Pantai Pecaron

Alamat: Unnamed Rd, Ayah,, Hutan, Srati, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pesona wisata laut Kabupaten Kebumen memang sudah tidak diragukan lagi. Berderet sepanjang pantai selatan dengan warna pasir mulai dari hitam, kecoklatan hingga putih bersih. Pantai –pantai ini menawarkan beribu pesona dengan taburan batu karang yang unik dan mampu memberikan perlindungan bibir pantai dari ombak besar laut selatan.

Lingkungan sekitar lokasi wisata yang cukup asri dan menawarkan jalur menantang pun terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai –pantai di Kebumen. Nah bila anda ingin merasakan suasana pantai yang tidak biasa di Kabupaten Kebumen, anda bisa mengunjungi pantai Pecaron yang memiliki pesona luar biasa.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pecaron

Sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa anda tuju saat hari libur atau akhir pekan, Pantai Pecaron merupakan salah satu rekomendasi lokasi wisata pantai yang hemat dan berkualitas. Betapa tidak? sebagai sebuah pantai dengan julukan “The hidden paradise”, untuk memasuki dan menikmati pesona Pantai Pecaron, anda tidak ditarik tarif sama sekali alias gratis.

Hanya saja untuk keamanan kendaraan yang anda bawa, anda bisa menitipkannya di beberapa lokasi tempat penitipan kendaraan yang dikelola secara swadaya oleh para penduduk sekitar. Tarif penitipan kendaraan tersebut pun cukup murah, seperti kendaraan bermotor roda dua yang ditarif dengan harga Rp 2.000,00 per sepedah motor.

Pantai dengan pasir hitam keabu abuan ini memang cukup menarik bila dijadikan lokasi wisata unggulan di Kabupaten Kebumen. Keindahan tebing dan pantainya memang tak habis hanya dengan sehari penjelajahan. Apalagi ditambah dengan dekatnya jarak tempuh antara pantai Pecaron dengan pantai lain yang juga memiliki pesona menakjubkan.

Pantai ini dikenal setelah keindahan Pantai Pecaron diekspos secara nasional oleh acara televisi MTMA “My Trip My Adventure” versi Pantai Pecaron Kebumen yang tayang pada tanggal 4 April 2015 oleh stasiun televisi TransTV pada hari sabtu pagi. Dari situ mulai banyak pengunjung dan pengelolaan lokasi wisata pun mulai diperbaiki.

Seperti dengan penyediaan fasilitas yang umum dijumpai di beberapa lokasi wisata pantai, seperti tempat ibadah, kamar mandi umum, air bersih dan beberapa tempat makan sederhana. Dan bila anda berkunjung ke Pantai Pecaron, anda juga bisa menyeberang muara sungai menuju pantai Surumanis yang terletak persis di sebelah pantai pecaron dan terpisah oleh muara sungai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pecaron

Pantai Pecaron terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk mencapai lokasi wisata pantai Pecaron, anda hanya tinggal mengikuti jalan Raya Karangbolong menuju kecamatan Ayah. Selanjutnya bila anda telah sampai di sebuah desa bernama Desa Srati di wilayah tersebut, anda harus mencari belokan dengan tanjakan yang biasa disebut sebagai tanjakan Tutukan.

Sepanjang jalan menuju Pantai Pecaron telah difasilitasi dengan beberapa petunjuk jalan yang memudahkan anda untuk mengetahui rute perjalanan menuju Pantai Pecaron. Penunjuk jalan itu biasanya berupa spanduk yang bertuliskan “Pantai Pecaron Indah”. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti jalur sampai anda menemukan lokasi wisata yang anda tuju, yakni Pantai Pecaron.

Objek Wisata di Pantai Pecaron

Pantai Pecaron memiliki luas bibir pantai yang memang tidak terlalu besar. Namun pantai Pecaron ini masih memiliki suasana yang cukup asri dan masih sepi, oleh karena itu Pantai Pecaron menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menjanjikan untuk menghabiskan hari libur atau akhir pekan anda. Berikut beberapa objek yang bisa anda nikmati saat berlibur di Pantai Pecaron, Kebumen.

1. Pesona Tak Ubahnya Pantai Pribadi nan Mengesankan

Pantai yang masih cukup baru ini, masih memiliki pengunjung yang belum cukup padat. Oleh karena itu akan ada banyak ruang kosong bagi anda untuk mendapatkan quality time di pantai tersebut bersama keluarga atau teman –teman. Suasana yang tidak terlalu ramai akan membuat anda bisa berfokus untuk menikmati pemandangan alam yang tiada taranya.

Bila sudah seperti ini, bukankah Pantai Pecaron sudah terasa seperti pantai pribadi? Segala keindahan dan kenyamanan Pantai Pecaron dapat secara maksimal anda nikmati. Nah tunggu apa lagi, ajak keluarga dan teman–teman anda untuk bersama–sama melepas penat dengan menikmati keindahan Pantai Pecaron.

2. Berselfie dan Wefie Ria Bersama Teman dan Keluarga

Liburan memang tak lengkap tanpa mengabadikan momen dengan cara berselfie atau wefie. Yaps, di jaman yang sudah canggih dan berfoto bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun akan membuat anda sangat sayang untuk melewatkan momen seru berfoto dengan latar belakang pantai selatan, karang yang indah dan tebing dengan pepohonan asri.

Tebing –tebing karang tinggi dan besar yang mengelilingi pantai terlihat seperti batas yang memisahkan antara pantai satu dengan pantai yang lainnya. Keindahan dari tebing–tebing ini jelas akan menggoda anda untuk menjadikannya sebagai latar belakang foto anda. Selain tebung, terdapat pula perbukitan bergelombang dan berujung vertikal ke arah laut.

Jadi, bila anda sedang mampir ke Pantai Pecaron, jangan lupa untuk menyiapkan kamera anda untuk tetap stand by. Jangan lupa bawa baterai cadangan dan kapasitas memori yang cukup, karena banyak momen yang harus dan akan anda dapatkan di pantai Pecaron bersama keluarga dan sahabat.

3. Asiknya Berpiknik di Pinggir Pantai

Pantai pecaron memiliki banyak lokasi dengan kumpulan pohon kelapa maupun beberapa pohon yang mampu tumbuh didaerah muara. Oleh karena itu tak sulit bila anda ingin menemukan tempat berteduh untuk sekedar melepaskan penat usai bermain–main di pantai ataupun untuk berpiknik dan menikmati hidangan sambil mengamati pemandangan pantai sekitar.

Tak perlu hidangan yang terlalu mewah dan mahal, cukup dengan beberapa minuman dingin dan camilan kue sudah bisa membuat suasana piknik anda terasa menyenangkan. Kegiatan kegiatan di pantai seperti ini juga dapat menjadi salah satu momen alat pengumpul yang mempererat tali silaturahmi antara keluarga ataupun sahabat karib.

4. Mancing Ikan Laut Yuk!

Bosan hanya dengan bermain air dan berselfie di pinggir pantai? Kenapa tidak mencoba memancing ikan laut saja? Selain sebagai tempat wisata pantai, pantai yang satu ini juga banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk sekedar menghibur diri dengan memancing ikan laut. Ombaknya yang tidak terlalu besar dan banyak bebatuan karang membuat banyak ikan laut berkumpul di sekitar pantai.

Ingin mancing ikan tapi bosan dengan ikan laut? Tenang, pantai Pecaron yang terletak di ujung muara sungai juga bisa menyajikan ikan sungai untuk anda. Cukup dengan menyewa perahu nelayan, anda sudah bisa menghabiskan hobi memancing ikan air tawar anda di tepi muara pantai pecaron. Harga sewa perahu merupakan kesepakatan nelayan dan penyewa.

5. Sunset di Pantai Berkarang

Seperti halnya pantai–pantai yang lain, pantai Pecaron juga memiliki pesona luar biasa saat matahari akan terbenam. Memang pemandangan sunset tidak terlalu jelas terlihat dari pantai Pecaron ini karena terhalang tebing karang besar yang terdapat di bagian barat pantai Pecaron. Namun justru pemandangan pantai ini menjadi lebih menarik dengan adanya bayangan tebing karang yang unik.

6. Bermain Dengan Air Pantai yang Segar

Memang tak lengkap rasanya bila kita mampir berwisata ke pantai tanpa bermain dengan air pantainya. Lokasi pantai pasir yang cukup luas, dan ombak laut yang tidak terlalu tinggi membuat pantai Pecaron sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air ataupun berenang ke tengah laut. Tapi harus tetap diingat batas laut yang boleh di jadikan tempat berenang yah.

7. Menantang Adrenalin Menjelajah Tepi Pantai Pecaron

Sebagai pantai yang memiliki banyak karang, jalur pantai pecaron memang cukup licin untuk dilalui saat pantai pasang. Namun apabila air laut pantai sedang surut, anda bisa menelusuri dan menjelajahi bagian pantai Pecaron sampai ke ujung timur pantai yang terbelah sebuah tebing vertikal besar. Menarik bukan? Berwisata sekaligus menjelajah.

Itulah beberapa aktifitas dan informasi ringan tentang Pantai Pecaron. Namun tak lengkap rasanya bila anda hanya membaca tentang ulasan pantai pecaron tanpa berkunjung dan merasakan langsung keindahan dan pesona pantainya. Oleh karena itu, anda bisa melakukan hal –hal diatas bila anda berkunjung ke Pantai Pecaron si “The Hidden Paradise”. Selamat berlibur !!

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pecaron

  1. Pantainya sepiiii, lumayan jauh dr jalan Raya, jalannya cukup 1 Mobil, agak rusak juga d beberapa titik. . Ada penjual makanan Dan minuman, harga standar. . Ada loket tapi tidak Ada yang tunggu, jadi hanya bayar parkir saja.

    27 Februari 2018, 23:34 WIB

  2. Pantai ini bagus banget! Recommended buat yang pengen refreshing, tapi jalur untuk menuju pantai ini bisa terbilang cukup ekstrim karena jalurnya berliku dan naik turun, kalo mau ke pantai ini enaknya emang motoran bareng bareng sama temen, harga tiket masuk pantai ini kalo ga salah 5k/person, parkirnya 2k/motor, pantai ini juga bisa dijadiin tempat untuk camping, pantai ini masih jarang yang tau, untuk fasilitas bisa dibilang lengkap, ada toilet dan warung warung kecil di pantai ini, pantai ini juga punya sungai yang alirannya langsung bermuara ke laut dan karang besar yang bagus banget, pantai ini dikelilingin sama tebing. Oh iya, ombak di pantai ini besar, jadi harus berhati hati ya kalo mau main air disini! 😁

    24 Maret 2018, 18:12 WIB

  3. Tempatnya nyaman, bagus, dan cukup recommended untuk refreshing. Pantainya masih lumayan sepi, dan agak jauh, jalannya serem, naik turun, dan berliku. Tapi pemandangannya indah, ada tebing nya juga. Pokoknya mantap. Tapi btw dulu kalo bukan karena nekat mungkin nggak bakalan sampe pantai ini, rada serem sama jalannya😖😖

    20 Mei 2018, 09:37 WIB

  4. pantai yg masih alami… sepanjang jalan kita disuguhkan dengan pemandangan yang wooww

    19 Juni 2018, 05:30 WIB

  5. Pantai terfavorit juga di Kebumen. Akses jalannya me jorok masuk, sebagian ada yg dah halus, sebagian lg masih tanah bebatuan.. Tp pantainya bersih.. Kebayar sm viewnya yg bagus 😍😍😍

    30 Juni 2018, 00:32 WIB

  6. Pantai Pecaron merupakan pantai yang memiliki tebing indah serta bebatuan yang banyak. Pantai ini akan terlihat dari Menganti. Namun akses jalan menuju pantai ini agak rusak, santai saja setelah sampai tempatnya anda tidak akan kecewa dengan viewnya.

    23 September 2018, 07:09 WIB

  7. Bagus tempatnya luas untuk bermain air juga enak…. Harus ditambah fasilitas umumnya terutama toilet

    1 Oktober 2018, 05:57 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pecaron

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *