Pantai Mandorak

Pantai Mandorak

Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur 87261, Indonesia.

15 Ulasan

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak pantai yang memiliki keindahan sangat eksotis. Pantai itu adalah Pantai Mandorak menjadi salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Keindahan pantai ini terletak pada setiap sudutnya, cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga untuk menciptakan momen yang tidak terlupakan.

Saat berlibur ke pantai ini, para wisatawan akan menikmati pemandangan alam yang sangatlah mempesona mulai dari pantainya yang diapit dua tebing, panorama laut, dan garis tepi pantai yang cukup mempesona.

Ketahuilah, akses menuju pantai Mandorak memang tidaklah mudah sehingga para wisatawan harus memilih rute jalan masuk yang paling mudah.

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak

Lokasi pantai Mandorak berada di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki hamparan keindahan di setiap sudutnya yang dapat membuat para wisatawan merasa betah saat berada disana.

Tetapi, pantai Mandorak masih sangat sepi karena belum banyak wisatawan yang menjamahnya. Kini nuansa-nya masih bersih dan asri. Saat pantai tersebut sudah ramai pengunjung diharapkan para wisatawan tetap menjaga kebersihan pantai agar tidak merusak keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Mandorak

Harga tiket masuk Pantai Mandorak gratis atau tidak ada harga tiket masuk per orang. Tetapi, setiap satu mobil dikenakan tarif Rp. 50.000 sebagai bentuk retribusi untuk menjaga keamanan kendaraan.

Meskipun, masuk ke lokasi Pantai Mandorak gratis tetapi para wisatawan sebaiknya tetap menjaga kebersihan dan keindahan yang ada di sekitar pantai.

Dengan berlibur ke pantai tersebut Anda tidak perlu mengeluarkan budget besar, tetapi bisa menikmati momen liburan bersama keluarga yang menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mandorak

Rute Menuju Pantai Mandorak

Para wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pantai Mandorak? pilihlah akses jalan ke pantai dengan mudah, berikut beberapa rute yang bisa pengunjung pilih.

1. Danau Weekuri

Rute pertama menuju Pantai Mandorak dapat ditempuh dari Danau Weekuri, ketahuilah lokasi danau dengan pantai hanya berjarak 10 menit saja. Anda dapat menempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat meskipun lokasinya jauh, tetapi dapat diakses oleh kendaraan dengan mudah.

Apabila Anda masih bingung akses jalan masuk menuju pantai Mandorak maka bisa langsung search di Google Maps saja.

Saat melakukan perjalanan yang lumayan jauh dari kota, sepanjang jalan menuju pantai Anda akan melihat pemandangan sawah dan ladang di pedesaan yang cukup indah.

2. Rute dari Tambolaka

Berikutnya, para wisatawan juga bisa berlibur ke Pantai Mandorak dari Tambolaka yang kita kenal dengan ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Anda dapat menggunakan kendaraan sepeda motor maupun mobil untuk sampai ke lokasi.

Jarak tempuh yang dibutuhkan saat berkendara yaitu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Dengan perjalanan tempuh yang cukup jauh maka Anda bisa membawa bekal makanan agar di jalan tidak kelaparan.

Tak perlu khawatir meski di perjalanan cukup lama, tetapi Anda dapat menikmati panorama alam yang cukup indah  di sepanjang jalan.

3. Rute dari Kampung Adat Ratenggaro

Para wisatawan juga dapat menggunakan rute dari kampung adat Ratenggaro, dari sini Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Dari sini para pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, tetapi di sekitar area Ratenggaro tidak ada transportasi umum sehingga disarankan untuk sewa mobil dan sopir lokal yang tahu jalan.

Meski perjalanannya cukup jauh, tetapi perasaan lelah Anda akan terbayar-kan saat melihat pemandangan Pantai Mandorak yang sangat indah.

Obyek Wisata Pantai Mandorak

Ingin tahu objek wisata di Pantai Mandorak yang menjadi daya tarik para wisatawan? Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini.

1. Panorama Pantai yang Indah

Wisata Pantai Mandorak Ntt

Salah satu ciri khas yang dimiliki Pantai Mandorak yaitu adanya dua tebing karang yang menjorok, meskipun tidak terlalu tinggi tetapi terlihat indah.

Selain itu, terdapat pemandangan hamparan pasir putih, deburan ombak, buih air laut hijau toska yang jernih dengan gradasi warna laut yang indah dari warna merah batu-batunya.

Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini karena pemandangannya yang indah dapat dijadikan sebagai spot foto instagramable.

2. Kedua Tebing yang Indah

Wisata Pantai Mandorak

Ketahuilah bahwa para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian sisi kiri dan kanannya. Caranya, pengunjung diperbolehkan untuk naik ke tebing yang tidak begitu tinggi. Tentu saja, pengunjung tetap perlu hati-hati saja melewati batu karang agar tetap aman.

Di atas tebing sebelah kanan dapat dijadikan sebagai spot foto favorit dengan spot batu menjorok, yang kurang lebih satu garis lurus dengan bangunan khas di Sumba.

Dengan berfoto disitu maka para wisatawan akan mendapat spot foto dengan lengkungan sempurna tebing di seberang.

3. Garis Pantainya Bisa di Foto dari Sisi Luar

Pantai Mandorak Nusa Tenggara Timur

Selain mengambil spot foto dari tebing sebelah kanan, para wisatawan juga bisa mengambil spot foto dari sebelah kiri dengan spot arah garis pantai dengan tebing karang yang menonjol di sisi kanan dan kirinya.

Dari sini spot gradasi air laut pun terlihat jelas, sehingga para pengunjung bisa memotret garis pantai dari sisi luar dan ketinggian.

Memudahkan pengunjung mengambil spot foto bagus dari ketinggian tanpa perlu menggunakan drone atau naik perahu ke tengah laut.

4. Spot Foto Instagramable

Pantai Mandorak Sumba Barat Daya

Ketahuilah bahwa para wisatawan dapat saling memotret dari ujung tebing sebelah kiri dengan mengarahkan kamera ke sebelah kanan atau ke arah seberangnya. Nah, akan lebih bagus apabila saling memotret di sisi seberangnya.

Dengan foto dari arah yang berseberangan, maka akan menghasilkan spot foto yang instagramable dan kekinian.

5. Water Blow di Sebelah Kiri

Water Blow Pantai Mandorak

Saat para wisatawan berkunjung ke Pantai Mandorak maka pengunjung bisa melihat adanya Water Blow, tetapi tidak semua orang yang pernah kesana melihat adanya water blow.

Lokasi water blow dekat dengan area parkir dan pendopo karena adanya pergeseran yang membentuk celah antara batu karang.

Akan terlihat sangat indah saat gelombang ombak menggulung masuk ke celah dan menyembur ke luar ke atas, sehingga terlihat sangat menakjubkan.

Tentu saja cukup sulit mengambil spot foto di antara water blow, tetapi jika bisa mengambil spot fotonya maka akan terlihat sangat keren dan menakjubkan.

6. Ada Garis Pantai Lagi di Luar Area Utama

Para wisatawan harus tahu ada garis pantai di luar area utama yang membuat pantainya terlihat semakin indah. Garis pantai akan terlihat dari atas tebing kiri, ke arah depan pendopo yang bangunannya berbentuk khas Sumba.

Dari ujung tebing terlihat ada gugus batu-batuan yang jauh dari pantai, disini bisa dijadikan sebagai spot foto yang keren.

Fasilitas di Pantai Mandorak

Tidak ada fasilitas lengkap di Pantai Mandorak, hanya ada fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet.

Tetapi tidak tersedia warung makan ataupun penjual makanan, sehingga mengharuskan para pengunjung untuk membawa bekal makanan sendiri.

Jika Anda berkunjung ke NTT, jangan lupa untuk singgah di pantai Mandorak ini. Anda juga dapat mengunjungi wisata pantai lainnya di NTT seperti Pantai Kolbano.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Mandorak yang berada di Nusa Tenggara Timur ini. Pantai ini sangat nyaman untuk dijadikan sebagai obyek wisata pantai untuk mengisi liburan Anda.

15 Ulasan untuk Pantai Mandorak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

  1. Keren, indah banget pantainya, dengan bebatuan dan tebing yang bagus banget buat tempat foto. Sayangnya kalau masuk diminta bayar paksa antara 50rb/mobil atau 50rb/rombongan, mungkin bisa lebih.

  2. Terlalu banyak pungli….masa cuman parkir sebntar mnta uang 100…dikasih 50 GK mau,,mereka seenaknya aja naikan tarif….

  3. Pantai Mandorak atau Mandorak Beach, seperti surga tersembunyi di Pulau Sumba. Pantai ini terletak di sisi utara, desa Moro Manduyo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pasir di pantai ini putih bersih. Luasnya paling kecil untuk ukuran pantai-pantai di wilayah itu.. . Keunggulan pantai ini yang membuatnya unik indah mempesona adalah konstruksi bebatuannya dan gelombang lautnya. Hanya di pantai inilah bisa dijumpai “Pintu Gerbang Laut” yang dalam bahasa daerah Kodi disebut Mandorak. Pergi melaut dengan perahu atau sekadar untuk berenang dan kembali ke darat, tidak ada jalan lain, kecuali melalui pintu itu.. . Memang harus tahu betul kapan siklus arus gelombang ombaknya melandai dan kapan pula membumbung tinggi. Tapi bagi wisatawan manca negara tidak memperdulikan sama sekali dan menganggapnya sebagai tantangan menarik.. . Pada daratan sisi selatan laut atau sisi barat pantai, lahan seluas lebih dari satu hektar sudah dikelola oleh Mr. Charly cs, peminat wisata pantai asal Perancis. Di tempat ini dibangun sebuah rumah adat asli Sumba, berbahan dasar kayu, bambu, tali hutan dan beratap alang-alang dengan menara berpola joglo. Seluruh keliling batas lahan dibangun pagar batu dengan konstruksi gaya Sumba tanpa semen yang disebut atur.. . Sentuhan Mr. Charly cs itu, memperkaya keindahan Pantai Mandorak sehingga makin mempesona. Daya tarik pesona lain dari Pantai Mandorak adalah dapat menikmati sunrise di pagi hari dan sekaligus juga sunset di sore hari.. . Untuk menuju ke Pantai Mandorak tidak sulit. Sarana jalan raya sudah memadai dan sebagian besar sudah beraspal, tinggal sedikit yang masih perkerasan. Kendaraan roda empat dan roda dua yang bisa disewa juga mudah diperoleh. Jarak tempuhnya dari Bandara Udara Tambolaka atau ibukota Kabupaten tidak sampai setengah jam.

  4. Mandorak tempatnya sangat sangat alami…. Luar biasa. Tanah alam ini punya orang prancis kalo ga salah jadi ga bisa sembarang masuk. Bawalah oleh2 disana..biar orang san abisa menikmati kehidupan makanan yang kita bawa

  5. Pemandangannya luar biasa, laut biru, langit biru, ombak yang memukau, bersih bgt!

  6. Pantai dan batu karang sangatlah indah. Buat kalian yang belum pernah ke sini cobalah datang untuk mencuci mata.

  7. Pantai terindah di sumba (menurut sy) 😅. Cocok buat prewedd

  8. Pantai ini dipenuhi dengan bukit karang dengan pemandangan tepi pantai yg menakjupkan

  9. Pantai yg lebih bagus musti jalan kaki lewat semak-semak

  10. Kece sih sunsetnya

  11. Mau merasakan pantai berasa milik pribadi yah di sini… Hanya hati2 dg anak2 yang suka minta uang n kadang maksa. Lebih baik dikasih cemilan aja

  12. Salah satu pantai favorit saya,
    Warnanya hijau toska, hanya bisa bermain-main air tanpa berenang, karena gelombangnya tinggi.

    Jangan lupa main ke atas bukitnya, untuk melihat pantai dan laut secara luas.

    Disini ada beberapa anak yang suka minta uang, tapi lebih baik berikan barang saja, atau siasat salah satu temen kami kemarin, dia akan memberikan uang, jika dia bawa kelapa 5 untuk kami.

    Alhasil mereka memanjat pohon kelapa, dan membawakannya untuk kami. Barulah teman saya memberikan uang sejumlah kelapa yang dibawakan.

    Pada umumnya pantai, siapkan diri untuk berpanas-panasan dan bermain air.

  13. Pantai yang bener bener cantik.. biasanya orang lihat sunset disini. Karangnya banyak dan ada beberapa area dg karang yg agak tajam. Pasirnya putih, kalau pagi bisa liat nelayan berangkat melaut. Sayangnya belum ada infrastruktur toilet, tidak ada listrik dan belum ada penjual air mineral. Ada banyak anak kecil yang mengais rezeki disini 😭😭, saya berdoa agar mereka dan orangtuanya diberi kesejahteraan dari mata pencahariannya yang layak..

  14. pantai yg bisa dibilang cerukan kecil diantara 2 batu karang yg ikonik. pasirnya putih bersih, beberapa kapal nelayan terparkir disana, mungkin sebaiknya tempatnya terpisah agar mengurangi kesan tdk rapih. tapi kelebihannya bisa berinteraksi dengan penduduk sekitar. air dan langitnya juara birunya, no filter filter!

  15. Pantai ini bersebelahan dg Danau Weekuri..akses nya sekitar 2 jam dari Tambolaka menggunakan mobil.. free entry dan cukup sepi, pantainya bagus dikelilingi banyak karang dan pepohonan hijau jika dtg di bulan dg curah hujan tinggi.. ombaknya cukup gede.. banyak anak kecil yg menawari souvenir kain dan oleh2

Tinggalkan Balasan