Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng

Desa Alang-Alang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Berlibur ke pantai eksotis adalah aktivitas yang menyenangkan dan mampu menyegarkan pikiran. Selain pantai-pantai di Bali, Indonesia juga memiliki pantai eksotis lainnya seperti pantai Batu Topeng yang ada di Karimunjawa.

Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai yang wajib dikunjungi karena memiliki berbagai macam keunikan di dalamnya.

Pantai yang indah ini terletak di kecamatan Karimunjawa, desa Alang-Alang dan berdekatan dengan Pantai Tanjung Gelam. Jarak pantai ini dari pusat kota hanya 9 KM, sehingga mudah di akses oleh siapapun.

Pantai Batu Topeng Karimunjawa

Bahkan, pelancong yang sedang berada di Pantai Tanjung Gelam dapat berjalan kaki menuju pantai ini dengan menyusuri bibir pantai. Berikut ulasan lengkap mengenai pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Topeng

Untuk biaya tiket masuk, pengunjung tidak akan diminta membayar apapun. Biaya masuk ke pantai ini gratis alias cuma-cuma, karena pantainya yang masih terhitung baru.

Untuk parkir pun, biasanya pengunjung tak dimintai bayaran oleh penjaga parkir. Namun, pelancong tetap harus berhati-hati memarkirkan kendaraan sebelum meninggalkan-nya menuju pantai.

Rute menuju Lokasi Pantai Batu Topeng

Untuk menuju pantai indah dan eksotis ini, pelancong dapat memilih antara menggunakan jalur darat maupun laut.

Saat menggunakan jalur darat, pelancong hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai pantai ini dari arah pelabuhan besar Karimunjawa. Perjalanan pun dapat ditempuh menggunakan motor, mobil atau sepeda.

Bagi pelancong yang ingin menggunakan jalur darat, harap berhati-hati dengan kondisi jalannya yang sangat licin saat musim hujan. Pelancong harus terlebih dulu memastikan bahwa kendaraan yang dibawa dalam kondisi yang prima untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk para pelancong yang tak mau ribet dengan jalur darat, maka dapat memilih jalur laut. Saat sampai di pelabuhan Karimunjawa, pelancong dapat menggunakan kapal wisata untuk mencapai pantai ini. Namun, jika memakai jalur laut, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di tempat.

Meski sedikit lebih lama, hal itu akan terbayar dengan keindahan pemandangan laut yang begitu jernih. Saat menaiki perahu, pelancong dapat dengan leluasa memandangi berbagai macam biota laut di bawahnya.

Sehingga, pelancong dapat melakukan sesi berfoto di atas perahu dengan pemandangan laut yang biru.

Jika Anda tidak ingin susah, Anda dapat pergi wisata ke Karimunjawa melalui agen wisata Karimunjawa yang sudah terpercaya. Anda dapat berangkat dari Semarang atau dari Jepara.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan saja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng Karimunjawa Jepara

Pantai ini merupakan salah-satu pantai yang menjadi pilihan banyak pelancong, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Batu Topeng merupakan tempat yang pas untuk mencari ketenangan dengan suasana yang romantis. Berikut keistimewaannya:

  • Pantai ini masuk kedalam daftar tempat paling recommended untuk berbulan madu. Oleh para wisatawan, Batu Topeng dijuluki sebagai surga tersembunyi karena memiliki panorama yang masih asri dan juga sangat indah. Air laut yang ada di sekitar pantai ini pun terlihat begitu jernih dan bersih. Pelancong yang datang, dapat melihat keindahan bawah laut-nya hanya dari atas perahu atau bibir pantai.
  • Asal-usul pemberian nama pantai ini pun cukup unik dan menarik. Pantai ini diberikan nama Pantai Batu Topeng karena bentuk batuan yang ada disana menyerupai bentuk topeng.
  • Ada banyak sekali macam-macam batu-batuan unik yang ada di pantai ini karena keadaan sekitarnya yang masih alami.
  • Saat mengunjungi pantai ini, pelancong dapat berburu kerang dan terumbu karang cantik yang banyak terdampar di pinggir pantai. Aktivitas ini sangat seru untuk dilakukan bersama teman-teman atau keluarga, karena dipercaya dapat menjalin hubungan yang kuat.
  • Bagi pelancong yang membawa anak kecil, tak perlu khawatir dengan keadaan bibir pantainya. Hal itu dikarenakan, pantainya ini memiliki bentuk yang landai dan ombak-nya pun tak begitu kencang.
  • Di sepanjang pantai, pelancong akan disuguhkan dengan pasir putih yang halus sehingga tak akan sakit saat terkena kulit.

Spot Foto Favorit Pantai Batu Topeng

Setiap objek wisata pastilah memiliki spot-spot menarik yang menjadi andalannya, termasuk pantai yang satu ini. Berikut dibawah ini, beberapa spot menarik yang menjadi incaran para turis:

1. Gazebo di Pinggir Pantai

Gazebo Pantai Topeng Karimunjawa

Saat berkunjung, biasanya para pengunjung akan mengincar pondok-pondok gazebo yang berada dekat bibir pantai. Di tempat ini, pengunjung biasanya melakukan sesi foto-foto dan sambil berteduh dari teriknya sinar matahari.

Saat sedang bersantai, jangan lupa untuk memesan es kelapa muda khas Karimunjawa yang merupakan keunggulan di pantai ini.

2. Barisan Pohon Kelapa

Indahnya Pantai Batu Topeng Karimunjawa

Daya tarik terbesar dari Pantai Batu Topeng ialah sebagai spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Saat senja telah tiba, pelancong yang datang ke pantai ini biasanya akan berebut tempat di bawah jajaran pohon kelapa.

Bentuk pohon kelapa yang terlihat meliuk, membuat siluet-nya akan terlihat sangat indah saat senja tiba

3. Menjelajah Hutan

Saat berkunjung ke pantai ini, pelancong dapat pula melakukan penjelajahan alam di hutan sekitar pantai. Selain dapat mengeksplor keindahan yang ada di dalamnya, pelancong dapat melakukan aktivitas camping.

Jika musim kemarau, para gerombolan kera akan keluar dari hutan, sehingga pelancong dapat berinteraksi dengan kawanan hewan tersebut untuk berfoto.

4. Perahu

Naik Perahu Di Pantai Batu Topeng

Pantai dengan laut biru mungkin adalah hal yang biasa, namun pantai yang memiliki dua gradasi warna cukup jarang ditemui. Batu Topeng adalah pantai yang memiliki keunikan karena warna airnya yang biru dan hijau.

Banyak pelancong yang menyewa perahu untuk menikmati langsung keindahan tersebut dari atas laut dan mengabadikan momen.

5. Bawah Laut atau Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Batu Topeng

Kepulauan Karimunjawa, tak hanya dikenal karena panorama pantainya yang indah, namun juga biota lautnya. Pemandangan air laut yang jernih, menjadikan spot yang satu ini tempat favorit para pelancong untuk berfoto bersama.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa kamera bawah air, agar dapat mengabadikan momen berharga tersebut.

Itulah tadi pembahasan tentang wisata Pantai Batu Topeng Karimunjawa yang cukup menarik untuk disimak. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi para pelancong yang menginginkan ketenangan dan juga relaksasi agar tubuh dan pikiran kembali segar.