kegiatan wisata budaya. Jika anda berkunjung ke Lombok pada sekitar bulan Februari dan maret, Anda bisa menyaksikan kegiatan upacara Bau Nyale yang diadakan setiap setaun sekali.

Upacara adat terebut berada di Pantai Seger yang tidak jauh dari Pantai kuta yakni berada di sebelah timur Pantai Kuta dan hanya berjarak sekitar kurang lebih 2 Km. Kegiatan upacara Bau Nyaye ialah penangkapan cacing nyale yang di lakukan oleh masyarakat setempat guna untuk mengenang kisah putri Mandalika.

4. Snorkeling dan berselancar

Sama halnya seperti di beberapa Pantai yang ada di pulau Lombok,Pantai Kuta juga menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan bersnorkeling dan berselancar. Pemandangan bawah laut yang indah sangat memungkinkan untuk anda bersenorkeling di Pantai ini.

Pada dasarnya Pantai Kuta ini juga memungkinkan bagi para pecinta surfing untuk berselancar disini, akan tetapi sebaiknya berselancar di Pantai Seger yang tidak terlalu jauh dari Pantai ini hanya berjarak 2 Km di bagian timur Pantai Kuta. Ombak yang ada di Pantai Seger sangat memungkinkan untuk berselancar disana.

Di Pantai ini juga terdapat tempat sewa peralatan snorkeling dan selancar yang bisa anda tawar hingga mencapai 30{5f40dc3f4664eee0c75d4e948fa54497bae4e568186e30f2bc8b58bf53381e4d} dari harga sewa yang ditawarkan.

5. Menikmati sunset

Dari Pantai Kuta ini anda akan bisa menikmati sunset yang indah, selain itu anda bisa mendaki bukit mandalika yang ada di kawasan Pantai ini, dari sana anda bisa mendapatkan view sunset yang sangat bagus

Ulasan Pengunjung

  • Dea Damayanti
    seminggu yang lalu
    Bagi kamu yang ingin jalan"sambil menikmati keindahan alam, bisa banget nih cuss ke pantai kuta aja,banyak lohh pengunjung asing ataupun lokal berkunjung kesini,tempat nya strategis banget dekat dengan keramaian kota.So,buat para wisatawan yang bingung cari tempatnya bisa pakai Google Maps aja dengan mengetik "Pantai Kuta" pasti ketemu dehh.Apalagi sekarang lagi musim liburan, buat kamu yang bingung mau liburan kemana langsung aja deh kesini,selain view nya bagus untuk fotoan kamu juga bisa menikmati sunset(matahari tenggelam) pada sore hari loohh,aku saranin sih kalau mau liat sunset tuh jangan pada saat lagi mendung,karena sunset nya pasti akan tertutup sama awan,kesini nya cari yang cuaca nya lagi baguss yahh pasti puas dehh.Tempat nya disini bersih lohh,banyak pedagang kaki lima juga kalau kamu lagi lapar/haus cuss aja beli.Buat kamu yang pengen bawa oleh"pulangnya bisa langsung aja beli souvenir disana,harganya terjangkau lohh pas sama isi kantong kamu dehh.xoxo.
  • Kukuh Amrudin
    sebulan yang lalu
    Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Raiterletak tidak jauh dari Kuta. SejarahSunting Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda.[1] Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.[1]
  • Rifqi Derry
    dalam minggu terakhir
    comming soon in pantai kuta to sosial activiti with Crop Bridge Pembangunan (CBP) NU Student.MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI UNTUK MENIKMATI LIBURAN SEKALIGUS AKSI SOSIAL MASYARAKAT DENGAN MEMBERSIHKAN SAMPAH YANG BERSERAKAN. semoga menjadi amal kebaikan jika kita baik terhadap alam dan lingkungan serta membuat nyaman wisatawan yang berkunjung ke pantai kuta bali yang merupakan destinasi wisata yang indah dan sejuk dengan pengunjung yang tak pernah berhenti baik wisata lokal maupun mancanegara
  • Wong Tegalharjo
    dalam minggu terakhir
    Salah satu destinasi andalan pulau dewata yang banyak digandrungi wisatawan baik lokal, nusantara maupun manca negara. Tak heran kalau pantai ini jauh dari kata sepi. Mulai dari yang sekedar memandang indahnya panorama, hingga yang berjemur di bawah terik sinar matahari. Alunan riak ombak kecil yang memecah di pantai seakan mampu menina bobokkan pengunjung.
  • Hence Michael
    dalam minggu terakhir
    Pantai Kuta adalah salahsatu pantai yang sangat terkenal di Bali, karena keindahan pantai pada waktu sunset, banyak turis kesini untuk berjemur, berenang, surfing, bermain bola, jogging dan berbagai aktivitas lainnya. Fasilitas pantai cukup lengkap mulai toilet, kamar mandi untuk bilas, tempat parkir. Disini juga tersedia kursi berjemur dan papan selancar yang disewakan. Terdapat berbagai cafe pantai, penjual makanan, jajanan, layanan pijat, tato, kepang rambut dan lain sebagainya