Pantai Balangan

Setiap orang pasti sangat mendambakan untuk dapat berlibur dan menjauhkan diri dari kesibukan dunia kerja. Salah satu tempat yang sangat tepat dijadikan sebagai destinasi wisata adala Pulau Bali. Pulau Dewata ini namanya sudah terdengar di seluruh penjuru dunia mengenai kebudayaan dan kekayaan alamnya.

Sebagian besar kekayaan alam yang dipertontonkan adalah Pantai. Justru berkat kecilnya pulau ini, maka pulau ini memiliki sangat banyak Pantai yang jaraknya tergolong dekat dibandingkan dengan lokasi antar Pantai di Pulau Jawa.

Salah satu Pantai yang namanya tidak terkenal adalah Pantai Balangan. Walaupun tidak seterkenal Pantai Sanur dan Pantai lainnya, Pantai ini tetap menawarkan keunikan tersendiri yang dapat dirasakan oleh pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Balangan

Hal menggembirakan bagi para pengunjung Pantai Balangan adalah Anda tidak perlu untuk membayar tiket masuk. Namun, jika Anda membawa kendaraan atau menggunakan jasa kendaraan, maka Anda diharuskan membayar dengan kategori masing – masing.

Bagi kendaraan roda empat, seperti mobil diharuskan untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Lalu untuk kendaraan beroda dua, maka diharuskan untuk membayar sebesar Rp. 2.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Balangan

Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Balangan, Dea Uluwatu, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Dengan kata lain, pantai ini berjaraj 21 km dari Denpasar. Pada bagian utara dari Pantai Balangan terdapat Pantai Tegal Wangi.

Kemudian pada bagian selatan terdapat Pantai Dreamland dan juga Pantai Bingin yang juga dapat Anda kunjungi sekaligus. Lalu untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 17,3 km dengan durasi waktu selama 38 menit.

Jika ingin pergi menuju ke lokasi ini dengan menyewa kendaraan pribadi, maka Anda diharuskan untuk selalu memiliki kuota internet. Sangat mudah untuk menuju ke lokasi dengan menggunakan Google Maps.

Arahkan kendaraanke Jalan Airport Ngurah Rai menuju ke bundaran Jalan By Pass Ngurah Rai. Pilih jalan menuju ke selatan setelah mencapai bundaran. Ikuti terus jalan tersebut hingga mencapai pertigaan yang terdapat KFC, Mc Donald’s, dan Pizza Hut.

Belok ke kanan, sehingga Anda akan melewati Mc Donald’s di sebelah kiri Anda dan Pizza hut di sebelah kanan Anda. Jalan tersebut bernama Jalan Uluwatu II. Setelah itu, Anda akan melewati Rumah Makan Rindu Rasa yang terletak di sebelah kanan Anda. Tak lama lagi Anda akan dapat melihat adanya bundaran.

Pilih jalan lurus dengan melewati bundaran tersebut menuju ke Jalan Wanagiri. Setelah itu, Anda akan menemukan adanya pertigaan, maka belok ke kiri menuju ke Jalan Karang Mas. Setelah itu Anda akan menemukan pertigaan lainnya ditandai dengan adanya Summerfield Executive Residence Bali dan Kafe Kul Kul yang letaknya berseberangan. Belok kiri menuju ke Jalan Jepun.

Kemudian pada pertigaan ketiga, belok ke kanan menuju ke Jalan Goa Peteng. Pada pertigaan keenam di Jalan Goa Peteng, arahkan kendaraan agar berbelok ke kiri. Ikuti jalan Jalan Boulevard itu hingga Anda dapat melihat adanya Villa Seratus. Belok ke kanan, maka Anda akan melihat adanya Balangan Inn di sebelah kiri Anda.

Kini Anda sekarang sudah berada di jalur utama menuju ke Pantai Balangan dan jalan tersebut bernama Jalan Pantai Balangan. Setelah bertemu dengan pintu masuk ke Pantai, parkirkan kendaraan Anda di area parkir sekitar situ.

Objek Wisata di Pantai Balangan

Pantai Balangan memiliki kondisi alam yang sedikit berbeda dengan Pantai lainyya yang ada di Bali, sehingga fasilitas yang ada juga berbeda dibandingkan dengan Pantai lainnya.

1. Pemandangan Batu Karang Besar

Fasilitas yang ada di Pantai ini adalah adanya karang besar yang mengapit Pantai ini. Di atas batu karang tersebut, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang spektakuler. Hal menakjubkan lainnya adalah Pantai ini cukup tersembunyi, sehingga masih jauh dari keramaian dan dapat dengan sangat puas berfoto.

2. Surfing

Pantai Balangan ini memiliki ombak yang tidak tenang, sehingga sangat berpotensi untuk melakukan surfing di air lautnya. Tak hanya itu, Pantai ini masih sangat nyaman untuk dikunjungi, karena ketenangan yang ditawarkan. Jika ingin berselancar di tempat ini, tidak disarankan bagi mereka yang sedang belajar menggunakan papan selancar.

Sebagian besar turis mancanegara yang datang ke tempat ini berasal dari Australia. Para Turis tersebut sangat menyukai gelombang kaut di Pantai ini, sehingga mereka sangat berah berlama – lama di tempat ini.

3. Foto Prewedding

Tak hanya itu, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Pantai ini termasuk ke dalam Pantai yang sering dijadikan lokasi foto prewedding. Lokasi ini sangat strategis dijadikan tempat berfoto, karena masih jarang dikunjungi oleh turis, sehingga lebih leluasa untuk mengambil gambar.

Tak hanya itu, alasan lainnya adalah pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan. Apalagi saat saat sunset tiba dan langit berubah warna menjadi kemerahan. Hal itu akan menambah keunikan dari foto prewedding yang diambil.

4. Mencicipi Menu di Balangan Paradise

Di tempat ini menjual variasi seafood seperti udang dan ikan panggang. Jika ingin menyantap makanan di tempat ini dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 45.000 sampai Rp. 80.000.

5. Yoga Studio

Anda bermimpi untuk memiliki tubuh yang sehat, maka Anda dapat mencoba untuk melakukan yoga di tempat ini. Kegiatan yoga biasa dilakukan sambil memandang indahnya matahari terbenam. Ada banyak sekali turis dari mancanegara yang turut serta dalam kegiataan ini.

Ulasan Pengunjung

  • vandella virda
    dalam minggu terakhir
    Pantai balangan sangat bagus dinikmati menjelang sunset,dengan tempatnya yang bersih airnyaa yang jernih dan berwana hijau banyak tourist menggunakan panorama keindahan pantai balangan untuk foto prewedd,banyak tebing tebing yang bagus buat berfoto buat yang mau liburan ke bali jangan lupa ke pantai balangan :)
  • dina sari putri
    2 bulan lalu
    Pantai eksotis dengan pasir berwarna putih ini terletak sekitar 8 km dari tempat wisata Bali wisata Garuda Wisnu Kencana dan 12 km dari Pura Uluwatu. Dari GWK, terus saja naik lurus hingga bertemu perempatan. Ambil jalan ke kanan (Jalan Pantai Balangan I), ikuti jalan hingga ujung dan petunjuk yang menyertainya.  Warna air laut Pantai Balangan biru bersih dan ombaknya digemari oleh para peselancar. Jika ingin menyatu dengan air laut, Anda dapat berselancar atau berenang. Namun jika Anda hanya ingin menikmati dari bibir pantai pun, tak masalah. Dari kejauhan, aktivitas Bandara Ngurah Rai akan terlihat. Atau jika Anda berdiri di tebing, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Dreamland. Selain itu, aktivitas masyarakat lokal saat membongkar hasil tangkapan ikan di pagi hari juga akan memberikan nuansa tersendiri.  Lagi-lagi untuk menikmati keeksotisan alam di Bali, Anda hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp2.000,00 jika berkendara dengan roda dua dan Rp5.000,00 jika berkendara dengan roda empat.
  • andri wijaya
    dalam minggu terakhir
    Kalau ke bali pasti kesini. Pantai nya sepi dari keramaian. Banyak bule yang suka berjemur disini. Cuma sayang aksesnya masi terlalu sempit dilalui 2 mobil.
  • Sahebat Saputro
    2 minggu yang lalu
    oke bgt kalo sunset, tapi tempat parkirnya masih susah, jalanya masih batuan, bagi pengendara motor rada ribet, tapi pemandanganya oke parahhh, kalo mau cuci mata juga banyak pasangan pada prewed noh hoho kalo mau foto foto kendaraan andalan anda atau mainan anda, ini rekomended bgt
  • Gupta Girinanta
    2 minggu yang lalu
    Pantai yg berlokasi didaerah bukit ini memiliki keindahan yang luar biasa, mau dilihat dari tebing atau langsung dari bibir pantai, ombak disini juga memungkinkan bagi para surfer pemula untuk bermain surfing