Pantai Surumanis

Alamat: Hutan, Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Kabupaten Kebumen memang surganya lokasi wisata alam yang masih asri. Tak hanya pegunungan, Kebumen juga banyak memiliki pantai –pantai istimewa yang menghadap langsung ke arah pantai selatan. Pesonanya tak hanya datang dari birunya laut nan menenangkan tapi juga keasrian dari masing –masing lokasi yang masih terjaga akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan menghilangkan penat.

Nah pantai masih menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur dan weekendnya. Terutama bila lokasi wisata tersebut masih asri dan rutenya cukup menantang untuk di lalui. Karena kebanyakan wisatawan tersebut ingin merasakan suasana baru diluar aktivitas perkotaan yang padat dan sumpek. Nah Pantas Surumanis bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata pantai asri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Surumanis

Biaya akses masuk ke lokasi wisata satu ini tergolong cukup murah, yakni untuk dapat menikmati keindahan pantai Surumanis, kocek yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp 5.000,00 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 untuk mobil serta Rp 2.000,00 untuk sepedah motor. Cukup murah bila dibandingkan dengan biaya akses masuk lokasi wisata sejenis dengan fasilitas yang hampir sama.

Lokasi wisata pantai Surumanir memang masih jarang dikunjungi wisatawan, oleh karena itu lokasinya masih cukup asri. Fasilitas yang disediakan di Pantai Surumanis juga masih ala kadarnya, berupa tempat tempat istirahat yang instagramable atau cocok bila digunakan untuk foto dan mengabadikan momen, tempat beribadah, kamar mandi umum dan juga air bersih.

Rute Menuju Lokasi Pantai Surumanis

Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi pantai Surumanis juga sangat mudah untuk ditemukan, terutama bila Anda menggunakan Google Maps, lokasinya sudah tertera di google maps, jadi jangan khawatir untuk nyasar yah. Beberapa petunjuk arah dan tanda jalan juga telah dipasang untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi.

Pantai Surumanis berada di bagian timur Pantai Pecaron. Jalan menuju Pantai Surumanis merupakan jalur bukit yang cukup terjal. Jadi bila Anda ingin berkunjung ke lokasi tersebut, usahakan membawa kendaraan yang sehat, kuat dan tangguh untuk mengatasi lajur jalan yang berbukit naik dan turun. tetap ikuti penunjuk arah yang telah tersedia di setiap pinggir jalan atau persimpangan yang ada.

Nah sekarang bila Anda saat ini berada di kota Kebumen, maka untuk mencapai lokasi Pantai Surumanis Anda harus mengambil rute jalan menuju ke Pantai Petahanan. Kemudian lanjutkan ke arah pantai Suwuk dan selanjutnya rute ke arah pantai Karangbolong. Lanjutkan perjalanan sampai Anda menemui rute Pantai Ayah dan kemudian dilanjutkan dengan rute ke Pantai Pasir.

Jika Anda sudah menemukan tanjakan dengan tikungan tajam dengan gapura gerbang masuk bertuliskan “Pantai Pecaron”, ikuti masuk ke jalur tersebut. Selanjutnya perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km menuju ke arah Pantai Surumanis, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Obyek Wisata di Pantai Surumanis

Berikut ini beberapa objek yang dapat Anda nikmati di Pantai Surumanis:

1. Pesona Pantai Pasir Hitam Berkarang

Pantai Surumanis memiliki pasir pantai berwarna hitam kecoklatan yang menyatu dengan warna laut selatan biru pekat dengan panjang garis pantai sekitar 600 meter. Ditambah dengan batu batu karang yang menjulang mulai dari kecil hingga besar dan memecah debur ombak besar. Bentuk karang –karang yang unik membuat bebatuan tersebut menjadi objek background foto yang unik dan ikonik.

Pantai Surumanis dikelilingi oleh batu –batu karang, sehingga angin dan ombak yang melalui pantai ini memang tidak cukup besar bila dibandingkan dengan pantai –pantai yang terletak di wilayah selatan pulau jawa dan juga berhadapan langsung dengan samudra hindia. Karena letaknya di antara tebing, pantai Surumanis tergolong pantai yang cukup terpencil untuk dijangkau.

2. Rute Menuju Pantai yang Menantang

Jalan menuju pantai Surumanis adalah sama dengan jalan yang dituju bila kita mau menuju Pantai Pecaron, namun jalur ke Pantai Surumanis lebih ke arah pojok dan lebih terpencil. Untuk sampai ke lokasi pantai Surumanis, Anda harus mendaki bukit karang yang masih asri, kemudian menuruninya. Selama perjalanan mendaki bukit, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang tidak biasa.

Pemandangan pantai Surumanis dan beberapa tebing di pantai sekitarnya akan dapat Anda nikmati melalui puncak bukit akses masuk Pantai Surumanis. Tak hanya pantai Surumanis, beberapa pantai yang terletak di satu garis lurus dengan pantai Surumanis pun akan terlihat dengan jelas pemandangan dan pesonanya. Anda pun dapat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Perjalanan masuk ke pantai Surumanis bisa ditempuh dengan berjalan kaki masuk sepanjang 1 km setelah jalur Pantai Pecaron. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan bukit karang yang kurang memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan, terutama kendaraan besar roda empat. Belokan yang tajam dan terjal menjadi tantangan tersendiri untuk menikmati pantai nan indah ini.

3. Spot Foto Instagramable

Apakah Anda seorang instagramer? Tak ada salahnya bila Anda mencoba mengambil gambar beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pengelola lokasi wisata di Pantai Surumanis. Betapa tidak, beberapa spot seperti rumah kayu lengkap dengan payung warna warni dan background pantai dan tebing Pantai Surumanir membuat Anda akan terkagun –kagum akan keindahan dan keunikannya.

Spot selanjutnya adalah pagar tebing berupa dek kayu tepi pantai, dimana sebuah tempat dengan pagar dan lantai yang terbuat dari kayu yang terletak diatas puncak bukit karang dengan latar belakang luas dan birunya samudra hindia. Bisa menghipnotis Anda untuk terus bersyukur atas ciptaan sang kuasa. Namun jangan lupa untuk tetap hati –hati dalam mengambil gambar ya. Usahakan posisi Anda tetap aman dan terjaga.

Spot foto angsa juga ada di lokasi ini, spot foto ini terdiri dari dua gambar angsa yang terbuat dari papan dan tentu saja banckgroundnya berupa samudra hindia yang memiliki ombak yang cukup besar cocok untuk Anda yang ingin berselfie bersama dengan pasangan. Ada pula spot dek kayu model perahu yang menghubungkan beberapa bukit karang menuju ke tengah laut.

Sensasi mendebarkan terkena deburan ombak laut pantai selatan di tengah dek kayu berbentuk perahu yang terkena dan terbentur mengenai bebatuan karang di sekitar spot foto dek kayu tersebut. Itulah beberapa spot foto buatan yang sengaja disiapkan oleh para pengelola Pantai Surumanis untuk kenyamanan dan kepuasan para wisatawan. Bagaimana? Cukup menantang namun tetap asik bukan?

4. Indahnya Panorama Bukit Pantai Surumanis

Bila Anda ingin menikmati sensasi lain di sebuah pantai pribadi, Anda bisa menaiki bukit –bukit karang yang terletak melingkari pantai Surumanis ini. Beberapa lokasi bukit telah diberi akses untuk menaikinya, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari rute untuk menaiki bukit –bukit karang tersebut, karena sudah ada jalur khusus yang bisa Anda gunakan.

Beberapa spot bukit memiliki bagian –bagian yang bisa digunakan sebagai tempat mengabadikan momen dengan berfoto ria. Batu karang hitam menjulang tinggi dan pemandangan dari atas bukit yang penuh keeksotikan dan juga menenangkan membuat bukit –bukit di Pantai Surumanis ini menjadi rekomendasi utama setelah mengunjungi pasir pantai Surumanis.

5. Sensasi Pantai Pribadi

Jumlah pengunjung Pantai Surumanis yang memang masih belum banyak dan juga lingkungan pantai yang asri, dapat Anda nikmati sendiri membuat pantai ini serasa pantai pribadi yang sewaktu waktu dapat Anda nikmati panoramanya. Tak jarang, beberapa orang datang sendirian atau hanya dengan pasangannya, sehingga mereka dapat memiliki waktu yang berkualitas untuk diri mereka sendiri.

6. Serunya Bermain Air Laut

Ombak yang terdapat di Pantai Surumanis tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan pantai –pantai lain yang menghadap langsung dengan samudra hindia. Hal ini dikarenakan pantai ini dikelilingi oleh beberapa batu karang yang mampu memecah ombak, sehingga hanya ombak –ombak kecil saja yang sampai di bibir pantai.

Oleh karena itu, pantai Surumanis cukup aman apabila Anda ingin bermain air laut dan mandi disana. Anda juga dapat menikmati deburan ombak pantai langsung tanpa harus takut akan terseret ombak. Namun tetap perlu diperhatikan, bahwa jangan berenang ataupun bermain air di wilayah air terlalu dalam ataupun terlalu jauh ke tengah laut.

7. Berwisata Sambil Berelaksasi Menghilangkan Kepenatan

Terkadang wisata alam memang sangat cocok dengan suasana tenang untuk menhilangkan segala kepenatan diri setelah beraktifitas dengan kejenuhan di kota kota besar. Nuansa yang asri dan tenang dapat membuat diri Anda rileks sejenak dan membuat segala kepenatan yang selama ini Anda rasakan menjadi hilang.

Nah demikianlah beberapa ulasan tentang Pantai Surumanis. Tak hanya pantai ini saja, tak ada salahnya bila Anda juga ingin menikmati beberapa pantai lain yang berada di sekitar Pantai surumanis. Untuk itu Anda juga bisa mengajak teman, keluarga atau pasangan agar dapat menikmati suasana yang asri dan menenangkan bersama.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Surumanis

  1. perjalanan panjang dan sedikit butuh perjuangan bakal terbayar kok jika dah sampai pantai tersembunyi satu ini.. saya kemarin baru pertama ke surumanis dan worth itu banget, jalannya bikin nagih.. tiket masuk kemarin sekitar 25 3orang dua motor, dan sudah termasuk parkir.. begitu sampai di atas, banyak spot spot foto yg memang di sediakan oleh setempat, saya lupa nama nama spot nya 😂. dan jika hendak ke pantainya harus menuruni bukit yang lumayan panjang sih… sesampainya di bawah suguhan pantai yang masih asri dan bersih. dengan bagian belakang tebing nan hijau… tapi jika mandi mungkin kurang dianjurkan jika agak ke tengah, karena banyak karang di lepas pantainya, suaranya mantap jika tertabrak ombak… pokoknya wajib dah jika ke pantai manganti ga ke mari… wajib di coba buat para penikmat pantai dan pegunungan. salam ngapak.

    17 Juni 2018, 23:04 WIB

  2. Pantai surumanis merupakan sebuah Pantai yang masih alami dan natural. Tetrletak di kawasan Perbukitan Karang menjadikan sebuah tempat wisata rekomendasi untuk keluarga. Berbukit dan pantai karang dengan sejuta pesonanya. Jalanan sudah beraspal. Parkir luas dan fasilitas lengkap

    10 Juli 2018, 13:49 WIB

  3. Kali ini kami mencoba meng explore Pantai Surumanis yang merupakan salah satu pantai tersembunyi di kabupaten kebumen, dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan pantai-pantai tersembunyi lainnya seperti pantai Lampon dan Karang Agung. Medan yang begitu extreme dan penuh tantangan sangat cocok untuk kalian yang berjiwa muda yang selalu ingin tahu tempat-tempat tersembunyi di kota kebumen. Pemandangan yang indah dan sejuk udara pegunungan akan membayar rasa lelah kalian saat menempuh perjalanan ke lokasi pantai surumanis tersebut. Dari atas bukit kalian akan dapat melihat pantai menganti, karang pengantin dan pantai pecaron. Sungguh pemandangan yang indah.. . Lokasi menuju ke pantai surumanis berada di kecamatan ayah kebumen, pantai ini berada di perbatasan desa pasir dengan desa srati. Atau secara geografis berbatasan dengan Pantai Pecarondan Karang Pengantin. Bila dari pantai suwuk kalian terus saja ke arah menganti. Masih ingat dengan tanjakan tajam dengan dua jalur saat mau ke menganti? Nah setelah tanjakan tajam tersebut ada bengkel motor kiri jalan/selatan jalan. Di sana ada gang kecil kalian masuk saja mengikuti jalan dan tanyakan saja pada warga ke arah lokasi pantai surumanis dimana. Kami sarankan apabila kalian datang pada hari yang hujan jangan diteruskan karena medannya pasti akan sulit dilalui. Gambaran medan perjalannya yaitu jalan setapak kecil yang tidak bisa dilalui dua motor sekaligus dengan tanah lumpur yang licin serta naik turun, roda depan kami sempat beberapa kali naik (standing) ketika kami dihadapi jalan naik yang bergelombang dan licin. Sungguh petualangan yang mengasikan tentunya.

    15 Juli 2018, 14:38 WIB

  4. View nya Bagus.. Cuma medan kesana agak extreme.. Jd klo yg blm pintaer bawa motor atau mobil. Harap bawa pendmping yg handal

    2 Agustus 2018, 17:05 WIB

  5. Pantai surumanis. Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Bersebelahan dengan Pantai Lampon, Tanjung Karang Penganten, dan masih di sekitar area wisata pantai lainnya.. Akses nya yang cukup mudah dengan sepeda motor maupun kendaraan roda 4.. Sesampainya di lokasi parkir, wisatawan langsung disuguhi dengan bentangan laut biru yang luas dan spot foto yang menjadi salah satu icon dari Pantai Surumanis ini yaitu jembatan setengah lingkaran.. Untuk mencapai pantai, kita harus berjalan kaki ke bawah sekitar 15 – 20 menit.. Dan kita bisa langsung menikmati deburan ombak, pasir pantai yang hitam, batuan karang dan sekaligus bisa menikmati sunset dari pantai surumanis.

    11 Agustus 2018, 03:34 WIB

  6. Aksrs jalan nanjak nurun. Sudah halus. Sampai parkiran harus berjalan lagi turun kurleb 1-2km. Dan banyak spot selfie. Cocok bet buat hunting fto. Kmrn pas dtg masih pembangunan spotw baru. Keren liat pantai dr atas. Dan bs turun ke pantai nya…

    30 Agustus 2018, 19:55 WIB

  7. Pantai nya bagus dan indah. Jika ditambah tempat foto yang banyak jadi makin betah disini. Ditamahin juga tempat tempat untuk berteduh soalnya jika musim panas bakal terasa sekali panasnya

    6 September 2018, 23:00 WIB

  8. Pantai nya awesome banget. . Pantai tapi berada diketinggian, pemandangan sebelum ke pantai nya juga indah banget.. Surumanis merupakan pantai pasir putih.. Akses jalan ke pantai surumanis Harus pake kendaraan pribadi. Karna tidak ada angkutan umum. Disarankan driver memiliki pengalaman berkendara yang baik, karna akses jalannya lumayan terjal.. Dipantai ini belum terlalu ramai, jadi cocok buat prewedding atau pemotretan.. Tiket masuk wahana juga cukup murah dan terjangkau. Pokoknya buat kalian para pecinta pantai wajib kesini

    18 September 2018, 21:33 WIB

  9. masih 1 jalur dengan pantai lampon,harga tiketpun sama 10 ribu untuk 1 orang dan 2 ribu untuk parkir kendaraan roda 2.banyak spot2 selfie untuk kaula muda yang suka mengambil momen..pemandangan bukit karang yang tinggi menjulang,fasilitas cukup lengkap..parkir motor ,mobil,musola serta toilet sudah tersedia…

    9 Oktober 2018, 17:36 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Surumanis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *