Pantai Banyu Tibo

Kota Pacitan merupakan surga bagi 65 garis Pantai yang mengelilingi nya tak terkecuali Pantai Watu Bale dan tentu nya Pantai Banyu Tibo sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Jawa Timur dengan arti ‘air jatuh’ ini, Pantai Banyu Tibo merupakan Pantai yang terdapat air terjun murni dari mata air yang biru dan bening.

Lokasi wisata bahari nan eksotik Pantai Banyu Tibo ini membuktikan bahwa Kota Pacitan ini sebagai salah satu kecamatan di Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya terkenal sebagai spot macet saat terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, namun juga terkenal dengan berbagai nuansa alam yang tentunya mempesona jutaan pengunjung yang datang melihatnya.

Pantai Banyu Tibo yang merupakan tempat pelarian warga Pacitan dari kejenuhan ini merupakan rumah bagi batu karang yang indah, air terjun nan eksotis, ombak biru laut yang mempesona, perbukitan dan kerindangan pepohonan serta tetangga bagi Goa Gong yang lokasinya tidak jauh dari lokasi wisata bahari Pantai Banyu Tibo.

Sedangkan fasilitas umum yang ditawarkan adalah mushola, kamar mandi dan ruang ganti, gazebo-gazebo, arena parkiran yang luas hingga deretan penjual cinderamata dengan aneka pernak-pernik karang dan penjual makanan ringan hingga rumah makan beserta sajian masakan laut khas yang diolah dengan bumbu masakan lokal yang menggoyang lidah ditemani dengan kelapa muda nan nimat dan segar.

Harga Tiket Masuk di Pantai Banyu Tibo

Untuk dapat memasuki area ini tidak lah merogoh kocek dalam, cukup dengan hanya Rp 2.000 di hari biasa dan Rp 3.000 di hari libur atau hari pekan per anak-anak sementara orang dewasa dikenai Rp 3.000 di hari biasa dan Rp 5.000 di hari libur dimana itu merupakan harga yang fantastis untuk dapat menikmati karunia Tuhan yang dilimpahkan ke Kota Pacitan ini dalam jam operasional yang cukup lama.

Untuk biaya parkir sendiri hanya dikenakan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dengan area parkir yang luas dan nyaman.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo ini tidak lah jauh dari posisi Pantai Watu Bale karena terletak di satu garis Pantai tepatnya di bagian timur jalur lintas selatan kota Pacitan dengan detail lokasi di Kecamatan Donorojo tepatnya di Desa Widoro di Selatan Kota Pacitan. Bagi pengunjung yang berasal dari dalam kota Pacitan dapat bergerak ke selatan dengan bantuan GPS.

Sementara pengunjung yang datang baik itu dari Jawa Tengah dengan mengamnil rute Jalan Nasional III atau dari Jawa Barat dengan rute jalan Tol Cipali dapat kemudian mengambil jalan Pantai banyu tibo Pacitan Jawa Timur dimana lokasi wisata Pantai Banyu Tibo berada sekitar 40 km atau 1 jam dari lokasi rute tersebut dan akan sampai di gerbang masuk.

Obyek Wisata di Pantai Banyu Tibo

1. Air terjun pegunungan

Hal yang membuat air terjun di Pantai Banyu Tibo ini berbeda yaitu debit air pegunungan yang deras nya langsung jatuh ke Pantai yang membuatnya tampak elok bak surga di pulau terpencil. Tidak hanya satu pusat air terjun saja namun terdapat lebih dari dua dengan satu aliran air yang cukup deras melewati hamparan pasir cokelat yang lembut.

2. Perbukitan dan gugusan batu karang

Dikelilinngi perbukitan hijau membuat nuansa Pantai ini makin eksotis dan adem untuk dikunjungi dan dijadikan spot relaksasi yang nyaman dan murah. Tidak menghadirkan nuansa yang berbeda dengan adanya spot air terjun yang eksotis dan perbukitan saja, Pantai Banyu Tibo ini juga menghadirkan fasilitas alam menarik lainnya seperti gugusan batu karang.

3. Ombak biru laut

Laut yang jernih dan suasa nya yang ramai menjadikan Pantai ini sebagai tempat yang paling asyik dibuat untuk berjemur dan berenang. serta tidak ketinggalan lokasi wisata Goa Gong yang tidak jauh.

4. Surfing

Ombak biru yang jernih dan besar juga dapat dimanfaatkan untuk bermain surfing bagi para ahli karena tempat ini masih belum memiliki lifeguard serta tempat penyewaan papan. Bermain surfing di Pantai ini terbilang aman karena sifat ombak di Pacitan tidak menyeret dan akan langsung pecah sebelum sampai di bibir Pantai.

5. Spot foto

Air terjun, bukit, ombak biru laut merupakan alasan mengapa pengunjung tidak boleh melewatkan untuk berfoto. Dengan banyaknya landscape alami tentu membawa suasana bahagia dan menghasilkan foto yang kece pula.

Pantai biru nan eksotis ini menambah satu lagi ciri khas kota yang terkenal dengan kemacetan kendaraan ini yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat liburan murah dan mengasyikan. Pantai Banyu Tibo dengan air terjun alami dari pegunungan ini adalah surga bagi para pecinta eksotisme dan ketenangan.

Ulasan Pengunjung

  • Naftali Novita
    dalam minggu terakhir
    Pantai yang terletak diperbatasan antara jawa tengah dan jawa timur.ombaknya besar.dan cukup berbahaya bila ingin bermain air disini.pada tahun 2010 pertama kalinya saya ketempat ini masih belum bisa dimasuki kendaraan roda empat.dan sungai yang mengalir kebawah (seperti air terjun) belum seperti sekarang.masih satu aliran.dan tentunya masih gratis .sekarang sudah dibuat jadi lebih banyak agar terlihat menarik.tiket masuknya dibanding pantai setempat daerah sini relatif jauh lebih mahal sedikit.jadi harap maklum.karena untuk kelancaran perjalanan.aksesnya jalan hanya bisa dilalui satu kendaran roda empat jadi harus bergantian.dan jangan pernah lupa untuk menjaga kebersihan setiap tempat yang anda kunjungi demi kelangsungan keindahan tempat tersebut.
  • nunung budiastuti
    dalam minggu terakhir
    Pantainya bagus banget. Air terjunnya air tawar. Kalau kita pas di bawah air terjunnya berasa wooow... suka banget. Cuma akses jalan masuk ke dalamnya blm aspal dan sempit. Mash cor2an dan sdh mulai rusak...
  • Muhammad nur Rizki
    dalam minggu terakhir
    "Pantai degan pemandangan terbaik ..yaitu air terjun dan juga tepi pantai dengan ombak yang lumayan besar.. namun kekurangannya akses jalan yang agak ribet ketika menggunakan mobil..apalagi untuk driver pemula sangat berbahaya "
  • Deris Pratama
    dalam minggu terakhir
    jalan masih ga layak.di lalui rodo 4... jalnan menanjak naik turun tikungan.... untuk roda 2 ok lah... bisa offroad an..
  • Anto Wijaya
    2 minggu yang lalu
    Pantai yang menurut saya menawarkan pemandang yang indah dengan Air jernih ditambah guyuran Dari Air terjun banyunibo sendiri. Pemandangan hanya sekedar indah, tidak sampai membuat saya berdecak kagum. Pengunjung diperbolehkan bermain Air dipinggir pantai. Oiya, pantai ini merupakan pantai dengan ombak paling tenang di kabupaten pacitan. Kekuranganya ada pada biaya parkir dan Masuk yang lumayan mahal.