Pantai Pulau Cemara

Pantai Pulau Cemara

Pulau Cemara, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia.

1 Ulasan

Pantai masih menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan. Keindahan dan panorama yang berbeda selalu disajikan di setiap daerah.

Seperti halnya Pantai Pulau Cemara yang terdapat di kepulauan Karimunjawa. Ya, pantai yang satu ini tidak kalah menawan dengan pantai di daerah lainnya.

Selain wisata Karimunjawa yang terkenal, terdapat destinasi eksotik lainnya yang ada di sekitar Karimunjawa. Nah, Pantai Pulau Cemara indah yang kini digadang tengah naik daun.

Sebagai salah satu referensi, berikut ini merupakan ulasan lengkap seluk-beluk wisata Pulau Cemara Karimunjawa yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Pemerintah telah meningkatkan kegiatan cinta wisata dengan membangun serta membuka berbagai tempat wisata baru di daerah Karimunjawa. Hal ini tentu bukan tanpa tujuan. Besarnya wisatawan yang datang tentu bisa memberikan kontribusi untuk keuangan daerah.

Jadi tidak heran jika muncul banyak tempat wisata indah yang berpadu dengan pantai. Pantai Pulau Cemara sendiri, memberikan keindahan yang luar biasa. Yakni pasir putih yang bersih dan membentang.

Disertai dengan pemandangan asri di sekeliling, membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Sehingga bukan hal yang aneh jika daerah ini mendapatkan perhatian sendiri dari masyarakat.

Terdapat dua Pulau Cemara di Karimunjawa, yaitu Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Besar. Pulau ini sangat berdekatan dan memiliki tempat wisata yang indah. Karena memang ini pulau maka sudah pasti memiliki wisata pantai yang indah.

Seperti apa kesan keindahan kedua pantai eksotik ini? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pantai Pulau Cemara Besar

Pantai Pulau Cemara Besar

Pantai Pulau Cemara Besar terletak di sisi bagian timur Pulau Karimunjawa. Lokasi ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Kesan pertama yang dilihat untuk pengunjung adalah pasir putih dan biru-nya air laut.

Para wisatawan juga akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan sekitar yang rapat dengan pohon cemara.

Dangkal-nya laut di sekeliling pantai ditambah dengan jernihnya air membuat pemandangan bawah air Pulau Cemara terlihat menakjubkan. Sekelompok ikan kecil berenang menari-nari di bawah permukaan air.

Tidak heran jika Pantai Pulau Cemara masuk dalam jajaran pantai paling indah di Karimunjawa.

2. Pantai Di Pulau Cemara Kecil

Pantai Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Pulau Cemara Kecil juga terletak di Kepulauan Karimunjawa. Untuk sampai di pulau ini pengunjung harus singgah terlebih dahulu di sebuah dermaga. Pulau kecil ini juga tidak berpenghuni.

Jadi untuk bisa sampai kesana pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki di laut. Hal ini karena pulau ini tidak memiliki pelabuhan untuk kapal bersandar.

Wisatawan tidak perlu khawatir, karena perjalanan di perairan laut sangat dangkal. Hal tersebut akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan.

Hamparan pasir luas dengan kondisi air laut yang sangat jernih menjadi suatu keistimewaan untuk para pengunjungnya. Terlebih saat malam hari suasana pantai begitu sejuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Cemara

Untuk berkunjung ke Pantai Pulau Cemara ini, pengunjung tidak diminta untuk membayar. Untuk berkunjung ke Pantai Pulau Cemara ini masih gratis.

Pengunjung juga dapat berkunjung sewaktu-waktu ke pulau Cemara Karimunjawa ini. Biasanya para pengunjung menggunakan kapal yang bersandar di pinggir pantai untuk dapat menikmati keindahan pantai ini.

Rute Menuju Pantai Pulau Cemara

Rute Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Pulau Cemara berada di wilayah kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Pulau ini berada di sebelah barat wilayah kepulauan Karimunjawa.

Untuk mencapai ke pulau Cemara, Anda harus ke Karimunjawa. Ada beberapa rute untuk menuju ke Karimunjawa:

1. Rute dari Kota Jepara

Untuk mencapai kota Jepara Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan naik mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Kartini yang ada di pantai Kartini Jepara.

Dari pelabuhan Kartini, dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

Anda dapat menggunakan kapal Bahari yang beroperasi setiap hari senin, selasa dan jumat dengan membayar jasa sesuai kebutuhan.

Biaya naik kapal Ferry untuk kelas Eksekutif AC sebesar Rp 175.000. Untuk kelas Bisnis Rp 150.000 dan kelas VIP Rp 200.000.

Pilihan kedua dengan menaiki Kapal Ferry Siginjai dengan membeli tiket sebesar Rp 45.000 khusus kelas ekonomi yang memiliki budget pas-pasan.

Kapal ini mulai beroperasi hari Senin, Rabu dan Sabtu, mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi kemudian langsung mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

2. Rute dari Kota Semarang

Jika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa. kapal yang dapat digunakan yaitu Kapal Pelni, Kapal Feri KMC Kartini 1, Kapal KM Bahari Express dan Kapal Kelimutu. Untuk harga tiket mulai dari Rp 108.000 sampai Rp 257.000.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan menuju ke kepulauan Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Setelah tiba di pelabuhan atau bandara yang ada di Karimunjawa, kemudian dilanjutkan menuju ke lokasi Pulau Cemara. Perjalanan ini tentu saja akan sangat menyenangkan karena di sela-sela perjalanan akan disajikan berbagai pemandangan keindahan alam.

Lokasi Pulau Cemara berada di sebelah barat pulau Karimunjawa dan harus menyeberang menggunakan perahu. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam sampai 1,5 jam. Perjalanan ini sangatlah panjang sekali jadi harus membawa bekal makanan agar bisa dinikmati saat di atas kapal.

Namun perlu diingat tentang jadwal keberangkatan kapalnya karena tidak semua kapal bisa setiap saat mengantarkan menuju pulau Cemara.

Jika Anda tidak ingin bingung dan ribet, Anda bisa langsung menggunakan jasa Agen Paket wisata Karimunjawa. Anda akan dipandu oleh tour guide dan liburan Anda akan lebih mudah.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pantai Pulau Cemara

Terdapat banyak objek kegiatan wisata yang bisa dimanfaatkan kala berlibur di berbagai lokasi sekitar Pantai Pulau Cemara. Berbagai hal menarik dapat dilakukan sehingga berlibur menjadi hal yang tak terlupakan.

Berikut ini merupakan beberapa kegiatan menarik yang wajib dicoba selama berlibur ke pantai Pulau Cemara ini:

1. Island Hopping

Island Hopping Di Pantai Pulau Cemara

Pengalaman tidak terlupakan akan tercipta kala pengunjung melakukan Island Hopping di Pantai Pulau Cemara. Beberapa nahkoda kapal bersama dengan pemandu wisata biasanya akan membawa penumpang berkeliling beberapa pulau favorit.

Seperti Pulau Menjangan Besar, yang syarat dengan penangkaran ikan hiu. Kemudian Pulau Menjangan Kecil, Pulau Gosong Seloka, Pulau Tengah dan beberapa lokasi favorit lainnya.

2. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Kegiatan wajib berikutnya yang tidak boleh dilewatkan kalau mengunjungi pantai ialah Snorkeling. Selain mengelilingi pulau indah, awak kapal biasanya juga akan menawarkan untuk paket snorkeling.

Snorkeling bisa dilakukan siapa saja sekalipun yang tidak bisa berenang. Pemandu wisata yang ada, akan membimbing para pengunjung untuk menikmati kegiatan snorkeling.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir, karena pemandu yang tersedia telah berpengalaman di bidangnya. Saat melakukan snorkling, pengunjung akan melihat berbagai ikan warna-warni dengan berbagai bentuk yang lucu.

Hiasan terumbu karang beraneka bentuk menambah keseruan saat menyelam. Apalagi jika mengajak keluarga atau pasangan ke sana, pasti akan semakin seru.

3. Spot Foto

Wisata Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Tidak akan ada pengunjung yang bisa melewatkan kegiatan ini. Ya, berswafoto menjadi hal wajib akan dilakukan di setiap tempat wisata. Di Pantai Pulau Cemara sendiri ada banyak spot foto yang Instagramable.

Disetiap sudut area lokasi pantai syarat akan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Berbagi kenangan liburan bersama keluarga dan orang tersayang.

4. Melihat Lumba-Lumba

Lumba Lumba Di Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Pernahkah berpikir untuk melihat lumba-lumba secara langsung? Pikiran ini bisa terwujud kala mengunjungi Pulau Karimunjawa.

Pengunjung bisa melihat sekelompok lumba-lumba berenang indah di sekitar kapal. Ikan pintar ini berenang bebas di sekitar lautan. Sehingga tidak selalu di tempat yang sama.

5. Menyaksikan Sunset

Sunset Di Pantai Pulau Cemara Karimunjawa

Momen matahari tenggelam bisa menjadi hal paling indah yang terkadang dilewatkan. Sunset bisa dinikmati dengan keindahan pantai dipadukan dengan suasana pantai yang tenang.

Desiran ombak di sore hari membuat siapapun merasa nyaman. Beberapa pulau yang bisa menjadi spot untuk melihat sunset terindah adalah di Pantai Tanjung Gelam, pelabuhan Karimunjawa dan masih banyak lainnya.

Berlibur merupakan sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Mobilitas yang tinggi, menuntut beberapa orang terus bekerja tanpa tahu waktu. Untuk mengatasi rasa jenuh tidak jarang orang mengambil cuti untuk berlibur.

Destinasi wisata yang patut untuk dicoba adalah wisata Pantai Pulau Cemara Karimunjawa. Selain indah, fasilitas yang tersedia juga lengkap. Jadi jika Anda berlibur ke kepulauan Karimunjawa, jangan lewatkan untuk singgah di pantai ini.