Pantai Karang Agung

Alamat: Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia

(3.9/5) Baca ulasan

Kebumen, merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di bagian selatan provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuatnya memiliki banyak pesona wisata alam yang masih asri, terutama untuk objek wisata yang bertemakan pantai. Ya, Kabupaten Kebumen memang kaya akan pantainya yang indah dan berkarang.

Banyak jenis pantai yang ditawarkan sebagai lokasi wisata di Kabupaten Kebumen. Banyak pula diantara pantai tersebut yang merupakan pantai baru yang masih asri, lengkap dengan tantangan rutenya yang masih cukup liar dan terjal.Anda ingin mencoba salah satunya? Pantai Karang Agung cocok bagi Anda yang suka melakukan perjalanan wisata yang asyik dan menantang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Karang Agung

Sebagai salah satu lokasi wisata baru yang belum terkelola penuh oleh pemerintah daerah Kabupaten Kebumen, Pantai Karang Agung masih belum memiliki portal yang mensyaratkan Anda untuk harus membayar biaya masuk dan sebagainya. Namun biaya hanya Anda keluarkan untuk penitipan kendaraan di sebuah warung di dekat lokasi Pantai Karang Agung.

Cukup dengan membayar Rp 5.000,00 Anda sudah bisa mengikuti jalur masuk ke lokasi Pantai Karang Agung beserta dengan tiket parkir untuk kendaraan Anda. Perjalanan selanjutnya harus Anda tempuh dengan cara berjalan kaki. Karena lokasi ini memang tergolong masih baru dan amat sangat masih asri serta belum terfasilitasi oleh campur tangan pemerintah daerah setempat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, atau tepatnya berada di desa Karang Duwur. Meskipun tergolong lokasi wisata baru yang belum terfasilitasi secara penuh, Pantai Karang Agung dapat Anda deteksi lokasi pantainya melalui google maps. Hal ini bermaksud agar Anda bisa lebih mudah untuk menjangkau lokasi pantai dengan mudah.

Rute yang dapat Anda lalui untuk mencapai Pantai Karang Agung dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur timur dan jalur barat. Kedua jalur ini merupakan jalur utama yang paling umum digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai Pantai Karang Agung apabila mereka sedang akan melakukan perjalanan wisata. Kedua jalur ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing –masing.

Rute pertama adalah rute timur, yakni melewati jalur Gombong – Karang Bolong – Pasir – Karang duwur – Agropeni. Rute yang kedua adalah rute barat, yang dapat ditempuh melalui jalan Gambing – Rowokel – Pantai Ayah – Agropeni. Bila Anda ingin mengunjungi Pantai Karang Agung, Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena frekuensi kendaraan umum yang jarang.

Selain jalur tersebut, Anda juga bisa menuju ke desa Agropeni dengan mengambil jalur barat, melalui Kroya dan Binangun. Saat Anda menjumpai pertigaan, jalur lurus merupakan jalur ke pantai Widara payung, dan Anda harus mengambil rute ke kiri, yakni ke pantai Ayah (Lohgending). Selanjutnya Anda akan melewati pantai Ayah dan juga wilayah perbukitan Karst, dan sampailah di lokasi parkir.

Lokasi parkir Pantai Karang Agung dapat dengan mudah Anda temukan, yakni berada di sebelah kanan jalan utama yang Anda lalui. Lokasi parkir ini juga gampang ditemukan, karena terdapat spanduk petunjuk arah yang disediakan. Lokasi parkir ini berupa warung warga yang memang hanya tersedia di jalur tersebut.

Bila pantai lain memiliki lokasi parkir atau tempat penitipan kendaraan yang dekat dengan lokasi wisatanya, Pantai Karang Agung sedikit berbeda. Untuk mencapai lokasi Pantai Karang Agung, Anda harus treking melalui jalur hutan jati milik perhutani dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Direkomendasikan untuk tidak melakukan treking disaat hujan, karena cukup berbahaya.

Lokasi Pantai Karang Agung memang masih belum memungkinkan untuk ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena jalur treking yang masih berupa tanah liat dan cukup licin saat dilalui ketika musim hujan datang.

Obyek Wisata di Pantai Karang Agung

Meskipun terpencil, namun banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selama berada di lokasi wisata Pantai Karang Agung ini. Mau tahu apa saja pesona alam dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Karang Agung yang terkenal dengan ikon karang besarnya ini? Yuk simak objek wisata di Pantai Karang Agung berikut ini:

1. Berkunjung di Ikon Pantai Karang Agung

Nama Karang Agung diambil dari ciri khas pantai ini, dimana Pantai Karang Agung memiliki sebuah batu karang yang tinggi dan kokoh, menjulang terpisah dari bagian daratan pantai. Batu karang yang besar tersebut hanya ada satu, sehingga dijuluki sebagai karang agung. Batu karang ini cukup terkenal dan menjadi ikon penanda bahwa Anda telah datang ke Pantai Karang Agung.

2. Menikmati Keindahan Pantai nan Eksotik

Pantai Karang Agung memiliki pemandangan yang cukup eksotik dibandingkan yang lain, betapa tidak? pantai ini memiliki perpaduan warna hijau dan coklat yang serasi dari hutan jati sebagai pintu masuk Pantai Karang Agung, dengan warna biru mencolok dari pantai selatan dan juga warna hitam yang kuat dari bebatuan karang yang berdiri kokoh di panggir Pantai Karang Agung.

3. Memandang Pesona Sunset Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung juga memiliki pesona sunset yang tidak biasa seperti pantai –pantai di kabupaten kebumen pada umumnya. Pantai ini menawarkan pemandangan sunset yang begitu mempesona, layaknya magic hour. Anda juga bisa menikmati pesona sunset ini dari atas bebatuan karang yang banyak terdapat di sekitar pantai.menarik bukan?

4. Berenang dan Bermain Air Bersama

Selayaknya pantai yang lain, Anda juga bisa menikmati air laut di Pantai Karang Agung ini dengan berenang di tengah lautnya. Jangan khawatir terhadap ombak pantai selatan yang cukup besar, karena ombak yang besar tersebut telah dipecah oleh bebatuan karang yang mengelilingi Pantai Karang Agung, sehingga pantai ini cukup aman bila Anda ingin berenang sampai ketengah lautnya.

Bagi Anda yang masih merasa takut ataupun khawatir akan bahaya ombak, Anda bisa bermain air di sekitar bebatuan karang di pinggiran pantai yang ada di beberapa bagian Pantai Karang Agung. Sehingga cukup aman bagi Anda yang takut terseret ombak. Namun tetap harus diperhatikan tingkat kewaspadaan kita terhadap segala kemungkinan loh ya.

5. Membangun Istana Pasir

Bermain ke pantai, tak lengkap tanpa bermain pasir pantai. Jika Anda berkunjung ke Pantai Karang Agung, Anda juga bisa bermain pasir pantai, dan membangun istana pasir. Walaupun Pantai Karang Agung memiliki banyak karang, namun beberapa bagian pantai tetap memiliki pasir berwarna putih keabu- abuan. Tentunya banyak juga hewan laut yang akan menemani istana pasir Anda.

6. Menjelajah Pantai dan Hutan Bersamaan

Lokasi Pantai Karang Agung yang terletak dibelakan bukit hutan jati membuat pantai ini cukup menantang untuk dijelajahi. Selama di pantai tersebut Anda juga bisa melakukan tracking di hutan –hutan dekat dengan bibir pantai. Selain itu lokasinya yang cukup terpencil juga akan membuat adrenalin Anda lebih terpacu dibandingkan biasanya.

7. Camping Unik Ala Pantai Karang Agung

Nah, bila Anda ingin merasakan sensasi yang lain ketika menikmati suasana Pantai Karang Agung yang mempesona, Anda bisa membangun tenda dan camping di pinggir pantai dekat hutan jati. Nikmati pula suasana malam yang cukup pekat dengan taburan bintang yang berkelap kelip indah. Polusi cahaya yang minim akan membuat Anda serasa memasuki dunia lain.

Cukup menggoda bukan? Pantai satu ini meskipun terpencil dan belum banyak dijangkau oleh para pengunjung, namun itu menjadi daya tarik tersendiri yang tidak mampu ditemukan di pantai –pantai lain. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan sensasi tak terlupakan bermain dan berwisata ke Pantai Karang Agung, kebumen.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Karang Agung

  1. Pantai Karang Agung . Ini dia tanah lotnya kebumen gaes yuks kepoin pantai yg luar biasa ini. Terdapat batuan besar yg kokoh yang kadang kita bisa sampai pada batuan besar itu tpi juga kadang tak bisa tergantung pasang surut air laut. Nah dah persis deh kaya tanah lotnya di Bali cuma kalo di Bali Pure kalo di Kebumen batu karang yg tampak gagah dan perkasa…..

    14 Mei 2018, 04:24 WIB

  2. Pantainya keren, masih sepi pengunjung. Fasilitas kurang memadai. Dulu sepertinya sempat ada beberapa warung yang aktif, sekarang tinggal bangunan terbengkalai. Akses menuju pantai masih sulit dijangkau kecuali kendaraan roda 2. Untuk para fotografer, spot ini wajib masuk list. Semoga kedepannya pemerintah daerah setempat bisa meningkatkan lagi fasilitas ditempat tersebut.

    14 Mei 2018, 23:05 WIB

  3. Pantai tersembunyi di kebumen, ngga langsung sampe langsung liat pantainya, kita harus jalan dulu(lumayan lah) tapi terbayarkan karnaaa wahhh pemandangannya bagus, memang ngga luas tapi nyaman, sejuk, apalagi kalo berteduh dibawah pohon. Di karangagung juga ada warung-warung kecil jadi ngga perlu takut kelaparan dan kahausan karna tinggal beli..

    2 Juni 2018, 22:59 WIB

  4. Tempat yang indah untuk dikunjungi, hanya saat ini akses menuju lokasi harus berjalan 20 menit naik turun. Hati hati saat arus pasang ketika sore / sunset.

    13 Juni 2018, 13:59 WIB

  5. Dengan kondisi pantai yang di pinggir tebing menjadikan pantai karang agung seolah tersembunyi. Letaknya di pinggir tebing yang curam. Aksesnya belum bisa dilalui kendaraan roda empat. Jadi harus jalan kaki m. Menuruni bukit dan kawasan perkebunan masyarakat. Dengan karang yang menjulang tinggi di pinggir pantai

    6 Juli 2018, 21:02 WIB

  6. Pantai Karang agung terletak di desa Karang duwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Wisata pantai Karang Agung ini memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Di Pantai Karang Agung ini menawarkan hamparan pasir hitam yang tidak begitu banyak yang ditimpa oleh bebatuan kerikil yang berserakan. Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat batu karang yang tinggi dan besar yang berdiri kokoh terpisah dari daratan.. . Akses jalan menuju pantai ini cukup sulit karena setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung harus turun berjalan kaki menerobos kawasan hutan jati melalui jalan setapak. Pengunjung pun harus berhati-hati karena jalan berupa tanah lempung yang licin jika terkena air. Namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan menawan dari karang yang berdiri kokoh diterpa ombak dan pepohonan kelapa yang melambai diterpa angin.

    13 Agustus 2018, 09:51 WIB

  7. Pantai yg indah dan sepi, sangat cocok utk refresh, relax, dan bersantai 🌴🌴🌊🌊

    3 Oktober 2018, 18:17 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Karang Agung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *