Pantai Anora

Pantai Anora

Dusun Cikmas, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

5 Ulasan

Pantai Anora adalah salah satu pantai yang cukup populer di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Namun sayangnya tak banyak agen paket wisata Karimunjawa yang menjadikan Pantai Anora sebagai salah satu tujuan wisata.

Mungkin hal ini dikarenakan akses menuju ke pantai ini memang lumayan jauh dari pusat kota. Banyak pantai dengan pasir putih yang indah dan mempesona di pulau Karimunjawa ini.

Pantai-pantai yang terkenal itu seperti pantai Batu Topeng, pantai Legon lele, pantai Barakuda dan pantai Nirwana. Salah satu pantai yang ada di Karimunjawa adalah Pantai Anora.

Obyek Wisata Pantai Anora Karimunjawa

Pantai Anora terkenal dengan pasir putih serta airnya yang sangat biru. Pantai ini juga termasuk pantai yang lumayan sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang tidak suka dengan keramaian.

Nah, bagi para turis dan wisatawan yang ingin kesana, berikut adalah beberapa informasi seputar Pantai Anora yang mungkin dibutuhkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Anora

Untuk masuk ke Pantai Anora sendiri tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Para pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5000 sebagai biaya retribusi dan Rp 2000 untuk parkir.

Namun, akses kesini cukup sulit sehingga mungkin menghabiskan biaya yang cukup mahal untuk transport. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus menyeberang dengan menggunakan kapal ferry dari Jepara dengan biaya minimal sekitar Rp 100.000.

Selain melalui pelabuhan, pengunjung juga bisa memasuki pantai dengan menggunakan jalur udara. Biaya dari Bandara Semarang ke Bandara Karimunjawa sendiri berkisar Rp 400.000 per orang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Anora

Pantai Anora terletak di ujung utara pulau Karimunjawa tepatnya di Dusun Cikmas, kecamatan Karimunjawa, kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dari pelabuhan Karimunjawa, jarak yang perlu ditempuh kurang lebih sekitar 7 Km.

Akses menuju lokasi pantai Anora ini dapat ditempuh dengan beberapa rute.

  • Rute dari Jepara : Perjalanan darat menuju ke Jepara dengan naik angkutan darat kemudian dilanjutkan naik kapal ferry ke pulau Karimunjawa.
  • Rute dari Semarang : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa. Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara mini yang ada di Karimunjawa.

Semua rute di atas akan berakhir di Pulau Karimun Jawa yang berada di laut Jawa.

Pantai ini letaknya cukup terpencil jadi memang agak susah menemukannya. Untuk ke pantai ini, pengunjung cukup berkunjung dari alun-alun Karimun menuju Desa Kemujan.

Sampai ke pulau Kemujan, pengunjung akan menemukan denah menuju pantai Yamin dan pantai Kemloko.

Terus saja berkendara ke Pantai Yamin dan Kemloko, pengunjung akan menemukan pantai yang indah dengan banyak ayunan. Dan disanalah letak Pantai Anora. Jalan masuk kesini memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya muat untuk dua mobil.

Tak ada angkutan umum disini sehingga pengunjung harus menyewa kendaraan yang disewakan oleh pengelola disana. Sebelum masuk, lebih baik cek terlebih dahulu kondisi kendaraan.

Jika tidak ingin ribet, para wisatawan juga bisa menggunakan jasa agen wisata Karimunjawa serta tour guide agar lebih mudah. Meskipun begitu, biaya yang dikeluarkan untuk agen travel juga tak sedikit.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Perlu diketahui, bahwa Pantai Anora ini dikelola sendiri oleh masyarakat di sekitar pantai tersebut. Untuk itu, ada baiknya jika para pengunjung mau menyumbangkan sedikit uang demi membantu mengembangkan pantai dan menolong perekonomian masyarakat yang tinggal disana.

Obyek Wisata Pantai Annora

Pantai Anora dikelola sendiri oleh masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut sehingga mungkin fasilitasnya kurang memadai. Namun, disana pengunjung bisa menemukan banyak objek wisata yang sangat indah.

Jika bingung tempat-tempat apa saja yang harus dikunjungi di pantai Anora, berikut adalah beberapa informasi yang sekiranya bisa membantu para pengunjung pantai ini:

1. Keindahan Pantai Annora

Pantai Anora Karimunjawa

Meski letaknya agak terpencil, Pantai Anora tak kalah indah dengan pantai lain di daerah Karimunjawa. Air di pantai ini sangat jernih sehingga pengunjung bisa melihat banyak biota dan makhluk hidup dibawah air.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah pasir putihnya. Karena pantai ini tidak begitu ramai, para pengunjung bisa bersantai di pinggir pantai sembari ditemani secangkir kopi dan semilir angin laut.

2. Bermain di Tepi Pantai

Pantai Anora Yang Indah

Pengunjung juga bisa mendirikan tenda di tepi pantai dan berkumpul bersama keluarga dan sahabat sembari menikmati malam dan ditemani oleh cahaya api unggun.

Pasir pantai yang putih dan halus juga bisa digunakan untuk membuat rumah, benteng atau patung lainnya. Pengunjung juga bisa membeli ikan dari para nelayan di sekitar pantai dan cinderamata dari para pengrajin lokal.

3. Bukit Annora

Bukit Annora Di Pantai Annora Karimunjawa

Selain pantai, disini pengunjung juga bisa mengunjungi bukit yang terletak di bibir pantai. Bukit ini juga diberi nama yang sama dengan pantainya yaitu Bukit Annora.

Dari atas bukit Annora, pengunjung bisa melihat lebih luas lagi keindahan dari pantainya. Selain itu, bukit ini juga cocok bagi para pemburu sunset dan sunrise dan memiliki pemandangn yang sangat indah.

4. Spot Foto

Pantai Annora Karimunjawa

Jika berkunjung ke pantai, sudah pasti hal yang tidak bisa dilewatkan adalah berfoto ria. Disini banyak sekali spot foto yang bagus dan instagrammable. Salah satu spot yang sering dijadikan tempat foto adalah ayunan.

Jika ingin mendapatkan view yang lebih bagus bisa berfoto dari atas bukit Anora. Saat jam lima sore, air di pantai ini mulai surut dan bisa digunakan sebagai spot foto.

Fasilitas dan Penginapan di Pantai Anora

Salah satu hal yang membuat orang betah pergi ke pantai adalah fasilitas yang ada di pantai tersebut. Di pantai Annora ini, fasilitasnya memang belum terlalu baik.

Terbukti dengan minimnya tempat sampah serta tidak adanya penyewaan banana boat. Disarankan bagi para pengunjung untuk membawa perlengkapan sendiri. Namun pengunjung masih bisa menikmati fasilitas lain seperti ayunan, gazebo dari kayu, dan warung mie serta minuman.

Terakhir, yang paling penting ketika liburan adalah penginapan. Penginapan terdekat dari Pantai Anora adalah OYO 2467 Penginapan Dafista. Penginapan ini sangat dekat dengan Pantai Anora karena jaraknya hanya sekitar 2,7 km atau sekitar enam menit berkendara.

Jika ingin penginapan yang lebih mewah, pengunjung bisa menginap di Royal Ocean View Karimunjawa dengan fasilitas dan pemandangan yang lebih bagus.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang wisata pantai Anora Karimunjawa yang mungkin bisa membantu para wisatawan. Jika sedang berkunjung ke Karimunjawa, jangan lupa singgah ke pantai ini karena pantai Anora tak kalah eksotik dengan pantai lain yang ada di Indonesia.

5 Ulasan untuk Pantai Anora, Karimunjawa, Jawa Tengah

  1. ANNORA BEACH, Sebagian besar paket wisata karimun tak memasukkan tujuan wisata ke pantai annora. Mereka lebih familiar dengan pantai pulau menjangan, nyamuk atau tanjung gelam. Maklum akses kesini lumayan jauh dari pusat keramaian karimun.

    Pantai annora berada di utara, sekitar 12 km dari pusat kota karimun. Meskipun jalan sepanjang pulau karimun sudah mulus namun karena letaknya yang terpencil tak banyak yang mengunjunginya. Papan petunjuk pantai juga masih dibuat alakadarnya, bahkan tertutup ranting pohon. Sehingga luput dari pandangan.

    Jalan masuknya sudah bagus. Gang berupa rabat beton dengan lebar sekitar 5 meteran , cukup untuk mobil meskipun susah jika sedang berpapasan. Tak ada angkutan umum menuju kesini. Pengunjung bisa menyewa kendaraan motor yang disediakan oleh pengelola penginapan atau penduduk sekitar.

    Meski letaknya terpencil pemandangan pantai annora tak kalah dengan tujuan wisata di sekitar karimun. Terdapat tebing yang dapat digunakan sebagai spot foto yg instagramable. Keindahan pantai terlihat dari atas dan memandang lepas laut jawa. Pantai Annora, seperti Typical pantai karimun laennya yang sempit dan berkarang. Namun Air laut yang sangat jernih seperti melihat pemandangan di dalam aquarium.

    Ikan dan biota laut sangat jelas terlihat. Ikan zebra, baronan, napoleon dan lainnya menjadi objek yang sangat menarik. Surga bagi pecinta wisata alam. Alami dan eksotik para bule menyebutnya. Tak salah jika mereka menyebutnya hidden paradise.

    Penasaran ? Dateng aja.

  2. Bagus sih kalo kesini hati hati ya jalannya soalnya lika liku dan ada yang belum beraspal. Kalo aku kesini jam 5 sore sih pas air surut, banyak spot foto

  3. Serem, Nggk terurus. Kmrin kesana sore2 ada pungli. Niatnya mau ngecamp liat sunset, Tapi pas disono gak dapet sunset sama sekali karna lokasi yg tertutup pohon. Kalau yg ingin ke karimunjawa ngecamp, Disarankan BANGET oleh warga2 sini campnya di pantai ujung gelam, atau pantai boby. Kalau mau nyari sunset doang, silahkan pergi ke sunset beach karimunjawa, dan pantai tanjung gelam.

    Awalnya mau camp di anora malah gajadin Bener2 sepi. Cuma ada para nelayan Dan suasananya bener2 gak nyaman. Disarankan klo mau kesini saat siang aja ya.

  4. Pantai landai, ada gazebo berbahan kayu & warung untuk makan mie – minuman hangat / dingin, ayunan … ditemani bakar ikan untuk makan siang 👌

  5. Petunjuk untuk masuk ke pantai ini jelas banget. Tapi jalannya bukan jalan aspal ya, walaupun berbatu dan berpasir, sebelum kesini harus memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

    Biaya parkir Rp 2.000,- Masuk pantai hanya Rp 5.000,- Juga ada biaya kebersihan (kotak ada sebelum naik ke bukit) Rp seikhlasnya.

    Pantainya bersih, landai, cocok untuk main air. Warung tidak terlalu banyak, tempat bilas dan ganti juga tidak ada (atau mungkin saya yg tidak tau).

Tinggalkan Balasan