Pantai Barakuda

Pantai Barakuda

Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Beberapa orang akan memilih pantai sebagai tujuan ketika berlibur panjang atau sekedar melepas penat dalam kurun waktu singkat. Menjadikan hamparan pasir putih dan semilir angin laut solusi untuk menenangkan jiwa dan pikiran.

Salah satunya adalah pantai Barakuda di desa Kemujan yang dapat memanjakan mata setiap pengunjung hanya dengan duduk dan memperhatikan sekitarnya.

Meski bentangan luas pantai tidak seberapa besar, namun eloknya alam membuat pengunjung terhanyut dalam pesona-nya. Pohon-pohon kelapa yang berjejer seakan melambai menyapa setiap orang yang berjalan melewatinya.

Pantai Barakuda Karimunjawa Jepara

Butiran kristal pasir putih dapat terasa hangat ketika berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Pantulan sinar mentari yang menembus biru-nya air laut menambah kilauan-nya. Berikut ulasannya :

Harga Toket Masuk Pantai Barakuda

Memiliki keindahan alam melimpah tak menjadikan pantai ini melambungkan tarif setiap masuknya. Cukup memberikan Rp. 5000 saja maka pengunjung dengan leluasa menelusuri seluk beluk bentangan-nya.

Sangat terjangkau bukan, apalagi pantai ini cocok untuk liburan keluarga, tentu tidak akan boros. Perlu diketahui pantai ini beroperasi pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Akses Menuju Lokasi Pantai Barakuda

Pantai Barakuda ini berada di Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Akses menuju lokasi pantai Barakuda ini dapat ditempuh dengan beberapa rute.

  • Rute dari Jepara : Perjalanan darat menuju ke Jepara dengan naik angkutan darat kemudian dilanjutkan naik kapal ferry ke pulau Karimunjawa.
  • Rute dari Semarang : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa. Dari Semarang, Anda juga bisa naik pesawat mini dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara mini yang ada di Karimunjawa.

Semua rute diatas akan berakhir di Pulau Karimun Jawa yang berada di laut Jawa.

Pengunjung yang datang dari Karimunjawa dapat melangkahkan kaki menuju arah bandara dan akan menemukan SD Kemujan 01 sebagai patokan. Berbeda dengan akses jalan biasanya, pantai ini memiliki caranya sendiri untuk dapat menghibur pengunjung bahkan sebelum menginjakkan kaki pada tujuannya.

Wisata Pantai Barakuda Karimunjawa

Dilengkapi dengan petunjuk arah setiap sudutnya, pengunjung akan menelusuri jalan tak beraspal dan hanya tanah rata yang mengiringi perjalanan.

Setelah mengikuti arah petunjuk jalan, maka pengunjung akan disamput oleh perkebunan kelapa dan dikelilingi oleh rumah warga yang kerap menyapa.

Keramahan dalam melakukan sosialisasi juga akan menambah kenyamanan pengunjung ketika singgah di pantai ini. Tak jarang dengan kemurahan hati dan senyum lembut warga menuntun langkah pengunjung untuk sampai pada tujuan lebih cepat.

Jika Anda tidak ingin susah ketika melakukan perjalanan wisata ke pulau Karimunjawa, Anda bisa berlibur dengan mendaftar melalui agen wisata Karimunjawa yang terpercaya. Dengan begitu wisata Anda akan nyaman dan tenang.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Banyak agen dan jasa perjalanan wisata Karimunjawa yang nantinya akan berangkat dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang atau dari Dermaga di Jepara.

Hal Menarik di Pantai Barakuda

Pantai yang menjadi salah satu pilihan objek wisata ketika berkunjung ke Karimunjawa ini, menyuguhkan segala kegiatan menarik yang mampu membuat para pengunjung untuk berlama menginjakkan kaki di sana.

Beberapa diantaranya bahkan hanya ada pada pantai di desa Kemujan ini. Berikut daftar kegiatannya:

1. Keindahan Alam yang Indah

Pantai Barakuda Yang Indah

Setelah kaki sukses mendarat pada pasir putih pantai Barakuda, maka pengunjung akan langsung dimanjakan dengan eloknya alam yang jarang ditemukan di pusat kota.

Hiruk-pikuk kegiatan yang biasanya menghantui sirna begitu merasakan terpaan angin pantai. Deburan ombak tenang sesekali menyapa dengan menghantam batu-batuan hitam yang tersebar pada bentangan bibir pantai hingga laut.

Batuan hitam dengan bentuk berbeda-beda tercipta karena erosi pantai yang berlangsung lama. Menjadikan hal itu sebagai daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh pantai ini di mata pengunjung.

Ukuran  batu yang bervariasi dan terlihat kokoh membuat para pengurus pantai menyediakan beberapa gazebo kecil untuk pengunjung dapat singgah di atasnya.

Pulau-pulau di sekitar pantai dapat terlihat dari arah pandang pengunjung tanpa harus bersusah payah menyipitkan mata untuk melihat sosok-nya lebih jelas.

2. Area Berfoto di Setiap Sudut Pantai

Wisata Pantai Barakuda

Langit cerah dengan biru-nya laut selalu menggoda pengunjung untuk segera mengabadikan momen-nya. Spot berfoto pun terbentang luas hingga ke pelosok pantai.

Tanggul yang terbuat dari batu pada tepian pantai dapat digunakan sebagai salah satu area pengambilan gambar. Memanfaatkan hutan mangrove yang tepat berada pada pantai sebagai latar belakang tak kalah menariknya.

3. Fauna yang Kerap Terlihat

Menikmati keindahan fauna juga tak luput dari perhatian pengunjung. Burung-burung yang bersahutan riang satu sama lain terkadang terbang rendah untuk mencari mangsa.

Jika beruntung bukan tidak mungkin pengunjung dapat mengabadikan momen-nya menjadi dokumentasi pribadi selama liburan.

4. Adat Lokal yang Masih Kental

Acara Sedekah Laut Pantai Barakuda Karimunjawa

Pantai yang digunakan sebagai salah satu tempat singgah kapal nelayan ini, selain menjual keindahan alamnya, adat lokal yang masih kental juga dapat menjadi daya tarik pengunjung.

Setiap hari ketujuh setelah lebaran, para warga akan melakukan Lombanan. Lombanan adalah acara sedekah laut dengan melarungkan kepala kerbau ke laut lepas sebagai rasa syukur.

5. Lukisan Senja yang Tidak Boleh Terlewatkan

Sunset Di Pantai Barakuda

Ketika lelah mulai terasa setelah menghabiskan waktu siang hari dengan payung langit cerah di pantai Barakuda, tak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk dapat menunggu matahari kembali pulang.

Memilih lokasi yang terbaik adalah pilihan utama jika ingin berpapasan langsung dengan sinar keemasan sang mentari yang memukau.

Pengunjung pun terkadang bersiap untuk mengabadikan momen foto dengan siluet tubuh begitu mentari telah menyembunyikan setengah dirinya dan hanya tersisa sinar oranye-nya kemerahan.

Pulau-pulau yang berada di sekitar pantai tak kalah ikut unjuk gigi dengan memancarkan pesonanya dikala senja. Menjadikan bayang-bayang latar belakang bagi pengunjung yang melakukan pengambilan gambar sebagai kenangan.

Berbagai keindahan alam, fasilitas pengurus pantai hingga fauna yang mungkin dapat ditemukan, menjadikan pantai Barakuda di desa Kemujan sebagai pilihan atau pertimbangan destinasi liburan.

Hamparan pasir putih dan sejuknya bibir pantai membuat pengunjung enggan kembali melakukan aktivitas padat. Ramahnya penduduk dan beragam area foto di setiap sudutnya menambah kenyamanan yang ada.

Selain itu, hutan mangrove sendiri dapat dijadikan objek pembelajaran atau sebagai tambahan destinasi bagi pengunjung. Sebuah liburan paket lengkap yang tersedia dengan dana terjangkau.

Di pulau Karimunjawa banyak wisata alam dan wisata pantai yang dapat dikunjungi. Pantai-pantai yang indah di Karimunjawa diantaranya pantai Batu Topeng, Pantai Nirwana, Pantai Legon Lele dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Barakuda Karimunjawa yang sangat indah dan menakjubkan. Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang atau Jepara, sempat-kan untuk singgah ke pulau Karimunjawa untuk mengunjungi pantai-pantai yang indah di sana.