Pantai Canggu

Bali merupakan tempat wisata idaman terutama bagi wisatawan mancanegara. Walaupun demikian, sebagai generasi muda sudah seharusnya untuk lebih mengenal berbagai tempat wisata di negeri sendiri.

Maka dari itu, setiap kali akan memiliki waktu liburan dan uang, hendaknya mengenalkan kepada generasi muda mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu Pantai yang menawarkan keindahan alam adalah Pantai Canggu.

Pantai ini memiliki ciri khas dengan pasir yang berwarna putih keemasan, ombak kecil dan air laut yang berwarna kebiruan, sehingga sangat cocok digunakan untuk berendam bagi anak – anak. Selain itu, di Pantai ini pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam.

Pada pantai Canggu, pengunjung dapat digunakan berselancar, berjemur, dan berkuda. Anda dapat pergi berkeliling di Pantai ini dengan berkuda. Bagi yang berminat berkunjung, hal fantastis yang ditawarkan adalah harga tiket masuk yang gratis.

Harga Tiket ke Pantai Canggu

Pantai Canggu menawarkan begitu banyak eksotisme alam yang semuanya dapat Anda nikmati dengan gratis. Dengan kata lain, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk dan hanya perlu untuk membayar biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Untuk kendaraan beroda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan beroda dua hanya diharuskan untuk membayar biaya sebesar Rp 2.000 untuk parkirnya.

Rute Menuju ke Pantai Canggu

Pantai Canggu dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama 1 jam 1 menit jika dilihat dari prediksi waktu mealui Google Maps. Jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 20,8 km. Untuk dapat menuju ke area pintu masuk Pantai Canggu, maka pengunjung diharuskan untuk melalui Pantai Batu Bolong terlebih dahulu.

Jadi dengan kata lain, pengunjung akan dapat merasakan kondisi alam dari dua Pantai sekaligus. Selama perjalanan antar Pantai Batu Bolong dengan Pantai Canggu akan ada Pura Batu Bolong yang juga sangat terkenal.

Untuk dapat menuju ke Pantai Batu Bolong dari Bandara Ngurah Rai, maka Anda akan melewati Jalan Airport Ngurah Rai. Setelah bertemu bundaran, pilih jalan yang menuju ke arah utara dengan berbelok ke kiri. Nama jalan tersebut adalah Jalan By Pass Ngurah Rai. Ikuti sepanjang jalan itu sampai bertemu dengan persimpangan jalan antara Jalan Sunset Road dengan Jalan By Pass Ngurah Rai.

Pilih yang menuju ke Jalan Sunset Road dan ikuti sepanjang jalur tersebut hingga bertemu dengan perempatan dekat dengan Burger King. Pada perempatan tersebut belok ke kanan dan Anda akan sampai pada Jalan Mertanadi.

Ikuti sepanjang Jalan Mertanadi itu, lalu belok ke kiri setelah bertemu dengan perempatan yang ditandai dengan adanya Alfamart Tangkuban Perahu pada bagian kiri Anda. Lurus sebentar, maka Anda akan bertemu dengan perempatan lainnya dna belok ke kanan menuju ke Jalan Raya Kerobokan.

Ikuti jalur tersebut terus sampai bertemu dengan perempatan yang ditandai dengan adanya Pasar Ikan Kedonganan di sebelah kanan. Setelah bertemu dengan pasar ikan itu, arahkan kendaraan agar berbelok ke kiri menuju ke Jalan Semer.

Ikuti Jalan Semer yang begitu panjang itu sampai melihat Ang’s Grille yang letaknya dekat dengan pertigaan. Pada pertigaan belok ke kanan menuju ke Jalan Raya Anyar. Setelah itu, Anda akan bertemu perempatan di Jalan Raya Canggu.

Kemudian pada perempatan yang terdapat Warung Lalapan Rame Rasa Cak Mat, maka belok ke kiri. Nama jalan tersebut yaitu Jalan Pantai Batu Bolong. Ikuti sepanjang jalan itu sampai di pintu Pantai Batu Bolong.  Selanjutnya dari Pantai Batu Bolong tinggal beralih ke Pantai Canggu.

Spot Wisata di Pantai Canggu

1. Melihat Sunset

Jika Anda sudah pernah mengunjungi Pantai Tanah Lot, maka Anda sudah akan mengerti bagaimana indahnya Bali saat matahri terbenam. Selain dari Pantai tersebut, Pantai Canggu juga dapat digunakan untuk mengabadikan momen pada saat sunset.

Jangan lupa untuk membawa kamera yang lengkap dengan baterai cadangan, agar dapat mengambil foto dalam jumlah banyak. Pantai ini termasuk ke dalam salah satu Pantai yang sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Tempat untuk Berselancar

Sebagian besar olahraga berselancar ini dilakukan oleh turis mancanegara. Oleh karena itu, bagi Anda yang senang melakukan surfing, manfaatkan kesempata yang satu ini dengan sebaik – baiknya. Ombak yang datang ke bibir Pantai ini dapat dikategorikan sebagai lumayan besar, maka dari itu sangat berharga untuk digunakan berselancar.

3. Bermain Pasir dan Berenang

Bagi Anda yang berwisata ke Pantai ini bersama dengan keluarga atau anak – anak, Anda tidak boleh lengah dalam mengawasi mereka. Ada baiknya jika membawa anak – anak biarkan mereka untuk bermain di bibir Pantai untuk membangun benteng dari pasir Pantai.

4. Menyantap Hidangan di Restoran Old Mans

Setelah selesai bermain air di Pantai dan Anda merasa kelaparan, sebaiknya Anda mencoba restoran terdekta yang namanya juga sudah terkenal di Pantai Canggu yaitu Restoran Old Mans. Restoran ini menyediakan berbagai macam menu, seperti salad sayur, burger, nasi pecel, martabak, dan lain sebagianya.

5. Menginap di Hotel Tugu Bali

Bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan jauh menuju ke Pantai yang satu dengan Pantai yang lain di daerah ini, dapat mencoba untuk menginap di Hotel Tugu Bali. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap dan juga kamar yang luas. Tempat yang ditawarkan juga sangat nyaman untuk digunakan, sehingga ada banyak turis mancanegara yang juga menginap di hotel ini.

Ulasan Pengunjung

  • Raimond H. Kasakeyan
    sebulan yang lalu
    Pantai Canggu adalah salah satu destinasi selancar yang tidak hanya populer di kalangan peselancar dalam negeri tetapi juga mancanegara. Untuk pengunjung yang tidak bisa berselancar, ada pemandangan hamparan sawah hijau dan deburan ombak yang bisa dinikmati dari pinggir pantai.
  • Saeful Bahri
    6 bulan lalu
    Nama Canggu tentu sudah tidak asing lagi di telinga para peselancar lokal maupun internasional. Pantai berpasir hitam ini juga pernah menjadi tempat diadakannya ajang ISC (Indonesia Sufing Championship) yang bertaraf internasional. Peserta kegiatannya pun tidak hanya diikuti peselancar lokal, tetapi juga mancanegara. Namun Canggu tidak hanya untuk mereka sang penantang ombak. Anda yang tidak berencana untuk melatih keseimbangan di atas papan selancar juga boleh menikmati Pantai Canggu. Berlari di bibir pantai atau bergeming di atas pasir pun tidak ada yang melarang.    Selain pantai, Anda dapat menikmati daya tarik lain yang diberikan pantai ini. Di seberang pesisir pantai terdapat hamparan sawah segar, lengkap dengan kehadiran burung-burung yang beterbangan di atasnya. Tentu pemandangan seperti ini tidak bisa sembarangan Anda dapatkan di pantai di Bali atau daerah lainnya.
  • Eko Siahaan
    2 bulan lalu
    Bagus dan keren
  • Hendri Ocm
    3 bulan lalu
    Deket kota
  • agus service kompor gas kulkas denpasar
    4 bulan lalu
    Ombaknya bagus