Pantai Marosi

Pantai Marosi

Jalan Marosi, Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur 87271, Indonesia

10 Ulasan

Sudahkah Anda menetapkan liburan untuk akhir pekan ini? Jangan sampai kesibukan dalam keseharian Anda menjadikan Anda lupa akan kebutuhan rohani Anda.

Oleh karena itu, penting adanya bagi Anda menyisihkan waktu untuk pergi berlibur guna menyegarkan tubuh serta pikiran agar kembali pada kondisi yang lebih baik. Berlibur bahkan memiliki banyak manfaat yang positif untuk kesehatan jasmani serta rohani manusia.

Salah satu yang tepat untuk berlibur adalah dengan mengunjungi pantai. Membicarakan soal pantai, Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan banyak kecantikan pantainya.

Keindahan pantai itu terdapat di Pulau Sumba, pulau dengan sejuta keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam di Sumba adalah Pantai Marosi.

Pantai Marosi

Pantai Marosi Sumba Barat

Tidak ada menyangkal apabila Pulau Sumba mempunyai pesona pantai yang begitu cantik dan juga memukau. Baik di Sumba Barat atau Sumba Timur keduanya di penuhi dengan pantai-pantai yang menawan dengan topografi yang berbeda.

Jika membicarakan mengenai Sumba Barat, ada beberapa pantai yang telah banyak dikenal masyarakat dikarenakan keindahannya. Mulai dengan Pantai Rua, Pantai Nihiwatu hingga Pantai Marosi yang memang tidak diragukan lagi kecantikannya.

Pantai Marosi sendiri berada di Kecamatan Lamboya dan berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Wakaibubak. Pantai Marosi Sumba Barat menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Sumba Barat.

Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki banyak keanekaragaman biota laut-nya, disamping dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai ini.

Hanya saja pantai ini sama seperti pantai-pantai lainnya di Sumba yang masih belum terlalu terekspos keindahannya. Namun hal tersebut menjadikan Pantai Marosi bak perawan yang jarang tersentuh oleh manusia.

Pantai Marosi benar-benar merupakan pantai yang sepi akan pengunjung sehinga cocok untuk Anda yang menyukai suasana liburan yang tenang. Bahkan dalam kondisi paling ramai, Pantai Marosi masih dapat dinikmati secara tenang dan juga nyaman .

Harga Tiket Masuk Pantai Marosi

Untuk dapat memasuki kawasan Pantai Marosi ini, Anda bahkan tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Anda bisa dengan puas menikmati keindahan alam Pantai Marosi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser-pun.

Menariknya lagi, pantai ini juga dibuka selama 24 jam, yang artinya pengelola tidak membatasi jam buka ataupun tutup di Pantai Marosa ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Marosi

Pantai Marosi berada di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Untuk bisa mencapai ke Pantai Marosi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang akses menuju ke kawasan wisata ini sebab akses jalannya terbilang cukup mulus dan juga lancar.

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini namun tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda bisa bisa menggunakan penyewaan mobil.

Hal ini dikarenakan angkutan umum yang ada di daerah ini belum ada yang membuka jalur langsung menuju ke kawasan Pantai Marosi.

Obyek Wisata Pantai Marosi

Di pantai ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda. Simak beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Wisata Pantai Marosi

Pantai Marosi dikenal dengan hamparan pasir putihnya yang lembut serta air laut-nya yang jernih seperti kristal.

Batu karang yang menjorok ke arah laut menjadi keunikan tersendiri ditambah dengan batu0batuanyang seakan tersangkut di tengah pasir yang membuat tempat ini memiliki ciri khas tersendiri.

Pantai juga dikelilingi oleh savana serta pepohonan kelapa yang tumbuh menjulang. Sehingga sejauh mata Anda memandang hanya keindahan dan juga kesegaran yang akan Anda dapatkan.

Keindahannya sangat memukau, saat terkena sinar matahari pasir tersebut akan sekilas berwarna merah muda, dimana butiran pasir-nya lebih besar bak hamparan merica di sepanjang garis Pantai Marosi.

Keunikan lainnya adalah adanya beberapa spot dimana memiliki pasir yang tidak terlalu padat sehingga para wisatawan dapat merasakan sensasi seperti terperosok kedalam-nya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ini bukan seperti pasir hisap seperti yang ada di rawa-rawa.

Pantai ini juga memiliki bukit di tengah laut, yang dikelilingi ombak mengitari di sisi kiri dan kanan bukit tersebut.  

Dari kejauhan akan terlihat seperti berkabut karena efek percikan air laut tersebut, di tambah dengan hutan bakau yang berada yang juga menambah keasrian-nya. Apalagi terdapat beberapa spesies burung yang hidup didalamnya.

2. Surfing

Surfing Di Pantai Marosi

Layaknya pantai lainnya yang ada di Sumba Barat, ombak di Pantai Marosi juga lumayan cukup besar. Pada bulan Mei hingga September, wisatawan yang hobi berselancar banyak yang datang berkunjung ke pantai ini.

Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari luar negeri juga sudah mulai melirik ke kawasan wisata ini.

Jika Anda tidak tertarik untuk berselancar di pantai ini maka Anda bisa berjemur di pinggir pantai. Bahkan pasir di pantai Marosi ini dianggap paling putih bersih di Sumba sehingga membuat air laut-nya senantiasa berwarna biru pekan nan mempesona.

3. Melihat Panorama Sunset

Sunset Di Pantai Marosi

Jika Anda mau menunggu sampai waktu tenggelam-nya matahari di senja hari, maka Anda kan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Anda akan melihat suasana sunset dengan pemandangan yang indah. Dimana langit berwarna kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga yang sangat indah.

Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk background photo anda selama berkunjung ke pantai ini.

4. Melihat Festival Khas Sumba

Festival Pasola Di Pantai Marosi Sumba Barat

Selain dari itu, Anda juga bisa datang berkunjung ke pantai Marosi ini bersamaan dengan berbagai festival yang digelar di Sumba Barat.

Festival itu seperti Pasola yang melibatkan banyak warga Sumba. Pasola adalah salah satu seni perang berkuda yang sampai sekarang masih dilestarikan di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ini.

Selain Pasola ada juga Festival Tenun Ikat atau ritual adat Sumba yang lainnya. Kondisi ini akan menambah meriah liburan Anda.

Fasilitas dan Penginapan di Pantai Marosi

Obyek Wisata Pantai Marosi bisa dikatakan masih merupakan pantai yang masih sangat perawan, hingga tidak ada bangunan sama sekali ditempat ini. Tidak ada tempat parkir, toilet atau bahkan warung-warung penjual makanan.

Hanya ada segelintir anak-anak yang menawarkan kelapa mudanya kepada para pengunjung. Apabila senja tiba, banyak anak-anak dari kampung terdekat bermain-main di pantai ini.

Bahkan saat air laut-nya surut, banyak penduduk dari desa sekitar turun ke laut untuk menangkap kepiting dan juga cumi-cumi.

Namun bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Marosi lebih dari satu hari, maka Anda tidak perlu khawatir  karena Anda bisa menyewa tempat menginap di sekitar kawasan Pantai Marosi.

Telah banyak homestay yang tersedia disekitar pantai bahkan memberikan harga yang cukup bersaing dan juga terjangkau. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, jarak  ke lokasi, fasilitas dan tempat yang ingin eksplorasi serta harga yang ditawarkan.

Beberapa hotel yang terdekat yang bisa Anda reservasi adalah Bintang Flores Hotel, Exottic Komodo Hotel,Evergreen Homestay, Pagi Hotel dan masih banyak penginapan atau hotel lainnya yang tersedia di sekitas kawasan ini

Demikian ulasan mengenai keindahan wisata pantai Marosi Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bagi Anda yang sedang mengunjungi Sumba Barat jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke pantai Marosi ini atau ke Pantai Tarimbang. Jangan lupa juga mengajak keluarga dan orang-orang terkasih Anda menikmati indahnya suasana Pantai Marosi.

10 Ulasan untuk Pantai Marosi, Sumba Barat. Nusa Tenggara Timur

  1. Berada di lamboya,hampir sama dengan pantai selatan lainnya ombak besar dan di pantai ini ada batu besar yang menyurupai miniatur pulau. sangat indah…jangan lupa ke pantai lainnya di lamboya.

  2. Pantai pasir putih… Masih belum banyak terjamah, bnyak kelapa muda cuyy… Tinggal minta petikin aja sama dorang di sana, jangan lupa bayar ya kelapa nya sebagai jasa sudah di petik dan di sajikan….. Sayang nya jalan ke sana masih belum aspal/cor beton (2015)

  3. Pantai pasir putih… Masih belum banyak terjamah, bnyak kelapa muda cuyy… Tinggal minta petikin aja sama dorang di sana, jangan lupa bayar ya kelapa nya sebagai jasa sudah di petik dan di sajikan….. Sayang nya jalan ke sana masih belum aspal/cor beton (2015)

  4. Bagus viewnya

  5. Pantai dengan pasir putih yg sangat bagus

  6. Pantai selatan Sumba Barat dgn spot sunset yg menarik

  7. Pantai pasir putih dengan pemandangan sebuah pulau kecil dekat pantai cukup indah

  8. Terletak lamboya kabupaten Sumba Barat

  9. Pasirnya bagus,pantainya jg bagus to kaya kurang keurus

  10. Pantai pasir putih yang masih jarang dikunjungi. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sangat ideal untuk liburan keluarga atau dengan kekasih. Sangat bagus untuk menikmati sunset dan pemandangannya sangat spektakuler. Berada di desa Patiala, Marosi Lamboya.

Tinggalkan Balasan