Pantai Gili Nanggu

Alamat: Sekotong Bar., Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83365, Indonesia

(5/5) Baca ulasan

Siapa yang tidak mengenal Pantai Gili Trawangan? Sebuah destinasi di Lombok yang sudah terkenal hingga mancanegara layaknya pantai di Bali. Namun, tahukan Anda, ternyata tidak hanya Gili Trawangan saja yang memiliki pantai yang indah, ada Gili – Gili lainnya di Lombok dengan keindahan yang luar biasa. Salah satunya, Pantai Gili Nanggu ini.

Sebuah pantai yang terletak di sebuah pulau kecil yang bernama Gili Nanggu. Pulau ini masuk ke dalam gugusan pulau – pulau kecil yang namanya berawalan dengan Gili, seperti Gili Kedis yang berbentuk lambang cinta dan lainnya. Untuk lokasinya, Pantai Gili Nanggu sendiri terletak di Desa Batu Kijuk, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Harga Tiket Masuk di Pantai Gili Nanggu

Biaya masuk ke Pantai Gili Nanggu dikenai sekitar Rp 5.000,- per orangnya. Namun untuk mencapainya, Anda harus menyebrang terlebih dahulu, dengan boat atau perahu nelayan masyarakat sekitar yang dapat Anda sewa. Biaya sewanya adalah sekitar Rp 200.000,-.

Rute Menuju Lokasi Pantai Gili Nanggu

Ada banyak cara yang ditawarkan menuju Pantai Gili Nanggu ini, yaitu apabila dari Mataram menuju desa Batu Kijuk sekitar kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedianya angkutan umum. Lalu nyebrang ke Gili Nanggu sekitar 20 menit. Bila dari bandara, naik damri sampai patung sapi gerung. Lanjut naik angkot ke pelabuhan Lembar, dannyebrang ke Gili Nanggu 20 – 45 menit.

Selain pelabuhan Lembar, Anda pun dapat menyebrang ke Gili Nanggu melalui pelabuhan Tanjung Kelor, Sekotong Barat. Anda dapat mencapai pelabuhan tersebut dengan mengendarai kendaraan pribadi, travel, atau kendaraan sewa, karena tidak tersedia angkutan umum yang menuju pelabuhan ini. dari Pelabuhan Tanjung Kelor ini kemudian Anda menyebrang menggunakan perahu atau boat ke Gili Nanggu.

Obyek Wisata di Pantai Gili Nanggu

1. Rasakan Pulau Pribadi

Pulau kecil yang tidak berpenghuni. Hanya ada sebuah penginapan sederhana untuk para wisatawan. Menjadikan Anda yang berkunjung ke pantai ini akan merasakan sensasi berlibur ke pulau pribadi. Dikarenakan masih belum banyak yang berkunjung kesini, akomodasi juga belum selengkap Gili Trawangan, Lombok. Namun, hal ini yang menjadikan Gili Nanggu memberikan nuansa private karena masih terjaga keaslian dan keasrian pulaunya.

2. Keindahan Alami dan Ketenangan

Keindahan alam Pantai Nanggu masih alami. Pantai berpasir putih yang dihiasi dengan air laut yang masih berwarna biru jernih dan berombak serta berarus tenang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. tidak hanya indah, pantai ini juga menawarkan ketenangan, dengan masih sedikitnya yang berkunjung ke pantai ini, dan tidak adanya penduduk yang lalu lalang, atau berjualan menjadikan Anda dapat bersantai tanpa khawatir diusik.

3. Diving

Biota pantai ini beragam, terdiri dari berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Bagi Anda pecinta dunia bawah laut, wajib bagi Anda mengeksplore kehidupan bawah laut Pantai Gili Nanggu ini. Tetapi tetap ingat untuk selalu menjaga biota yang ada, agar terus terawat dan dapat dinikmati oleh siapa saja.

4. Snorkling

Keindahan bawah laut tidak hanya dapat dinikmati ketika Anda diving, dengan snorkling Anda pun dapat menikmatinya. Bahkan hanya dengan berjalan beberapa meter dari tepi pantai, Anda sudah dapat menikmati pemandangan ikan – ikan kecil yang berwarna warni berenang di sekitar Anda.

5. Memberi Makan Ikan

Kegiatan lainnya yang menyenangkan bagi para wisatawan di pantai ini adalah memberi makan ikan langsung dari tangan Anda. Oleh karena itu, para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai ini sebaiknya membawa botol kosong dan roti. Makanan ikan dapat dibuat dengan mengencerkan roti yang Anda bawa terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam botol kosong yang telah dilubangi, dan siap – siap ketika disemprotkan, maka ikan – ikan kecil akan menghampiri dan mengerubungi Anda. Rasakan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupa memberi makan ikan secara langsung.

6. Keindahan Terumbu Karang

Bila dibandingkan dengan Gili Kedis, terumbu karang di Gili Kendis masih lebih indah dan bagus bila dibandingkan dengan Gili Nanggu. Namun bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, terumbu karang di Gili Nanggu masih lebih baik dan terawat kondisinya, serta lebih indah.

7. Konservasi Penyu

Ternyata Gili Nanggu peduli dengan konservasi alam. Terbukti dengan sudah 11 tahun lamanya Gili Nanggu menjadi salah satu tempat konservasi penyu dan sudah kurang lebih 4500 telur penyu ditetaskan di pantai ini.

8. Pesona Matahari Tenggelam

Seolah pemandangan indah Gili Nanggu yang tidak ada habis – habisnya, ketika senja tiba, siap – siap ada satu hal lagi yang ditawarkan oleh Pantai Gili Nanggu yaitu keindahan pemandangan matahari terbenamnya. Terasa begitu romantis, apalagi bagi Anda yang sedang berlibur berdua pasangan dan menginap di cottage Gili Nanggu, makin terasa suasana intimnya.

Bagaimana? Tertarik dengan pesona Pantai Gili Nanggu? Dijamin akan memberikan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Jadi, tunggu apa lagi. Segera masukkan Pantai Gili Nanggu dalam list liburan Anda. Tidak perlu bingung, sudah ada penginapan di Pantai Gili Nanggu, dan sudah banyak jasa travel yang menjadikan pantai ini menjadi salah satu destinasi dari rangkaian tour travelnya.

Selalu diingat, bagi Anda sedang berlibur ke pantai, terutama pantai yang masih asli baik keindahan alam maupun biotanya, jagalah selalu kebersihan dan kelestarian pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, atau mengambil biota yang ada. Bahkan hindari walau sekadar menginjak sebuah terumbu karang. Karena dibutuhkan waktu satu tahun untuk pertumbuhan terumbu karang sebesar 0,5 cm.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Gili Nanggu

  1. Recomended banget nih buat yang mau Holiday ❤. Yuuukksss ke Gili Nanggu . Apalagi yang suka snorkelling – ikan dan terumbu karangnya wow 😍

    21 Juni 2018, 00:16 WIB

  2. Menurur saya yg sdh bolak balik ke tempat ini, gili Nangguh lebih bagus dari gili Trawangan untuksnorkling-nya.

    3 Juli 2018, 00:55 WIB

  3. pantainya enak, nyaman, luas, terdapat gazebo di pinggir pantai yg dapat disewa. cocok buat yg suka snorkeling, tinggal berenang nggajauh dari bibir pantai sambil membawa roti, ikan2 akan mengerubungi dengan sendirinya😁

    25 Juli 2018, 09:17 WIB

  4. Gili terbesar diantara 3 Gili Nanggu-Sudak-Kedis…ikan Nemo & teri banyak disini ketika snoorkling

    7 Agustus 2018, 00:36 WIB

  5. Gili Nanggu terletak di Kabupaten Lombok Barat (bagian selatan) masuk dalam wilayah kecamatan Sekotong adalah salah satu tempat dengan pemandangan dan terumbu karang yang sangat indah. Berbeda dengan Gili Terawangan, ombak disini agak tenang sehingga lebih utk melakukan aktifitas snorkeling. Dengan naik perahu boat dr desa hanya butuh waktu antara 10-15 menit untuk sampai ketempat ini.

    26 September 2018, 21:13 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Gili Nanggu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *