Pantai Pulau Menjangan

Pantai Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia.

1 Ulasan

Keindahan pantai pulau Menjangan menjadi salah satu tempat wisata Karimunjawa yang terbaik. Melakukan liburan ke suatu pulau atau pantai akan menghilangkan rasa stres yang dimiliki.

Apabila dilihat dari segi keindahan alam yang ada di pulau Menjangan, maka rasanya sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan.

Apabila pernah melihat serial kartun berjudul Nemo di layar kaca, maka seperti itu keindahan yang ada di Pulau Menjangan ini. Terumbu karang yang kokoh menjulang menjadi terlihat begitu elok bersama jernihnya air laut yang tampak hijau kebiru-biruan.

Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa Jepara

Pulau Menjangan ini tidak dihuni sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang segar. Hal pertama yang dapat dilihat oleh para wisatawan di Pantai Pulau Menjangan adalah hamparan pasir putih.

Untuk mengetahui tentang pulau Menjangan terus simak informasi di bawah ini.

Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Sejauh ini tidak cukup banyak masyarakat tahu bahwa Pulau Menjangan sendiri terbagi menjadi dua. Khususnya bagi wisatawan dari luar wilayah yang baru saja berkunjung ke beberapa lokasi wisata Karimunjawa.

Untuk lebih jelasnya, ulasan di bawah ini akan mengulas singkat mengenai dua destinasi wisata pulau menjangan. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Pulau Menjangan Besar

Pantai Pulau Menjangan Besar Karimunajwa

Destinasi wisata pertama yang ada di Karimunjawa adalah pulau Menjangan besar. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini, maka harus memakan waktu sekitar lima belas menit dari pelabuhan Syahbandar Karimunjawa.

Akomodasi kendaraan yang bisa digunakan juga sangat beragam, artinya wisatawan bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Hal yang tidak kalah penting diketahui adalah bahwa pantai pulau Menjangan ini memiliki daya tarik yang bisa memikat wisatawan. Pasalnya, lokasi wisata ini berukuran seluas lima puluh hektar dan dilengkapi dengan penangkaran hiu serta penangkaran penyu.

Tidak hanya itu, destinasi wisata pulau Menjangan besar ini juga memiliki water sport yang bisa menjadi pilihan objek wisata bagi pengunjung.

Seru-nya lagi, bagi wisatawan yang ingin membawa seafood sebagai buah tangan, maka jangan lewatkan untuk berbelanja ikan dan lobster.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Wisatawan hanya tinggal datang ke keramba dan membeli seafood di sana. Jangan khawatir, harga seafood yang dijual di Karamba bahkan jauh lebih murah daripada harga di pasaran.

2. Pantai Pulau Menjangan Kecil

Pantai Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Puas menghabiskan waktu di pantai pulau menjangan besar? Jangan pulang dulu! Silahkan datang ke pantai pulau Menjangan yang kecil.

Pulau tidak berpenduduk ini lokasinya tidak jauh dari pulau Menjangan Besar, sehingga wisatawan bisa dengan mudah menjangkau-nya. Bahkan, untuk bisa sampai ke sana, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pasalnya kedua tempat wisata ini sangat berdekatan.

Penting diketahui pula, destinasi wisata pulau menjangan kecil ini tidak memiliki penduduk, kemudian dikelola oleh PT Awani Dream. Sedangkan penduduk setempat yang ada di sana memanfaatkan lahan kosong sebagai perkebunan kelapa.

Hal yang membuat wisatawan memukau adalah adanya resort yang tersedia sehingga pengunjung dalam menghabiskan waktu malam dengan nyaman.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak peneliti yang datang ke pulau ini dan enggan kembali karena sudah terpesona dengan keindahan alamnya.

Bagi yang belum paham, pulau menjangan kecil ini terletak di sebelah barat daya apabila ditinjau dari pulau utama Karimunjawa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Menjangan

Untuk biaya tiket masuk ke pantai ini belum ada. Jadi para wisatawan dapat masuk ke pantai ini gratis. Karena memang pantai ini belum berpenghuni, jadi belum ada pengelola-nya.

Pantai ini juga dibuka selama 24 jam, jadi para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai kapan saja.

Rute Menuju Pantai Pulau Menjangan

Rute Menuju Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Pulau Menjangan berada di wilayah kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Pulau ini berada di sebelah barat daya wilayah kepulauan Karimunjawa.

Untuk mencapai ke pulau Menjangan, Anda harus ke Karimunjawa. Ada beberapa rute untuk menuju ke Karimunjawa:

1. Rute dari Kota Jepara

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau sepeda motor untuk mencapai kota Jepara. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Kartini yang ada di pantai Kartini Jepara.

Dari pelabuhan Kartini, Anda dapat melanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

Anda dapat menggunakan kapal Bahari yang beroperasi setiap hari senin, selasa dan jumat dengan membayar jasa sesuai kebutuhan.

Biaya naik kapal Ferry untuk kelas Eksekutif AC sebesar Rp 175.000. Untuk kelas Bisnis Rp 150.000 dan kelas VIP Rp 200.000.

Pilihan kedua dengan menaiki Kapal Ferry Siginjai dengan membeli tiket sebesar Rp 45.000 khusus kelas ekonomi yang memiliki budget pas-pasan.

Kapal ini mulai beroperasi hari Senin, Rabu dan Sabtu, mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi kemudian langsung mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

2. Rute dari Kota Semarang

Jika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa. kapal yang dapat digunakan yaitu Kapal Pelni, Kapal Feri KMC Kartini 1, Kapal KM Bahari Express dan Kapal Kelimutu. Untuk harga tiket mulai dari Rp 108.000 sampai Rp 257.000.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan menuju ke kepulauan Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Setelah tiba di pelabuhan atau bandara yang ada di Karimunjawa, kemudian dilanjutkan menuju ke lokasi Pulau Menjangan. Perjalanan ini tentu saja akan sangat menyenangkan karena di sela-sela perjalanan akan disajikan berbagai pemandangan keindahan alam.

Lokasi Pulau Menjangan berada di sebelah barat daya pulau Karimunjawa dan harus menyeberang menggunakan perahu. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam sampai 1,5 jam.

Perjalanan ini sangatlah panjang sekali jadi harus membawa bekal makanan agar bisa dinikmati saat di atas kapal.

Namun perlu diingat tentang jadwal keberangkatan kapalnya karena tidak semua kapal bisa setiap saat mengantarkan menuju pulau Cemara.

Jika Anda ingin berlibur ke kepulauan Karimunajwa namun tidak ingin ribet, Anda bisa langsung menggunakan jasa Agen wisata Karimunjawa. Anda akan dipandu oleh tour guide dan liburan Anda akan lebih mudah.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pulau Menjangan

Setelah mengetahui bahwa Pantai Pulau Menjangan dapat dijadikan ide liburan menyenangkan. Para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Pulau Menjangan karena keindahan laut yang dapat dirasakan oleh wisatawan.

Diketahui bahwa Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni oleh manusia sehingga keindahannya terjaga secara alami.

Para wisatawan mengunjungi Pulau Menjangan dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Menjangan akan menjadi pengalaman liburan yang sangat berkenang.

Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan di Pantai Pulau Menjangan akan mengurangi tekanan dalam pekerjaan atau hidup.

Banyak aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di Pantai Pulau Menjangan ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Aktivitas pertama yang dapat dilakukan di Pulau Menjangan adalah Menikmati keindahan pantai. Pulau Menjangan memiliki pantai yang bersih dengan pasir putih dan juga air laut yang bening.

Setiap sudut dari Pulau Menjangan sangat indah ketika dilihat dengan mata telanjang oleh wisatawan. Pemandangan yang indah akan mengurangi tekanan yang sedang dihadapi.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Salah satu pemandangan yang indah saat berkunjung di Pantai Pulau Menjangan adalah saat-saat tenggelam-nya matahari. Pemandangan sunset ini sangat indah dan memukau.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membuat suasana sangat romantis. Anda dapat menjadikan pemandangan ini sebagai background dari photo Anda.

3. Spot Foto Terbaik

Wisata Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Pantai Pulau Menjangan memiliki tempat yang cocok untuk berfoto karena pemandangan-nya yang indah dan bersih. Para wisatawan dapat melakukan berburu di semua tempat karena di sekitar Pulau Menjangan memiliki spot foto yang bagus.

Dengan mengambil foto di Pulau Menjangan dapat menjadi kenang-kenangan yang indah. Selain itu foto yang baik dapat menjadi rekomendasi tempat wisata untuk orang lain.

4. Snorkeling dan Diving

Snorkeling Di Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Menjangan adalah menjelajahi dunia laut-nya yang indah. Pulau Menjangan memiliki keindahan alam yang murni dan cocok untuk melakukan snorkeling maupun diving.

Berada di bawah laut Pulau Menjangan akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Terumbu karang dan makhluk hidup dunia laut yang indah dapat dinikmati di Pulau Menjangan ini.

5. Berenang dengan Hiu

Renang Bersama Ikan Hiu Di Pantai Pulau Menjangan

Ada yang menarik dari Pantai Pulau Menjangan Kecil jika dibandingkan dengan Pantai Pulau Menjangan Besar. Hal yang bisa dicoba dan dibuktikan adalah berenang bersama hiu.

Objek wisata ini akan sangat berguna bagi wisatawan yang ingin belajar untuk memacu adrenalin. Tetapi, bukankah hal tersebut sangat berbahaya? Tentu saja tidak, pasalnya setiap wisatawan akan didampingi oleh petugas.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Pulau Menjangan Karimunjawa yang dapat dijadikan ide liburan untuk menikmati keindahan alam dan laut-nya.

Pulau Menjangan dikenal dengan keindahan laut berwarna biru karena masih alami. Selain itu memilih Pulau Menjangan sebagai tempat berlibur dapat menghemat budget para wisatawan.