Pantai Kawona

Pantai Kawona

Wee Londa, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur 87255, Indonesia

16 Ulasan

Akhir pekan telah tiba, apakah Anda sudah menentukan kemana destinasi liburan untuk mengisi waktu luang? Jika belum, baiknya dari sekarang Anda bisa merencanakan segala sesuatu agar akhir pekan Anda terasa lebih berkesan dan menyenangkan.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa menjadi referensi liburan untuk Anda. Dari wisata yang bertema modern hingga wisata alam yang hingga saat ini masih menjadi pilihan favorit masyarakat.

Salah satunya adalah pantai yang terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur yang merupakan destinasi wisata favorit wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Pantai Kawona merupakan salah satu pantai di Sumba Barat Daya yang menyajikan panorama yang indah. Perlu waktu kurang-lebih dua jam dari ibu kota Sumba Barat Daya untuk menuju pantai ini menggunakan sepeda motor.

Pantai Kawona Sumba

Pantai Kawona Sumba Ntt

Pulau Sumba sudah terkenal memiliki keindahan pantainya yang bahkan dikenal hingga ke mancanegara layaknya Pulau Bali. Pulau Sumba dengan segudang tempat wisata-nya yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Pantai Kawona ini berada di Desa Wee Londa, Kota Tambaloka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai ini bukan saja memiliki pemandangan alam yang indah saja namun pantai ini juga masih sangat perawan.  

Nama Pantai Kawona diambil dari nama desa dimana lokasi pantai ini berada yaitu Desa Kawona. Wisata alam Pantai Kawona ini memiliki hamparan tebing karang yang tidak terlalu tinggi.

Namun pantai ini sangat bersih, air laut yang sangat jernih dan udara yang segar yang siap menyapa wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Bahkan pantai ini pernah terkenal karena dikunjungi oleh artis dan penyanyi terkenal Raisa dan suaminya Hamish Daud untuk berbulan madu disini.

Pantai Kawona ini memang bukan hanya sekedar wisata pantai biasa, namun juga sebagai tempat istirahat sekaligus liburan bagi pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Kawona

Harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pengelola agar bisa menikmati keindahan pantai ini adalah sebesar Rp 15.000, harga tersebut berlaku disaat akhir pekan atau hari libur.

Untuk jam pengoperasian, pengelola Pantai Kawona tidak menetapkan jam buka atau tutup. Yang artinya pengunjung bisa mendatangi kapan saja selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kawona

Wisata Pantai Kawona

Pantai yang berada di Desa Wee Londa, Kota Tambaloka ini berjarak 10 kilometer dari Bandara Tambaloka.

Untuk menuju ke pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dari ibukota Sumba barat daya yang memiliki pelabuhan barang yakni Weekelo.

Jalanan menuju ke kawasan pantai memang tidak jauh tapi cukup memacu adrenalin. Anda harus melewati jalan pengerasan yang berbatu dengan karang-karang yang tajam Butuh keahlian khusus untuk meliuk-liukan motor di rute ini.

Diiringi angin pantai yang sejuk sekaligus panas bersama dengan butiran-butiran pasir yang terasa seperti scrub.

Namun pengorbanan tersebut akan terbayar setelah Anda tiba di pantai ini, pemandangan indah nan elok sangat memanjakan penglihatan Anda.

Obyek Wisata Pantai Kawona

Pantai Kawona bukan lagi tempat keluarga namun telah menjadi destinasi wisata di Pulau Sumba. Selama di pantai ini. Anda dapat melakukan aktivitas-aktivitas untuk mengisi liburan Anda.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Kawona Sumba Barat Daya

Pantai Kawona memiliki pesona keindahan pantai yang mempesona. Dengan pemandangan laut lepas dan hamparan pasir putihnya sepanjang mata memandang yang dipadukan dengan eksotisme batu-batuan karang yang masih terlihat asri .

Selain pantai yang indah dengan air yang berwarna biru muda dan biru tua seolah sudah terbagi diatas bentangan laut yang luas tersebut. Mata wisatawan pun akan kembali dimanjakan dengan pemandangan villa yang berada diatas bukit yang berada di sebelah kiri pantai.

Pasir-nya yang benar-benar putih dan juga bersih, diselingi oleh sebaran rumput laut membuat yang membuat Pantai Wakona tampak seperti sebuah oase di tengah padang pasir.

Aktivitas masyarakat pesisir diatas pelabuhan Waikelo disebelah kanan pantai. Beberapa kapal-kapal kecil bahkan nampak berlalu lalang dengan suara motornya yang cukup berisik. Namun kondisi ini membuat semakin semarak keindahan Pantai Kawona

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Kowena

Menikmati sunrise atau sunset adalah waktu yang terbaik di Pantai Kowena ini. Anda bisa memanfaatkan momen cahaya matahari yang berpendar ke lautan dan pesisir pantai menjadi latar belakang yang menakjubkan saat mengambil foto.

Belum lagi diatas batu-batu karang yang seakan tertata rapi secara alami yang disisi lainnya  menjadi spot unggulan bagi para wisatawan untuk berfoto selfi. Pantai Kawona seakan membuat kepuasan tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi-nya.

3. Tempat untuk Acara Keluarga

Pantai Kawona Ntt

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Kawona juga biasa di gunakan sebagai tempat mengadakan acara-acara spesial seperti pernikahan, ulang tahun atau acara-acara keluarga lainnya.

Keindahan serta suasana pantai sangat cocok jika dipadukan dengan dekorasi-dekorasi pendukung yang bertemakan alam. Panggung sederhana bisa dipesan lengkap dengan bangku dan ornamen bunga-bunga yang indah, menjadi pelengkap acara yang di selenggarakan di Pantai Kawona.

Anda juga bisa memesan makanan dan minuman dengan mudah disini. Pengelola Pantai Kowena bahkan menyediakan musik pengiring yang bisa disesuaikan dengan konsep acara yang diinginkan pengunjung.

Kawasan wisata ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berbulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Menikmati momen kebersamaan ditemani dengan keindahan Pantai Kowena akan menambah suasana keromantisan.

Fasilitas Pantai Kawona

Pantai Kawona memiliki akomodasi yang baik dan dibangun sejak pantai ini dikenal oleh wisatawan lokal maupun internasional. Pantai ini memiliki fasilitas yang sangat baik dalam memanjakan tamu-tamunya.

Tempat ini dibangun pada tahun 2012 dimana dulunya pantai ini hanya merupakan sebuah kebun biasa. Namun kini telah berubah menjadi tempat akomodasi yang sempurna bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Kawona Sumba

Konsep wisata Pantai Kawona atau dikenal dengan Kawona Beach Club. Konsep wisata alam dengan adanya perumahan-perumahan kecil yang berada di sekitar pantai. Dulunya rumah-rumah kecil ini diperuntukkan bagi keluarga Kawona Beach Club.

Perlahan namun pasti dalam kurun waktu beberapa tahun pemilik Kawona Beach Club merasa perlu mengembangkan tempatnya. Dan akhirnya setelah pembangunannya selesai, para wisatawan dan masyarakat sekitar dapat menikmati fasilitas pantai ini.

Terdapat lopo atau saung-saung kecil yang dibangun dengan konsep Sumba. Saung-saung ini diperuntukkan untuk wisatawan agar bisa digunakan untuk mengobrol, bersantai serta menikmati keindahan Pantai Kawona.

Begitu pula dengan tempat meeting dengan konsep alam terbuka hingga kantin dan juga tempat live musik untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung di pantai ini.

Pulau Sumba memang sudah terkenal akan keindahan pantai dengan pasir putihnya yang bersih. Seperti pantai Kowena dan pantai Tarimbang. Jadi jika Anda berkunjung ke Sumba, jangan lupa singgah di pantai-pantai yang ada di san.

Demikianlah ulasan tentang wisata Pantai Kowena Sumba, Nusa Tenggara Timur ini. Jika Anda belum memutuskan tujuan wisata pada akhir pekan nanti, maka Pantai Kowena bisa menjadi alternatif pilihan untuk destinasi wisata Anda.

16 Ulasan untuk Pantai Kawona, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

  1. Tempat luar biasa indah gini ga ada keseriusan dr pemerintah untuk mengelola dam dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan dekat kota.. Jalan meuju ke pantai masih bebatuan, blm ada pengerasan jalan.. Tdk ada satupun fasilitas penunjang selerti di pantai2 di bali atau jawa.

  2. masih natural belum tertata…pasir putihnya cantik😍

  3. Lokasi okee tempat baguss perlu dikembangkan

  4. Pasir putih nya bikin ketagihan untuk datang lagi, pemandangan nya luar biasa

  5. Mantap, pasir putih dan bersih 👍👍

  6. Rakor in Villa Mercy (pantai KAWONA

  7. Pantainya indah

  8. Pantai Kawona di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT.. Mengapa saya kasih lima bintang? Ya, pantai ini memang tidak seterkenal Pantai Kuta di Bali atau Pantai Senggigi di Lombok. Ke”perawanan”nya itu yang membuat pantai ini layak mendapat lima bintang. Memang masih belum banyak dikenal wisatawan karena belum dikelola sekomersial Pantai Kuta dan Pantai Senggigi, tetapi keindahannya dan kekhasannya tidak kalah dari dua pantai yang ada di dua pulau tetangganya itu. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari Waitabula, ibukota kabupaten Sumba Barat Daya. Posisi tepatnya ada di belakang kompleks kantor bupati dan kantor-kantor dinas KSBD. Akses ke situ juga mudah, bisa bermotor atau bermobil. Sebaiknya Anda membawa bekal air minum dan makanan kecil. Ingat! Jangan buang sampah sembarangan ya agar kebersihannya tetap terjaga.. Perkembangan terkini, di atas tebing karang Pantai Kawona sudah ada restoran. Semakin OK. . Pantai ini memang layak direkomendasikan.

  9. Sangat nyaman disini apalagi senja harinya.

  10. pantai nya masih jarang terjamah oleh orang lain, jadi masih natural, bersih

  11. Mantap terus tata

  12. Asikk…buat sntai nikmti laut biru yg indh..

  13. Pasir putih Dan ombak yg tenang…

  14. Indah….tidak kalah dengan Bali

  15. pantai dan tempat nongkrong yg bikin betah.. saking betahnya kami sampai set 7 mlm baru pulang.. dan baik sekali staf dsni .. kami tdak ditegur u sgra plg.. padahal mereka sharusnya sudah ttup jam 6…

  16. Pantainya bersih n jernih tapi kurang bagus untuk berenang karena banyak karang.

Tinggalkan Balasan