Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele

Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Pantai Legon Lele bisa jadi salah satu rekomendasi tempat wisata terbaik jika berkunjung ke pulau Karimunjawa. Apalagi pantai tersebut masih cukup sepi pengunjung. Sehingga tepat sekali bagi yang ingin mencari tempat yang tenang untuk melepas pengat.

Kalau belum tahu, pulau Karimunjawa ini letaknya masih dalam lingkup area kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa dikenal punya banyak sekali tempat wisata indah yang bisa dikunjungi.

Bantak pantai yang indah di pulau Karimunjawa ini. Pantai itu seperti pantai Batu Topeng, Pantai Nirwana dan salah satunya adalah Pantai Legon Lele.

Kali ini pantainesia akan mengulas mengenai keindahan pantai Legon Lele. Simak uraian selengkapnya tentang pantai tersebut di bawah ini

Sejarah Pantai Legon Lele

Wisata Pantai Legon Lele Karimunjawa

Di balik keindahannya, pantai ini juga ternyata punya sekelumit kisah menarik. Menurut sejarah, dulu ada seorang tokoh agama Islam bernama Sunan Nyamplungan atau Syeh Amir Hasan.

Dalam rangka menyebarkan agama, beliau berlayar menggunakan rakit dari pulau jawa tepatnya Jepara ke daerah Karimunjawa.

Suatu saat ketika berlabuh di pantai, Syeh Amir Hasan memutuskan untuk beristirahat sejenak. Beliau makan bekal dari ibunya yaitu masakan pepes lele.

Duri ikan lele karena tidak dimakan olehnya, maka buanglah ke danau. Syeh Amir Hasan adalah orang sakti, sehingga duri tersebut bisa hidup lagi menjadi seekor lele.

Menariknya jika lele kebanyakan punya patil sebagai senjata pertahanan diri, justru Lele dari duri sisa Syeh Amir Hasan ini tak punya. Lama kelamaan sejak kemunculan lele ajaib tersebut, daerah sekitar danau diberikan nama dusun Legon Lele.

Harga Tiket Masuk Pantai Legon Lele

Sebagai informasi saja Pantai Legon Lele ini letaknya ada di sebelah timur dari Pulau Karimunjawa, kecamatan Karimunjawa, kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini masih cukup terpencil dan tersembunyi.

Sehingga masih lumayan jarang dikunjungi wisatawan. Kalau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Karimunjawa, pantai ini mungkin masih kalah populer.

Harga tiket masuk pantai ini sampai sekarang masih gratis. Pasalnya pantai ini tergolong baru. Sehingga belum ada pengelola resmi yang mengaturnya.

Jadi bagi para pengunjung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar ketika menghabiskan waktu di pantai.

Jangan sampai buang sampah sembarangan. Jika masih belum ada yang mengelola, artinya sampah yang terbuang sembarangan akan terbengkalai. Ketika menumpuk bisa jadi malah merusak keindahan pantai itu sendiri.

Rute Menuju Lokasi Pantai Legon Lele

Pengunjung dapat mengakses pantai ini dengan cukup mudah. Bisa dengan menyewa motor yang di sekitar tempat tersebut sudah banyak tersedia.

Pantai Legon Lele Karimunjawa Jawa Tengah

Kalau dari alun-alun Karimunjawa, Legon Lele ini bisa ditempuh dalam kurun waktu kira-kira 15 menit. Jika cukup kuat berjalan kaki, pantai ini bisa ditempuh selama kira-kira 1 jam dari arah Karimunjawa.

Sepanjang perjalanan pengunjung tidak akan menemukan jalan terjal karena sudah di paving sehingga cukup nyaman dilewati. Memang di sisi kanan kiri jalan masih bisa ditemukan beberapa rerumputan yang cukup rimbun.

Pesona pemandangan pantai yang indah akan menemani pengunjung selama perjalanan menuju Legon Lele.

Namun jangan kaget jika selama dalam perjalanan menuju pantai, bertemu dengan beberapa ekor monyet liar yang berkeliaran. Tenang, monyet-monyet tersebut sudah cukup jinak dan tidak berbahaya.

Untuk mencapai pulau Karimunjawa yang ada di laut Jawa ini, Anda dapat naik ferry dari kota Semarang atau kota Jepara.

Atau agar Anda tidak perlu susah-susah dalam perjalanan wisata ke Karimunjawa, Anda dapat melalui jasa agen paket wisata Karimunjawa yang sudah terpercaya. Jadi perjalanan wisata Anda akan dipandu dan sangat menyenangkan.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan saja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pantai Legon Lele

Meskipun masih tergolong sepi, tempat ini masih cukup recomended untuk dikunjungi. Terutama bagi yang ingin mencari lokasi wisata yang tenang. Pengunjung Pantai Legon Lele bisa mencoba beberapa aktivitas seperti

1. Main Pasir Sambil Menikmati Angin Pantai

Pantai Legon Lele Yang Indah

Legon Lele termasuk pantai yang memiliki panorama indah. Hal ini bisa terlihat dari pasirnya yang berwarna putih bersih. Pengunjung bisa mencoba main pasir saat berkunjung ke sana. Terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anaknya.

2. Menjelajahi Hutan Mangrove

Wisata Pantai Legon Lele

Masih di seputaran pantai, pengunjung akan menemukan hutan mangrove. Jika diperhatikan hutan mangrove-nya masih cukup asri dan alami. Bahkan hutan tersebut menyediakan banyak macam-macam jenis bakau.

Pengunjung bisa sekalian menikmati panorama hutan mangrove sebagai penyegaran mata dengan menapaki jalan dari papan kayu.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Legon Lele

Pantai ini punya beberapa sudut indah untuk melihat sunrise. Jadi jika kebetulan berkunjung ke Pantai Legon Lele, terutama saat pagi hari jangan lupa untuk mencoba melihat fenomena sunrise.

Pantai ini sangat terkenal di kalangan para pemburu foto yang ingin mengabadikan momen tersebut.

4. Berfoto

Banyak spot foto bagus di Legon Lele ini. Salah satunya pengunjung dapat berfoto dengan background bangkai kapal kayu tua yang sengaja dibiarkan di sana. Selain itu wisatawan juga dapat menjadikan bukit, gunung, dan hutan mangrove di sekitar pantai sebagai spot foto estetik lainnya.

5. Bersantai Sembari Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Legon Lele Karimunjawa

Pesona keindahan Pantai Legon Lele sungguh tidak ada duanya. Pantai ini punya penampakan pasir yang putih bersih sehingga sangat cantik ketika dipandang.

Ditambah lagi air lautnya sangat jernih, sampai membuat pengunjung terpana melihatnya. Namun di saat-saat tertentu air laut pantai ini terlihat kemerah-merahan sehingga cukup unik dan menarik.

Bahkan di sebelah utara pantai ini pengunjung juga bisa melihat pemandangan bukit dan gunung Karimunjawa yang indah. Pengunjung bisa sekalian bersantai menikmati semua keindahan alam tersebut sembari merasakan semilir angin pantai yang sejuk.

6. Main Di Dermaga Sebelah Pantai

Rute Menuju Pantai Legon Lele

Masih di area sekitaran pantai, pengunjung bisa menemukan semacam air yang terjebak di daratan. Jika dilihat menyerupai sebuah danau atau dermaga. Di tempat tersebut pengunjung bisa menikmati panorama pantai Legon dengan lebih leluasa.

Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan tempat tersebut sebagai spot foto atau melihat sunrise bahkan sunset.

7. Memancing

Legon Lele termasuk kawasan pantai yang banyak dijadikan spot memancing. Setiap hari beberapa wisatawan terlihat melakukan aktivitas tersebut.

Sembari menikmati angin semilir dan udara pantai yang sejuk. Dijamin akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Demikian tadi sedikit uraian tentang Pantai Legon Lele. Salah satu tempat wisata menarik di Karimunjawa, Jawa Tengah.

Bagi yang punya rencana pergi ke tempat tersebut, bisa coba mampir ke pantai ini. Pantai yang super tenang sehingga bisa membuat pikiran jadi santai dan rileks sejenak.