Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam

Tanjung Gelam, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia.

1 Ulasan

Menghabiskan waktu untuk pergi ke pantai memang merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai seperti melakukan aktivitas snorkeling, bermain pasir hingga berburu sunset.

Sebagai sebuah negara kepulauan seperti Indonesia memiliki banyak pantai yang sangat indah. Bahkan penyumbang devisa terbanyak wisata di Indonesia adalah karena wisata pantai di Bali, Lombok atau di Banyuwangi.

Namun pada kesempatan kali ini pantainesia akan mengulas mengenai salah satu pantai yang ada di pulau Karimunjawa. Pantai itu adalah pantai Tanjung Gelam.

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Tanjung Gelam atau disebut juga Ujung Gelam merupakan sebuah nama pantai yang sangat terkenal sebagai salah satu destinasi utama di kepulauan Karimunjawa. Pantai ini terletak di pulau utama sehingga membuatnya menjadi tujuan utama para pelesir.

Bahkan, karena keramaian dan kelengkapan fasilitas di pantai ini pada waktu tertentu, membuatnya dijuluki sebagai pelabuhan.

Pantai Tanjung Gelam sering dijadikan sebagai tujuan akhir oleh wisatawan yang sudah pulang berkeliling mengunjungi pantai-pantai yang ada di Karimunjawa. Anda dapat bermain dan menikmati pemandangan pantai ini sambil menunggu saat matahari tenggelam.

Lokasi dari pantai Tanjung gelam menjadi tempat yang sangat bagus untuk melihat matahari terbenam. Kondisi ini yang menjadi daya tarik dari pantai ini, yaitu menanti senja atau sunset yang sangat indah.

Pantai ini terletak di ujung barat Pulau Karimunjawa yang berada di bagian barat daya Pantai Batu Topeng. Pantai ini merupakan daratan yang menjorok ke laut dan masih menjadi bagian dari Pulau Karimunjawa.

Daratan yang menjorok atau sering disebut tanjung ini memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan menjadi tempat yang nyaman untuk bermain di sekitar pantai. Warna air laut yang berwarna hijau kebiruan menambah keindahan pemandangan laut yang dilihat dari bibir pantai.

Asal usul nama Pantai Tanjung Gelam ini berasal dari letak pantai ini yang berada di ujung Karimunjawa. Lokasi ini menjadi salah satu tempat yang paling strategis untuk menikmati sunset atau tenggelam-nya matahari di ujung laut.

Akhirnya masyarakat sekitar kemudian memanggil tempat ini dengan sebutan Tanjung Gelam.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Gelam

Biaya yang diperlukan untuk menikmati keindahan pantai satu ini pun cukup terjangkau bagi para wisatawan.

Hanya dengan membayar tiket senilai Rp 20.000 saja untuk setiap orangnya. Maka segala keindahan alam dan kenyamanan berwisata pantai yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa di tempat ini, dapat dengan mudah didapatkan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Gelam

Obyek Wisata Pantai Tanjung Gelam

Ada dua pilihan rute yang bisa digunakan untuk menuju pulau Karimunjawa dimana Pantai Tanjung Gelam ini berada.

Berikut adalah rute untuk menuju ke Karimunjawa:

1. Rute dari Kota Jepara

Untuk menuju ke kota Jepara Anda dapat melakukan perjalanan darat dengan naik menggunakan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Kartini yang ada di pantai Kartini Jepara.

Dari pelabuhan Kartini, dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

Anda dapat menggunakan kapal Bahari yang beroperasi setiap hari senin, selasa dan jumat dengan membayar jasa sesuai kebutuhan.

Biaya naik kapal Ferry untuk kelas Eksekutif AC sebesar Rp 175.000. Untuk kelas Bisnis Rp 150.000 dan kelas VIP Rp 200.000.

Pilihan kedua dengan menaiki Kapal Ferry Siginjai dengan membeli tiket sebesar Rp 45.000 khusus kelas ekonomi yang memiliki budget pas-pasan.

Kapal ini mulai beroperasi hari Senin, Rabu dan Sabtu, mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi kemudian langsung mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

2. Rute dari Kota Semarang

Ketika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan berakhir di Pulau Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Setelah wisatawan tiba di lokasi, maka keindahan pantai bisa dijelajahi dengan dua cara yakni akses darat dan laut. Penyewaan berbagaiĀ  jenis kendaraan bermotor banyak disediakan untuk pengunjung yang memilih akses darat.

Lain dari pada itu, pengunjung yang ingin nuansa laut lebih terasa bisa menggunakan kapal untuk menikmati senja sebelum laut pasang.

Jika Anda tidak ingin susah dan ribet, Anda juga bisa menggunakan jasa agen wisata Karimunjawa serta tour guide agar lebih mudah. Ada banyak agen wisata ke Karimunjawa ini.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pantai Tanjung Gelam

Sudah sejak dulu pengunjung ramai mendatangi pantai Tanjung Gelam bahkan membuatnya tampak seperti pelabuhan. Kedatangan ini tidak lain karena daya tarik yang terdapat dalam setiap hal di pantai ini.

Banyak hal yang menjadi pesona dan daya tarik di pantai Tanjung gelam ini yang begitu menarik untuk kembali datang kembali. Keindahan obyek wisata di pantai ini diantaranya:

1. Pemandangan Laut Jernih

Pantai Tanjung Gelam Di Karimunjawa

Air laut jernih dengan warna air yang biru kehijauan menjadi pemandangan yang bisa dilihat di pantai Tanjung Gelam. Warna yang jernih ini kian menarik dengan adanya ombak besar di pantai ini.

Banyak pengunjung yang memilih memanfaatkan ombak yang cukup besar untuk bermain air bersama keluarga tercinta.

2. Pasir Putih

Wisata Pantai Tanjung Gelam

Bermain pasir merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja saat berlibur ke sebuah pantai. Hamparan pasir berwarna putih, bersih, dengan tekstur pasir yang lembut dapat ditemui pantai Tanjung Gelam.

Pesona ini, membuat pengunjung kian betah untuk bermain lama dan bahkan kembali lagi ke tempat ini di hari kemudian.

3. Sunset Terindah

Sunset Di Pantai Tanjung Gelam

Khusus wisatawan yang gemar untuk berburu matahari terbenam, maka pantai Tanjung Gelam adalah rekomendasi yang tepat. Pelancong dari berbagai tempat meyakini-nya sebagai salah satu spot terbaik di wisata Karimunjawa.

Terlebih saat sunset atau matahari terbenam, keindahan dari pantai ini seolah berlipat ganda. Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga yang membuat momen pemandangan sangat indah saat itu.

Suasana yang begitu tenang, asri, dengan suara deburan ombak serta bau air laut yang khas. Seakan melengkapi nuansa tenangĀ  dan damai yang memberikan efek relaksasi bagi para pengunjung. Apalagi jika sedang beruntung dan langit cerah, pemandangan indah tak terlukiskan akan dapat diabadikan.

4. Semilir Nyiur dari Pohon Kelapa

Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Bersua foto di bawah Nyiur atau pohon kelapa yang terdapat di pantai biasa menjadi pilihan bagi banyak pelancong. Tidak perlu khawatir, karena di Tanjung Gelam berjajar ratusan pohon kelapa yang bisa dijadikan objek bersua foto.

Background laut yang jernih dan pasir yang sangat bersih, akan menjadi pelengkap momen kebahagiaan.

5. Aktivitas Snorkelling

Snorkeling Di Pantai Tanjung Gelam

Kejernihan air laut yang ada di pantai ini semakin memancing rasa penasaran untuk melihat lebih dalam. Snorkelling atau aktivitas menyelam adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan di sini.

Gugusan terumbu karang terawat dan aneka jenis ikan akan senantiasa memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

6. Kuliner Murah

Ketika berkunjung ke sebuah tempat layaknya pantai, salah satu pertimbangan yang mungkin dipikirkan adalah kuliner. Wisata Tanjung Gelam memiliki warung-warung yang menjual kuliner yang mudah ditemui di sepanjang pantai.

Terutama lagi, harga kuliner yang ditawarkan banyak variasi-nya dan relatif aman untuk kantong.

Fasilitas di Pantai Tanjung Gelam

Indikator lain yang bisa menjadi pertimbangan untuk mengunjungi tempat ini adalah fasilitas yang sangat memadai. Di pantai Tanjung Gelam ini sudah terdapat fasilitas-fasilitas seperti:

  • Area Parkir
  • Mushola atau tempat Beribadah
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Rumah Makan
  • Penginapan

Hotel-hotel dan jenis penginapan lain sangat mudah ditemui tidak jauh dari pantai sehingga tidak perlu khawatir kemalaman.

Menariknya, di sini juga ada penyewaan sepeda yang bisa jadi alternatif untuk mengelilingi pantai dengan cara berbeda.

Kemolekan pantai yang indah dan bersih dengan beragam fasilitas yang cukup lengkap ada disini. Kian menjadikan pantai Tanjung Gelam sebagai salah satu destinasiĀ  yang menarik untuk didatangi.

Waktu Paling Tepat Berkunjung ke Pantai Tanjung Gelam

Mengunjungi pantai yang terkenal dengan berbagai keindahan layaknya pantai Tanjung Gelam perlu mempertimbangkan waktu yang tepat. Ini tidak lain dimaksudkan untuk mendapatkan beragam keistimewaan yang sesuai dengan ekspektasi pikiran ketika mengunjunginya.

Bagi setiap orang yang ingin menikmati keramaian pantai ini, sebaiknya datang di akhir pekan atau hari libur nasional. Sedangkan, hari-hari efektif direkomendasikan untuk yang ingin suasana lebih tenang dan privat.

Ketenangan dan kebebasan saat bermain di pantai akan semakin lengkapĀ  saat senja tiba. Bila beruntung, pemandangan indah senja di pantai ini akan jadi kenangan yang tidak pernah bisa dilupakan.

Sudah siap berburu senja terindah bersama orang terkasih? Lekas datang ke pantai Tanjung Gelam dan buktikan sendiri!

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa yang sangat indah dan menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, jangan lupa singgah ke pantai ini.

1 Ulasan untuk Pantai Tanjung Gelam, Karimunjawa, Jawa Tengah

  1. Pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih. keindahan pantai yang dihiasi pohon kelapa menambah keindahan pantai ini. Apalagi ketika sunset, pemandangannya sangat indah dan memukau. Sangat puas dapat mengunjungi pantai Tanjung Gelam di Karimunjawa ini.

Tinggalkan Balasan